Sebanyak 3453 item atau buku ditemukan

62 REKAYASA GURU DALAM PEMBELAJARAN

Efektifitas pembelajaran guru di dalam kelas akan menjamin kesuksesan peserta didik dalam mendalami dan mempelajari setiap mata pelajaran yang akan di ampu apabila dibarengi dengan ketulusan dan keikhlasan guru dalam menyampaikan setiap kata dan kalimat dalam ikut mengantarkan pembelajaran di dalam kelas, sehingga diperlukan rekayasa guru dalam pembelajaran didalam kelas, demi sukses dan merdekanya belajar bagi peserta didik. Dengan demikian diperlukan upaya-upaya rekayasa guru dalam pembelajaran dengan tujuan agar kesuksesan belajar dapat diraih sesuai dengan target pembelajaran menuju merdeka belajar.

Segala bentuk perkembangan, perubahan, atau apapun yang berkaitan denga peserta didik harus terpantau dan terekam dengan baik, sehingga ketika muncul suatu permasalahan dengan sigap para konselor mampu menemukan solusi yang baik.

Pengembangan Keterampilan Menulis Untuk Guru, Mahasiswa Calon Guru, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Widyaiswara, Widyaprada, Dan Pengembang Teknologi Pembelajaran

Dalam buku yang berjudul Pengembangan Keterampilan Menulis ini diuraikan konsep dasar menulis. Hal ini dimaksudkan agar pembaca dapat memahami teori menulis. Selain itu, untuk menubuhkan minat pembaca untuk menulis, maka pada uraian teori menulis diintegrasikan pemberian motivasi kepada pembaca. Dengan demikian, pembaca mau dan mampu menulis, baik karya tulis ilmiah maupun karya ilmiah populer. Buku ini ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang sederhana sehingga lebih mudah dipahami oleh pembaca. Mudah-mudahan kehadiran buku ini berkontribusi terhadap peningkatan kemampuan menulis bagi para pembaca, khususnya guru, mahasiswa calon guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, widyaiswara, widyaprada, dan pengembang teknologi pembelajaran. Pengembangan Keterampilan Menulis Untuk Guru, Mahasiswa Calon Guru, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Widyaiswara, Widyaprada, Dan Pengembang Teknologi Pembelajaran ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Oleh sebab itu, manajemen perbankan yang sehat memegang peranan penting dalam pengelolaan dana yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penghimpunan, penyaluran, serta pengendalian dana sehingga tidak ada pihak yang dikecewakan.

Model Pengelolaan Kinerja Guru

Dalam kurun dekade terakhir, kebutuhan akan pemimpin yang inovatif menjadi kebutuhan mendesak seiring kian meningkatnya kompetensi antar organisasi dalam upaya memajukan lembaganya agar mampu menjadi yang terdepan, termasuk lembaga pendidikan yang secara keorganisasian merupakan sebuah lembaga yang mesti memiliki pondasi model pengelolaan dengan daya inovasi yang kuat, dan sistem pelayanan yang prima. Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah, sebagai lembaga pendidikan pada akhirnya harus mempersiapkan diri menjadi sekolah yang inovatif dan mempuyai nilai jual di tengah masyarakat dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas, menjadi sekolah yang unggul akan berarti harus dimulai dengan memiliki kepala sekolah yang inovatif. Tujuannya tidak lain agar kepala seklah mampu mewujudkan visi, misi sekolah dengan strategi-strategi inovatif dari kepala sekolah. Buku ini berangkat dari suatu penelitian mengenai Model Pengelolaan Kinerja Guru yang dilakukan oleh pihak manajemen sekolah menengah atas Muhammadiyah Provinsi Sumatera Selatan. Kepala sekolah sebagai pemimpin berinovatif serta akan menghasilkan sekolah unggul. Akan berarti bahwa membuat model pengelolaan yang dilakukan oleh pihak manajemen sekolah untuk menjadikan sekolah yang unggul, ini artinya keterpaduan antara kepala sekolah sebagai pemimpin, dan sekolah sebagai lembaga yang dipimpin.

Terkait dengan permasalahan-permasalahan yang dapat mengakibatkan kurang optimalnya kinerja guru sangat banyak sekali, baik karena disebabkan oleh faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal antara lain kompetensi diri ...

