Sebanyak 1136 item atau buku ditemukan

POTRET KEBIJAKAN PENDIDIKAN DINIYAH

Eksistensi Kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Peningkatan Kualifikasi Akademik Guru Madrasah Diniyah

Dalam catatan sejarah pendidikan, sistem penyelenggaraan pendidikan Madrasah Diniyah (Madin) di Indonesia selama ini belum pernah mendapatkan pengakuan yang konkrit dari pemerintah. Hal ini terjadi, karena selama ini pula eksistensi pendidikan Madin secara yuridis-formil memang tidak diberi ruang apresiasi yang memadai dalam undang-undang sistem pendidikan nasional di tanah air. Fakta ini telah terbukti dalam sejarah panjang pemberlakuan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) di Indonesia, mulai UU No. 4/1950, juncto UU No. 12/1954, sampai dengan UU No. 2/1989 yang kesemuanya tidak pernah memuat bab, pasal, maupun ayat-ayat yang mengatur tentang sistem penyelenggaraan pendidikan Madrasah Diniyah. Padahal secara defacto dan historis Madin selama ini juga ikut memiliki andil dan kontribusi yang besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa bidang pendidikan di masyarakat.

Dalam catatan sejarah pendidikan, sistem penyelenggaraan pendidikan Madrasah Diniyah (Madin) di Indonesia selama ini belum pernah mendapatkan pengakuan yang konkrit dari pemerintah.

Nalar Kritis Pendidikan

Kualitas pemikiran di masa depan ditentukan oleh kualitas pendidikan saat ini. Proses pembelajaran formal anak didik menentukan arah masa depan mereka. Dalam konteks ini, Dr. M. Arfan Mu’ammar mengemukakan isu-isu penting dari pendidikan yang butuh untuk dikaji ulang. Robert John Pope, Direktur Equal Access International, Australia. Buku “Nalar-Kritis Pendidikan” karya Dr. M. Arfan Mu'ammar ini memberi kita banyak insight bagaimana memecahkan masalah pendidikan di Indonesia... Sebuah percikan pemikiran yang sangat aktual dan mencerahkan Dr. Budhy Munawar-Rachman, Aktivis di Yayasan The Asia Foundation dan Living Values Education. * Merebaknya anarkisme moral etis siswa, baik di sekolah maupun di luar sekolah mencerminkan terjadinya dekadensi nalar-etis, nalar-literasi dan nalar ilmiah dalam kehidupan bangsa. Situasi pendidikan kita seakan paradoksal. Secara konseptual, tujuan pendidikan begitu luhur, namun secara operasional terdapat jurang yang kian lebar antara idealitas pendidikan dan realitas pembumiannya. Buku ini mencoba mengurai berbagai persoalan pelik pendidikan, sekaligus menawarkan solusi alternatif yang bisa kita manfaatkan untuk kebaikan pendidikan di masa-masa yang akan datang. Selamat menikmati!

Proses pembelajaran formal anak didik menentukan arah masa depan mereka. Dalam konteks ini, Dr. M. Arfan Mu’ammar mengemukakan isu-isu penting dari pendidikan yang butuh untuk dikaji ulang.

Tutorial budi daya kangkung organik bagi anak berkebutuhan khusus

Sehat itu mahal, banyak cara yang diusahakan manusia agar tubuhnya tetap sehat. Olah raga, gaya hidup sehat dan yang paling penting adalah mengkonsumsi makanan sehat. Makanan sehat sebaiknya alami dan tidak mengandung bahan kimia seperti yang ada pada bahan-bahan pestisida. Masyarakat urban sekarang cenderung memilih memanfaatkan lahan yang sempit untuk budi daya tanaman menggunakan metode organik. Selain murah, hasilnya pun dapat langsung dinikmati bahkan tidak perlu repot-repot membeli pupuk atau pemberantas hama lainnya yang mengandung bahan-bahan kimia. Budi daya tanaman organik saat ini yang sangat mudah diterapkan dilahan yang terbatas adalah sayuran daun kangkung dan sejenisnya. Bagaimanakah langkah-langkah budi daya sayuran kangkung, buku ini akan memandu anda dalam budi daya sayuran kangkung mulai membuat media tanam sampai pasca panen. Buku ini juga bermanfaat bagi anak-anak bahkan anak berkebutuhan khusus. Didominasi gambar agar anak lebih senang dalam membudi dayakan sayuran kangkung.

Sehat itu mahal, banyak cara yang diusahakan manusia agar tubuhnya tetap sehat.

