Sebanyak 44 item atau buku ditemukan

Pengantar Ilmu Ekonomi Syariah

Pengantar Ilmu Ekonomi Syariah adalah buku yang dirancang untuk memberikan pemahaman dasar mengenai konsep, prinsip, dan aplikasi ekonomi syariah dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini mengupas berbagai aspek penting dari ekonomi syariah, mulai dari dasar-dasar teori, instrumen keuangan syariah seperti zakat, wakaf, dan mudharabah, hingga penerapan prinsip-prinsip syariah dalam aktivitas bisnis dan finansial. Dengan pendekatan yang mudah dipahami, buku ini menjadi panduan awal yang cocok bagi mahasiswa, akademisi, dan praktisi yang ingin memperdalam ilmu ekonomi syariah sebagai alternatif sistem ekonomi yang lebih adil dan beretika. Selain itu, buku ini juga membahas perbedaan mendasar antara ekonomi konvensional dan syariah, menekankan pentingnya nilai-nilai Islam seperti keadilan, transparansi, dan tanggung jawab sosial dalam setiap transaksi ekonomi. Melalui contoh-contoh praktis dan analisis kasus, buku ini tidak hanya berfungsi sebagai referensi akademik, tetapi juga sebagai inspirasi bagi pembaca yang ingin mengimplementasikan nilai-nilai syariah dalam dunia bisnis. Pengantar Ilmu Ekonomi Syariah mengajak pembaca untuk melihat ekonomi dari perspektif yang lebih luas dan berkelanjutan, sesuai dengan prinsip-prinsip yang diajarkan dalam Islam.

... Islamic Economics and Finance, 2(1), 45-53. Kasmir, S. E. (2018). Bank dan lembaga keuangan lainnya edisi revisi.Khan, F. (2017). An Introduction to Islamic Economics: Theory and Application. Routledge. Usmani, M. T. (2002). An Introduction ...

Personal Branding Now

Bagaimana Sukses Membangun Personal Branding Di Era 5.0

Apakah Anda tahu, personal branding itu sangat penting bagi setiap orang? Ketika orang mampu menumbuhkan personal branding tentu akan memudahkan seseorang dalam menjalankan kehidupan secara terarah dan terstruktur. Kenapa demikian? Ya.. sebab, membranding diri akan memengaruhi kita dalam memanfaatkan media sosial yang ada dengan baik dan bijak. Diibaratkan seperti untuk membangun reputasi diri atau personal brand tersebut tidaklah mudah. Semua memerlukan sebuah proses dan perjuangannya masing-masing. Kita tidak harus menjadi orang lain atau diri sendiri, tapi jadilah diri yang baru. Berasal dari situlah personal branding akan mulai terbentuk, tanpa menjadi orang lain. Selain itu, jika kamu ingin hal yang baru, ya jadilah diri yang baru. Kenapa demikian? Saat kamu dengan tindakan yang sama, maka kemungkinan hasilnya juga akan sama. Supaya memiliki hasil yang berbeda, tentu harus dengan usaha atau tindakan yang baru. Di dalam sebuah konsep perubahan menjadi diri yang baru adalah keniscayaan. Masih ingatkan kalimat “Jika ingin menjadi luar biasa ya jangan melakukan hal yang biasa-biasa saja”.

Apakah Anda tahu, personal branding itu sangat penting bagi setiap orang?

Praktek Mini Bank Syariah Salam Bris

Sistem Aplikasi Lab Mini Bank Syariah BRI Syariah

sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan ketrampilan mahasiswa di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Malang terkait praktek operasional perbankan syariah, maka disediakan praktek mini bank syariah dengan menggunakan aplikasi SALAM BRIS sebagai hasil kerjasama dengan BRI Syariah. SALAM BRIS merupakan singkatan dari Sistem Aplikasi Laboratorium Minibanking yang dibuat oleh Bank Rakyat Indonesia Syariah.

sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan ketrampilan mahasiswa di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Malang terkait praktek operasional perbankan syariah, maka disediakan praktek mini bank syariah dengan menggunakan aplikasi SALAM ...

