Sebanyak 1087 item atau buku ditemukan

MODEL PENDIDIKAN ISLAM

Teknik Mendidik Anak dengan Treatment di Era 4.0

Nusantara sedang merasakan berbagai permasalahan yang tidak kunjung berhenti. Masalah ini bagaikan pohon yang dipotong setengah dan setengahnya lagi tinggal menunggu kapan akan tumbuh. Kurangnya kajian yang matang sering kali memunculkan kebijakan dan Undang-Undang yang kurang tepat sasaran. Alih-alih mencegah, namun malah muncul masalah baru. Salah satunya Undang-Undang Perlindungan Anak yang terus disosialisasikan dua institusi negara, yakni Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Komnas HAM. Berdasarkan beberapa pengamatan dua lembaga institusi ini, keduanya menyimpulkan bahwa kekerasan anak di negara ini semakin mengkhawatirkan. Dari pihak lain–terutama para pendidik–merasa terkekang dengan segala aktivitas pendidikannya. Bagaimana tidak!, memarahi anak saja dapat di meja hijaukan. Apalagi mencubit atau menampar, sudah pasti tinggal menunggu panggilan dari pihak yang berwajib. Kerap kali pendidik melakukan tindakan yang dianggap mendidik justru malah menjadi bumerang bagi dirinya sendiri. Buku ini hadir untuk mengurai problematika di atas. Penulis berusaha menjelaskan secara ilmiah keberadaan sanksi atau ta`zîr yang ada di lembaga pendidikan, terutama pondok pesantren. Kemudian merumuskannya dalam bentuk temuan berupa konsep model sanksi dalam prespektif pendidikan Islam secara lebih tepat.

Kemudian merumuskannya dalam bentuk temuan berupa konsep model sanksi dalam prespektif pendidikan Islam secara lebih tepat.

Model Penilaian Kelas Online Pada Pembelajaran Matematika

Perubahan paradigma yang terjadi di Negara Indonesia, membuat kita mengerti bahwa perlunya penilaian pembelajaran di abad 21 ini. Penilaian dalam pandangan kurikulum dianggap memiliki fungsi yang sangat penting. Banyak sekali literatur penilaian yang dikatakan sebagai dasar bagi pengembangan pembelajaran. Salah satu sumber penilaian yang digunakan guru adalah tugas. Namun tetap dengan skema pembelajaran daring. Penilaian pembelajaran matematika memerlukan beragam teknik. Model-model penilaian pada kelas online akan anda temukan di dalam buku ini. Model Penilaian Kelas Online Pada Pembelajaran Matematika ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Model-model penilaian pada kelas online akan anda temukan di dalam buku ini. Model Penilaian Kelas Online Pada Pembelajaran Matematika ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

DASAR-DASAR MICRO TEACHING

Micro Teaching merupakan pelatihan yang dilakukan oleh calon guru atau guru untuk dapat melatih atau menngembangkan kemampuan mengajarnya. Seperti diketahui bersama, bahwa ilmu tanpa amal maka akan hanya seperti pohon yang tak berbuah. Maksudnya teori akan dapat diafahami dan memberikan manfaat jika bisa dipraktekkan dengan baik. Nah melalui Micro Teaching, teori Micro Teaching merupakan pelatihan yang dilakukan oleh calon guru atau guru untuk dapat melatih atau menngembangkan kemampuan mengajarnya. Seperti diketahui bersama, bahwa ilmu tanpa amal maka akan hanya seperti pohon yang tak berbuah. Maksudnya teori akan dapat diafahami dan memberikan manfaat jika bisa dipraktekkan dengan baik. Nah melalui Micro Teaching, teori.

... yang sesuai untuk mengatasi perilaku tersebut dan menjadikan mereka target dalam program remedial, bekerja sama dengan mitra dan konselor, memilih perilaku peserta didik yang harus diubah dan memberikan berbagai variasi penguatan.

