Kitab ini disusun secara tematis untuk mempermudah bagian Penggerak Bahasa menyampaikannya kepada para santri di asrama, contoh kalimat dalam buku ini menggunakan struktur bahasa yang kalimatnya bisa diganti – ganti Dengan demikian struktur – struktur bahasa tersebut dapat digunakan dalam berbagai situasi.
Kitab ini disusun secara tematis untuk mempermudah bagian Penggerak Bahasa menyampaikannya kepada para santri di asrama, contoh kalimat dalam buku ini menggunakan struktur bahasa yang kalimatnya bisa diganti – ganti Dengan demikian ...
Sebagai guru bahasa arab untuk siswa SD/MI, maka kita harus mengetahui bagaimana kesiapan siswa dalam belajar, bagaimana karakteristik siswa, dan kita harus mengetahui bagaimana cara pengajaran bahasa arab yang baik untuk siswa SD/MI. Dalam pengajaran komponen bahasa kosa kata (mufradat) maupun tata bahasa (qawaid) kita harus mengerti terlebih dahulu bagaimana karakteristik siswa yang akan kita ajar, dan materi yang akan diajarkan haruslah menarik. Dalam pembelajaran bahasa arab sebagai bahasa asing pertama yang diperkenalkan kepada siswa, guru adalah model yang ditiru siswa dalam menggunakan bahasa arab. Oleh karena itu, keterampilan bahasa lisan dan keterampilan tulisan dalam pembelajaran bahasa arab harus diajarkan untuk menghindari salah pengertian dan juga untuk memberi kesempatan seluasluasnya kepada siswa untuk mengunakan bahasa arab.
Sebagai guru bahasa arab untuk siswa SD/MI, maka kita harus mengetahui bagaimana kesiapan siswa dalam belajar, bagaimana karakteristik siswa, dan kita harus mengetahui bagaimana cara pengajaran bahasa arab yang baik untuk siswa SD/MI.
Di era globalisasi yang terus berkembang dan maju, masyarakat dituntut untuk lebih kreatif dalam mengimbangi kemajuan zaman. Sama halnya dunia pendidikan, seorang guru harus extra menguras otaknya guna memilah strategi atau metode yang cocok dan menarik minat siswa untuk mengikuti pelajaran. Agar suasana belajar lebih menyenangkan dan tidak membosankan maka dalam hal ini media sangat berperan penting untuk menghidupkan suasana kelas. Pada awalnya media hanya dianggap sebagai alat bantu mengajar guru yang berupa visual saja. Namun, seiring berjalannya waktu media kini semakin berkembang dan canggih mengikuti kemajuan zaman menjadi alat penyalur pesan yang menunjang PBM. Yang dulu hanya berupa visual, sekarang bisa ditemui media audio visual seperti film, televisi dan lain-lain.
Panduan Belajar Bahasa Arab Terpadu dan Super Mudah
"Belajar bahasa Arab? Wah, pasti sulit, ya?" Jika seseorang ingin lihai berkomunikasi menggunakan bahasa Arab atau mudah memahami tuIisan-tuIisan berbahasa Arab, ia harus "memenjarakan" diri sekian tahun di pesantren, pergi ke suatu daerah untuk mengikuti kursus di lembaga tertentu selama berbulan-bulan, dan seabrek "keharusan" yang serba sulit lainnya. Inilah problem yang menjadikan bahasa Arab terkesan sangat sulit dipelajari dan dikuasai. Buku ini hadir ke hadapan Anda untuk membantah semua klaim tersebut. Semua materi yang terangkum di dalam buku ini dikemas dan disajikan dengan sangat mudah, menyenangkan, sistematis, dan jauh dari kesan ruwet. Hal tersebut dikarenakan pembahasan ilmu tata bahasa Arab memiliki keterkaitan yang sangat erat satu sama lain. Oleh sebab itu, buku ini disusun dengan terlebih dahulu membahas materi-materi yang paling mendasar dan penting untuk dipahami, baru kemudian disusul dengan berbagai pembahasan yang merupakan pengembangannya. Disajikan dengan pola penyampaian sederhana, sangat praktis, dan mudah dipelajari! Tak salah, bila Anda belajar bahasa Arab bersama buku ini, dari nol sekalipun, kin i bahasa Arab bisa Anda tebas secepat kilat! Selain itu, buku ini juga memuat kamus pintar 3 bahasa (Arab-Inggris-Indonesia), yang memudahkan Anda dalam menguasai bahasa Arab secara terpadu dan super mudah.
Gagasan yang melatari tajuk permasalahan ini timbul dari hasil pengamatan penulis terhadap fenomena pragmatik imperatif dalam Al-Qur’an yang sarat dengan makna, baik makna semantik maupun makna pragmatik. Makna yang dihasilkan bervariasi tergantung konteks yang membangunnya. Keberagaman makna tersebut menimbulkan perbedaan para pemerhati linguistik Arab dalam mengungkap pemaknaan imperatif dari sudut pandang ilmu balaghah-ma’ani atau pemahaman dalam proses penyampaian pesan oleh penutur dan lawan tutur berdasarkan isi, tujuan, bentuk dan situasi tutur. maupun dari pandangan pemahaman terhadap ilmu syar’i. Dalam penelitian ini penulis bermaksud memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu linguistik Arab dalam mengungkap makna imperatif Al-Qur’an melalui analisis relasi struktur linguistik dan konteks dengan pendekatan semantikpragmatik.
