Sebanyak 652 item atau buku ditemukan

PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

DI SEKOLAH DASAR KELAS TINGGI

Materi pembelajaran Bahasa Indonesia di SD masih jarang ditemui dilingkungan perguruan tinggi, khususnya pembelajaran dikelas tinggi yakni kelas 4 sampai kelas 6. Materi pembelajaran bahasa Indonesia masih bersifat umum. Sehingga dalam praktiknya mahasiswa menerapkan metode dan model sama dengan mata pelajaran yang lain. Dengan adanya kurikulum 2013 bahasa Indonesia menjadi penghela mata pelajaran lain dengan menerapkan pendekatan saintifik dan menggabungkan empat keterampilan berbahasa. Buku ini menjelaskan tentang karakteristik pembelajaran dikelas tinggi. Pendekatan, metode dan strategi mejnelaskan tentang berbagai metode yang sesuai dengan kelas tinggi baik itu metode membaca, misalnya SQ3R, KWL dan lainnya atau metode menulis, misalnya metode menulis kolaboratif untuk kelas 4 sampai kelas 6. Selanjutnya diberikan contoh materi di kelas tinggi, ruang lingkup materi bahasa Indonesia baik dalam KTSP maupun kurikulum 2013, wujud keterampilan berbahasa dan contoh-contoh penilaian dan rubriknya. Dengan buku ini diharapkan dapat membantu menghadapi permasalahan pembelajaran khususnya bagi SD di kelas tinggi dengan menerapkan pendekatan, metode dan strategi yang sesuai.

Materi pembelajaran Bahasa Indonesia di SD masih jarang ditemui dilingkungan perguruan tinggi, khususnya pembelajaran dikelas tinggi yakni kelas 4 sampai kelas 6. Materi pembelajaran bahasa Indonesia masih bersifat umum.

STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK

Inspirasi buku panduan ini dibuat dalam rangka mengembangkan permainan tradisional yang makin hari semakin terkikis ataupun di tinggalkan, karena dengan bermain Engklek dapat menstimulasi enam aspek perkembangan anak usia dini. Selain itu Engklek merupakan salah satu permainan tradisional yang mudah dilakukan kapan pun dan dimanapun anak berada. Adapun buku ilmiah populer ini adalah sebuah hasil dari penelitian dan salah satu bentuk inovasi pembelajaran untuk anak dengan metode bermain dan belajar yang di modifikasi dengan permainan tradisional yang menunjang aspek fisik motorik, musik, sosial emosional, moral, bahasa dan kognitif. Buku ini menarik sekali untuk dibaca oleh para pendidik PAUD, orangtua maupun praktisi pendidikan anak usia dini, agar bisa terinspirasi tentang bermain dan belajar dalam proses pembelajaran bagi anak usia dini. Penasaran isi bukunya? Buku ini terdiri dari tiga bagian, bagian yang pertama menerangkan tentang definisi permainan engklek, bagian kedua hasil penelitian dan yang ketiga adalah bermain engklek, disertai bonus permainan engklek.

Bila sekarang ini anak tidak berkualitas maka dapat dipastikan masa depan
sebuah bangsa akan mengalami kehancuran. Oleh karena itu, penting sekali
untuk mengontrol atau memperhatikan dan memprioritaskan perkembangan
seorang ...

Buku Ajar Pendidikan dan Perkembangan Motorik

Di dalam isi buku ini berisi 10 bab dan poin-poin materi yang sangat dibutuhkan oleh seorang guru maupun pelatih olahraga. Serta karena terbatasnya Buku Ajar Pendidikan dan Perkembangan Motorik untuk buku ajar di perguruan tinggi yang membahas masalah motorik anak di sekolah.

Serta karena terbatasnya Buku Ajar Pendidikan dan Perkembangan Motorik untuk buku ajar di perguruan tinggi yang membahas masalah motorik anak di sekolah.

Dinamika dan Perubahan Sosial pada Komunitas Lokal

Pembangunan merupakan cerminan masyarakat ingin berubah untuk mencapai standar kehidupan yang layak dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Ketika pemerintah membuat suatu kebijakan merupakan salah satu upaya dalam mencapai standar kehidupan yang sejahtera dan meraih prestasi serta mencerminkan masyarakat yang makmur. Kebijakan pemerintah diiringi dengan kebijakan masyarakat. Artinya segala keputusan tidak lepas dengan masyarakat yang merupakan agen perubahan. Pelaksanaan pembangunan, masyarakat sebagai objek untuk mencapai tujuan pembangunan. Untuk itu, ketika melakukan pembangunan dan perubahan perlu adanya pemikiran yang luas serta kajian mendalam atas realitas yang terjadi dan mengetahui sebab dan akibat. Perubahan struktur ekonomi yang disebut oleh Marvin Harris perubahan infrastruktur memberi pengaruh yang besar terhadap perubahan struktur dan perubahan suprastruktur. Secara tidak langsung membawa dampak sosial segala aktivitas kehidupan pada khususnya masyarakat Desa Putri Puyu. [pembangunan, desa, puyu, deepublish, marvin harris, Dinamika, Perubahan, Sosial, Komunitas, Lokal]

Pembangunan merupakan cerminan masyarakat ingin berubah untuk mencapai standar kehidupan yang layak dalam aktivitas kehidupan sehari-hari.

