Sebanyak 28 item atau buku ditemukan

Menjadi Guru Profesional dan Inovatif dalam Menghadapi Pandemi (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Matematika )

Antologi Esai ini disusun oleh mahasiswa praktikan berdasarkan hasil kegiatan PLP I atas bimbingan dosen pembimbing lapangan. Kegiatan PLP I ini dirancang dalam dua capaian, yaitu (1) membangun Jati diri pendidik dengan mengenal kultur sekolah, struktur organisasi sekolah dan tata kelola sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, dan kegiatan-kegiatan di sekolah. (2) Membangun jati diri pendidik dengan mengetahui praktik proses pembelajaran dan karakteristik siswa. Berdasarkan kegiatan tersebutlah mahasiswa praktikan menyusun esai sebagai respon dan kemampuan memberikan pendapat terhadap dunia pendidikan. Antologi ini diharapkan dapat menjadi motivasi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi diri dalam berlatih melatih menulis karya tulis ilmiah sebagai calon seorang pendidik.

Apakah guru - guru di Indonesia sudah memiliki rasa bangga dengan profesinya sebagai seorang guru? Mengapa terdapat pertanyaan demikian? Hal ini sangat penting bagi seorang guru memiliki kebanggaan terhadap profesinya.

Who Wants To Be A Teacher? Menyiapkan Guru Profesional Di Era Global Society 5.0

Profesi guru merupakan profesi yang luar biasa. Seorang guru haruslah memiliki niat, nilai, dan tekad yang kuat yang terpatri dalam relung sanubarinya bahwa ia ingin mewakafkan dirinya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Pujian, harta dan jabatan bukanlah tujuan seorang guru. Ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. Seorang guru harus memberi teladan dan contoh yang baik bagi lingkungannya. Di tengah atau di antara murid, guru harus menciptakan prakarsa dan ide, serta dan dari belakang seorang guru harus memberikan dorongan dan arahan. Seorang guru tidak mungkin dapat mengembangkan kemampuannya tanpa adanya upaya menambah pengetahuan dan keterampilannya, karena perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat harus diimbangi dengan kemampuan sumber daya manusia yang berkualitas. Buku ini tidak hanya berisi tentang konseptual, praktik bagaimana menjadi guru milenial yang profesional, namun juga isu-isu krusial dunia pendidikan, dan pengembangan profesi guru. Who wants to be A teacher? Buku ini sangat pantas dimiliki oleh pembaca yang ingin menjadi guru, para akademisi, pemerhati pendidikan, mahasiswa pendidikan, dan masyarakat luas. Who Wants To Be A Teacher? Menyiapkan Guru Profesional Di Era Global Society 5.0 ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Profesi guru merupakan profesi yang luar biasa.

Jurusan Tarbiyah, Kegiatan PPLK dan Calon Guru Profesional; Studi kasus di STAIN Ponorogo

Jurusan Tarbiyah merupakan lembaga pendidikan tinggi yang diberi tugas oleh pemerintah untuk mengadakan pendidikan bagi guru untuk sekolah menengah pada jalur pendidikan formal. Tugas daripada LPTK atau IKIP maupun FKIP adalah mempersiapkan mahasiswa menjadi seorang guru profesional. Salah satu sarana untuk bisa menjadi guru profesional adalah PPLK, yaitu Praktek Pengalaman Lapangan Kependidikan. PPLK meliputi PPLK I yang disebut dengan microteaching dan PPLK II yang disebut dengan real teaching. Peneliti ini telah mengungkap beberapa kebijakan Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo dalam mempersiapkan calon guru profesional melalui kegiatan PPLK-II. Buku ini adalah hasil penelitian yang difokuskan pada kegiatan PPLK II (Praktek Pengalalaman Lapangan Kependidikan), yaitu kegiatan real teching mahasiswa Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo. Dengan mengggunakan pendekatan kualitatif, yang menggunakan latar alami (natural setting) sebagai sumber data langsung dan peneliti sendiri merupakan instrumen kunci, penelitian ini telah menemukan tiga temuan. Pertama Program Kegiatan PPLK-II Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo adalah serangkaian pendidikan berbasis ”proses”, yaitu proses membangun a learner, dan bukan a pupil . Kedua. Program Kegiatan PPLK-II Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo adalah serangkaian pendidikan berbasis ”proses”, yaitu proses Pencarian Makna Kuliah. Ketiga. Program Kegiatan PPLKII Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo yang berorientasi pada PTK adalah terobosan menuju kurikulum Tarbiyah berbasis Rekonstruksi- Sosial