PENGANTAR BISNIS DAN MANAJEMEN

Buku ini disusun berdasarkan pada beberapa daftar pustaka yang dilengkapi dengan berbagai macam bentuk aplikasi dan lembar kegiatan mahasiswa, tentu di dalamnya telah dicantumkan standar kompetensi dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh mahasiswa setelah mempelajari mata kuliah pengantar bisnis dan manajemen ini. Secara garis besar, buku ini tercover dalam 13 Bab, yaitu antara lain:  Perusahaan dalam Sistem Perekonomian  Konsep dan Ruang Lingkup Bisnis  Tinjauan Ekonomi dan Bisnis  Bentuk-bentuk Pemilikan Bisnis  Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial  Pendirian Perusahaan (Bisnis)  Konsep Manajemen  Tinjauan Manajemen dan Manajer  Perkembangan Teori Manajemen  Manajer dan Lingkungan Eksternal Organisasi  Fungsi-fungsi Manajemen  Konsep Pemasaran I  Konsep Pemasaran II

Buku ini disusun berdasarkan pada beberapa daftar pustaka yang dilengkapi dengan berbagai macam bentuk aplikasi dan lembar kegiatan mahasiswa, tentu di dalamnya telah dicantumkan standar kompetensi dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai ...

Menggali dan Menemukan Roh Pancasila Secara Kontekstual

Kehadiran buku ini dimaksudkan sebagai referensi yang memudahkan mahasiswa dalam mencerna materi kuliah Pendidikan Pancasila yang penulis ampu. Karena berdasarkan pengalaman penulis selama ini, mahasiswa menemui berbagai kendala dalam memahami Pancasila. Adapun faktor utama yang ditenggarai menghambat dan mempersulit struktur kognitif mahasiswa dalam meresapi Pancasila, yaitu materinya yang kurang kontekstual dan terlampau filosofis. Dua faktor tersebut tanpa disadari telah mengaburkan pandangan obyektif mahasiswa terhadap kelebihan Pancasila dibanding ideologi lainnya. Hal itu berimplikasi negatif pada persepsi mahasiswa, yang merasa tidak memperoleh manfaat apapun setelah mempelajari Pancasila. Parahnya lagi, mahasiswa keliru menginternalisasikan Pancasila dalam kepribadiannya. Pemahaman yang keliru tentunya mengantarkan mahasiswa pada aras implementasi dan aktualisasi Pancasila yang gagal pula. Pada tataran praktisnya, Pancasila tidak termaknai dengan baik dalam kehidupan mahasiswa. Kegagalan mahasiswa dalam meng-integrasikan Pancasila dengan pola pikir, sikap, dan perilakunya menandakan telah terjadinya pergeseran orientasi yang mengarah pada kemunduran peradaban bangsa Indonesia. Tidak dapat dibayangkan betapa mengerikannya kondisi Indonesia, bila Pancasila yang notabene ideologi bangsa tidak mengakar kuat sebagai fondasi intelektual generasi penerusnya.

Kehadiran buku ini dimaksudkan sebagai referensi yang memudahkan mahasiswa dalam mencerna materi kuliah Pendidikan Pancasila yang penulis ampu.

Demokrasi Pancasila di Era Kemajemukan

Pemahaman demokrasi dalam dunia pendidikan khususnya bagi masyarakat umum dalam tuntutan akademik dirasa masih tinggi. Demokrasi serta kebebasan dalam berbicara secara umum masih tergolong rendah. Dengan terbitnya buku ini tentang Demokrasi Pancasila di Era Kemajemukan, akan sangat membantu penggiat akademik dalam memperoleh gambaran secara umum mengenai pandangan demokrasi, pemerintah serta prinsip Ideologi dalam kebebasan demokrasi. Buku ini dapat digunakan dalam melakasanakan proses pembelajaran maupun penelitian, serta dapat memperdalam dan memperkaya ilmu pengetahuan secara luas. Selain itu buku ini juga dapat menjadi buku pedoman bagi mahasiswa dan guru untuk dijadikan sebagai bahan referensi belajar. Buku ini akan mengajak kita untuk "berkenalan secara umum mengenai perkembanagn Demokrasi Pancasila di Era Kemajemukan" secara intensif dengan melihat secara nyata bagai mana perkembangan demokrasi dewasa ini. Sehingga buku ini dapat memudahkan bagi para akademisi untuk memperoleh bahan rujukan untuk dijadikan sebagai bahan dalam memperkaya wawasan dan ilmu pengetahuan. Buku ini ditulis pada umumnya, untuk memberikan gambaran realita dalam perkembangan pandangan demorasi saat ini. Buku ini terbagi atas Enam Bab. Masing-masing isi dalam Bab mengandung berbagai teori secara umum mengenai Perkembangan dan pengenalan Demokrasi Pancasila secara praktis dalam perkembangan belajar kearah yang lebih baik dan sederhana.

