Sebanyak 108 item atau buku ditemukan

Pemikiran Politik Islam

Buku ini memuat elaborasi da eksplorasi pemikiran dan tokoh ketatanegaraan Islam, mulai dari periode Klasik seperti al-Farabi, al-Mawardi, al-Ghazali, Ibn Taimiyah, dan Ibn Khaldun; hingga era Modern seperti Jamaluddin al-Afghani, Muhammad Abduh, Rasyid Ridha, Muhammad Iqbal, dan Ayatullah Khomeini untuk menyebut beberapa nama dan juga pemikiran dan praktik politik Islam di Nusantara dari masa kerajaan/kesultanan hingga masa kontemporer; mulai dari Nuruddin ar-Raniry, Raja Ali Haji hingga Mohammad Natsir dan Abdurrahman Wahid (Gus Dur). --- Buku persembahan penerbit Prenadamedia Kencana

Buku ini memuat elaborasi da eksplorasi pemikiran dan tokoh ketatanegaraan Islam, mulai dari periode Klasik seperti al-Farabi, al-Mawardi, al-Ghazali, Ibn Taimiyah, dan Ibn Khaldun; hingga era Modern seperti Jamaluddin al-Afghani, Muhammad ...

Akselerasi Berpikir Ekstraordinari Merdeka Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga Era Pandemi Covid-19

Pengalaman empiris para penulis sebagai guru atau dosen bidang keolahragaan di era Pandemi Covid-19, bersamaan dengan kemajuan teknologi digital dan program Pemerintah Indonesia melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Bapak Nadiem Makarim tentang merdeka belajar dan guru penggerak perubahan, memperkaya penulis untuk mengungkap pengalaman empirik yang unik karena kondisinya saat ini diluar dari kebiasaan. Pengalaman empirik tersebut dijabarkan dalam berbagai topik yang menarik dan enak dibaca dalam rangka membangun Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, dan berdaya saing tinggi menuju Indonesia emas 2045. Pandemi Covid-19 secara sadar mengubah pikiran manusia untuk selalu care menjaga kesehatan pribadinya. Penyebaran virus corona yang demikian dahsyat sangat mungkin setiap orang tertular terutama yang imunnya rendah yang disebabkan karena beberapa faktor antara lain; usia lanjut, sakit penyakit bawaan, hubungan antar manusia yang kurang peduli dengan protap kesehatan, lingkungan yang kurang sehat, tubuh yang tidak sehat dan bugar dan lain-lain. Kondisi tubuh sehat dan bugar tentu menjadi dambaan setiap insan manusia tanpa terkecuali, dan kondisi ini sesuai dengan capaian target belajar pendidikan olahraga.

Pengalaman empiris para penulis sebagai guru atau dosen bidang keolahragaan di era Pandemi Covid-19, bersamaan dengan kemajuan teknologi digital dan program Pemerintah Indonesia melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Bapak Nadiem ...

TEACHING FROM HOME: dari Belajar Merdeka menuju Merdeka Belajar

Buku dengan judul: “TEACHING FROM HOM: dari Belajar Merdeka menuju Merdeka Belajar” ditulis secara kolaborasi dengan pemikiran masing-masing penulis. Dalam buku ini dibahas, strategi, tantangan, harapan dari beberapa dosen serta aplikasi apa saja yang digunakan disaat mengajar dari rumah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menjelaskan “Merdeka Belajar” adalah kemerdekaan berpikir. Kampus/ Sekolah dipacu untuk melakukan proses adaptasi.

Ruang publik di era digital menyuguhkan nilai-nilai yang mencerminkan ... Tidak dapat dielakkan bahwasanya pembelajaran dalam jaringan “daring” mulai banyak ...

Filsafat Ilmu Pengetahuan

Setiap karya yang disusun atas landasan perencanaan dan penyusunan yang matang dapat memperoleh hasil yang baik. Penyusunan tersebut tentunya memiliki filosofi tersendiri yang berbeda dengan yang lain. Karya Filsafat Ilmu Pengetahuan tentu sudah sangat banyak dan tersebar luas di banyak kalangan, meskipun demikian, buku ini tetap mempunyai nilai filosofis yang memilikinya dengan berbagai makna berbeda dengan karya sejenis, minimal pada aspek ruang dan waktu dalam rencana dan penyusunannya. Pilihan materi dalam setiap Bab yang disajikan merupakan topik-topik yang dipandang sebagai bagian yang berperan dalam merunut kembali perkembangan ilmu pengetahuan dulu dan kini. Buku ini berusaha untuk menyambungkan kembali alur pengetahuan yang dianggap renggang akibat munculnya era globalisasi yang di barengi dengan model kehidupan yang begitu renggang atas masa dan kehidupan kini dengan masa lampau.

