Sebanyak 30 item atau buku ditemukan

MANAJEMEN STRATEGIK PENDIDIKAN

Buku Manajemen Strategik Pendidikan ini membahas penerapan manajemen strategik di lembaga pendidikan, baik sekolah maupun pesantren, dengan fokus pada bagaimana strategi dirumuskan, diterapkan, dan dievaluasi untuk mencapai tujuan pendidikan jangka panjang. Bab pertama menyoroti pergantian kepala sekolah dalam dinamika otonomi daerah di Kabupaten Labuhanbatu, yang menunjukkan dampak kepemimpinan terhadap keberhasilan strategi pendidikan. Selanjutnya, dijelaskan konsep manajemen strategik dan proses manajemen strategik, mulai dari analisis lingkungan internal dan eksternal hingga perumusan visi, misi, dan tujuan lembaga pendidikan. Analisis SWOT digunakan sebagai alat penting dalam berbagai studi kasus, seperti di SMPS Cahaya Meral, Pesantren Ulul Ilmi Cendekia di Batam, dan Man Karimun, untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, yang kemudian membentuk strategi yang relevan. Bab-bab berikutnya membahas variasi strategi yang diterapkan di tingkat unit bisnis dan korporat serta analisis persaingan yang membantu lembaga pendidikan tetap kompetitif. Buku ini juga menyoroti pentingnya pengendalian strategi dan evaluasi untuk memastikan strategi berjalan efektif, dengan contoh di SMPN 3 Numfor Barat. Selain itu, dipaparkan optimalisasi manajemen strategik melalui analisis SWOT di SMA Islam Terpadu Ulil Albab Batam. Di bagian akhir, dibahas peran penting kepemimpinan dalam mengarahkan implementasi strategi dan mencapai tujuan pendidikan. Dengan berbagai studi kasus dan contoh konkret, buku ini memberikan panduan praktis bagi para pengelola lembaga pendidikan dalam menghadapi tantangan pendidikan modern secara strategis dan berkelanjutan.

... Management: An Integrated Approach. 11th Edition. Cengage Learning. Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. 15th Edition. Pearson Education. Pearce, J. A., & Robinson, R. B. (2013). Strategic Management: Planning for ...

Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan: Peningkatan Profesionalisme Guru di Era Disrupsi Pendidikan

Buku Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan ini ditujukan untuk menambah khazanah pengetahuan para mahasiswa, dosen, guru, dan para stakeholders pendidikan terkait MSDM Pendidikan dalam hal ini adalah guru. Buku ini memuat tentang proses perencanaan dan rekrutmen guru, kompetensi, kinerja dan kompensasi guru, pengembangan profesionalisme guru, hingga isu-isu kontemporer seperti learning loss, transformasi pendidikan Indonesia, hingga pendidikan guru penggerak dan pengembangan keprofesian berkelanjutan di era disrupsi pendidikan saat ini. Pada level yang lebih luas, buku ini digunakan sebagai buku referensi sekaligus pegangan untuk mata kuliah Manajemen Sumber Daya Pendidikan. Semoga buku ini dapat memberi kontribusi dan manfaat yang baik untuk para pembacanya.

Buku Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan ini ditujukan untuk menambah khazanah pengetahuan para mahasiswa, dosen, guru, dan para stakeholders pendidikan terkait MSDM Pendidikan dalam hal ini adalah guru.

PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI (Antologi NAM)

Nilai-nilai moral dan agama perlu ditanamkan ke diri anak sedini mungkin. Keberhasilan dan kegagalan akan berpengaruh ke diri anak nantinya. Program pada TK, yaitu konsep diri, kerapihan dan kesopanan. Konsep diri berhubungan dengan pembentukan karakter, yaitu menanamkan kepercayaan diri, keberanian berpendapat, dll. Kerapihan berhubungan dengan pembentukan kepribadian, yiatu cara makan, berpakaian dan perilaku. Kesopanan berhubungan dengan sosial anak yaitu cara bersikap kepada orang lain. Dalam mengembangkan nilai agama, kita membantu anak dalam hal keimanan dan ibadah.

Nilai-nilai moral dan agama perlu ditanamkan ke diri anak sedini mungkin.

Gizi & Tumbuh Kembang Anak di Indonesia

Buku ini mencakup topik yang hangat dibahas dalam perencanaan pembangunan generasi Indonesia yang sehat dan sejahtera. Penulis-penulis kami telah membaca beragam referensi nasional dan internasional dan mempresentasikan ilmu terkait gizi dan perkembangan anak dalam bahasa yang mudah dipahami dan dipraktekkan oleh pembaca. Isu masih tingginya angka stunting di Indonesia menjadi motivasi penulis untuk mempublikasikan buku ini agar dapat menjadi referensi bagi akademisi dan pekerja sosial yang memiliki peran penting dalam penurunan angka stunting di Indonesia. Adapun sistematika penulisan yang terkandung dalam buku ini terbagi menjadi dua bagian yakni Bagian Perkembangan Anak (Bab 1-6) dan Gizi Anak (Bab 7-15) yang terurai sebagai berikut: Aspek dan Tahapan Perkembangan Anak Usia Dini (0-5 Tahun), Pengasuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini, Prevalensi Stunting dan Perkembangan AUD di Indonesia Bagian Barat, Perkembangan AUD di Indonesia Wilayah Timur, Program Edukasi Pengasuhan dan Perkembangan Anak di Indonesia, Program Edukasi Pengasuhan dan Perkembangan Anak oleh NGO Indonesia, Triple Burden Malnutrition, 3 Masalah Gizi Utama Anak Indonesia, Mengenal 8000 HPK untuk Tumbuh Kembang Anak yang Optimal, Pengukuran Antropometri Status Gizi pada Anak, Peran Posyandu dalam Tumbuh Kembang Anak, Dukungan Gizi terhadap Keberhasilan ASI Eksklusif, Prinsip Dasar PMBA, Resep MP-ASI 6-8 Bulan, Resep MP-ASI 9-11 Bulan, dan Resep MP-ASI 12-23 Bulan.

Adapun sistematika penulisan yang terkandung dalam buku ini terbagi menjadi dua bagian yakni Bagian Perkembangan Anak (Bab 1-6) dan Gizi Anak (Bab 7-15) yang terurai sebagai berikut: Aspek dan Tahapan Perkembangan Anak Usia Dini (0-5 Tahun) ...

ISU-ISU GLOBAL DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

... MARKETING DAN ENTREPRENEURSHIP A. Problematikan Marketing dan C. Marketing Pendidikan ... Management ........................ 71 1. Fungsi-Fungsi Total Quality Management dalam Pendidikan .......... 73 2. Unsur-unsur dalam Total ...