BINA BICARA BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Mata kuliah bina bicara diajarkan sebagai mata kuliah umum yang diberikan untuk membekali mahasiswa untuk memiliki kemampuan dalam mengasesmen, merencanakan, menyusun program, melaksanakan program, serta mengevaluasi program bina bicara bagi klien yang memiliki hambatan komunikasi. Mata kuliah bina bicara merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman dan pengetahuan, serta pengalaman kepada mahasiswa melalui pengkajian dan pembahasan tentang konsep dasar dan jenis gangguan bina bicara, analisis kesalahan pengucapan, program penanganan gangguan bicara, serta latihan merencanakan, pelaksanaan, serta penilaian dan pelaporan program bina bicara. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem presentasi, diskusi, tugas proyek, dan refleksi. Salah satu strategi yang dilakukan dalam penanganan anak yang memiliki hambatan komunikasi adalah dengan Bina Bicara. Untuk itu, diharapakan melalui bahan ajar mahasiswa ini, dapat memberi sumbangan pengetahuan dalam mendeteksi individu dengan hambatan komunikasi lebih dini untuk diberikan program penanganan yang tepat.

Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Depdiknas Purbaningrum,
Endang.dkk. 2018. Bina Bicara Anak Berkebutuhan Khusus. Surabaya. Marisa,
Riandi. Permasalahan Perkembangan Bahasa dan Komunikasi Anak KONSEP ...

Tutorial budi daya sawi organik bagi anak berkebutuhan khusus

Sehat itu mahal, banyak cara yang diusahakan manusia agar tubuhnya tetap sehat. Olah raga, gaya hidup sehat dan yang paling penting adalah mengkonsumsi makanan sehat. Makanan sehat sebaiknya alami dan tidak mengandung bahan kimia seperti yang ada pada bahan-bahan pestisida. Masyarakat urban sekarang cenderung memilih memanfaatkan lahan yang sempit untuk budi daya tanaman menggunakan metode organik. Selain murah, hasilnya pun dapat langsung dinikmati bahkan tidak perlu repot-repot membeli pupuk atau pemberantas hama lainnya yang mengandung bahan-bahan kimia. Budi daya tanaman organik saat ini yang sangat mudah diterapkan dilahan yang terbatas adalah sayuran daun kangkung dan sejenisnya. Bagaimanakah langkah-langkah budi daya sayuran kangkung, buku ini akan memandu anda dalam budi daya sayuran kangkung mulai membuat media tanam sampai pasca panen. Buku ini juga bermanfaat bagi anak-anak bahkan anak berkebutuhan khusus.

Telah menyelesaikan Pendidikan pasca sarjana di bidang Pendidikan Khusus/
Pendidikan Luar Biasa di Universitas Negeri Surabaya selama 2 tahun dan lulus
tahun 2016. Penulis adalah seorang guru di sebuah sekolah Luar Biasa Di kota
 ...

Tutorial budi daya bayam organik bagi anak berkebutuhan khusus

Sehat itu mahal, banyak cara yang diusahakan manusia agar tubuhnya tetap sehat. Olah raga, gaya hidup sehat dan yang paling penting adalah mengkonsumsi makanan sehat. Makanan sehat sebaiknya alami dan tidak mengandung bahan kimia seperti yang ada pada bahan-bahan pestisida. Masyarakat urban sekarang cenderung memilih memanfaatkan lahan yang sempit untuk budi daya tanaman menggunakan metode organik. Selain murah, hasilnya pun dapat langsung dinikmati bahkan tidak perlu repot-repot membeli pupuk atau pemberantas hama lainnya yang mengandung bahan-bahan kimia. Budi daya tanaman organik saat ini yang sangat mudah diterapkan dilahan yang terbatas adalah sayuran daun kangkung dan sejenisnya. Bagaimanakah langkah-langkah budi daya sayuran kangkung, buku ini akan memandu anda dalam budi daya sayuran kangkung mulai membuat media tanam sampai pasca panen. Buku ini juga bermanfaat bagi anak-anak bahkan anak berkebutuhan khusus. Didominasi gambar agar anak lebih senang dalam membudi dayakan sayuran kangkung.

Sehat itu mahal, banyak cara yang diusahakan manusia agar tubuhnya tetap sehat.

MANAJEMEN PENDIDIKAN ANAK DENGAN GANGGUAN EMOSI PERILAKU

Mata kuliah pendidikan anak dengan gangguan emosi dan perilaku diajarkan sebagai mata kuliah umum yang diberikan untuk membekali mahasiswa dalam mengasesmen, merencanakan, menyusun program, melaksanakan program, serta mengevaluasi program bina bicara bagi klien yang memiliki hambatan gangguan emosi dan perilaku. Melalui buku ini mahasiswa diharapkan dapat memberi sumbangan pengetahuan dalam mendeteksi individu dengan hambatan komunikasi lebih dini untuk diberikan program penanganan yang tepat. Buku ini dimulai dengan penjelassan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai, lalu dibahas secara terperinci, dan dilengkapi dengan beberapa soal untuk mengukur tingkat penguasaan materi serta tingkat ketuntasan yang dicapai mahasiswa.

