Sebanyak 341 item atau buku ditemukan

Total Quality Management

Kunci Kesuksesan Pengelolaan Pendidikan

Total Quality Management : Kunci Kesuksesan Pengelolaan Pendidikan memiliki relevansi yang signifikan dalam bidang pendidikan karena memberikan fondasi untuk meningkatkan mutu dan efisiensi pada bidang pendidikan dalam menghadapi tantangan zaman. Konsep Total Quality Management menekankan pemberian kualitas yang tinggi dalam setiap aspek pembelajaran. Dengan menerapkan prinsip-prinsip TQM, lembaga pendidikan dapat mengidentifikasi area-area yang perlu ditingkatkan, memastikan standar yang konsisten, dan menciptakan lingkungan belajar yang optimal. Dengan menerapkan konsep TQM, lembaga pendidikan dapat mencapai peningkatan mutu secara berkelanjutan dan menyediakan pengalaman pendidikan yang lebih baik bagi siswa dan semua pemangku kepentingan. Buku ini tidak hanya menjadi panduan praktis bagi praktisi yang berkecimpung dalam dunia pendidikan, tetapi juga menjadi sumber inspirasi bagi pemimpin yang berkomitmen untuk membangun instansi pendidikan yang unggul melalui penerapan Total Quality Management. Dengan penekanan pada keunggulan, inovasi, dan pelayanan pelanggan, “Kunci Kesuksesan” memberikan wawasan mendalam yang diperlukan untuk memimpin instansi menuju puncak prestasi.

Total Quality Management : Kunci Kesuksesan Pengelolaan Pendidikan memiliki relevansi yang signifikan dalam bidang pendidikan karena memberikan fondasi untuk meningkatkan mutu dan efisiensi pada bidang pendidikan dalam menghadapi tantangan ...

Pengaruh pendidikan agama terhadap perilaku keagamaan peserta didik SMA di bawah yayasan keagamaan di Propinsi Bali, Kalimantan Tengah, dan Nusa Tenggara Timur

studi uji pengaruh implementasi kurikulum pendidikan agama terhadap nilai-nilai religiusitas, kejujuran, toleransi, cinta damai, dan kepedulian sosial peserta didik SMA di bawah yayasan keagamaan di Kota Denpasar, Propinsi Bali, Kota Palangkaraya, dan Kota Kupang, NTT

Impact of Islamic religious education on behavior of high schools students in Denpasar, Palangkaraya, and Kupang, Indonesia.

Impact of Islamic religious education on behavior of high schools students in Denpasar, Palangkaraya, and Kupang, Indonesia.

Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi

Buku Ajar Mata Kuliah Wajib Umum Pendidikan Pancasila

Buku Wajib Pendidikan Pancasila pada Perguruan Tinggi

Buku Wajib Pendidikan Pancasila pada Perguruan Tinggi

Pemikiran pendididikan Islam

transformasi kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah umum

Development of the curriculum of Islamic religious education in public schools in Indonesia.

Development of the curriculum of Islamic religious education in public schools in Indonesia.

Manajemen

Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan Edisi 4

Manajemen adalah seni dan ilmu (teori). Manajemen bukah hanya diteorikan melainkan dipraktikkan dan dirisetkan. Teori tanpa praktik bagaikan pohon tidak berbuah. Sebaliknya, praktik tanpa teori bagaikan orang buta tersesat di tengah hutan yang gelap gulita. Teori tanpa dirisetkan menyebatkan teori tidak berkembang bahkan tidak ada teori baru. Sebaliknya, riset tanpa teori bagaikan hipotesis dan atau pertanyaan riset yang turun dari langit. Praktik tanpa dirisetkan menyebabkan barang/jasa tanpa inovasi dan kreasi. Sebaliknya, riset tanpa dipraktikan hanyalah untuk manfaat teoretis. Jadi, teori, praktik, dan riset merupakan suatu sistem. Buku ini layak dibaca oleh akademisi, praktisi, dan masyarakat luas yang masih bingung membedakan antara manajemen dengan administrasi, manajemen dengan kepemimpinan, serta leader, manager dengan administrator, dan denisi manajemen pendidikan. Di samping itu, buku ini penting bagi akademisi, praktisi, dan masyarakat luas yang ingin meningkatkan mutu dirinya, keluarganya, organisasinya, serta masyarakat. Mutu tersebut antara lain; pengoordinasian, motivasi, kepemimpinan, kekuasaan, pengambilan keputusan, penyelesaian masalah, komunikasi, koordinasi negosiasi, konflik, keterampilan, kepercayaan, kinerja, kepuasaan kerja, pengendalian (pemantauan, penilaian, dan pelaporan), dan teknik-teknik meningkatkan mutu.