Etika & Profesi Keguruan

Manusia sebagai bagian makhluk hidup yang bermasyarakat (zoon politicon) tidak dapat terlepas dari relasi dengan lingkungan hidup di sekitar tempat tinggal di mana melakukan aktivitas. Dalam melakukan aktivitas keseharian maka manusia membutuhkan etik, manusia diperhadapkan pada norma atau aturan atau adat atau hukum yang mengikat, baik saat berelasi dengan Tuhan, secara interpersonal, lingkungan hidup sekitar maupun secara hubungan pribadi. Seorang guru perlu berkontribusi dalam tingkat keberhasilan pendidikan melalui aktivitas dan kinerja pengajaran pada tahap institusional dan intruksional. Kontribusi strategis guru harus selaras dengan amanat yang tercantum pada UU No 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Aktivitas guru sebagai tenaga profesional merupakan agent of change dalam pembelajaran. Tenaga profesional ditentukan oleh aktivitas yang berdasarkan kualifikasi akademik, kompetensi dasar, sertifikat pendidik yang telah memenuhi persyaratan berdasarkan jenjang pendidikan akademik yang telah ditetapkan pemeritah sehingga guru semakin berperan dalam pendidikan. Buku ini terdiri dari empat belas bab, pertama tentang konsep dasar etika keguruan, bab dua tentang hakikat profesi keguruan, bab tiga tentang kode etik dalam profesi keguruan, bab empat tentang supervisi dan kualifikasi guru abad ke 21, bab lima tentang prinsip dan tahapan pengembangan karier guru, bab enam tentang pendidikan profesi guru, bab tujuh tentang kompetensi dan karakteristik guru abad 21, bab delapan tentang hak dan kewajiban guru, bab sembilan tentang kinerja, komitmen, dan efektivitas kerja guru, bab sepuluh tentang guru sebagai jabatan profesional, bab sebelas tentang kreativitas guru dalam mendesain pembelajaran, bab dua belas tentang sertifikasi guru, bab tiga belas tentang guru dalam implementasi kurikulum, dan bab empat belas tentang guru dalam menilai proses dan evaluasi pembelajaran.

Buku ini terdiri dari empat belas bab, pertama tentang konsep dasar etika keguruan, bab dua tentang hakikat profesi keguruan, bab tiga tentang kode etik dalam profesi keguruan, bab empat tentang supervisi dan kualifikasi guru abad ke 21, ...

Lesson Study Berbasis Sekolah

(Guru Konservatif Menuju Guru Inovatif)

Salah satu usaha yang dilakukan terutama oleh guru adalah menjadi teladan dari manusia yang diinginkan tersebut. Guru harus menunjukkan tanggung jawabnya untuk menjadi guru yang tepat untuk membelajarkan peserta didik yang dari tahun ke tahun dihadapkan pada tuntutan perkembangan zaman yang berubah. Guru yang baik adalah guru yang mampu membelajarkan peserta didik melalui “proses pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi untuk aktif, kreatif, mandiri sesuai bakat, minat, dan perkembangan fisik dan psikologis peserta didik” (Pasal 19 PP 19,2005)

Salah satu usaha yang dilakukan terutama oleh guru adalah menjadi teladan dari manusia yang diinginkan tersebut.

MENGASAH SKILL EMAS Fakultas Vokasi Unair Membentuk Kompetensi Praktisi Zilenialist

Buku ini menggambarkan proses pembelajaran vokasi untuk mengembangkan skil mahasiswa gerenasi zilenial menjadi praktisi unggul yang siap kerja. Pembelajaran di Fakultas Vokasi Unair beda dengan fakultas lain di lingkungan Unair. Jika di fakultas lain pembelajaran akademik teori porsinya 60 persen di Fakultas Vokasi teori hanya 40 persen. Sebaliknya 60 persen pembelajaran di Fakultas Vokasi berupa praktik langsung atau tidak langsung terkait dengan dunia industri dan kerja (Iduka). Jika di fakultas lain mahasiswa lebih banyak di bangku dan ruang perkuliahan di Fakultas Vokasi para mahasiswa harus berpeluh-peluh menjalankan praktik di berbagai kantor perusahaan swasta, BUMN (Badan Usaha Milik Negara), kantor pajak, dan rumah sakit, dan sentrasentra industri.

Buku ini juga sebagai bagian dari manajemen public relation (PR) untuk media branding Fakultas Vokasi Unair. Pembaca buku dapat menikmati sajian informasi pembelajaran Fakultas Vokasi dalam membentuk skil emas mahasiswa generasi ...

Pentingnya Penguatan Pendidikan Karakter di Masa Merdeka Belajar

Sistematika buku ini dengan judul Pentingnya Penguatan Pendidikan Karakter di Masa Merdeka Belajar, mengacu pada konsep dan pembahasan hal yang terkait. Buku ini terdiri atas 14 bab yang dijelaskan secara rinci dalam pembahasan antara lain mengenai: Urgensi Pendidikan Karaker di Era Disrupsi dan Era Milenial; Problematika Kurikulum Merdeka Belajar dan Pendidikan Karakter; Religus dan Agama Sebagai Fondasi Dasar dalam Pembentukan Karakter; Kebijakan Pendidikan Berbasis Paradigma Merdeka Belajar dalam Menunjang Pendidikan Karakter; Gambaran dan Karakteristik Profil Pelajar Pancasila Yang Mendukung Penguatan Karakter di Era Merdeka Belajar; Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter; Pemanfaatan Kemajuan Teknologi Informasi (TI) dalam Mengembangkan dan Menguatkan Pendidikan Karakter; Peran Guru, Keluarga, dan Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter; Implementasi dan Pengembangan Karakter di Sekolah; Implementasi dan Pengembangan Pendidikan Karakter di Pendidikan Tinggi; StrategiPengembangan dan Peningkatan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Budaya; Pengembangan Model dan Media Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter; Internalisasi dan Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di Satuan Pendidikan; Evaluasi, Penilaian (Assesment) Serta Instrumen Penilaian dalam Pengembangan Pendidikan Karakter.

