Sebanyak 1087 item atau buku ditemukan

MONOGRAF IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH

Kalau dulu kepala sekolah diberi bantuan oleh pemerintah dalam bentuk sarana dan prasarana pendidikan yang sering dirasakan kurang bermanfaat bagi sekolah, ...

MANAJEMEN PENDIDIKAN

Manajemen pendidikan merupakan rangkaian dari fungsi manajemen yang berhubungan dengan bidang pendidikan. Sesuatu dapat dikatakan sebagai disiplin ilmu yang berdiri sendiri menerapkan objek kajian yang jelas, berupa objek materi yang merupakan sasaran suatu penyelidikan, pemikirannya, atau penelitian ilmu, dan objek formal berupa keteraturan, pengaturan, dan keserasian dalam pelaksanaan pendidikan. Dalam ilmu manajemen pendidikan secara umum mengkaji tentang efisiensi dan efektivitas pelaksanaan kinerja lembaga pendidikan dengan komponen dan tujuan-tujuan pendidikan, kegiatan pendidikan yang logis, jumlah sumber daya manusia atau staf yang memadai, disiplin kinerja, standarisasi pekerjaan yang sistematis, pertanggungjawaban dan pengembangan kemajuan lembaga pendidikan. Selain itu ada beberapa realita dan permasalahan yang menjadi trending topik dunia pendidikan terkini yang diharapkan menjadi sumber pengalaman untuk lembaga pendidikan supaya lebih antisipatif dan menemukan solusi yang tepat dalam menghadapi itu semua. Hal ini akan menjadikan semua elemen pengelola lembaga pendidikan baik tenaga pendidik maupun kependidikan mampu berpijak pada kaidah dasar dan tujuan dari manajemen pendidikan yang stratejik dan tepat guna. Pendidikan bukan hanya berkaitan dengan manajemen pendidikan saja, namun juga berkaitan dengan out put dan out come lembaga pendidikan yang merupakan hasil produksi dari kajian para aktor yang terlibat dalam manajemen pendidikan. Perkembangan maupun kemajuan manajemen pendidikan yang mutakhir bukan hanya ditentukan oleh bagaimana promo yang dilakukan pengelola lembaga pendidikan terhadap minat peserta didik untuk menjadi bagian dari lembaga pendidikan tersebut. Tetapi yang lebih substansial adalah bagaimana lembaga pendidikan yang dimaksudkan sebagai salah satu produk dari manajemen pendidikan mampu melahirkan out put maupun out come sumber daya manusia yang handal serta berguna bagi manusia yang lain.

Manajemen pendidikan merupakan rangkaian dari fungsi manajemen yang berhubungan dengan bidang pendidikan.

Manajemen Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Buku kategori keguruan dan ilmu pendidikan yang berjudul Manajemen Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan karya dari Caswita. Penelitian ini dilatarbelakangi akan pentingnya implementasi suatu kebijakan pendidikan dalam meningkatkan mutu peserta didik lulusan dalam hal ini kebijakan USBN PAI. Adapun tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis implementasi kebijakan USBN PAI di sekolah dasar. Meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan kendala kebijakan USBN PAI di sekolah. Sedangkan tujuan khususnya adalah untuk mengetahui, mengidentifikasi dan menganalisis; perencanaan implementasi kebijakan, pelaksanaan implementasi; evaluasi implementasi dan faktor pendukung dan kendala implementasi kebijakan.

Buku kategori keguruan dan ilmu pendidikan yang berjudul Manajemen Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan karya dari Caswita.

Bimbingan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus

Bimbingan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus, merupakan salah satu mata kuliah wajib di Program Studi Bimbingan Konseling dan Pendidikan Khusus. Sebagai mata kuliah wajib, bahkan pula di Program Studi PAUD dan PGSD, maka kajian yang luas dan dalam tentang Bimbingan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus (BK ABK) diharapkan dapat dikuasai oleh mahasiswa calon guru. Pemahaman yang baik terhadap materi ini dapat mengantar mahasiswa pada kepemilikan kompetensi yang profesional dalam penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Bimbingan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Bimbingan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus, merupakan salah satu mata kuliah wajib di Program Studi Bimbingan Konseling dan Pendidikan Khusus.

