Sebanyak 292 item atau buku ditemukan

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DI ERA DISRUPSI (Konsep dan Implementasi)

Sistem Informasi Manajemen (SIM) tentu tidak terlepas dari komputer, produk aplikasi dan sumber daya manusia. Sistem Informasi Manajemen juga tidak terlepas dari perkembangan peradaban manusia. Sistem Informasi Manajemen (SIM) bukanlah sesuatu hal yang baru dan sudah banyak yang mendefinisikan pengertian dari Sistem Informasi Manajemen Sistem Informasi Manajemen (SIM). Sistem Informasi Manajemen (SIM) mempunyai beberapa definisi yang disampaikan oleh beberapa ahli diantaranya: Robert G.Murdick dan Joel E.Ross mendefisinikan bahwa Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah : “Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah proses komunikasi dimana informasi masukan (input) direkam, disimpan dan diproses untuk menghasilkan output yang berupa keputusan tentang perencanaan, pengoperasioan dan pengawasan.” Gordon B. Davis mendefinisikan Sistem Informasi Manajemen (SIM) sebagai berikut : “Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah sistem manusia/mesin yang terpadu guna menyajikan informasi untuk mendukung fungsi operasi, manajemen dan pengambilan keputusan dalam organisasi.” Eko Nugroho (2008) mendefinisikan Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah : “Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah sebuah sistem yang berfungsi untuk mengelola informasi bagi manajemen organisasi.” Berdasarkan pendapat beberapa ahli diatas dapat disimpulkan bahwa: Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah sistem yang mengintegrasikan perangkat keras, perangkat lunak dan sumber daya manusia untuk mengelola dan menghasilkan informasi dalam mendukung perencanaan, pengoperasian dan pengawasan organisasi agar tercapai tujuan organisasi dan memudahkan manajemen organisasi dalam pengambilan keputusan. Sistem Informasi Manajemen (SIM) mempunyai fungsi untuk mengelola data-data transaksi, manajemen kontrol dan sistem pendukung pengambilan keputusan.

Sistem Informasi Manajemen (SIM) tentu tidak terlepas dari komputer, produk aplikasi dan sumber daya manusia.

PENERAPAN SISTEM INFORMASI DI BERBAGAI BIDANG

Buku Penerapan Sistem Informasi di Berbagai Bidang (Sistem informasi di Indonesia pada masa revolusi industri 4.0 menuju era society 5.0) merupakan sebuah perpaduan teoritis dan implementasi dari bidang sistem informasi yang di kemas dengan bahasa yang ringan serta mudah dipahami, buku ini ditulis oleh para dosen lintas perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia, selain menjelaskan tentang fungsi, tujuan sistem informasi buku ini lebih spesifik membahas penerapan bidang sistem informasi di berbagai bidang di antaranya, pendidikan, pemasaran, akademik, manufaktur, perikanan, kehutanan dan keuangan. Buku ini diharapkan mampu menjadi referensi khususnya bagi mahasiswa dalam menerapkan sistem informasi di berbagai bidang pada masa revolusi industri 4.0 menuju era society 5.0.

Buku Penerapan Sistem Informasi di Berbagai Bidang (Sistem informasi di Indonesia pada masa revolusi industri 4.0 menuju era society 5.0) merupakan sebuah perpaduan teoritis dan implementasi dari bidang sistem informasi yang di kemas dengan ...

SERBA-SERBI MENJADI GURU

Buku ini salah satu upaya yang dilakukan untuk menebar manfaat dalam melestarikan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang didapatkan di dunia pendidikan, khususnya kami sebagai guru. Guru yang selalu diidentikkan dengan kegiatan mengajar, menerangkan dan menyampaikan materi pembelajaran. Guru juga harus mampu menyelesaikan berbagai hambatan yang dialami oleh peserta didiknya.

Selama mengajar di madrasah aliyah, jalan saya tidak selalu mulus, lika-liku dan permasalahan sering ditemui. Berbagai permasalahan dengan siswa-siswi, bahkan dengan diri sendiri, semakin membuat saya kuat.

PENGANTAR DASAR PERENCANAAN DAN PEMBUATAN FILM ANIMASI

Buku ini hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat, terutama dalam industri kreatif tentang sebuah pengantar ilmu dasar perencanaan dan pembuatan film animasi. Prinsip-prinsip dasar pembuatan animasi sendiri sebenarnya cukup banyak, kurang lebih ada 12 teknis dalam pembuatan animasi memang harus dimiliki oleh seorang animator. Selain itu animator juga harus memiliki feeling yang kuat mengenai timing, pergerakan, pengamatan dan tingkah laku. Animator harus menjadi seorang aktor, punya perasaan, dan logika agar dapat membuat sesuatu menjadihidup dan alami. Dalam buku ini semua ilmu dasar perencanaan dan pembuatan film animasi secara lengkap dibahas satu per satu. Dengan pembahasaan yang sederhana memudahkan pembaca dalam memahami dunia pembuatan film animasisecara lebih utuh.

