Sebanyak 2902 item atau buku ditemukan

Kartini yang Tersembunyi

Membaca Pergeseran Emansipasi Kartini

Membicarakan emansipasi di Indonesia tidak pernah lepas dari nama “Kartini”. Namanya begitu harum seperti lagu yang diciptakan untuknya dan dinyanyikan setiap merayakan hari kelahirannya. Meskipun begitu, banyak yang masih memaknai kata “emansipasi” sekadar “kesetaraan bagi perempuan dan laki-laki (terutama dalam memperoleh pendidikan)”. Padahal, pemikiran Kartini tentang emansipasi jauh lebih kompleks dari sekadar “kesetaraan”. Seperti mendiang Karl Marx yang mengalami evolusi pemikiran dan melahirkan apa yang kita kenal sebagai “Marx tua sang filosofis” dan “Marx muda si idealis”, pemikiran Kartini tentang emansipasi pun turut bergeser seiring dengan berkembangnya perjalanan intelektual dan spiritualnya. Buku ini berusaha membedah setiap pergeseran emansipasi tersebut melalui penggalan surat-surat dalam buku Habis Gelap Terbitlah Terang.

Membicarakan emansipasi di Indonesia tidak pernah lepas dari nama “Kartini”.

Agar anak bangsa tak rabun membaca tak pincang mengarang

Dia telah menciptakan manusia dari ' alaq . Bacalah . Dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah . Yang mengajar ( manusia ) dengan pena . Dia mengajarkan pada manusia apa yang tidak diketahuinya . ( Al Quran , Surah Al ' Alaq 96 : 1-5 ) Nuun .

Mudah Cepat Tepat Membaca Al-quran (revisi)

Khairul Umam. Khairul Umam Mudah - cepat - tepat Membaca Al - Qur'an ( Metode 3 Jam ) + Kartu Latihan Iqro QultumMedia This One F9LP - WG7-2HH8 Mudah - Cepat - Tepat Membaca al - Qur'an Penulis.

PENERAPAN Metode Manhaji pada Pembelajaran Bahasa Arab

Bahasa adalah alat komunikasi yang digunakan oleh setiap kelompok masyarakat. Setiap bahasa biasanya digunakan untuk berkomunikasi dengan lingkungannya yang sejenis (Makruf 2009, hlm. 1), sedangkan menurut Fathul Mujib (2010) Bahasa adalah kunci utama pengetahuan. Memegang kunci utama bahasa berarti memegang kunci jendela dunia. Sebab, sejuta pengetahuan, seribu peradapan yang tercipta semuanya ada dan terbahasakan, bahkan sejarah tidak akan berwujud sejarah jika tidak ada bahasa. Bahasa adalah satu-satunya kunci jalan pencerahan bagi masa depan manusia.

Contoh-contohnya diambilkan dari ayat-ayat al-qur'an juz I (Q.S al-Fatihah dan Q.S. al-Baqarah: 1101) Cara mengajarkan rumus-rumus kaidah ini dengan nasyid atau ... Objek kajiannya adalah juz 3 dan juga diajarkan membaca kitab kuning.

Modul Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Bismillah (Baca-Tulis-Tela’ah) PAUDQu Kementerian Agama Kota Depok

Modul pembelajaran Al-Qur’an bagi penyelenggara PAUDQu di lingkungan Kota Depok ini merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan mutu guru, santri, maupun lembaga pendidikan itu sendiri. Karena Pembelajaran Al-Qur’an merupakan elemen penting dalam meningkatkan pemahaman keagamaan umat Islam Indonesia umumnya, dan umat Islam Kota Depok. Terlebih pembelajaran Al-Qur’an merupakan fondasi untuk membangun keimanan, ketakwaan dan juga akhlak umat Islam. Fondasi yang seyogyanya dibangun dari usia dini melalui pendidikan Al-Qur’an yang mapan dan komprehensif hingga jenjang-jenjang pendidikan berikutnya.

Pada mulanya metode ini diberi nama “Metode Cepat dan Praktis Membaca Al-Quran”. Metode ini terdiri dari dua siri, yaitu Tartil I dan Tartil II. Tartil I adalah untuk memandu murid/pelajar mengenali huruf, membaca huruf berbaris satu, ...

Kekuatan Metode Lafidzi

( Sindo ) E. Manfaat Membaca Al - Qur'an " Dan apabila kamu baca Al - Qur`an niscaya Kami adakan antara kamu dan antara orang - orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat sesuatu dinding / pemisah yang tertutup .

METODE MUSTAQILLI 1

KATA PENGANTAR بسم االله الرحمن الرحيم السلام عليكم ورحمة االله وبركاته Alhamdulillah dengan rahmat Allah swt. Kitab ini telah selesai. Sholawat serta salam mudah – mudahan tertuju pada Nabi kita Muhammad saw, keluarga, dan sahabatnya Amin. Kitab ini penulis beri nama “ية لغير العربالعرب” (Al Arabiah Li Ghoiri Al Arab) yang berarti “Bahasa Arab untuk Selain Orang Arab”. Pada dasarnya kitab ini merupakan kitab pra untuk memasuki kitab “Audloh Al Manaahij”. Secara metode dan isi materi kitab ini merupakan intisari dari kitab aslinya yang diterbitkan dengan edisi bahasa arab yang alhamdulillah telah mendapat apresiasi yang sangat bagus di alam islami khususnya dan international pada umumnya. Hanya saja pada bagian teori kaidahnya sengaja dibuat dengan edisi berbahasa Indonesia dengan harapan yang besar supaya para pembaca yang budiman bisa langsung memahami dan dapat menangkap subtansi teori kaidah tersebut sehingga sangat mudah untuk merealisasikan dalam praktek berbahasa. Di samping itu kitab ini memprioritaskan praktek dari teori–teori tersebut sehingga menjadikan siswa/siswi islam kita sangat aktif mempraktikan teori kaidah dengan cara yang sangat mudah karena cukup mengacu pada rumusan-rumusan pola kalimat yang telah disediakan. Karena itu pengajaran bahasa arab dengan kitab ini penulis sebut dengan “ Metode Mustaqilli (cara mandiri) “, karena dengan cara ini kita akan cepat secara mandiri menguasai bahasa arab “Tingkat dasar & Menengah” baik dalam membaca, memahami, meng- imla’, meng-insya’, dan menerjemah serta mampu mengurai kedudukan setiap kata dalam kalimat bahasa arab. Kitab ini adalah kitab al Arabiah Li Ghoiri al Arab Jilid III (Mustaqilli I/Marhalah Mutawasithah). Sengaja dibuat dengan urutan seperti ini dengan tujuan untuk memudahkan non arabi secara teori dan lebih memprioritaskan pada praktek pembiasaan pembuatan kalimat berbahasa arab berdasar pola-pola yang sudah tersedia, sehingga secara cepat dan alami akan terbentuk dzauq ‘arabi-nya. Kitab ini sengaja didesain dengan target untuk meningkatkan pengajaran bahasa Arab di negara kita tercinta pada khususnya dan Asia Tenggara pada umumnya baik di pesantren, diniyah, sekolah formal, universitas Islam maupun lembaga–lembaga kursus dengan target untuk mencapai 5 maharah, yaitu : “Qiro’ah, Pemahaman, Insya’, Terjamah dan Mengi’rob”. Sehingga dengan kitab ini siswa/siswi Islam kita diharapkan mampu “membaca dan memahami tek–tek Arab, terbiasa menulis dan mengarang dengan berbahasa Arab, serta terbiasa menerjemahkan tek dari bahasa indonesia ke bahasa arab dan sebaliknya serta mampu mengi’rob setiap redaksi kalimat dalam bahasa Arab. Sampai saat ini menurut hemat penulis bahwa “Hasil pengajaran bahasa Arab kita secara umum masih perlu terus ditingkatkan. Sudah banyak metode dan cara yang sudah diterapkan tetapi hasilnya masih belum sesuai dengan harapan”. Oleh karena itu, penulis mencoba dengan metode baru ini mudah–mudahan menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan target akhir bahasa Arab di alam Islami kontek negara kita dan Asia Tenggara, sehingga pada akhirnya siswa/siswi islam kita mampu membaca dan memahami hasanah Islam dari sumber aslinya yang notabenenya memakai bahasa Arab, serta mampu membuat karya ilmiah dengan bahasa Arab sehingga generasi kita ke depan bisa tampil di panggung alam Islami khususnya dan dunia pada umumnya sesuai dengan spesifikasinya masing - masing, serta mampu dengan baik menerjemahkan tek–tek arab ke dalam bahasa kita. Amin. Sistematika kajian dalam kitab ini sangat berbeda dengan mayoritas buku-buku bahasa arab pada umumnya, karena sistematikanya dibangun berdasar struktural bahasa arab itu sendiri yang dimulai dengan “Pengenalan sruktur umum bahasa arab dan arahnya, kemudian kajian inti yang menyangkut kata dari berbagai sisi, kemudian kajian tentang pola-pola kalimat yang dibangun berdasar kata dari berbagai sisi tersebut”. Dengan sistemetika di atas diharap akan lebih mengena pada target karena lebih mendekati sistematika dan filosofi tiap bahasa itu sendiri yaitu : berangkat dari pengenalan kata kemudian dikembangkan dalam pola-pola kalimat yang kemudian dikembangkan dalam aneka redaksi kalimat sesuai dengan kebutuhan dalam berbahasa. Harapan besar dari penulis, cukup dengan menguasai jilid 1 saja para siswa/siswi kita akan mampu secara mandiri untuk membaca tek–tek Arab tingkat menengah, menulis dan mengarang menggunakan bahasa Arab serta menerjemahkan bahasa arab dengan baik sehingga pada kajian lanjutan guru tinggal merangsang, memancing, dan mengarahkan saja. Cukup sekian, kritik dan saran penulis harapkan dari para pembaca dan para ahlinya dalam rangka penyempurnaan kitab ini, yang penulis yakin karena keterbatasan waktu dalam penulisan buku ini masih banyak kelemahan di dalamnya. Harapan akhir mudah–mudahan kitab ini menjadi salah satu solusi untuk pembumian bahasa arab di negara kita dan Asia Tenggara pada umumnya sehingga benar–benar menjadi kitab yang bermanfaat untuk Islam dan umatnya, Amin. والسلام عليكم ورحمة االله وبركاته Jakarta ; 01 Oktober 2017 Penulis A. Shohib Khaironi

Kemudian saya ( tih ) pulang dari masjid dan saya ( akan ) membaca al Quran yang mulia di rumahku yang indah . Kemudian saya ( akan ) membaca pelajaranku yang baru setelah membaca al Quran yang mulia dan Hadist yang mulia .

Metode Rasulullah saw dalam Mendidik

Rasulullah saw adalah tokoh yang memiliki banyak peran. Ia adalah seorang pemimpin umat, komandan perang, referensi bagi umat, hakim untuk menyelesaikan berbagai sengketa, suami bagi isteri-isterinya, ayah dari anak-anaknya dan seterusnya. Semua peran tersebut berhasil dimainkan oleh Rasulullah saw dengan sangat baik. Ini tentu sangat luar biasa. Karena sebagian besar tokoh-tokoh hebat dalam sejarah umat manusia tidak bisa unggul dalam semua peran yang ia emban. Jika berhasil dalam satu peran maka ia gagal di yang lain.

Kelompok pertama sedang membaca al-Quran dan berdoa, sementara kelompok kedua sedang melakukan kegiatan belajar mengajar. Melihat pemandangan indah itu Nabi saw bersabda: ،ّٙفْٖ ءةم نإو ّ٘ةػخأ ءةم نإن للها نٚـؽيو نآؿيُا نوأؿيح ءلاؤ٘ ...

Metode Cepat Menghafal Juz 'Amma

Buku ini hadir dalam upaya memecahkan masalah-masalah teknis dalam menghafal Juz 'Amma. Di dalamnya terdapat berbagai metode yang paling jitu yang bisa Anda gunakan untuk menghafal Juz 'Amma dalam waktu singkat. Dilengkapi dengan tips-tips mendongkrak daya ingat dan konsentrasi. Juga doa-doa pilihan untuk menguatkan hafalan. Disajikan pula berbagai faktor pendukung dan penghambat dalam menghafal Juz 'Amma. Sehingga dengan modal yang komplit itu, Anda akan semakin cepat dalam menghafal Juz 'Amma.

... yang terdapat dalam kitab AlFawaid menegakan bahwa seorang musafir yang bernama al-Kalbi pernah berkata kepadanya, “Saya mempunyai anak yang sehabis membaca al-Qur'an ia lupa dengan bacaannya.” Maka, Imam Az-Zabidi mengatakan, ...

PENGANTAR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Judul : PENGANTAR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM Penulis : Dr. Yunus, S.Pd.I, M.Pd.I., dan M. Khotib Arifai, S.E., M.M Editor : Mukhlisin, S. Kom.I., M.Pd.I Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 208 Halaman No ISBN : 978-623-497-242-9 Tahun Terbit : Januari 2023 SINOPSIS Buku ini sebagai proses strategi dalam penguatan manajemen pendidikan Islam proses pemanfaatan semua sumber daya melalui bantuan orang lain dan bekerjasama agar tujuan bersama bisa dicapai secara efektif, efesien, dan produktif. Sedangkan Pendidikan Islam merupakan proses transinternalisasi nilai-nilai Islam kepada peserta didik sebagai bekal untuk mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan di dunia dan di akhirat. Buku ini membahas segala hal dan proses-proses yang berlangsung dapat benar-benar dikelola dengan baik sehingga proses pendidikan agar mencapai tujuan pendidikan Islam dapat lebih mudah terwujud. Ruang lingkup praktik manajemen pendidikan Islam meliputi manajemen kelembagaan dan program pendidikan Islam serta aspek spirit Islam melekat pada setiap aktivitas pendidikan., sentralisasi, rantai skalar, tertib, pemerataan, stabilitas dalam menjabat, inisiatif, dan semangat kelompok. Maka akan terwujud pembagian kerja, kejelasan dalam wewenang dan tanggung jawab, disiplin, kesatuan arah, lebih memprioritaskan kepentingan umum/organisasi daripada kepentingan pribadi dalam memberikan kontra prestasi.

Judul : PENGANTAR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM Penulis : Dr. Yunus, S.Pd.I, M.Pd.I., dan M. Khotib Arifai, S.E., M.M Editor : Mukhlisin, S. Kom.I., M.Pd.I Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 208 Halaman No ISBN : 978-623-497-242-9 Tahun Terbit : ...