Buku sederhana ini dialamatkan secara khusus untuk para pemerhati pendidikan anak usia dini, terutama para pendidik, calon pendidik, dan orang tua yang sedang mengemban tanggung jawab atas masa depan kehidupan bangsa. Tanggung jawab yang hasus dipenuhi dalam konteks ini antara lain berupa fasilitas pendidikan anak usia dini dalam bentuk alat permainan yang mengandung nilai-nilai pendidikan. Buku ini memaparkan kajian teoretik terkait konsep dasar alat permainan edukatif untuk anak usia dini yang dapat dimanfaatkan sebagai pedoman dalam menyiapkan alat permainan edukatif untuk pendidikan anak usia dini. Selain itu, dalam buku ini penulis menyampaikan contoh-contoh dan cara pembuatan Alat Permainan Edukatif berdasarkan aspek-aspek perkembangan anak usia dini hasil rancangan para praktisi sekaligus pemerhati pendidikan anak usia dini secara langsung berkolaborasi dengan penulis di laboratorium PGPAUD UPI Kampus Tasikmalaya.
Buku sederhana ini dialamatkan secara khusus untuk para pemerhati pendidikan anak usia dini, terutama para pendidik, calon pendidik, dan orang tua yang sedang mengemban tanggung jawab atas masa depan kehidupan bangsa.
Proses mental dan perilaku guru atau orang tua dalam melayani komunikasi dengan anak dituntut harus mampu menyeimbangkan diri sesuai dengan kebutuhan anak-anak. Oleh karena itu, sudah selayaknya seorang guru atau orang tua memahami bahkan menguasai karakteristik setiap anak didiknya. Untuk menunjang hal tersebut perlu tertanam aspek kecerdasan dalam diri guru atau orang tua. Guru dan orang tua cerdaslah yang mampu mendidik anak-anaknya dengan melayani segenap kebutuhan pengembangan proses mental dan perilaku komunikasi anak. supaya anak mampu menyelesaikan tugas perkembangannya sesuai dengan apa yang diharapkan.
Untuk melakukan komunikasi secara terpadu memerlukan totalitas usaha demi
tercapainya sebuah tujuan dilakukannya komunikasi dalam kegiatan pembelajaran. Anak usia dini lebih menyukai guru yang melakukan konsep
komunikasi ...
Komunikasi adalah sesuatu yang bersifat dinamis, sirkular, dan tidak berakhir dalam satu titik tetapi harus berkelanjutan. salah satu kebutuhan pokok manusia adalah kebutuhan simbolisasi atau penggunaan lambang. Manusia memang satu-satunya makhluk hidup yang menggunakan proses simbolisasi lambang dalam berkomunikasi. Itulah yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya. Komunikasi efektif dalam pendidikan anak usia dini merupakan hal penting dalam menjaga hubungan emosional dengan anak. Melalui komunikasi, pendidik atau orang tua juga dapat mengambil berbagai informasi terkait perkembangan fisik maupun psikis anak sebagai bahan pencapaian setiap aspek perkembangan anak secara optimal. Buku ini hadir untuk menjelaskan secara komprehensif mengenai kajian konseptual teori dan praktik komunikasi dalam pendidikan anak usia dini
Komunikasi adalah sesuatu yang bersifat dinamis, sirkular, dan tidak berakhir dalam satu titik tetapi harus berkelanjutan. salah satu kebutuhan pokok manusia adalah kebutuhan simbolisasi atau penggunaan lambang.
... tentang kriteria kurikulum, yaitu: 1) Isi kurikulum harus sesuai, tepat, bermakna bagi perkembangan anak usia dini. ... C. Pengelolaan Kegiatan dan Waktu Pembelajaran tematik merupakan suatu pembelajaran yang melibatkan beberapa ...