Studi Tentang Sistem Among Dalam Proses Pendidikan
Buku ini sangat cocok untuk menjadi referensi bagi para guru sebagai “pamong” yang lebih cenderung menjadi navigator peserta didik sesuai dengan semboyan Tut Wuri Handayani. Buku ini ditulis dalam bahasa yang sederhana, dalam istilah keseharian sehingga meskipun membahasa sesuatu yang sangat serius, namun mudah dipahami.
Buku ini sangat cocok untuk menjadi referensi bagi para guru sebagai “pamong” yang lebih cenderung menjadi navigator peserta didik sesuai dengan semboyan Tut Wuri Handayani.
Dalam dunia pendidikan akuntansi, menurut Penulis, manusia dipandang bagaikan mesin. Menempatkan manusia yang adalah subjek Pendidikan bagaikan alam fisik ini telah menjadikan proses pendidikan sebagai upaya untuk “mengukuhkan hegemoni budaya kapitalisme,” serta pendidikan telah menjadi bagian integral dari sistem kapitalis. Penulis menyampaikan tentang tiga pengaruh kapitalisme terhadap sekolah yaitu (1) praktik sekolah mengarah pada kontrol ekonomi yang berpihak pada kaum elit, (2) ilmu pengetahuan menjadi bertujuan mengejar laba, dan (3) menjadikan pendidikan mengutamakan nilai material tetapi mengabaikan nilai kemanusiaan. Buku ini sebenarnya merupakan hasil penelitian disertasi penulis yang secara khusus merujuk kepada pendidikan profesi akuntansi di Indonesia yang bertujuan menghasilkan akuntan profesional. Karena proses pendidikan profesi telah ditempatkan di dalam sistem pendidikan yang dimaksud di atas, akuntan profesional yang dihasilkannya adalah mereka yang dalam pekerjaan profesionalnya sangat berorientasi untuk kepentingan pasar. - Prof. Dr. Eddy R Rasyid, SE., Ak., M. Comm