Dengan terbitnya buku ini tentang Demokrasi Pancasila di Era Kemajemukan, akan sangat membantu penggiat akademik dalam memperoleh gambaran secara umum mengenai pandangan demokrasi, pemerintah serta prinsip Ideologi dalam kebebasan demokrasi ...

BUKU AJAR MATA PELAJARAN SEKOLAH DASAR PKN DAN PANCASILA

Nilai-nilai kebangsaan harus diperkenalkan sejak dini. Dengan mengenal nilai-nilai kebangsaan yang universal, siswa akan terbiasa pada keberagaman bangsa Indonesia dan belajar menghargai setiap perbedaan. Karena nilai-nilai kebangsaan begitu penting, sudah seharusnya para pendidik dalam ilmu kebangsaan dibekali dengan wawasan yang memadai. Wawasan dasar mengenai kebangsaan dan kewarganegaraan dapat ditemukan dalam buku ini sebagai bahan ajar bagi siswa sekolah dasar.

Nilai-nilai kebangsaan harus diperkenalkan sejak dini.

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA; KAJIAN TEORITIS DAN PRAKTIS DALAM PENDIDIKAN

Buku ini merupakan karya kolaboratif dosen lintas perguruan tinggi. Hadirnya buku ini merupakan bentuk perhatian para akademisi mengenai pendidikan di Indonesia yang ditinjau dari sudut padang Sumber Daya Manusia (SDM). Diharapkan dengan adanya buku ini, bisa berkontribusi dalam memajukan pendidikan di negeri tercinta ini melalui pandangan-pandangan kritis dan solutif.

Buku ini merupakan karya kolaboratif dosen lintas perguruan tinggi.

PENGANTAR MANAJEMEN

Buku dengan judul Pengantar Manajemen merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa. Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: 1) Pengertian Dan Fungsi Manajemen, 2) Sejarah Perkembangan Teori Manajemen, 3) Manajer Dan Lingkungan Eksternal Perusahaan, 4) Proses Perencanaan, 5) Menganalisis Pembuatan Keputusan, 6) Pengorganisasian Dan Struktur Organisasi, 7) Penyusunan Personalia Organisasi, 8) Konsep Motivasi, 9) Konsep Kepemimpinan, 10) Konsep Manajemen Konflik, 11) Konsep Pengendalian.

Buku dengan judul Pengantar Manajemen merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa.

Teori dan Aplikasi Manajemen Pendidikan

Buku Manajemen Pendidikan ini penting dipelajari karenamanajemen sebagai ilmu pengetahuan itu sendiri telah dipelajari sejaklama dan telah diorganisasikan menjadi suatu teori. Manajemen juga sebagai suatu seni, karena di dalam mencapai suatu tujuan diperlukankerja sama dengan orang lain, bagaimana cara memerintahkan oranglain agar mau bekerja sama. Pada hakikatnya kegiatan manusiaumumnya adalah managing (mengatur). Untuk mengatur di sinidiperlukan suatu seni, bagaimana orang lain memerlukan pekerjaanuntuk mencapai tujuan bersama.

Buku Manajemen Pendidikan ini penting dipelajari karenamanajemen sebagai ilmu pengetahuan itu sendiri telah dipelajari sejaklama dan telah diorganisasikan menjadi suatu teori.