Jurusan Tarbiyah merupakan lembaga pendidikan tinggi yang diberi tugas oleh pemerintah untuk mengadakan pendidikan bagi guru untuk sekolah menengah pada jalur pendidikan formal.

Menjadi guru profesional

penguatan guru PPKn SMP/MTs dalam mengimplementasikan kurikulum 2013

On preparing new profesional teachers based on 2013 curriculum standards.

On preparing new profesional teachers based on 2013 curriculum standards.

GURU PROFESIONAL

Buku guru profesional ini ditulis dalam beberapa BAB, yaitu; BAB I. GURU PROFESIONAL, BAB II. KARAKTERISTIK GURU PROFESIONAL, BAB III. KOMPETENSI PAEDAGOGIK, BAB IV. KOMPETENSI KEPRIBADIAN, BAB V. KOMPETENSI SOSIAL, BAB VI. KOMPETENSI PROFESIONAL, BAB VII. CITRA GURU PROFESIONAL, BAB VIII. KOMITMEN GURU PROFESIONAL, BAB IX. KODE ETIK PROFESI KEGURUAN, BAB X. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELALUI SUPERVISI, BAB XI.MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELALUI ORGANISASI PROFESI, BAB XII. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELALUI KUALAIFIKASI PENDIDIKAN

hanya dari segi pengetahuan saja tetapi juga dari segi kepribadian, sosial dan profesional sebagai guru. Kompetensi guru berdasarkan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 yang selanjutnya diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun ...

MENJADI GURU PROFESIONAL

Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global

Guru adalah rujukan keilmuan dan sikap bagi siswa. Tidak dapat dipungkiri bahwa perilaku dan cara berpikir seseorang banyak dipengaruhi oleh apa yang telah ditanamkan gurunya di sekolah. Untuk memperoleh peserta didik yang unggul keilmuan dan kepribadiannya, perlu dipersiapkan guru-guru yang andal dalam mendidik. Buku ini memberikan pemaparan yang detail dan menyeluruh tentang sosok guru profesional, yang tercakup dalam penguasaan metode pembelajaran, pengelolaan kelas, pemecahan masalah di kelas, serta kemampuan evaluasi dan memotivasi siswa. Bagi Anda yang ingin menjadi calon guru profesional, Anda akan dibekali dengan pengetahuan seputar dunia belajar-mengajar dan bagaimana menguasai serta menerapkannya. Sedangkan, bagi guru yang ingin meningkatkan profesionalitas dalam mengajar, buku ini akan memperkaya wawasan Anda dalam pengajaran dan pembinaan siswa di sekolah.

Siswa memperoleh topik-topik permasalahan untuk dibaca sehingga mendapatkan informasi dari permasalahan tersebut; b) Diskusi kelompok ahli. Siswa yang telah mendapatkan topik permasalahan yang sama bertemu dalam satu kelompok (kelompok ...

Menjadi Guru Profesional

Buku ini berisi cara menjadi guru Profesional

umum tujuan mengadakan kode etik adalah sebagai berikut: c. a. Untuk menjunjung tinggi martabat profesi Dalam hal ini kode etik dapat menjaga pandangan dan kesan dari pihak luar atau masyarakat, agar mereka jangan sampai memandang ...