Sistematika buku ini dengan judul Pentingnya Penguatan Pendidikan Karakter di Masa Merdeka Belajar, mengacu pada konsep dan pembahasan hal yang terkait.

Pemasaran Strategik Untuk Pariwisata Berkelanjutan

Organisasi bisnis maupun non-bisnis mengimplementasikan prinsip dan teori pemasaran dalam berbagai konteks, termasuk untuk institusi pendidikan, instansi pemerintah, selebritas, partai politik, termasuk sektor pariwisata. Pariwisata yang berkelanjutan perlu diupayakan melalui setiap aspek keilmuan termasuk dalam manajemen pemasaran. Merencanakan pariwisata yang berkelanjutan tentu memerlukan konsep pemasaran strategik yang berorientasi bukan hanya pada keuntungan dan kepentingan jangka pendek tetapi juga berkomitmen untuk berkontribusi menyelesaikan masalah-masalah lingkungan dan sosial. Buku ini disusun dari 12 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Konsep Pemasaran dan Orientasi Pasar Pariwisata; Elemen Kunci Kesuksesan Pemasaran Pariwisata; Perencanaan Pemasaran Pariwisata; Analisis Pasar dan Pengukuran Pasar Pariwisata; Segmentasi, Targeting, dan Positioning Pariwisata; Analisis Kinerja Pemasaran Pariwisata; Branding Strategy Pariwisata; Program Manajemen Produk Pariwisata; Program Penetapan Harga Pariwisata; Program Komunikasi Pemasaran Pariwisata; Program Penjualan dan Distribusi Pariwisata; dan Pemasaran Internasional dan E-Marketing Pariwisata.

Merencanakan pariwisata yang berkelanjutan tentu memerlukan konsep pemasaran strategik yang berorientasi bukan hanya pada keuntungan dan kepentingan jangka pendek tetapi juga berkomitmen untuk berkontribusi menyelesaikan masalah-masalah ...

Manajemen Pendidikan Islam

Buku ini di kemukakan bahwa derasnya arus informasi teknologi dan komunikasi membawa perubahan yang signifikan terhadap dunia pendidikan khususnya lembaga pendidikan Islam. Implikasi negatif dari perubahan menuntut lembaga pendidikan untuk lebih responsif dalam menyikapinya, mengingat perubahan menjadi karakteristik utama dunia pendidikan termasuk lembaga pendidikan Islam. Buku ini di susun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kompetensi masing-masing. Buku ini terdiri dari 16 bab yaitu: konsep dasar manajemen pendidikan Islam, kerangka konseptual manajemen pendidikan Islam, fungsi manajemen lembaga pendidikan Islam, manajemen pendidikan madrasah, manajemen kurikulum pendidikan Islam, manajemen bimbingan dan konseling dalam pendidikan Islam, manajemen pengelolaan kelas, peran masyarakat dalam manajemen pendidikan Islam, manajemen peningkatan mutu lembaga pendidikan Islam, konsep kepemimpinan dalam manajemen pendidikan Islam, manajemen pengembangan pesantren berbasis riset integrasi-interkoneksi, manajemen sarana dan prasarana pendidikan, supervisi pendidikan Islam, model komunikasi pendidikan Islam, manajemen strategis pendidikan Islam, pengawasan sekolah dan madrasah. Mengingat mata kuliah Manajemen Pendidikan Islam ada di berbagai perguruan tinggi khususnya fakultas keguruan dan ilmu pendidikan

Mengingat mata kuliah Manajemen Pendidikan Islam ada di berbagai perguruan tinggi khususnya fakultas keguruan dan ilmu pendidikan

SOSIOLOGI PERIKANAN DAN KELAUTAN

Buku ini ditulis dari berbagai pustaka yang ada dan pengalaman lapang penulis yang berjumlah lima orang. Pengalaman lapang terutama sebagai hasil dari riset dan sebagai tenaga ahli dalam proyek pembangunan masyarakat. Beberapa bagian dari buku ini tentu ada yang terdapat dalam buku lain, namun dengan narasi yang tentu saja tidak sama. Meskipun untuk menyiapkan naskah ini sudah dilakukan beberapa tahun yang lalu, namun masih saja ditemukan kekurangan di sana-sini. Walau dengan segala bentuk kekurangan yang ada, kehadiran buku ini diharapkan mengisi ruang kosong yang ada dalam pembahasan sosiologi perikanan dan kelautan. Penulis berharap agar buku ini tidak hanya terbatas sebagai sebuah buku ajar, namun juga dapat digunakan oleh pihak-pihak lain yang memerlukannya. Harapan penulis adalah adanya masukan dari pembaca, agar di masa depan buku ini bisa tampil lebih baik.

Walau dengan segala bentuk kekurangan yang ada, kehadiran buku ini diharapkan mengisi ruang kosong yang ada dalam pembahasan sosiologi perikanan dan kelautan.