Sebanyak 254 item atau buku ditemukan

Buku Ajar Pendidikan Budaya Anti Korupsi Jilid 1

Tujuan dari penulisan buku ini tidak lain adalah untuk membantu para mahasiswa di dalam memahami mengenai peran mahasiswa sebagai agen perubahan di lingkungan kampus, masyarakat, pengertian korupsi, ciri dan jenis korupsi, korupsi dalam berbagai perspektif, faktor-faktor umum penyebab korupsi, dampak korupsi, konsep dan strategi pemberantasan korupsi, nilai-nilai anti korupsi, dan prinsip anti korupsi. Buku ini juga akan memberikan informasi secara lengkap mengenai pendidikan budaya anti korupsi dari berbagai penulis atau peneliti yang namanya sudah terkenal dimana-mana.

Tujuan dari penulisan buku ini tidak lain adalah untuk membantu para mahasiswa di dalam memahami mengenai peran mahasiswa sebagai agen perubahan di lingkungan kampus, masyarakat, pengertian korupsi, ciri dan jenis korupsi, korupsi dalam ...

Pendidikan Antikorupsi (Model Pemberantasan Korupsi)

Book Chapter dari 14 Bab yang membahaas Ruang Lingkup Antikorupsi, Sejarah Antikorupsi, Gratifikasi, Suap, dan Pemerasan Bukan Budaya Indonesia, Model Kelembagaan Antikorupsi Negara-Negara di Dunia, Menumbuhkan Sembilan Nilai Antikorupsi dalam Mencegah Korupsi, Kontribusi Tridharma Perguruan Tinggi dalam Mencegah Praktik Korupsi, Pencegahan Korupsi Melalui Pendidikan Kewirausahaan, Pencegahan Korupsi Melalui Agama, Good Governance dan Pengadaan Elektorik Mencegah Korupsi, Pembinaan Keluarga dan Pendidikan Karakter Sejak Dini Mencegah Korupsi, Budaya dan Kearifan Lokal Mencegah Korupsi, Peran Lembaga Hukum dalam Pencegahan dan Penindakan Korupsi, Inovasi Cegah dan Berantas Korupsi. Sebagai sebuah karya manusia, Book Chapter ini tentu masih terdapat banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan. Saran dan kritik yang membangun dibutuhkan untuk perbaikan dan penyempurnaan dari pembaca.

Book Chapter dari 14 Bab yang membahaas Ruang Lingkup Antikorupsi, Sejarah Antikorupsi, Gratifikasi, Suap, dan Pemerasan Bukan Budaya Indonesia, Model Kelembagaan Antikorupsi Negara-Negara di Dunia, Menumbuhkan Sembilan Nilai Antikorupsi ...

Inovasi Pembelajaran di Masa Merdeka BelajarKampus Merdeka (New Normal); Antara Peluang dan Tantangan

Merdeka Belajar -Kampus Merdeka adalah sebuah kebijakan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia sebagai jalan untuk mematangkan karir mahasiswa di masa mendatang. Sejak adanya pandemi yang disebabkan oleh virus Covid 19, dunia mengalami banyak perubahan di berbagai tatanan kehidupan, tak terkecuali pada bidang pendidikan. Virus yang tidak nampak membuat dunia harus sabar di rumah saja karena itu salah satu cara agar angka kematian yang disebabkan oleh virus ini tidak semakin naik. Dengan adanya permintaan di “rumah saja” lantas tidak membuat aktivitas berhenti. Masyarakat tetap masih bisa bekerja, belajar, berdoa, dan mencari hiburan meski di rumah saja. Pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar dalam jaringan (daring) adalah sebutan untuk belajar melalui satu tempat saja yang bernama rumah. Gerakan b elajar di rumah saja menjadi popul er di awal tahun 2020. Saat virus Covid 19 melanda Indonesia, seluruh perguruan tinggi melakukan penutupan sementara secara serentak, tidak ada aktivitas 2 Inovasi Pembelajaran di Masa Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (New Normal) 3 Prolog: Antara Peluang dan Tantangan dalam Menciptakan Inovasi Pembelajaran di Era New Normal 2 perkuliahan tatap muka. Kegiatan pembelajaran mulai beralih di rumah saja secara daring. Pembelajaran jenis ini melibatkan peran teknologi, informasi, dan teknologi sebagai kunci kesuksesannya. Namun dari berbagai hasil penelitian, kampus merdeka di Indonesia belum siap menjalankan metode belajar daring atau PJJ, perubahan terkesan cenderung dipaksakan, belum meratanya jaringan internet, model pembelajaran kurang efektif, dan menimbulkan rasa jenuh hingga ancaman kesehatan mental. Sementara kebijakan dari kementerian tetap harus dijalankan agar generasi penerus Indonesia tetap mendapat haknya dalam berilmu. Dengan berbagai alasan di atas membuat para dosen mau tidak mau, siap atau tidak siap harus dapat merinovasi di bidang pendidikan terutama pada mata kuliah yang diampuh agar mahasiswa tidak merasa bosan belajar secara daring, agar kesehatan mental tidak terganggu, agar mereka dapat terus menjadi pejuang pengetahuan, agar cita-cita mereka tercapai, sehingga ini menghadirkan adanya tantangan dan peluang bagi para dosen di masa pandemi ini. Untuk itulah book chapter ini dihadirkan oleh UMSU Press yang tentu saja direstui kehadirannya oleh pihak rektorat. Sebuah buku bunga rampai dari para dosen yang juga gemar meneliti dan menulis kemudian menyeragamkan artikelnya dalam tema “Inovasi Pembelajaran di Masa Merdeka BelajarKampus Merdeka (New Normal) antara Peluang dan Tantangan”.

Merdeka Belajar -Kampus Merdeka adalah sebuah kebijakan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia sebagai jalan untuk mematangkan karir mahasiswa di masa mendatang.

Panorama Maqashid Syariah

Buku ini merupakan kumpulan pemikiran dari para ulama terkait dengan Maqshid syariah yang disusun oleh para penulis yang sudah berpengalaman di dalam dunia ilmu Hukum Islam dan Maqashid Syariah. Sebagai sebuah pemikiran tentu saja ianya memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga harus disikapi sebagai suatu karya brilliant yang menjadi bahan kajian untuk generasi berikutnya.

Beberapa karangan fonumental yang pernah ditulis diantaranya Maqashid Al Shariah : A Beginner's Guide, Islam, Christiany and Pluralism, Shariah and Politics, Maqashid Al-Shariah as Philosophy of Islamic Law A system Approach, ...

Rekonstruksi Paradigma Maqashid Asy-Syari'ah

Kajian Kritis dan Komprehensif

Dewasa ini, wajah pemikiran Islam global lebih banyak yang bersifat rigid, radikal, dan fundamentalistik. Bahkan, banyak dijumpai tindakan kriminal atau aksi terorisme yang diklaim oleh beberapa pelakunya atas nama "hukum Islam". Padahal, basis fundamental setiap hukum Islam adalah prinsip kebijaksanaan dan keselamatan umat manusia. Mirisnya lagi, aksi terorisme tersebut justru dilakukan di tengah-tengah masyarakat yang sedang menikmati kedamaian, ketenteraman, dan kemakmuran hidup. Salah satu problem fundamentalnya ialah wacana hukum Islam masih bercorak atomistik-parsialistik, baik dalam tataran metodologis maupun praktis. Aplikasi hukum Islam lebih bersifat reduksionis daripada holistik, literal daripada moral, satu dimensi daripada multidimensi, bercorak oposisi biner ketimbang multinilai, dekonstruksionis ketimbang rekonstruksionis, dan bersifat kausal ketimbang teleologis. Oleh karenanya, diperlukan pendekatan sistem yang bercorak multidisipliner terhadap teori-teori maqashid asy-syari'ah secara metodologis. Buku ini mengulas pendekatan sistem tersebut, yang diusung oleh Jasser Auda. la melakukan rekonstruksi paradigmatik baru dalam menganalisis hukum Islam. Berpijak pada sejumlah fitur sistem dalam membangun world view keislaman di era kontemporer. Maqosid yangdulutitiktekannya hanya pada pentingnya perlindungan terhadap umat Islam, bergeser menjadi perlindungan terhadap kemanusiaan-universal. Selamat membaca!

... syariah Islam dengan politik . Namun , titik tekan pembahasan hubungan antara syariah dengan politik tersebut adalah fenomena setelah Arab ... Sharia and Politics : Questions for Rekonstruksi Paradigma Maqashid asy - Syari'ah 57.

Kamus Asyik Percakapan Sehari-hari Bahasa Jepang

Siapa yang sering kesulitan belajar bahasa Jepang dari kamus? Mau dong, belajar dari kamus dengan cara yang asyik plus nggak ribet? Udah tahu kamus yang bahasa Jepang yang dikhususkan untuk percakapan sehari-hari yang paling sering digunakan? Nah, buku ini bakal membantu kamu untuk menguasai kosakata bahasa Jepang yang terbagi dalam 32 unit dengan pendekatan situasional. Dalam setiap unit akan disertai entri-entri yang ada hubungannya dengan situasi tersebut, dan disertai dengan contoh kalimat yang membantu kamu buat mengaplikasikan kosakata Jepang ke percakapan sehari-hari. Ada daftar kosakata dan ungkapan-ungkapan gaulnya juga, lho! Pokoknya kamus ini gampang banget deh, buat dipelajari kamu yang masih pemula! Buku ini ditulis oleh Enik Darwati, S.S, seorang penulis yang menamatkan pendidikan S1 Jurusan Sastra Jepang UGM. Buku buku penulis yang telah terbit di Indonesia Tera antara lain: Cepat Bicara Bahasa Jepang Sehari-hari, Cepat Menulis Bahasa Jepang, Buku Saku Lancar Ngomong Bahasa Jepang Sehari-hari, dll yang diterbitkan oleh penerbit yang sama. -IndonesiaTera-

Pokoknya kamus ini gampang banget deh, buat dipelajari kamu yang masih pemula! Buku ini ditulis oleh Enik Darwati, S.S, seorang penulis yang menamatkan pendidikan S1 Jurusan Sastra Jepang UGM.

Bahasa Jepang Perhotelan: Effective Japanese for Hotel Staff

Buku ini adalah luaran hasil penelitian oleh kedua penulis. Penelitian itu berjudul “Interferensi Bahasa Jepang Oleh Staff Hotel di Kabupaten Badung dalam Melayani Wisatawan Jepang.” Berdasarkan hasil observasi pada beberapa hotel di Kabupaten Badung ditemukan permasalahan dalam berbahasa Jepang oleh staff hotel khususnya penguasaan kosakata dan ungkapan untuk menyampaikan maksud kepada wisatawan Jepang. Buku ini memuat kosakata bahasa Jepang yang sering digunakan dalam lingkup pariwisata yang dilengkapi dengan model percakapan bahasa Jepang pada bagian-bagian yang ada di Hotel seperti bagian kantor depan, restoran dan housekeeping. Kosakata umum dan contoh-contoh penggunaannya dalam dialog disajikan dengan cara sesederhana mungkin dalam buku ini. Tak hanya bagi para staf hotel, buku ini juga layak dibaca oleh siapa pun yang ingin menambah wawasan dan kosakata bahasa Jepang, terutama dalam ranah pariwisata.

Buku ini adalah luaran hasil penelitian oleh kedua penulis.

Konsep Dasar Mutu Pelayanan Kesehatan

Penulis : Nurul Hidayatun Jalilah, S.Si.T., M.Keb, Ruly Prapitasari, S.Si.T., M.Kes Ukuran : 21 cm x 14,5 cm Tebal : 343 Halaman ISBN : 978-623-68721-3-0 Ruly Prapitasari, S.Si.T., M.Kes, lahir di Demak, 16 November 1983. Penulis Merupakan Staf pengajar di Universitas Borneo Tarakan, Jurusan Kebidanan sejak 2019 s.d saat ini. Sebelumnya penulis aktif sebagai dosen Kebidanan di STIKES RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Pengalaman sebagai Bidan Pendidik sudah berjalan selama 14 tahun. Nurul Hidayatun Jalilah, S.Si.T., M.Keb, lahir di Lombok Barat, 24 September 1987. Penulis Merupakan Staf pengajar di Universitas Borneo Tarakan, Jurusan Kebidanan sejak 2019 s.d saat ini. Sebelumnya penulis aktif sebagai staf dosen Kebidanan di STIKes Hamzar Lombok sejak tahun 2009 s.d 2019. Penulis menyelesaikan Pendidikan DIII Kebidanan tahun 2008 dan D4 Kebidanan tahun 2009 di STIKes NGUDI WALUYO UNGARAN, selanjutnya tahun 2016 penulis menyelesaikan Pendidikan pascasarjana di Universitas Padjadjaran Bandung

Penulis : Nurul Hidayatun Jalilah, S.Si.T., M.Keb, Ruly Prapitasari, S.Si.T., M.Kes Ukuran : 21 cm x 14,5 cm Tebal : 343 Halaman ISBN : 978-623-68721-3-0 Ruly Prapitasari, S.Si.T., M.Kes, lahir di Demak, 16 November 1983.