Manajemen adalah seni dan ilmu (teori). Manajemen bukah hanya diteorikan melainkan dipraktikkan dan dirisetkan. Teori tanpa praktik bagaikan pohon tidak berbuah.

Ki Hadjar Dewantara

multikultural dalam pendidikan musik

Thoughts of Ki Hajar Dewantara on music education in Indonesia.

Thoughts of Ki Hajar Dewantara on the relation between music education and multicultural education in Indonesia.

Multikulturalisme

tantangan-tantangan global masa depan dalam transformasi pendidikan nasional

On multicultural education in Indonesia towards globalization.

On multicultural education in Indonesia towards globalization.

ASESMEN PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA

Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah

Konsep, pemikiran, dan informasi yang diuraikan dalam buku ini merupakan hasil kajian teoritis dan pengalaman empiris. Uraian ini dimaksudkan untuk mengajak para pembaca berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam implementasi asesmen pembelajaran pada kurikulum merdeka. Buku ini menyajikan: pengertian asesmen pembelajaran dan kurikulum merdeka, tujuan dan fungsi asesmen pembelajaran, prinsip, ruang lingkup, dan objek asesmen pembelajaran, macam-macam dan bentuk-bentuk asesmen pada pembelajaran kurikulum merdeka, perencanaan asesmen, pelaksanaan asesmen kurikulum merdeka, pengolahan dan pelaporan hasil asesmen, dan refleksi serta tindak lanjut hasil asesmen.

Uraian ini dimaksudkan untuk mengajak para pembaca berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam implementasi asesmen pembelajaran pada kurikulum merdeka.

FILSAFAT PENDIDIKAN

Sebuah Pengantar Memahami Manusia dan Pendidikan dalam Tinjauan Filosofis

Dari hari ke hari problem pendidikan semakin komplek mengikuti arah perkembangan zaman. Berbagai pemikiran manusia dicurahkan untuk menjawab problematika pendidikan. Tetapi apa yang dibutuhkan oleh manusia sesungguhnya berawal dari pertanyaan-pertanyaan mendasar yang diajukan oleh filsafat agar ia bisa semakin mendekati kepada realitas yang diharapkan. Tidak hanya itu, manusia berupaya mengembangkan pengetahuannya dan mengajarkannya kepada orang lain agar hasil-hasil pemikiran dan tradisi budayanya itu dapat diteruskan oleh generasi-generasi setelahnya. Ada yang bertahan, tetapi ada pula yang tergusur oleh hasil pemikiran baru. Itulah pendidikan. Jika makhluk lain bertahan dan berkembang mengikuti selera alam, tidak halnya dengan manusia, ia bertahan dan berkembang melalui proses pendidikan. Peranan filsafat yang mendasari berbagai aspek pendidikan sudah tentu merupakan sumbangan utama bagi pembinaan pendidikan. Teori-teori yang tersusun karenanya dapat disebut sebagai ilmu kependidikan yang landasannya adalah filsafat pendidikan. Dalam pandangan Islam, filsafat pendidikan dapat diartikan sebagai studi tentang pandangan filosofis dari sistem dan aliran filsafat terhadap masalah-masalah pendidikan sehingga dapat memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap pertumbuhan dan perkembangan individu dan umat Islam secara luas. (HM. Arifin dalam buku Ilmu Pendidikan Islam) Pendidikan seharusnya ditujukan untuk memelihara dan meningkatkan intelektualitas manusia. Pendidikan tinggi harus bersendikan filsafat metafisika. Filsafat pada dasarnya adalah cinta intelektual yang datangnya dari Tuhan. (Robert M. Hutchkins, seorang penganut Perenialisme)

... umum dan sistematis. Ia mengatakan: “Just a formal philosophy attemps to understand reality as a whole by explaining it in the most general and systematic way, so educational philosophy seeks to comprehend educationin its entirely ...

Percikan pemikiran

kepemimpinan dan pendidikan

Essays on development of education in Indonesia.

Essays on development of education in Indonesia.