Sebanyak 11 item atau buku ditemukan

Budaya Kerja Guru

Ide dasar penulisan buku ini, bertolak dari keinginan penulis, pertama menyampaikan informasi studi ini ke masyarakat. Dengan demikian, guru dan masyarakat secara umum, mengetahui bagaimana budaya kerja guru. Kedua, sebagai akademisi penulis memiliki tanggungjawab sosial dalam menyebarluaskan ilmu pengetahuan yang dimiliki.

Terbebas dari permasalahan-permasalahan yang dijumpai, baik itu berpangkal pada sistem seperti contohnya permasalahan manajemen, kualitas input dan kondisi sarprasnya, ataupun permasalahan dari selain sistem seperti contohnya ketatnya ...

CAPITA SELECTA ZAKAT

Esei-Esei Zakat Aksi Kolektif Melawan Kemiskinan

Buku ini merupakan kumpulan tulisan penulis dalam tema besar filantropi Islam dengan fokus bahasan seputar zakat dan penanggulangan kemiskinan. Sebagian artikel pernah dimuat di media cetak harian umum Republika, Pelita, Media Indonesia dan majalah BAZNAS. Sebagai sumber utama keuangan sosial islam (Islamic Social Finance) zakat menjadi instrumen korektif terhadap kemiskinan dan kesenjangan sosial-ekonomi. Peran zakat dalam mengontrol harta dan mengalirkannya di tengah masyarakat sebagai solusi kemiskinan perlu dipahami secara luas di kalangan umat Islam. Selain membersihkan harta dan jiwa, zakat menumbuhkan konsumsi, daya-beli dan investasi. Di samping mensucikan dan menumbuhkan harta, zakat menjaga dan melindungi martabat kemanusiaan. Pemberi zakat tidak boleh merasa lebih mulia daripada penerima zakat. Muzaki menunaikan zakat sebagai kewajiban karena Allah dan mustahik menerima zakat sebagai hak yang telah ditentukan untuk melindungi dan memperbaiki kehidupannya. Semenjak dekade belakangan gerakan zakat telah membaur dan ambil bagian (take part ) dalam berbagai aksi solidaritas kemanusiaan di negara kita. Pengelolaan keuangan sosial Islam terutama zakat dan wakaf, termasuk cash waqf, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari dinamika pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah. Seperti diketahui sistem ekonomi dan keuangan syariah tidak hanya mendorong pertumbuhan sektor riil, tetapi juga sektor sosial dalam hal ini zakat, infak, sedekah dan wakaf sebagai mekanisme redistribusi aset dan pemerataan keuangan inklusif.

Buku ini merupakan kumpulan tulisan penulis dalam tema besar filantropi Islam dengan fokus bahasan seputar zakat dan penanggulangan kemiskinan.

Himmah Spritual sebagai Alternatif Penegakan Disiplin dalam Program Manajemen Peserta Didik

Pendidikan pada dasarnya bertujuan untuk mewujudkan hakekat manusia seutuhnya sesuai dengan kodrat kemanusiaannya. Dari sini bisa dipahami bahwa pendidikan menjadi penting baik bagi masa depan peserta didik itu sendiri, maupun bagi masa depan peradaban manusia secara keseluruhan. Sehingga wajar jika sejak awal kedatangannya, Islam memberikan perhatian yang besar terhadap pentingnya pendidikan ini. Oleh karena itu, proses pendidikan harus didesain dan dikelola dengan baik agar tujuan pendidikan tersebut bisa tercapai. Artinya agar pendidikan berjalan dengan baik harus dimulai dari perencanaan yang baik hingga pengawasan yang baik, tak terkecuali peserta didik harus dikelola dengan baik pula. Dari sinilah kemudian lahir disiplin ilmu Mamanajemen Peserta Didik. Sebagai bagian dari disiplin manajemen pendidikan, manajemen peserta didik dipahami sebagai keseluruhan proses kegiatan yang direncanakan dan diusahakan secara sengaja serta pembinaan secara kontinyu terhadap seluruh peserta didik agar dapat mengikuti proses belajar mengajar secara efektif dan efisien demi tercapainya tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.

Penentuan tersebut berdasarkan bimbingan yang ia terima. Sedangkan titik tekan dari konseling adalah adanya kesadaran pada diri individu terhadap aksi dan sikap yang akan diambil dan ditampilkan. Dari kedua titik tekan yang hampir ...