Menjadi Guru Profesional

Tugas guru merujuk pada pekerjaan profesional, antara lain mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, menginspirasi, dan mengevaluasi perkembangan dan kemampuan peserta didik di mana ia melakukan tugas profesinya di ruang-ruang kelas sekolah maupun di luar sekolah. Jika demikian halnya, seperti apakah sebenarnya sosok guru yang ideal? Buku ini insya Allah dapat membantu menemukan sosok guru ideal yang dimaksud. Dalam buku ini berbagai seluk-beluk guru dijelaskan secara detail dan komprehensif sehingga bagi mahasiswa yang bercita-cita menjadi guru ataupun guru itu sendiri dipastikan bisa memahami sosok guru; siapa dia, bagaimana dia, harus melakukan apa, bagaimana melakukan pekerjaan profesionalnya, baik secara teoretik maupun secara praktik dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Buku ini terdiri dari sepuluh bab.Dari sisi pemaparan, gagasan tentang guru profesional telah dijelaskan secara komprehensif dengan bahasa yang lugas, meski juga tidak menanggalkan kaidah teoretik, dan bersifat praktis. Inilah yang membuat buku ini menarik dan unik sehingga layak untuk dibaca dan dipelajari oleh mereka yang bercita-cita menjadi guru ataupun mereka yang telah menjadi guru. Buku Persembahan Penerbit PrenadaMediaGroup

Sejalan dengan Bruner dan Gagne dalam Collette (1987), juga menekankan pentingnya kegiatan siswa memecahkan masalah dan menemukan konsep melalui kegiatan terpadu untuk memperoleh jawaban dari permasalahan yang mereka hadapi.

Guru Profesional, Inspiratif, dan Menyenangkan

Buku ini merupakan paparan dan kajian yang holistik, yang menggambarkan betapa perlunya kualitas pendidik atau guru dalam proses pembelajaran. Buku ini terdiri atas 11 bab yang memaparkan konsep dan teori sebagai upaya mengembangkan kemampuan guru dalam mendidik secara inspiratif dan menyenangkan bagi murid- murid yang diajar. Hal yang mengemuka dalam buku ini adalah mendeskripsikan guru Kristen yang mampu melakukan tugas secara profesional. Dunia pendidikan sangat membutuhkan pendidik atau guru-guru profesional, karena mereka adalah ujung tombak keberhasilan proses pembelajaran. Meskipun dalam aktivitas pembelajaran peran dan tanggung jawab naradidik tidak boleh dilupakan, tetapi sang guru (pendidik) memegang fungsi yang sangat strategis. Oleh karena itu, memiliki guru-guru yang profesional, inspiratif, dan menyenangkan merupakan strategi mencapai pendidikan yang berkualitas.

Oleh karena itu, memiliki guru-guru yang profesional, inspiratif, dan menyenangkan merupakan strategi mencapai pendidikan yang berkualitas.

Smart Teaching: Solusi Menjadi Guru Profesional

Guru merupakan komponen input yang menentukan keberhasilan suatu pendidikan. Kemajuan teknologi dan informasi yang sangat cepat ini menuntut guru untuk lebih SMART, baik dalam pengembangan ilmunya maupun dalam praktik pengajarannya. Guru harus mampu mewujudkan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan sehingga dapat menjadi magnet bagi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan baik. Dengan begitu, akan terbentuk generasi penerus yang cerdas serta mampu bersaing di bidang pendidikan, Iptek, dan bidang-bidang lainnya. Buku Smart Teaching: Solusi Menjadi Guru Profesional merupakan salah satu solusi dalam mengajak guru untuk dapat mengajar dengan cerdas, tidak hanya berbicara menyampaikan materi, tetapi piawai dalam menerapkan berbagai strategi yang disertai kiat-kiat untuk menghidupkan suasana pembelajaran. Buku ini dirancang dengan model teach less, learn more. Artinya, dalam buku ini hanya menyampaikan konsep-konsep penting dan prinsip-prinsip utama untuk menjadi guru yang SMART dalam mengajar.

Menurut Journal Education Leadership edisi Maret 1993 (dalam Dedi Supriadi, 1999:98), ada lima ukuran seorang guru dinyatakan profesional, yaitu (a) memiliki komitmen pada peserta didik dan proses belajarnya; (b) secara mendalam ...