Karya Filsafat Ilmu Pengetahuan tentu sudah sangat banyak dan tersebar luas di banyak kalangan, meskipun demikian, buku ini tetap mempunyai nilai filosofis yang memilikinya dengan berbagai makna berbeda dengan karya sejenis, minimal pada ...

Melatih Berpikir Tingkat Tinggi dengan Model Pembelajaran GO CAR

Model pembelajaran GO CAR (Guided Orientation Challenge Analysis Review) sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Model pembelajaran GO CAR diharapkan mampu meningkatkan imajinasi berpikir serta meningkatkan daya ingat siswa yang bertujuan untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Imajinasi berpikir dan daya ingat dapat dibentuk dengan cara menghubungkan pelajaran dengan kehidupan sehari-hari, sehingga tidak mudah dilupakan. Selain itu melalui aktivitas belajar siswa dengan bertukar pikiran, menjawab pertanyaan serta berani tampil menyatakan ide-ide dan pendapatnya.

Model pembelajaran GO CAR (Guided Orientation Challenge Analysis Review) sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Model Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional Bugis Makassar “Ma’boy”

“Model pembelajaran berbasis Permainan Tradisional Bugis Makassar “Ma’boy” adalah salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan siswa dalam mendeskripsikan suatu masalah serta memberikan suatu alasan berdasarkan bukti-bukti yang nyata sesuai dengan pemahaman siswa dengan menggunakan turnamen akademik yang didesain seperti permainan tradisional Ma’boy (Bugis Makassar)”

“Model pembelajaran berbasis Permainan Tradisional Bugis Makassar “Ma’boy” adalah salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan siswa dalam mendeskripsikan suatu masalah serta memberikan suatu alasan ...

MODEL PEMBELAJARAN GOLD (Guided, Organizing, Leaflet, Discovery)

Model pembelajaran GOLD merupakan salah satu model pembelajaran yang digunakan untuk mengembangkan keterampilan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran GOLD mampu menciptakan proses akomodasi kognitif yang berawal dari pengetahuan siswa menjadi suatu pengetahuan baru yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari agar siswa dapat menjadi mandiri dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Model pembelajaran GOLD memberikan fasilitas untuk mengakomodasi pengetahuan awal siswa sehingga menjadi pengetahuan baru yang dapat siswa manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Model pembelajaran GOLD melatih siswa belajar dalam kelompok untuk menyelesaikan sebuah permasalahan dengan cepat. Model ini didasarkan pada asumsi bahwa kemampuan untuk mengikuti dan menyelesaikan tugas dalam setting kelompok adalah penting. Siswa yang berpartisipasi dalam pemecahan masalah (problem solving) akan memiliki keterampilan yang diperlukan untuk berbagai mata pelajaran, melatih kepemimpinan dan tanggung jawab serta solidaritas dan toleransi.

Model pembelajaran GOLD merupakan salah satu model pembelajaran yang digunakan untuk mengembangkan keterampilan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran.

Penulisan Mengenai Shaharom Husain Dalam Akhbar Berita Harian (1959-1991)

Menurut Djamal Tukimin, penulis sambilan tidak lengkap membicarakan mengenai sejarah drama moden Melayu tanpa memperkatakan karya-karya Shaharom Husain. Shaharom Husain merupakan seorang penulis novel, drama dan biografi yang dilahirkan pada 4 November 1919 di Batu Pahat, Johor dan terkenal di Singapura dan Malaysia untuk novel sejarah dan drama beliau. Beliau juga merupakan ahli sejarah yang paling terkenal di Johor dan Tokoh Guru Negara pada tahun 1984 (Anugerah tertinggi bagi pendidik / guru), pernah merancang untuk menjadikan rumahnya sebagai muzium kerana tidak mahu sejarah hanya menjadi sejarah.

Menurut Djamal Tukimin, penulis sambilan tidak lengkap membicarakan mengenai sejarah drama moden Melayu tanpa memperkatakan karya-karya Shaharom Husain.

Tafsir Ishraq Al-Ma'ani - Vol I - Surah 1-3

A Quintessence of Quranic Commentaries

With the revival of interest in Islam in our times, the Qur'an is also being read increasingly, especially by the intellectuals: Muslims and non-Muslims alike. However, and although its message and central theme have been stated in unambiguous terms, its translation fails to impart the same meaning with the same effect. Additionally, the Qur'an deals with every subject of human concern and gives guidelines for application to life and society. This increases its scope widely, and requires on the part of the reader's knowledge of various disciplines for proper appreciation of its message.It is specially important to know how the Qur'an was understood by those who received it first: Prophet Muhammad (SAW), on whom be Allah's peace, and his immediate followers. Second in order of interest and importance would be to know how the scholars of Islam have understood it in every age. The present work endeavours in the main to provide this information. However, it also presents useful notes, variant notes, variant opinions, anecdotes and legal points - from commentaries old and new.