Jenis-jenis tindak tutur tersebut, Putrayasa, 2014: 93) memaparkan bahwa tindak tutur tersebut dapat diinterseksikan ke dalam empat jenis tindak tutur, yaitu: (a) tindak tutur langsung literal, (b) tindak tutur langsung tidak literal, ...
Bismillahirrahmanirrahiim Buku pelajaran Bahasa Arab untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kelas IX ini disusun berdasarkan Kurikulum Madrasah yang dikeluarkan Menteri Agama RI tahun 2013, yang dalam pelaksanaannya berpedoman kepada Keputusan Menteri Agama RI No. 165 Tahun 2014, dan Surat Edaran Dirjen Pendis Kemenag RI Tahun 2015.
Bismillahirrahmanirrahiim Buku pelajaran Bahasa Arab untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kelas IX ini disusun berdasarkan Kurikulum Madrasah yang dikeluarkan Menteri Agama RI tahun 2013, yang dalam pelaksanaannya berpedoman kepada Keputusan ...
Evaluasi merupakan tahapan wajib yang memegang posisi urgen dalam upaya pemerolehan gambaran program maupun hasil pembelajaran peserta didik. Tahapan ini harus direncanakan, dilaksanakan dan dimanfaatkan sebagai sumber pengambilan keputusan oleh setiap pendidik. Hasil evaluasi menjadi umpan balik yang berharga untuk melihat efektivitas pelaksanaan pembelajaran, reformulasi serta peningkatannya. Untuk itulah, mahasiswa prodi PBA (Pembelajaran Bahasa Arab) sebagai calon praktisi pendidikan dibekali mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab sebanyak 4 (empat) SKS karena pendidik seyogianya mempunyai keterampilan dalam aplikasi evaluasi. Buku ini merupakan literatur yang materinya telah disesuaikan dengan “silabus” atau “Rencana Pembelajaran Semester” seiring diberlakukannya kurikulum berbasis KKNI di lingkungan UIN Walisongo Semarang. Buku ini ditulis untuk memenuhi kebutuhan literatur evaluasi dalam bidang khusus Pembelajaran Bahasa Arab. Buku ini tidak mungkin terwujud tanpa bantuan dan dukungan berbagai pihak.
pada jalur formal dan nonformal untuk semua jenjang, satuan, dan jenis pendidikan.2 Ruang lingkup evaluasi pembelajaran dalam perspektif domain hasil belajar dapat mengikuti pengelompokkan dari Benyamin S.Bloom, dkk (1956) yang membagi ...
How to Teach Arabic? Metode, Strategi, Evaluasi, Model, dan Permainan Pengajaran Bahasa Arab PENULIS: Jaka Imam Mahesa Wijaya Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-251-903-9 Terbit : Mei 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Bahasa Arab sebagai bahasa yang populer di kalangan kaum Muslimin merupakan bahasa yang dipelajari di berbagai lembaga pendidikan di tanah air. Animo masyarakat terhadap bahasa Arab mulai tumbuh kembali seiring dengan meningkatnya keinginan untuk memahami dua sumber ajaran Islam (Al Qur’an dan Hadits). Kondisi ini mendorong munculnya berbagai lembaga kursus Bahasa Arab, baik yang bersifat musiman atau dauroh. Pembelajaran online bahkan muncul Ma’had – ma’had khusus untuk belajar bahasa Arab di samping prodi bahasa Arab yang ada di perguruan tinggi. Kondisi ini menuntut para pengajar bahasa Arab untuk membaca kembali berbagai metode pengajaran bahasa Arab, serta berbagai strategi dan permainan bahasa yang kemudian mereka gunakan dalam proses pembelajaran. Buku ini kami tulis untuk membatu para guru Bahasa Arab, dosen Bahasa Arab, peneliti di bidang Pengajaran Bahasa Arab dan mahasiswa Prodi Pengajaran Bahasa Arab bisa memahami berbagai metode, strategi, evaluasi, model dan permainan yang bisa digunakan dalam pengajaran bahasa Arab. Buku ini lahir diawali dengan adanya asumsi bahwa bahasa Arab sulit untuk dipelajari. Agar bahasa Arab yang dianggap sulit ini terasa mudah untuk diajarkan dan dipelajari, maka hendaknya para pengajar menggunakan berbagai metode, model, strategi dan permainan Bahasa Arab yang kami tulis di buku ini. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys
1, November 2017) Siti Hasnah, Pembelajaran Kosakata (Mufradāt) Bahasa Arab Melalui Media Gambar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa pada Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Palu, (Palu: Jurnal Penelitian Ilmiah “ISTIQRA”, Vol.