Pemikiran Guru Besar Universitas Gadjah Mada Menuju Indonesia Maju 2045: Bidang Sains dan Teknologi

Buku ini merupakan pemikiran secara individual berdasarkan kompetensi masing-masing guru besar Universitas Gadjah Mada (UGM). Dewan Guru Besar (DGB) menginisiasi penerbitan buku ini karena seorang guru besar UGM mempunyai nilai strategis bagi kemajuan bangsa. Seorang guru besar mempunyai kewajiban khusus membuat karya ilmiah dan menyebarluaskan gagasan pembangunan Indonesia atas dasar ilmu pengetahuan yang dimiliki. Oleh karena jabatan guru besar merupakan jabatan akademik tertinggi diharapkan pemikirannya sudah sangat mendalam dan visioner. Dalam kaitan itulah, DGB memrogramkan penulisan buku “Pemikiran Guru Besar UGM Menuju Indonesia Maju 2045”. Tahun 2045 bertepatan dengan 100 tahun Indonesia merdeka, dari sekarang tinggal 24 tahun lagi. Suatu tahun pencapaian yang sangat urgen. Timbul pertanyaan kritis, apakah Indonesia sudah betul-betul merdeka dan berdaulat, tidak terjajah lagi oleh kekuatan asing? Apakah Indonesia sudah maju dan tidak tertinggal negara lain? Apakah kita sudah menikmati keadilan dan kemakmuran dari hasil kekayaan dan pengolahan sumber daya yang kita miliki? Apakah kita sudah baldatun toyyibatun warobbun ghofur? Judul buku tersebut mengacu pada visi Indonesia 2045. Seperti diketahui, keseluruhan visi Indonesia 2045 diarahkan pada perwujudan Indonesia yang berdaulat, maju, adil, dan makmur dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Visi tersebut menginginkan Indonesia menuju tahun 2045 menjadi negara maju dan salah satu dari lima kekuatan ekonomi dunia dengan kualitas manusia yang unggul serta menguasai Ilmu pengetahuan dan teknologi, kesejahteraan rakyat yang jauh lebih baik dan merata, serta ketahanan nasional dan tata kelola kepemerintahan yang kuat dan berwibawa. Pencapaian visi Indonesia dibangun dengan empat pilar pembangunan, yaitu pembangunan manusia serta penguasaaan ilmu pengetahuan dan teknologi, pembangunan ekonomi berkelanjutan, pemerataan pembangunan, serta pemantapan ketahanan nasional dan tata kelola kepemerintahan. Masing-masing pilar berisi bidang-bidang pembangunan dari pendidikan hingga politik luar negeri yang harus dibangun dan dipercepat hingga tahun 2045 untuk mewujudkan visi Indonesia 2045. Secara keseluruhan, visi Indonesia 2045 mewujudkan tingkat kesejahteraan rakyat Indonesia yang lebih baik dan merata dengan kualitas manusia yang lebih tinggi, ekonomi Indonesia yang meningkat menjadi negara maju dan salah satu dari lima kekuatan ekonomi terbesar dunia, pemerataan yang berkeadilan di semua bidang pembangunan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdaulat dan demokratis. Pemikiran GB dilakukan oleh seluruh anggota GB, baik anggota DGB maupun yang bukan anggota DGB secara individual sesuai dengan kompetensi masing-masing. Penulisan buku ini sejalan juga dengan tugas khusus seorang GB, yaitu menulis buku, menyebarluaskan gagasan, dan membuat karya ilmiah. Buku ini juga merupakan oleh-oleh DGB periode 2016-2021 karena masa baktinya akan berakhir bulan Juli 2021. Penulisan buku ini dimaksudkan untuk mengaktualisasikan karya semi ilmiah atau ilmiah populer berisi pemikiran-pemikiran para guru besar sesuai dengan kompetensi masing-masing dalam kerangka untuk mewujudkan Indonesia Maju 2045. Semoga buku ini dapat dijadikan titik awal perangkuman pemikiran DGB UGM secara sistematis untuk mewujudkan Indonesia Maju di tahun 2045 Bidang Sains dan Teknologi.

Miccciancio dan Goldwasser (2012) memaparkan permasalahan kriptografi yang dipandang dari kacamata latis. Konsep pada sistem kriptografi ini adalah menyembunyikan pesan di sekitar suatu titik pada latis yang dipandang menggunakan basis ...