KEGAGALAN KUDETA G 30 S PKI

Berdamai dengan Sejarah

Jenderal A.H. Nasution atau akrab disapa Pak Nas beberapa kali memberi kenang-kenangan kepada saya buku-buku karya beliau yang bernilai sejarah. Pak Nas adalah korban fitnah, penculikan dan pembunuhan dalam tragedi nasional G30S/PKI tahun 1965 yang lolos dan selamat atas pertolongan dan perlindungan Allah SWT. Dalam rangka mengungkapkan kebenaran sejarah, saya kira apa yang ditulis oleh Pak Nas dan kawan-kawannya mengenai prolog, peristiwa dan epilog Gerakan 30 September 1965 sangat penting diketahui dan dipahami oleh generasi bangsa yang tidak mengalami peristiwa itu. Sebagai generasi penerus saya merasa terpanggil untuk menggali “bahan-bahan langka” yang saya miliki dan secara ilmiah dapat diterima. Faktor kedua yang mendorong saya menyusun buku ini, ialah saya pernah diberi kenang-kenangan berupa bundelan makalah ceramah mengenal ancaman bahaya Marxisme-Leninisme dan Komunisme oleh tokoh pejuang nasional dan sesepuh bangsa almarhum Bapak Dr. H. Roeslan Abdulgani. Dalam surat beliau kepada saya tanggal 3 Oktober 1997 Bapak Roeslan Abdulgani berpesan, “Semua itu memerlukan pembacaan yang teliti, penuh renungan, dan proyeksi masa depan. Semoga ada guna dan faedahnya”. Sejak tahun 1966 paham atau ajaran Komunisme/Marxisme-Leninisme telah dinyatakan dilarang di seluruh wilayah negara Republik Indonesia berdasarkan Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat (Sementara) No: XXV/MPRS/1966 tanggal 5 Juli 1966. Dalam kaitan itu perilaku Komunis atau mirip Komunis yang bertentangan dengan Pancasila harus benar-benar ditinggalkan, dan ketahanan nasional kita harus mampu mencegah bangkitnya kembali segala ideologi yang menghalalkan fitnah, adu-domba, anarkisme dan mengacau-balaukan pemerintahan. Ketahanan ideologi bagi bangsa Indonesia mustahil dicapai tanpa keadilan dan kemakmuran, persatuan serta tanpa ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Jenderal A.H. Nasution atau akrab disapa Pak Nas beberapa kali memberi kenang-kenangan kepada saya buku-buku karya beliau yang bernilai sejarah.

USIA IDEAL MASUK SD: Sebuah Pendekatan Psikologi

Buku ini hadir untuk menjawab banyak pertanyaan yang diajukan kepada penulis seputar perkembangan anak. Salah satu pertanyaan yang banyak penulis terima adalah kapan sebaiknya memasukkan anak ke SD. Banyak orang tua menemukan data amatan lapangan yang tidak konsisten. Ada anak cepat masuk SD namun tidak memiliki masalah akademik di sekolah dan cenderung berprestasi. Sebaliknya, ada pula siswa yang cukup umur masuk SD, namun sering bermasalah secara akademik. Ada juga anak yang cukup umur masuk SD dan menunjukkan prestasi yang baik di sekolah. Ada pula anak yang tamat TK namun bermasalah di SD dan sebaliknya ada anak yang tidak pernah berlajar di TK/PAUD namun tetap berprestasi di SD. Melihat fakta seperti ini di lapangan, banyak orang tua bertanya-tanya, sebenarnya kapan sebaiknya anak saya masuk SD? Buku ini dirancang khusus untuk orang tua yang memiliki pertanyaan serupa. Buku ini mengupas fenomena seorang anak masuk SD dalam dua sudut pandang, yaitu: keilmuan psikologi dan perangkat aturan yang berlaku saat ini di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama yang membawahi sekolah dan Madrasah. Dengan kedua sudut pandang ini, penulis berharap orang tua mendapatkan gambaran yang lebih luas tentang kesiapan anaknya memasuki usia Sekolah Dasar (SD) serta bisa tahu dan yakin kapan akan memasukkan anak ke SD.

Pedoman Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan; e. Pedoman Pembelajaran; f. Pedoman Penilaian; dan g. Buku-buku Panduan Pendidik. 4.

IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Pendidikan mempunyai peranan yang amat strategis untuk mempersiapkan generasi muda yang memiliki keberdayaan dan kecerdasan emosional yang tinggi dan menguasai megaskills yang mantap. Sejarah telah membuktikan bahwa kemajuan dan kejayaan suatu bangsa di dunia ditentukan oleh pembangunan di bidang pendidikan. Mereka menganggap kebodohan adalah musuh kemajuan dan kejayaan bangsa, oleh karena itu harus diperangi dengan mengadakan revolusi pendidikan. Secara empirik kita dapat mengamati bangsa-bangsa di Eropa dan Amerika, bahkan beberapa negara tetangga di kawasan Asia, seperti halnya Jepang dan Korea Selatan, mampu menjadi bangsa-bangsa terkemuka di dunia karena rakyatnya secara umum memiliki pendidikan yang baik dan berkualitas. Kualitas pendidikan di Indonesia dianggap oleh banyak kalangan masih rendah. Bangsa Indonesia kini sedang dihadapkan pada persoalan-persoalan kebangsaan yang sangat krusial dan multidimensional. Permasalahan pendidikan yang sangat krusial yaitu rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang satuan pendidikan, khususnya pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan telah dilakukan, antara lain melalui pendidikan dan pelatihan kompetensi guru, perbaikan sarana dan prasarana, pengadaan buku dan alat peraga, bahkan peningkatan mutu manajemen pendidikan. Namun demikian, berbagai indikator mutu pendidikan belum menunjukkan peningkatan yang signifikan. Perbaikan peningkatan mutu pendidikan di Indonesia sampai saat ini yang masih relevan adalah melakukan reorientasi penyelenggaraan pendidikan, yaitu melalui peningkatan manajemen pendidikan secara efektif.