Buku ini hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat, terutama dalam industri kreatif tentang sebuah pengantar ilmu dasar perencanaan dan pembuatan film animasi.

Transformasi Media Pembelajaran Sebagai Upaya Optimalisasi Perkuliahan

Adapun yang menjadi fokus dalam buku referensi ini adalah merupakan hasil penelitian yang berjudul “Transformasi Media Pembelajaran Sebagai Upaya Optimalisasi Perkuliahan Pada Mata Kuliah Inti Keilmuan Prodi Penerangan Agama Hindu Stah Negeri Mpu Kuturan Singaraja” penulis memilih topik ini guna mengetahui terkait trasformasi media pembelajaran yang dilaksanakan oleh dosen pengajar di prodi penerangan agama Hindu.

... program diploma empat. c) Pasal 10, ayat 1 tentang kompetensi guru sebagaimana dimaksud dalam pasal 8 meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional melalui pendidikan profesi.

KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU (Upaya Meningkatkan Ranah Afektif Siswa)

KOMPETENSI. GURU. Secara sederhana kompetensi berarti kemampuan atau kecakapan. Menurut Mulyasa kompetensi adalah ... Selain itu, kompetensi telah terbukti merupakan dasar yang kuat dan valid bagi pengembangan sumber daya manusia.2 ...

MENJADI PENDIDIK PROFESIONAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Pendidik profesional merupakan salah satu elemen dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional di era Revolusi Industri 4.0. Di era RI 4.0 ini, setiap orang diharuskan untuk terampil dalam berbagai literasi dan bercirikan penggunaan teknologi di semua bidang. Pendidik profesioal dituntut untuk mampu menjawab tantangan tersebut dengan mengikutsertakan penggunaan teknologi di samping kemampuan pedagogi, content, dan knowledge dalam aktivitas mendidik secara profesional sehingga menghasilkan peserta didik yang kompeten dan siap bersaing secara nasional maupun internasional. Buku “Menjadi Pendidik Profesional di Era Revolusi Industri 4.0” hadir guna memberi tuntunan bagi pendidik dalam menjalankan profesinya secara profesional sesuai tuntutan RI 4.0 guna mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Pendidik profesional merupakan salah satu elemen dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional di era Revolusi Industri 4.0.

Budi Daya Gurame Metode Segmentasi

Pembudidayaan gurami selalu dihadapkan dengan lamanya proses pemeliharaan dari benih hingga ukuran konsumsi. Namun kenyataannya, waktu panen dapat lebih singkat melalui sistem pemeliharaan segmentasi. Anda dapat memilih segmen pembenihan, pendederan, atau pembesaran. Pengalaman penulis yang telah berhasil membudidayakan gurami di lahan sempit dan air terbatas dituangkan secara praktis ke dalam buku ini. Metode budidayanya sangat cocok diaplikasikan oleh Anda yang ingin memulai bisnis budi daya gurami. -AgroMedia-

Namun, saat ini pemasaran ikan gurami masih diprioritaskan untuk memenuhi permintaan dari pasar tradisional. Selain itu, permintaan gurami juga banyak datang dari restoran dan rumah makan. Dok. Agromedia Masakan Gurami.

ETIKA PROFESI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Buku yang ada di tangan pembaca ini merupakan bahan ajar materi kuliah Etika Profesi Pendidik PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara yang diamanahkan kepada penulis semester ganjil tahun lalu. Buku ini hadir dengan maksud menambah kekurangan refrensi terkait dengan mata kuliah tersebut. Sepanjang penelusuran penulis, persis seperti judul buku ini belum pernah diterbitkan oleh akademisi UIN Sumatera Utara, tetapi yang menulis tema Etika Profesi Guru secara umum sudah ada, dan sebagai apresiasi terhadap karya yang duluan lahir, penulis telah mencantumkan dalam daftar pustaka.

Banyak usaha yang dapat dilakukan dalam rangka peningkatan sikap profesional keguruan dalam masa pengabdiannya sebagai guru. Seperti itulah disebut, peningkatan ini dapat dilakukan dengan cara formal melalui kegiatan mengikuti penataran ...

Teacher Education and Teacher Professional Development in the COVID-19 Turn

Proceedings of the International Conference on Teacher Training and Education (ICTTE 2021), Surakarta, Indonesia, August 25–26, 2021

These proceedings present a selection of papers from the ICTTE 2021 conference. While face-to-face classroom instruction is brought back, there are a lot of lessons learned from the COVID-19 pandemic that schools, teacher training and education institutions, and government have to take into account. There is a need to reconsider what additional knowledge and skills pre-service teachers and in-service teachers need to be prepared for to anticipate such a similar unexpected situation in the future. Additionally, there is also a need to listen to in-service teacher experiences during the emergency remote teaching and integrate the positive lessons that they have gained, such as the use of technology, into the current post pandemic face-to-face classroom instruction. This proceeding is designed for teacher educators, researchers, in-service teachers, and pre-service teachers in the field of language education, math and science education and social science education, who are interested in these topics.

These proceedings present a selection of papers from the ICTTE 2021 conference.