Pendidikan inklusi bersifat terbuka untuk semua anak dan berupaya mengakomodasi setiap kebutuhan peserta misalnya, penyesuaian sarana prasarana, ...

77 Permasalahan Anak dan Cara Mengatasinya

Bagaimanapun juga orang tua, pendidik, dan guru merupakan orang-orang yang turut andil menstimulasi semua aspek perkembangan anak. Asah, asih, dan asuh sebagai fondasi untuk kepentingan anak. Bentuk kepedulian itu salah satunya adalah intervensi dalam mendidik anak. Intervensi langsung dari orang tua, guru, dan pendidik, pengasuh, dan orang-orang di sekitar lingkungan di mana anak itu tumbuh dan dibesarkan sangat dibutuhkan anak. Kemampuan mengatasi masalah-masalah yang biasanya muncul, yang akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak. Jika masalah-masalah anak teratasi, maka anak dapat berkembang baik fisik maupun psikis secara optimal.

Yaitu konselor melakukan intervensi kepada orang dewasa yang dekat dengan kehidupan anak dan dapat membantu masalah yang dihadapi anak. ... Misalnya, orang tua, guru, anggota keluarga lain. lis h in g /K G - 3/GC b.

BUKU PANDUAN MANAJEMEN TUGAS WALI KELAS BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

Wali kelas yang kompeten dalam melaksanakan tugas menjadi hal yang didambakan setiap sekolah dan siswa yang diwalikan. Dalam melaksanakan tugasnya wali kelas menghadapi berbagai kendala terutama dalam mengefektifkan waktu antara tugas sebagai guru mata pelajaran dan sebagai guru yang mendapatkan tugas tambahan sebagai wali kelas. Kendala- kendala yang dihadapi wali kelas dalam melaksanakan tugasnya, terutama dalam mendapatkan data dan memberikan pembimbingan serta pelayanan yang dibutuhkan siswa belum teratasi secara optimal. Membantu wali kelas mengatasi kendala dan permasalahan yang mereka hadapi buku panduan manajemen tugas wali kelas berbasis teknologi informasi, menjadi sebuah solusi bagi wali kelas. Ulasan-ulasan tentang tugas seorang wali kelas, fungsi- fungsi manajemen dalam tugas wali kelas, dan pemanfaatan teknologi informasi dalam bentuk web menjadi nilai tambah dalam membantu wali kelas melaksanakan pekerjaannya. Buku panduan ini dilengkapi dengan aplikasi manajemen tugas wali kelas dalam bentuk web dan langkah-langkah penggunaan aplikasi yang membimbing wali kelas dalam menjalankan aplikasi. Aplikasi ini sangat membantu wali kelas dalam mendapatkan data yang mereka butuhkan. Data ini bersumber dari guru mata pelajaran, guru bimbinan konseling dan juga dari siswa sendiri. Keterlibatan siswa, guru mata pelajaran, guru bimbingan dan konseling serta orang tua siswa dalam memberikan data dan informasi pada model manajemen tugas wali kelas ini sangat membantu wali kelas untuk mendapatkan data tentang siswa, agar wali kelas dapat mengenal siswa yang dia walikan baik bidang akademik maupun non akademik. Aplikasi ini juga memuat bentuk komunikasi wali kelas dengan siswa yang diwalikan. Disamping itu aplikasi ini memberikan kemudahan kepada kepala sekolah dalam melakukan pengontrolan terhadap keterlaksanaan tugas wali kelas dan pencapaian mutu setiap kelas baik bidang akademik maupun non akademik. Penggunaan buku panduan ini diharapkan dapat meningkatkan mutu tugas yang dilaksanakan wali kelas dalam meningkatkan mutu pelayanan yang dibutuhkan siswa pada sebuah kelas. Jika mutu setiap kelas meningkat maka dapat membawa dampak kepada mutu lulusan sebuah sekolah. Buku panduan ini dapat menjadi acuan, khususnya wali kelas SMA, sekolah, dan Dinas Pendidikan Propinsi/kabupaten/kota.

Mitra wali kelas berikutnya adalah guru bimbingan konseling (BK) yang dapat memberikan informasi tentang penulusuran ... Disamping itu kelas yang diwalikan juga perlu melengkapi kebutuhan sarana kelas dan administrasi penunjang kegiatan ...

Teknologi Informasi Dan Komunikasi SMP/MTs Kelas VII

Bab 4 Etika Penggunaan komputer A. Posisi Duduk .......... B. Etika dalam
Pemakaian Teknologi Informasi dan Komunikasi Info Teknologi ...... Kata Penting
....... Uji Kompetensi 46 51 53 54 54 Bab 5 Perkembangan Sistem Operasi A.
Mengatur ...