Pendidikan mempunyai peranan yang amat strategis untuk mempersiapkan generasi muda yang memiliki keberdayaan dan kecerdasan emosional yang tinggi dan menguasai megaskills yang mantap.

PENGEMBANGAN PROFESI GURU

Ide dasar penulisan buku ini, muncul dari keinginan penulis, yang pertama menyebarkan informasi studi kasus dan studi pustaka, oleh karena itu, praktisi pendidikan dan masyarakat secara umum mengetahui bagai mana profesi guru dikembangkan dalam lembaga pendidikan islam, dan lembaga pendidikan umum serta pengaruhnya terhadap keberhasilan tujuan pendidikan. Kedua, sebagai akademisi penulis dalam hal ini merasa mempunyai tanggungjawab sosial dalam menyampaikan secara luas ilmu pengetahuan yang dimiliki.

Ide dasar penulisan buku ini, muncul dari keinginan penulis, yang pertama menyebarkan informasi studi kasus dan studi pustaka, oleh karena itu, praktisi pendidikan dan masyarakat secara umum mengetahui bagai mana profesi guru dikembangkan ...

NILAI-NILAI PROFETIK DALAM KEPEMIMPINAN MODERN PADA MANAJEMEN KINERJA

Buku ini, merupakan suatu studi teoritis dalam bidang manajemen dan kepemimpinan. Penulisan buku ini, bermula dari keinginan penulis untuk menyebarkan informasi dari hasil studi teoritis. Dengan demikian, para pemimpin khususnya dan masyarakat secara umum, me-ngetahui bagaimana menjalankan amanah kepemimpinan pada manajemen kinerja di suatu organisasi yang berlandaskan pada teladan Nabiyullāh wa Rasulullāh Muhammad SAW. Selanjutnya, sebagai akademisi penulis memiliki tanggungjawab sosial dalam menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki.

Buku ini, merupakan suatu studi teoritis dalam bidang manajemen dan kepemimpinan.

STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH Studi Masyarakat Miskin Perkotaan Dalam Peningkatan Pemahaman Ajaran Agama Islam

Dakwah sudah pasti sebuah komunikasi, tepatnya komunikasi persuasif, karena hakikat dakwah adalah mengajak, yakni mengajak orang lain (komunikan, audiens) untuk mempercayai dan mengamalkan ajaran Islam. Namun, jelas, komunikasi belum tentu mengandung pesan dakwah. Sejauh ini kita sudah punya kajian atau disiplin ilmu baru sebagai pengembangan dari ilmu komunikasi, seperti komunikasi politik, komunikasi budaya, komunikasi organisasi, dan komunikasi internasional. Komunikasi dakwah muncul belakangan. Kajian komunikasi dakwah baru muncul seiring dengan baru munculnya kesadaran di kalangan praktisi dakwah tentang pentingnya sentuhan dan pendalaman ilmu komunikasi untuk pengembangan dakwah sebagai ilmu dan teknik. Komunikasi dakwah adalah komunikasi yang berisi pesan-pesandakwah atau nilai-nilai ajaran Islam. Dari sisi substansi, buku ini mengkaji komunikasi dakwah dengan pendekatan praktis atau lebih tepatnya dalam perspektif praktisi komunikasi, yakni bagaimana dakwah dilakukan melalui keterampilan komunikasi, seperti retorika atau public speaking, termasuk di dalamnya penyiaran radio dan televisi, retorika, dan tulisan.

Dakwah sudah pasti sebuah komunikasi, tepatnya komunikasi persuasif, karena hakikat dakwah adalah mengajak, yakni mengajak orang lain (komunikan, audiens) untuk mempercayai dan mengamalkan ajaran Islam.

Manajemen Pembiayaan Sekolah

Buku ini, merupakan suatu studi teoritis dalam bidang manajemen dan kepemimpinan. Penulisan buku ini, bermula dari keinginan penulis untuk menyebarkan informasi dari hasil studi teoritis. Dengan demikian, para pengelola pendidikan dan masyarakat secara umum, mengetahui bagaimana menjalankan pengelolaan pembiayaan di suatu sekolah. Selanjutnya, sebagai akademisi penulis memiliki tanggung jawab sosial dalam menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki.

Dalam Pandangan agama Islam memerintahkan bahwa: segala sesuatu harus dilakukan secara sistematis, terinci, benar, dan tertib. Firman Allah SWT dalam Al-Qur'an Surat Al-Mudasir ayat 38 ... Islamic Financial Management, teori, konsep, ...