Second in order of interest and importance would be to know how the scholars of Islam have understood it in every age. The present work spread across 4681 pages and 8 Volumes endeavours in the main to provide this information.

Tafsir Ishraq Al-Ma'ani - Vol VI

Surah 29-39: A Quintessence of Quranic Commentaries

With the revival of interest in Islam in our times, the Qur'an is also being read increasingly, especially by the intellectuals: Muslims and non-Muslims alike. However, and although its message and central theme have been stated in unambiguous terms, its translation most of the times fails to impart the same meaning with the same effect. Additionally, the Qur'an deals with every subject of human concern and gives guidelines for application to life and society. This increases its scope widely, and requires on the part of the reader's knowledge of various disciplines for proper appreciation of its message.It is specially important to know how the Qur'an was understood by those who received it first: Prophet Muhammad (SAW), on whom be Allah's peace, and his immediate followers. Second in order of interest and importance would be to know how the scholars of Islam have understood it in every age. The present work spread across 4681 pages and 8 Volumes endeavours in the main to provide this information. However, it also presents useful notes, variant notes, variant opinions, anecdotes and legal points - from Quran commentaries old and new. TAFSIR AUTHORS/BOOKS CITED (QUOTED) The following is the list of authors/books cited/quoted. Al-Kabir Al-Tafsir Al-Kabir, Tafsir notes of Imam ibn Taymiyyah(d.728 A.H) collected by Dr.'Abdul Rahman 'Umayrah. Alusi/Ruh Ruh al Ma'ani Fi Tafsir Qur'an al Azim Wa al Sab' al Mathani by shihab al Din Sayyid Mahmood Alusi(d.1291 A.H) Ibn Jarir/Tabari Jami' al Bayan Fi Tafsir al Qur'an by Ibn Jarir al-Tabari (d.310 A.H.). Ibn Kathir Tafsir al Qur'an al Azim by 'Imad al Din Abul Fida Isma'il ibn 'Amr ibn Kathir (d.774 A.H.). Ibn Qayyim Al-Tafsir Al-Qayyim, by Shamsuddin Muhammad b. Abi Bakr Ibn Qayyim al-Jawziyyah (d.751 A.H.) collected by Muhammad Uways Al-Nadwi. Ma'arif/Shafi' Ma'arif al Qur'an by Mufti Muhammad Shafi'Deobandi. Majid Holy Qur'an Translation and commentary by Abdul Majid Daryabadi (English) Majidi Holy Quran Translation and commentary by Abdul Majid Daryabadi (Urdu) Mawdudi/Tafhim Tafhim al-Qur'an by Sayyid Abul A'la Mawdudi (d.1979 C.E.) Qurtubi Al Jam'i Lil Ahkam al Qur'an by Abu 'Abdullah Muhammad ibn Ahmad al Ansari al Qurtubi (d.671 A.H.) Raghib Mu'jam Mufradat al-Qur'an by al-Raghib al-Asfahani. Rawa'e Rawa'e' al-Bayan Tafsir Ayat al-Ahkam by Muhammad 'Ali Sabuni. Razi Tafsir al Fakhr al Razi by Muhammad al-Razi Fakhr al Din ibn Dia al Din 'Umar(d.604 A.H). Sabuni Safwatu al Tafsir by Muhammad 'Ali Sabuni (may Allah length his life). Shabbir/'Uthmani Al-Qur'an al-Karim, Commentary by Shabbir Ahmed 'Uthmani. Shanqiti "Adwa' al-Bayan, Fi Idahi Al-Qur'an bi 'al-Qur'an" by Muhammad Al-Amin b.Muhammad Al-Mukhtar Al-Jakani Al-Shanqiti. Sayyid Qutb/Qutb/Zilal Fi Zilal al-Qur'an by Sayyid Qutb(d.1386 A.H.) Shawkani Al-Fath al-Qadir by Muhammad ibn 'Ali Shawkani(d.1255 A.H.) Thanwi/Bayan: Bayan al Qur'an by Ashraf 'Ali Thanwi(d.1361 A.H.) Yusuf Ali: The Glorious Koran, Meaning and Translation by Abdullah Yusuf Ali. Zamakhshari/Kashshaf: Haqa'iq al-Tanzil Wa 'Uyun al-Aqawil Fi Wujuh at-Ta'wil by Abu al-Qasim Jarallah Mahmood b.'Umar al-Zamakhshari(d.538 A.H.) Zarkashi Al-Burhan Fi 'Ulum al-Qur'an by Badruddin Muhammad bin 'Abdullah al-Zarkashi.

Second in order of interest and importance would be to know how the scholars of Islam have understood it in every age. The present work spread across 4681 pages and 8 Volumes endeavours in the main to provide this information.