Buku Panduan Guru Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Untuk SMA/MA Kelas XI

Buku Panduan Guru Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Islam untuk SMA/MA Kelas XI secara khusus ditulis untuk guru-guru Biologi di madrasah aliyah; meskipun tidak menutup kemungkinan untuk dipergunakan oleh guru Biologi pada sekolah umum jenjang SMA/MA Kelas XI. Tujuan utama ditulisnya buku ini adalah untuk memberikan panduan bagi guru Biologi MA dalam merencanakan kegiatan pembelajaran Biologi yang bernuansa Islam. Hal ini dikarenakan pembelajaran Biologi yang berlangsung di MA selama ini masih bersifat umum, belum mencirikan karakteristik keislamannya. Buku panduan ini terdiri atas dua bagian utama, yaitu petunjuk umum dan petunjuk khusus. Petunjuk umum meliputi gambaran secara keseluruhan isi buku, landasan pengembangan buku, cakupan materi Biologi kelas XI, strategi, proses, serta media pembelajaran secara umum. Pada petunjuk khusus, guru dapat menemukan secara detail terkait komponen-komponen perencanaan penyusunan proses pembelajaran Biologi yang bernuansa Islam. Komponen-komponen tersebut meliputi uraian Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi, Tujuan Pembelajaran, Tahap-Tahap Pembelajaran, serta Evaluasi Pembelajaran. Seluruh komponen tersebut disusun inklusif antara ilmu umum biologi dengan ilmu agama Islam. Buku Panduan Guru Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Untuk SMA/MA Kelas XI ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Pada model PBL, terdapat dua hal yang harus dijadikan pedoman dalam menyajikan masalah, yaitu: (1) permasalahan harus sesuai dengan konsep dan prinsip yang akan dipelajari, dan (2) permasalahan yang disajikan adalah permasalahan riil, ...

Tugas Guru Dalam Pembelajaran

Aspek Yang Memengaruhi

Dunia pendidikan tidak pernah terlepas dengan keberadaan seorang guru. Hal tersebut dikarenakan, seorang guru memiliki pengaruh yang besar dalam menentukan kualitas pendidikan. Tak hanya itu, seorang guru juga memilik andil untuk membentuk karakter peserta didik. Namun, di antaranya banyak tanggung jawab seorang guru, ternyata begitu banyak pula aspek yang memengaruhinya dalam menjalankan tugas. oleh karena itu, perhatian khusus terhadap kondisi guru diharapkan dapat meningktakan mitu pendidikan yang dilaksanakan di sekolah. Buku ini membahas secara teoretis dan kontekstual tentang se4rba-serbi guru, serta aspek-aspek yang memengaruhi tugasnya dalam pembelajaran.

Permasalahan pendidikan begitu menarik untuk dicermati karena pendidikan memiliki nilai fundamental bagi kepentingan individu maupun kemajuan masyarakat. Krisis multidimensional yang kita alami saat ini belum menunjukkan adanya ...

Menjadi Guru Profesional Dalam Konteks Globalisasi

Era globalisasi yang ditandai perkembangan yang sangat cepat di bidang IPTEK dan seni budaya, telah memberikan dampak baik positif maupun negatif bagi kehidupan tiap bangsa di dunia termasuk bangsa lndonesia. Salah satu dampak yang dimaksud adalah adanya tuntutan untuk hidup ber kompetitif di tengah-tengah masyarakat dunia dan jika tidak ingin eksistensi suatu bangsa tergilas perjalanan waktu era global, maka penyiapan SDM harus diprioritaskan, untuk memperbaiki sumber daya manusia Indonesia, bidang pendidikan dirasakan sebagai wadah yang tepat untuk membentuk dan mendidik para generasi penerus bangsa. Oleh karena itu, perlu adanya perhatian khusus untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia agar tidak kalah dari kualitas pendidikan di luar negeri. Anis Baswedan yang dikutip oleh Subkhan (2015) menyatakan bahwa kualitas pendidikan tergantung pada kualitas guru. Sebaik apa pun kurikulumnya, jika tidak didukung oleh kemampuan guru yang memadai dalam mengaplikasikannya, maka hasilnya pun tak bisa diharapkan. Peran guru begitu besar dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas agar menghasilkan luaran-luaran yang berkualitas pula. Hal ini semakin diperkuat oleh UndangUndang RI Nomor 14 tahun 2005 yang menyatakan bahwa kedudukan guru sebagai tenaga profesional berfungsi untuk meningkatkan martabat guru serta perannya sebagai agen pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan. Untuk itu, guru dituntut untuk mengembangkan kemampuan dan keahlian yang dimiliki agar menjadi guru profesional. Pemerintah juga telah menetapkan standar kompetensi bagi guru yang dikembangkan secara utuh dari empat kompetensi utama, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, profesional dan sosial. Empat kompetensi tersebut tercantum dalam PP No. 19 Tahun 2005 ayat 28 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Moderator menetapkan aturan main dan mengarahkan singkat topik/permasalahan. Setelah dipersitakan moderator, panelis pertama menyampaikan permasalahannya untuk ditanggapi oleh panelis lainnya. Moderator dapat meminta panelis pertama ...

