Sebanyak 92 item atau buku ditemukan

Filsafat Pendidikan

... Citizenship . Secara terminologis , istilah kewarganegaraan ( citizenship ) , yang dalam berbagai hal sering dirancukan dengan ilmu kewarganegaraan ( civics ) dan pendidikan kewarganegaraan ( civic education ) . Citizenship lebih ...

Filsafat Pendidikan Agama Islam: Dari Tasawuf Falsafi Hingga Alam Melayu

Buku ini merupakan eksplorasi mendalam tentang pengaruh dan kontribusi pemikiran Islam, khususnya dalam menghasilkan landasan kuat bagi pengembangan ilmu pendidikan agama Islam. Menggali dimensi pendidikan dalam ajaran para pemikir muslim, buku ini menyoroti pentingnya dasar filosofis, epistemologis, dan aksiogis sebagai pondasi ilmu pendidikan agama Islam. Berbeda dari pemikiran Barat yang sering materialistis, pemikiran Islam menekankan pentingnya keseimbangan jasmani dan rohani, dengan tujuan utama memperhalus jiwa dan membentuk kepribadian tangguh. Dengan menggali perkembangan kebudayaan Alam Melayu secara historis, buku ini menghadirkan pendalaman wawasan mengenai perkembangan pendidikan Agama Islam sejak Zawiyah Cot Kala masa Kesultanan Peureulak, Zawiyah Blang Pria masa Kesultanan Samudra Pasai, Jamiah Baiturrahman masa Kesultanan Aceh Darussalam, hingga surau-surau di Minangkabau, dan pesantren-pesantren terpadu era kontemporer di Sumatera Utara. Buku ini menunjukkan bagaimana dinamika perkembangan pendidikan agama Islam yang terus terjadi dalam sejarah menjadi telah memberikan kontribusi besar terhadap kemajuan bangsa, termasuk terbentuknya bahasa persatuan nasional.

Buku ini merupakan eksplorasi mendalam tentang pengaruh dan kontribusi pemikiran Islam, khususnya dalam menghasilkan landasan kuat bagi pengembangan ilmu pendidikan agama Islam.

Filsafat Pendidikan Islam Jilid I

Buku Filsafat Pendidikan Islam ini membahas secara lebih dalam mengenai konsep pendidikan Islam yang tidak hanya berlandaskan Al-Qur’an dan As-Sunah, namun Islam juga menghendaki adanya keterlibatan umat dalam mengawal perkembangan dan kebenaran suatu ilmu. Buku ini menguraikan metode-metode dalam pendidikan Islam hingga evaluasi dalam pendidikan Islam yang sangat penting guna memecahkan segala permasalahan dalam pendidikan berlandaskan norma-norma yang berlaku dalam agama Islam. Islam sebagai agama dan sekaligus sebagai sistem peradaban mengisyaratkan pentingnya pendidikan. Sebagai induk ilmu pengetahuan, filsafat banyak berperan dalam memberikan alternatif-alternatif atau membantu memecahkan masalah dan memberikan pengarahan dalam dunia pendidikan, salah satunya dalam pendidikan Islam.

Buku Filsafat Pendidikan Islam ini membahas secara lebih dalam mengenai konsep pendidikan Islam yang tidak hanya berlandaskan Al-Qur’an dan As-Sunah, namun Islam juga menghendaki adanya keterlibatan umat dalam mengawal perkembangan dan ...

Filsafat Pendidikan Islam (Landasan Filosofis Keilmuan dan Dimensi Spiritual)

Buku ini dipersembahkan kepada para mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan khususnya, para pendidik, para pemerhati pendidikan Islam dan pembaca sekalian, semoga dapat menjadi pedoman teoretis dan praktis dalam melaksanakan pendidikan.Buku ini berisikan berbagai ulasan yang berkenaan dengan hal-hal :Landasan filosofis keilmuan Filsafat Pendidikan Islam; landasan ontologi mempertanyakan hakekat dari Filsafat Pendidikan Islam, pasal ini membahas pengertian dan ruang lingkup Filsafat Penddikan Islam. Landasan Epistemologi membahas bagaimana bangunan teori Filsafat Pendidikan Islam, pasal ini membahas sumber, pendekatan dan metode dalam studi Filsafat Pendidikan Islam. Landasan aksiologi mempertanyakan kegunaan Filsafat Pendidikan Islam, pasal ini membahas urgensi dan fungsi Filsafat Pendidikan Islam dan perbandingan antara Filsafat Pendidikan Islam dengan Filsafat Pendidikan Barat

Buku ini dipersembahkan kepada para mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan khususnya, para pendidik, para pemerhati pendidikan Islam dan pembaca sekalian, semoga dapat menjadi pedoman teoretis dan praktis dalam melaksanakan ...

Filsafat Pendidikan Kontmporer

Dalam buku ini dibahas secara lengkap mengenai ; Sejarah dan Perkembangan Filsafat Kontemporer; Sejarah Lahirnya Filsafat Pendidikan; Filsafat dan Pendidikan; Landasan Filsafat dalam Pendidikan; Sistematika Filsafat Pendidikan; Hubungan Filsafat, Manusia dan Pendidikan; Aliran Filsafat Pendidikan; Peranan Filsafat Pendidikan; Aksiologi Filsafat Dan Sistem Pendidikan Nasional; Filsafat Pendidikan Dalam Organisasi Program Pendidikan Karakter; Konservatisme, Liberalisme Dan Kritisme Pendidikan; dan Teori Ekonomi Modern Buku ini membahas konsep berfilsafat dalam era postmodernisme adalah hasil penggabungan dari berbagai jenis fondasi pemikiran. Mereka tidak mau terkungkung dan terjebak dalam satu bentuk fondasi pemikiran filsafat tertentu. Dalam buku ini, belum rinci menjelaskan peran sains pada dirinya sendiri, melainkan peran sains sebagai ideologi dan scientism saja di mana kebenaran ilmiahlah yang dianggap kebenaran yang paling sahih dan meyakinkan.

Dalam buku ini dibahas secara lengkap mengenai ; Sejarah dan Perkembangan Filsafat Kontemporer; Sejarah Lahirnya Filsafat Pendidikan; Filsafat dan Pendidikan; Landasan Filsafat dalam Pendidikan; Sistematika Filsafat Pendidikan; Hubungan ...

Mengungkap Filsafat Pendidikan di Balik Kurikulum Merdeka

Buku ini mencoba merangkum berbagai filsafat pendidikan dalam konteks Kurikulum Merdeka. Berbagai aliran filsafat pendidikan seperti vitalisme, eksistensialisme, dan humanisme, berperan penting dalam membentuk metode dan teknik pendidikan. Masing-masing aliran memberikan perspektif yang berbeda dalam menyampaikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik. Filsafat pendidikan juga berfungsi sebagai panduan untuk mengatasi masalah-masalah pendidikan dengan prinsip-prinsip filosofis. Secara umum, filsafat pendidikan dibagi menjadi dua: progresif, dipengaruhi oleh Dewey dan Rousseau, dan revolusioner, yang menyoroti hubungan sekolah dengan masyarakat dan kekuasaan dalam proses tersebut. Landasan filsafat pendidikan mencakup gagasan tentang hakikat manusia, pengetahuan, nilai-nilai, dan perilaku yang dianut oleh lembaga pendidikan.

Buku ini mencoba merangkum berbagai filsafat pendidikan dalam konteks Kurikulum Merdeka.