Evaluasi Pembelajaran Jilid II

Evaluasi pembelajaran adalah salah satu mata kuliah wajib yang mesti di tempuh oleh mahasiswa jurusan pendidikan baik perguruan tinggi negeri maupun swasta. Hal ini menjadi penting karena salah satu tugas pokok seorang guru atau pendidik sesuai dengan UU. No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen adalah mengevaluasi, sehingga untuk menjadi guru yang profesional memerlukan kemampuan meng­evaluasi peserta didik. Buku evaluasi pembelajaran ini terdiri dari dua jilid yang membahas mengenai evaluasi pembelajaran. Buku ini diharapkan mampu membantu para pembaca dalam mempelajari buku evaluasi lebih mendalam.

(2014-2015), Koordinator Divisi Pendidikan Forum Anak Kota Palu (2015-2016), Sekretaris Umum LDF AlUswah (2017), Kabid Kaderisasi dan Organisasi PK IMM Tarbiyah dan Keguruan (2017), Anggota Litbang HMJ PAI (2017), Sekretaris Umum HMJ ...

Pendidikan Politik, Persepsi, Kepemimpinan, Dan Mahasiswa

Pendidikan Politik, Persepsi, Kepemimpinan, Dan Mahasiswa PENULIS: Dudih Sutrisman, S.Pd. ISBN: 978-602-443-670-4 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal : 140 halaman Sinopsis: Sebagai salah satu wahana untuk memberikan pemahaman politik kepada masyarakat dengan tujuan masyarakat dapat memiliki tingkat kesadaran politik dan partisipasi yang tinggi dalam kehidupan politik, pendidikan politik tidak dapat dipandang sebelah mata. Persepsi merupakan proses yang dimulai dari penglihatan hingga terbentuknya suatu tanggapan yang terjadi dalam diri individu sehingga individu sadar akan segala sesuatu yang sedang terjadi pada lingkungannya melalui indera-indera yang dimilikinya. Hasil dari persepsi bisa berupa tanggapan atau penilaian yang berbeda dari setiap individu. Kepemimpinan memiliki beberapa fungsi yang berhubungan dengan situasi atau keadaan sosial dalam kelompok atau organisasi. Rivai dan Mulyadi (2013, hlm. 34) menyatakan bahwa fungsi kepemimpinan memiliki dua dimensi seperti: (a) Dimensi yang berkenaan dengan tingkat kemampuan mengarahkan (direction) dalam tindakan atau aktivitas pemimpin, dan (b) Dimensi yang berkenaan dengan tingkat dukungan (support) atau keterlibatan orang-orang yang dipimpin dalam melaksanakan tugas-tugas pokok kelompok/organisasi. Mahasiswa dikatakan sebagai Agent of Change, artinya mahasiswa sebagai agen perubahan dimana mereka banyak melakukan perubahan dalam berbagai bidang yang digelutinya terutama untuk perubahan bangsa dan negara yang lebih baik, atau perubahan yang dilakukan melalui organisasi yang diikutinya. Selain itu, mahasiswa sebagai penyambung lidah masyarakat untuk berbicara kepada pemerintah. Sejarah telah membuktikan setiap perubahan tidak terlepas dari peran aktivis mahasiswa. Hal ini menjadi sebuah tuntutan untuk mahasiswa masa kini agar meraih prestasi melebihi pendahulunya. Email : guepedia@gmail•com WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Pendidikan Politik, Persepsi, Kepemimpinan, Dan Mahasiswa PENULIS: Dudih Sutrisman, S.Pd. ISBN: 978-602-443-670-4 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal : 140 halaman Sinopsis: Sebagai salah satu wahana untuk memberikan ...

Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini

Buku Ajar S1 PAUD

Kebutuhan adalah segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk mempertahankan hidup serta untuk memperoleh kesejahteraan dan kenyamanan. Analisis kebutuhan Anak Usia Dini adalah: Suatu usaha untuk mengetahui segala sesuatu yang dibutuhkan anak pada usia 0-6 tahun agar anak siap melanjutkan pendidikan selanjutnya. Dimensi-dimensi perkembangan anak—fisik, sosial, emosi, kognitif, dan spiritual—berhubungan erat satu sama lain. [Penerbit Deepublis, Deepublish, PAUD, Dr. MA. Muazar Habibi, S.Psi., M.Pd.]

Analisis kebutuhan Anak Usia Dini adalah: Suatu usaha untuk mengetahui segala sesuatu yang dibutuhkan anak pada usia 0-6 tahun agar anak siap melanjutkan pendidikan selanjutnya.

MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Media Pembelajaran Anak Usia Dini” dapat diselesaikan. Sejalan dengan perkembangan dan ke-majuan zaman, menuntut guru untuk kreatif dalam pemberian pembelajaran, khususnya pembelajaran anak usia dini. Guru kreatif adalah guru yang mampu memfasilitasi anak dengan berbagai media, sumber belajar, atau APE. Konsep belajar pada anak usia dini adalah belajar sambil bermain melalui aktifitas alami yang dilakukan anak usia dini. Untuk bisa memfasilitasi anak dalam bermain tentu diperlukan media, sumber belajar atau APE. Dalam buku ini berisi pembahasan tentang pengem-bangan media, sumber belajar dan juga APE yang dilengkapi dengan beberapa contoh untuk membuka ide dalam pengembangan media, sumber belajar dan APE untuk anak usia dini. Harapan Penulis semoga buku ini berguna sebagai sumber dan rujukan dalam pengembangan media, sumber belajar dan APE bagi pendidik PAUD (TK, KB, TPA) dan mahasiswa PG PAUD atau PIAUD.

... Belajar......................... 20 C. Klasifikasi Sumber Belajar ............................................
22 BAB III : ALAT PERMAINAN EDUKATIF UNTUKANAK USIA DINI ........................
..................................................... 29 A. Pengertian Alat Permainan Edukatif (APE).

Filsafat Ilmu

Di dalam buku ini menyajikan konsep dasar tentang filsafat ilmu, arah pemikiran sebuah filsafat ilmu, dan ranah kajian filsafat ilmu yang meliputi 3 pokok hal yaitu ranah ontologi, ranah epistimologi, dan ranah aksiologi. Selain itu, belajar filsafat juga terdapat sarana-sarana untuk berpikir secara ilmiah seperti logika, bahasa, statistika, dan matematika. Filsafat ilmu yang berusaha menelaah ilmu secara filosofis dari berbagai sudut pandang ilmiah, maka peran seorang ilmuan dalam mengembangkan ide dan gagasannya tidak lepas dari penilaian secara etika dan moralitas. Adanya tanggung jawab seorang ilmuan menjadi jalan berpikir bagi setiap orang untuk senantiasa memberikan analisis dengan sikap kritis dan evaluatif. Analisis tersebut tentunya harus berdasarkan kriteriakriteria ilmiah, sitematis berpangkal pada metode ilmiah, analisis obyektif, etis, dan filsafati. Materi-materi tersebut didukung dengan contoh-contoh penerapan filsafat dalam kehidupan sosial. Hal ini bertujuan untuk mengaplikasikan konsep dasar filsafat ilmu yang dialami oleh manusia, baik secara individu maupun sosial. Penulis menyadari bahwa dalam buku ini masih jauh dari kesempurnaan. Pada kesempatan ini pula penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada penerbit Deepublish yang telah berkenan menerbitkan buku ini. Untuk meningkatkan kualitas secara isi dan penyajiannya, penulis mengharapkan saran dan kritik positif dari pembaca sebagai bahan perbaikan pada penerbitan yang akan datang

Filsafat ilmu yang berusaha menelaah ilmu secara filosofis dari berbagai sudut pandang ilmiah, maka peran seorang ilmuan dalam mengembangkan ide dan gagasannya tidak lepas dari penilaian secara etika dan moralitas.

Teori dan Praktik Pemahaman Individu Teknik Testing

Bagi peserta didik yang cerdas tentu harus dilakukan upaya akselerasi agar dia berkembang sesuai porsinya. Seseorang yang memiliki bakat khusus di bidang tertentu, kepribadian dan minat harus mendapat perlakuan sebagaimana mestinya agar menjadi pendorong proses pertumbuhan dan perkembangan individu. Proses pengembangan ini dikemas dalam suatu pelayanan pendidikan secara umum serta bimbingan dan konseling secara khusus. Memahami komponen psikologis dimaksud merupakan hal yang tidak bisa dianggap remeh, karena sedikit saja salah penafsiran bisa jadi perencanaan langkah pengembangan akan bias, sehingga disusun instrumen khusus agar mendapatkan informasi objektif mengenai kecerdasan, bakat, minat, dan kepribadian individu. Tes psikologis atau yang sering disebut sebagai psikotes disusun untuk membantu memperoleh pemahaman objektif, holistik, dan komprehensif mengenai tipologi kepribadian, tingkat kecerdasan, jenis bakat serta minat untuk membantu konselor dalam menyusun program layanan pendidikan secara umum dan bimbingan konseling secara khusus sebagai upaya fasilitasi perkembangan optimum peserta didik. Satu hal yang mencirikan peserta didik tampil out of the box adalah kreativitasnya, di mana dia bisa tampil beda meskipun mempunyai kecerdasan, bakat, dan minat yang sama dengan siswa lainnya. Buku ini mengurai secara komprehensif perihal pemahaman individu teknik testing tersebut Buku persembahan penerbit Prenada Media

Profil Kreativitas Siswa SMA Berbasis Gender Melalui Mind Mapping Pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia. Skripsi Tidak Diterbitkan. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi UPI Bandung. ... Semarang: S2 BK PPs Universitas Negeri Semarang.