Manajemen Sumber Daya Insani di Lembaga Pendidikan Optimalisasi Supervisi untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru

Dalam buku ini penulis menggunakan istilah Manajemen Sumber Daya Insani (MSDI) walau pada dasar konsepnya tidak terdapat perbedaan dengan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM), hanya saja di buku ini penulis berupaya menggali kon- sep-konsep Islam. Topik sumber daya insani merupakan kajian sentral manajemen, tentu tanpa mengabaikan tema lainnya. Tanpa adanya sumber daya insani bermutu dapat dipastikan organisasi tidak dapat bergerak dan sangat sulit mencapai tujuan organisasi.

Berbeda dengan permasalahan guru, Kimbal Wiles menyampaikan hal yang diharapkan guru dari atasannya. Hal ini penting mendapat perhatian. Masalah-masalah yang dihadapi guru dalam tingkat satuan pendidikan mulai dari SD/Mis, SMP/MTs, ...

Buku Panduan Guru Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Untuk SMA/MA Kelas XII

Buku Panduan Guru Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Islam untuk Kelas XII secara khusus ditulis untuk guru-guru Biologi di madrasah aliyah; meskipun tidak menutup kemungkinan untuk dipergunakan oleh guru Biologi pada sekolah umum jenjang SMA kelas XII. Tujuan utama ditulisnya buku ini adalah untuk memberikan panduan bagi guru Biologi MA dalam merencanakan kegiatan pembelajaran Biologi yang bernuansa Islam. Hal ini dikarenakan pembelajaran Biologi yang berlangsung di MA selama ini masih bersifat umum, belum mencirikan karakteristik keislamannya. Buku panduan ini terdiri atas dua bagian utama, yaitu petunjuk umum dan petunjuk khusus. Petunjuk umum meliputi gambaran secara keseluruhan isi buku, landasan pengembangan buku, cakupan materi Biologi kelas XII, strategi, proses, serta media pembelajaran secara umum. Pada petunjuk khusus, guru dapat menemukan secara detail terkait komponen-komponen perencanaan penyusunan proses pembelajaran Biologi yang bernuansa Islam. Komponen-komponen tersebut meliputi uraian Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi, Tujuan Pembelajaran, Tahap-Tahap Pembelajaran, serta Evaluasi Pembelajaran. Seluruh komponen tersebut disusun inklusif antara ilmu umum biologi dengan ilmu agama Islam. Buku Panduan Guru Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Untuk SMA/MA Kelas XII ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Akal pikiran yang digunakan sebagai upaya memahami permasalahan atau fenomena alam tersebut dimulai dari kegiatan menyusun rancangan penelitian untuk mengungkap permasalahan tertentu (dalam hal ini misalnya yaitu permasalahan tentang ...

Kompetensi Guru

Untuk menjadi guru tentunya diperlukan berbagai kompetensi. Kompetensi guru umumnya terdapat empat hal, yaitu kompetensi pedagogis, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian. Kompetensi-kompetensi ini tentunya dapat menjadikan guru semakin profesional. Hal itu karena guru tidak hanya sebatas melakukan pengajaran pada ruang-ruang kelas, namun juga implementasi dari kompetensi yang dimilikinya di ranah publik secara luas. Dengan demikian, profesionalisme guru harus selalu ditingkatkan agar kompetensi peserta didik dapat memenuhi standar kompetensi yang ditentukan. Buku ini tentunya dapat mewujudkan hal tersebut, karena selain membahas mengenai berbagai pendekatan dan model pembelajaran; bahan ajar dan sumber belajar; kurikulum; silabus dan RPP, namun juga membahas keterampilan dasar mengajar yang begitu diperlukan guru ketika mengajar.

Untuk menjadi guru tentunya diperlukan berbagai kompetensi. Kompetensi guru umumnya terdapat empat hal, yaitu kompetensi pedagogis, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian.