Sebanyak 724 item atau buku ditemukan

Problematika Pembelajaran di Sekolah Dasar

Pendidikan adalah investasi sumberdaya manusia penerus generasi untuk meningkatkan taraf hidup suatu bangsa. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diperlukannya suatu alat yang disebut dengan kurikulum. Seiring waktu, banyak penulis di lapangan telah menetapkan kurikulum sebagai seperangkat pengalaman sekolah. Oleh Karena Buku Ini Diterbitkan Dengan Membahas Pengaruh Budaya,Pengaruh Sejarah Dan Hambatan Praktis Dalam Pembelajaran. [Penerbit Deepublish, Deepublish, Pendidikan, Sri Budyartati, M.Pd]

Oleh Karena Buku Ini Diterbitkan Dengan Membahas Pengaruh Budaya,Pengaruh Sejarah Dan Hambatan Praktis Dalam Pembelajaran. [Penerbit Deepublish, Deepublish, Pendidikan, Sri Budyartati, M.Pd]

Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Berbasis Pembelajaran Aktif

menulis ilmiah adalah suatu aktivitas produktif yang sangat berkaitan erat dengan dunia akademisi. Seorang yang berjiwa inovatif akan selalu mengembangkan ide dan pemikirannya melalui karya (tulisan). Menulis ilmiah pada dasarnya merupakan bagian dan aktivitas keilmuan secara komprehensif. Tujuan dari menulis ilmiah itu sendiri yaitu untuk memecahkan dan menganalisis sejumlah persoalan berdasarkan kerangka metode penulisan ilmiah. Buku ini memuat bahasan mengenai dasar-dasar menulis ilmiah, hingga implementatif dan praktisinya. Materi yang disajikan dalam buku ini sangat membantu pem-baca, khususnya bagi dosen, mahasiswa, guru, pelajar, ataupun peneliti dalam menerapkan teknik menulis ilmiah. Buku ini memberikan guide line pada pembelajaran aktif. Pembeda buku ini adalah adanya komponen yang disajikan secara sistematis, meli-puti: capaian pembelajaran, kemarnpuan akhir yang diharapkan, indikator, tujuan pembelajaran, peta konsep, materi pembelajaran, rangkuman, tugas, latihan, dan tindak lanjut. Tujuan dari penyajian komponen ini yaitu memu-dahkan pembaca dalam mengembangkan suasana, dialogis, interaktrf, dan menyenangkan. Materi-materi yang disajikan dalam buku ini yaitu: (1) Ragam bahasa ilmiah; (2) Ejaan bahasa Indonesia; (3) Pilihan kata (diksi); (4) Kalimat; (5) Paragraf; (6) Penyusunan karya ilmiah; (7) Teknik menulis esai; (8) Teknik menulis artikel ilmiah; (9) Teknik menulis makalah; (10) Teknik menulis artikel ilmiah; (11) Teknik menulis laporan hasil penelitian; (12) Teknik pengutipan; dan (13) Teknik presentasi ilmiah. Buku persembahan penerbit PrenadaMediagroup

menulis ilmiah adalah suatu aktivitas produktif yang sangat berkaitan erat dengan dunia akademisi.

PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI PERGURUAN TINGGI

Buku ini ditulis karena adanya kegelisahan penulis terhadap pembelajaran bahasa Indonesia, terutama di tingkat perguruan tinggi. Banyak mahasiswa yang belum paham dan tidak bisa membedakan menulis kata “di” yang dipisah dan kata “di” yang disambung. Tentu ini menjadi sebuah keprihatinan bagi semua, khususnya bagi pengajar bahasa Indonesia. Pembelajaran bahasa Indonesia dalam buku ini dilakukan secara struktural mulai dari hal yang paling dasar berkenaan dengan konsep bahasa sampai pada tahap akhir melakukan presentasi ilmiah.

Buku ini ditulis karena adanya kegelisahan penulis terhadap pembelajaran bahasa Indonesia, terutama di tingkat perguruan tinggi.

132 Jawaban Dokter Untuk Perawatan & Perkembangan Bayi

0 - 12 Bulan

Kelahiran bayi pertama adalah momen yang sangat membahagiakan untuk setiap pasangan orangtua. Perawatan bayi yang baru lahir pun menjadi perhatian utama, agar ia bahagia, sehat, dan bagus tumbuh kembangnya. Masa-masa awal kelahiran adalah masa dimulainya perkembangan bayi yang menakjubkan. Buku ini mencakup pertanyaan, info, dan tip seputar perawatan dan perkembangan bayi yang baru lahir sampai berusia 12 bulan, diantaranya: - Bagaimana cara memegang bayi yang benar saat mandi? - Perlukah bayi dimandikan setiap hari? - Mengapa bayi perlu dijemur? - Kenapa bayi yang baru lahir sering bangun di malam hari? - Dan juga pertanyaan-pertanyaan seputar ASI, MPASI, penyakit pada bayi, dan imunisasi. Nikmatilah waktu berharga Anda dengan buah hati. Awasi selalu perkembangannya, dan lihatlah bagaimana ia tumbuh dengan menakjubkan dari hari ke hari. -AnakKita-

76. Kapan bayi mulai diberikan ASI? Sejak lahir. Begitu bayi lahir, segera
lakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD). Terlebih dahulu keringkan bayi, lalu
letakkan bayi di dada ibu. Kira-kira dalam setengah jam, bayi akan mulai aktif
menggerakkan ...

Etika media dalam perubahan sosial

On development of media ethics in line with the social changes in Indonesia; collection of articles.

On development of media ethics in line with the social changes in Indonesia; collection of articles.

Kepemimpinan Transformatif Pendidikan Islam: Gontor, Kemodernan, dan Pembelajaran Bahasa

Gontor menjadi salah satu nama yang menjadi lambang dikenalnya Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG). Justru nama lokasi pondok lah yang kemudian mayshur dibandingkan nama resminya sendiri. Sebagai pelopor pendidikan Islam modern di Indonesia, Gontor memiliki tempat spesial bagi dunia pesantren. Pola yang dikembangkan dalam proses pendidikan Gontor menginspirasi lembaga pendidikan lain dalam melakukan percontohan. Pendidikan Islam modern yang dikenal saat ini dalam khazanah Indonesia tidak lepas dari Gontor yang memulai istilah dan model awal dan justru kini berkembang, serta menjadi suatu corak tersendiri bagi madrasah Indonesia. Baik pengembangan yang berlangsung secara kelembagaan dari Gontor sendiri, maupun jaringan alumni yang mendirikan pesantren dengan mengadopsi model Gontor dalam manajemen pesantren. Sampai saat ini, Gontor sudah menjangkau sampai ke wilayah Aceh, dan jaringan pesantren alumni tersebar sampai ke timur Indonesia.

... (2) Pengajaran bahasa Arab dan Inggris dilaksanakan dengan metode langsung (direct method) tanpa terjemah ke dalam bahasa daerah atau Indonesia; (3) Menjadikan bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa pengantar pembelajaran dan ...

MANAJEMEN DETEKSI DINI ANAK BALITA

buku ini berisikan tentang bagaimana manajemen untuk mendeteksi secara dini terkait perkembangan anak balita

buku ini berisikan tentang bagaimana manajemen untuk mendeteksi secara dini terkait perkembangan anak balita

PRAKTIK PEMAHAMAN INDIVIDU

Seorang konselor mempunyai tanggung jawab untuk membantu konseli agar dapat berkembang secara optimal. Untuk dapat memahami individu atau peserta didik dengan sebaik-baiknya, seorang konselor perlu melakukan pengumpulan data atau asesmen (assessment) yang lengkap dan akurat tentang individu tersebut. Dalam konteks pendidikan, pada umumnya dibutuhkan data atau informasi, diantaranya identitas pribadi, data tentang keluarga, riwayat pendidikan, data tentang kesehatan dan jasmani, data tentang kecerdasan, bakat dan minat, kegiatan di luar sekolah serta ciri kepribadian seperti sifat karakter, corak kehidupan emosional, nilai-nilai kehidupan yang dijunjung tinggi, kadar pergaulan sosial, sikap dalam menghadapi permasalahan dan sebagainya. Seluruh aspek tersebut diperoleh melalui bantuan teknik, metode dan cara yang dikembangkan oleh konselor melalui masing-masing media pemeriksaan psikologis dalam proses asesmen, baik menggunakan teknik non tes seperti observasi, wawancara, DCM dan sebagainya maupun menggunakan teknik tes seperti tes inteligensi, bakat dan minat. Buku pedoman praktik pemahaman individu menyajikan konsep dari masing-masing alat ukur, menguraikan prosedur, tahapan-tahapan dalam melakukan praktik pemahaman individu, dan pedoman dalam menyusun laporan praktikum, baik praktik teknik non tes maupun teknik tes. Harapannya, buku ini akan membantu mahasiswa dalam memenuhi tugas-tugas akademik yang berkaitan dengan pengumpulan data (assessment) bagi individu.

3) Untuk menyarankan suatu prioritas pelayanan bimbingan dan konseling
sesuai dengan masalah individu atau kelompok pada saat itu. Sedangkan
kegunaan Daftar Cek Masalah adalah. 1) Untuk melengkapi data individu yang
sudah ada.