Bimbingan Konseling Di SD (Mendampingi Siswa Meraih Mimpi)

Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar sejatinya adalah kemampuan dan keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang pendidik karena merupakan bagian dari sebuah kompetensi pedagogik. Oleh sebab itu, Bimbingan dan Konseling menjadi salah satu mata kuliah wajib pada Program Studi PGSD di Universitas Kuningan yang learning outcome-nya adalah mahasiswa mampu menguasai konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar (baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial); Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan evaluasi hasil pembelajaran di sekolah dasar; dan Mampu menerapkan layanan bimbingan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran secara mandiri sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku. Bimbingan Konseling Di SD (Mendampingi Siswa Meraih Mimpi) ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Bimbingan Konseling Di SD (Mendampingi Siswa Meraih Mimpi) ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Bimbingan Konseling Populasi Khusus

Konseling populasi khusus adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh konselor kepada konseli (individu atau kelompok) yang mengalami suatu masalah dengan ciri-ciri yang sama dan menempati ruang yang sama pada waktu tertentu secara khusus, sehingga konseli memperoleh pemahaman yang lebih tentang dirinya, lingkungannya, dan masalahnya. Serta mampu memecahkan masalah yang dihadapinya dengan mampu mengarahkan potensi yang dimiliki kearah perkembangan yang optimal dan kemudian dapat mencapai kebahagiaan dalam hidupnya Buku persembahan Penerbit PrenadaMediaGroup

A. STANDAR KOMPETENSI BIMBINGAN DAN KONSELING DI SD Dalam Permendiknas No. 23/2006 telah dirumuskan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dicapai ...

B-KESPRO: Bimbingan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja

B-kespro adalah sebuah buku pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang berisi berbagai aspek dalam kesehatan reproduksi remaja. Buku ini terdiri atas 2 bagian, yaitu buku materi untuk siswa/remaja dan buku panduan pelaksanaan bimbingan untuk praktisi/guru bimbingan konseling/ konselor sekolah. Materi yang dikembangkan di buku ini telah melalui proses revisi dan uji coba. Dalam buku ini diuraikan materi tentang a) tumbuh kembang remaja (fisik dan psikologis), b) alat, sistem, dan fungsi reproduksi, c) seks bebas (pengertian, bentuk, faktor penyebab, dan dampaknya), d) pengendalian diri dari perilaku seks bebas (cara meningkatkan kualitas pribadi, konsep diri dan keterampilan berkomunikasi remaja), e) etika moral dan norma sosial dalam pergaulan, f) tanggung jawab remaja dan keluarga. Semoga buku ini dapat memudahkan praktisi bimbingan dan konseling dalam memberikan layanan bimbingan kesehatan reproduksi remaja serta dapat bermanfaat bagi remaja secara umum dalam rangka memperoleh informasi yang tepat mengenai kesehatan reproduksi remaja dan diharapkan remaja bisa menghindarkan diri dari perilaku seks bebas.

Semoga buku ini dapat memudahkan praktisi bimbingan dan konseling dalam ... Menempuh pendidikan Sekolah Dasar di SD Negeri Gunung Sari I , SD Negeri 5 Wua ...

Asesmen Pembelajaran Berbasis Komputer dan Android

Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada lembaga pendidikan saat ini sudah menjadi keharusan, karena penerapan TIK dapat menjadi salah satu indikator keberhasilan suatu institusi pendidikan. Tidak sedikit dosen yang memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut. Tren terbaru dalam dunia e-learning saat ini adalah penggunaan komputer dan media portable seperti smartphone untuk mengakses pembelajaran. Penggunaan perangkat pintar smartphone sebagai penunjang proses belajar mengajar ini dirasa bisa menambah fleksibilitas dalam kegiatan belajar mengajar Buku ini diharapkan dapat menjadi pegangan dalam membangun ujian yang berbasis komputer atau handphone untuk penggunaan ujian dan seleksi. Penulis berusaha untuk menuliskan secara detail teori-teori asesmen dalam pembelajaran serta penggunaan aplikasi, teknik dan perangkat-perangkat pendukung lainnya dalam membangun ujian berbasis mobile dan komputer. Pembaca diharapkan dapat secara mandiri mengimplementasikannya sesuai dengan kebutuhannya. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Tes pendidikan atau inventori psikologis mencoba untuk memperoleh informasi tentang atribut individu dengan cara yang lebih sistematis.