Modul Komunikasi Sosial

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang membahas tentang komunikasi yang terjadi di dalam masyarakat dari kelompok masyarakat terkecil hingga kelompok masyarakat yang berjumlah besar dan bertujuan untuk harmonisasi dalam masyarakat. Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa komunikasi merupakan peristiwa yang terjadi dalam kehidupan keseharian, dan memiliki peran penting dalam perkembangan manusia secara psikologis dan sosial. Berbagai permasalahan sering dihadapi manusia karena komunikasi yang tidak berjalan dengan baik. Dengan mata kuliah yang membahas bagaimana peran komunikasi dalam membentuk jati diri dan identitas seorang manusia dalam masyarakat dan kemudian berpengaruh pada harmonisasi dalam masyarakat, maka mata kuliah ini menjadi penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mempelajari mata kuliah ini, capaian yang hendak dicapai adalah mahasiswa mampu menerapkan pemikiran ilmiah dalam lingkungan social secara nyata dan memberi kontribusi secara berimbang dalam masyarakat. Dengan mempelajari berbagai kecerdasan komunikasi, elemen komunikasi, dan ketrampilan komunikasi efektif, maka mata kuliah ini akan memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang manusia sebagai mahluk social yang tidak dapat hidup sendiri dan harus berinteraksi dengan manusia lain. Mahasiswa juga diharapkan mampu berkomunikasi efektif dengan semua anggota masyarakat, termasuk di dalamnya penyandang disabilitas dan kelompok-kelompok anggota masyarakat lain, juga menyadari bahwa manusia memiliki berbagai macam kecerdasan yang mendukung aktivitas komunikasi dan kehidupan.

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang membahas tentang komunikasi yang terjadi di dalam masyarakat dari kelompok masyarakat terkecil hingga kelompok masyarakat yang berjumlah besar dan bertujuan untuk harmonisasi dalam masyarakat.

Model Mitigasi Learning Loss Era Covid 19: Studi pada Pendidikan Nonformal Dampak Pendidikan Jarak Jauh

Menurut Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, learning loss adalah hilangnya kesempatan belajar karena berkurangnya intensitas interaksi dengan pendidik saat proses pembelajaran yang mengakibatkan penurunan penguasaan kompetensi peserta didik. Sedangkan The Education and Development Forum (2020) menyebutkan learning loss adalah situasi di mana peserta didik kehilangan pengetahuan dan keterampilan baik umum atau khusus atau kemunduran secara akademis yang terjadi karena kesenjangan yang berkepanjangan atau ketidakberlangsungannya proses pendidikan. Berdasarkan pemahaman ini, permasalahan yang paling utama dalam learing loss adalah penurunan bahkan hilangnya penguasaan kompetensi peserta didik yang diakibatkan oleh berkurangnya intensitas interaksi dengan pendidik. Learning loss menjadi sangat memungkinkan terjadi akibat tidak maksimalnya pembelajaran yang dilakukan secara daring. Learning loss menjadi kerugian jangka panjang terhadap pembelajaran anak-anak akibat penutupan sekolah sementara di masa pandemi Covid 19 seperti sekarang ini. Penulisan buku ini sangat penting di tengah adanya kekhawatiran terjadinya learning loss dalam sistem pendidikan di negeri ini. Pandemi covid 19 memang tidak bisa diatasi dengan mudah. Akan tetapi learning loss yang bisa saja terjadi pada sistem pendidikan kita harus diantisipasi dengan baik. Terbitnya buku ini adalah bagian dari upaya untuk mengantisipasi terjadinya learning loss dalam sistem pendidikan kita.

Berdasarkan pembahasan pada latar belakang, maka dapat dirumuskan bagaimana model pembelajaran mitigasi learning loss dampak pendidikan jarak jauh era covid 19 pada pendidikan nonformal dengan fokus sebagai berikut.