Sebanyak 76 item atau buku ditemukan

RISET OPERASI MANAJEMEN TRANSPORTASI

Bismillahi rohamni rahiim Assalamu alaikum waroh matulohi wabarakatuh Dengan puji syukur ke hadirat Allah SWT bahwasannya kita masih diberikan kesehatan selama ini. Penyusun menguraikan buku teori ini bermaksud untuk memudahkan para pembaca memahami permasalahan transportasi logistik memudahkan belajar pada arah topik yang dituju terutama dalam masalah sistem transportasi logistik. Penyusun dengan senang hati dapat menyelesaikan Buku Teori Riset Operasi Manajemen Transportasi ini walaupun banyak yang perlu diperbarui, terutama sesuai dengan situasi permasalahan sistem transportasi masa kini. Buku ini disusun berdasarkan materi selama satu semester. Secara substansi terdiri dari permasalahan transportasi dengan menggunakan metode matematis programa linier. Setiap buku terdiri dari teori-teori, kemudian diterapkan pada studi kasus transportasi logistik, lalu disertakan pula soal latihan responsi sehingga dapat dipahami dari berbagai sisi. Praktikum disusun pada buku praktikum terpisah dari buku ini. Subtansi dari buku teori riset operasi ini terdiri dari: (1) Sejarah dan isu permasalahan transportasi masa lalu, kini, dan masa depan. (2) Programa linier dengan grafis, (3) Programa linier dengan matematis (metode simpleks), (4) Metode big M, (5) Metode dua fase, (6) Metode dualitas (7) Analisis sensitivitas. (8) Model Transportasi (solusi awal): Dummy & Balance Problem, Linier Programming Method, Northwest Corner Method (NCM), dan Minimum/Least Cost Method (LCM). (9) Model Transportasi (solusi Perbaikan): Stepping Stone Method (SSM), dan Modified Distribution Method (MODI), (10) Model Penugasan (Assignment) : Metode Hungarian (11) Model Terminal Antara (Transhipment), (12) Model Jaringan: Shortest Route Method, Spanning Tree Method, Maximum Flow Problem, (13) Manajemen Proyek I : Perencanaan Proyek, (14) Manajemen Proyek II : konsep Crushing Method. Seluruh buku dapat berubah sesuai dengan situasi permasalahan transportasi masa kini terjadi. Buku ini tentu jauh dari kesempurnaaan. Penyusun menerima saran dan kritik. Akhirul Kalam, Wassalamualaikum Waromatulohi Wabarakatuh.

Ilmu riset operasi yaitu ilmu untuk melakukan penyelidikan terhadap operasional
suatu masalah dengan formulasi model gambar d. Ilmu riset operasi yaitu ilmu
yang mengkaji hanya pada masalah manajemen transportasi saja. e. Ilmu riset ...

Gambar Teknik Manufaktur untuk SMK/MAK Kelas XI

Buku ini disusun dengan memperhatikan Struktur Kurikulum SMK berdasarkan Kurikulum 2013 edisi revisi spektrum PMK 2018 dan jangkauan materi sesuai dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar untuk kelompok C3 Kompetensi Keahlian. Buku ini diharapkan memiliki presisi yang baik dalam pembelajaran dan menekankan pada pembentukan aspek penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Materi pembelajaran disajikan secara praktis, disertai soal-soal berupa tugas mandiri, tugas kelompok, uji kompetensi, dan penilaian akhir semester gasal dan genap. Buku ini disusun berdasarkan Pemendikbud No 34 tahun 2018 Tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK, pada lampiran II tentang standar Isi, lampiran III tentang Standar Proses dan lampiran IV tentang Standar Penilaian. Acuan KI dan KD mengacu pada Peraturan Dirjen Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan No: 464/D.D5/Kr/2018 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar. Berdasarkan hasil telaah ilmiah, buku ini sangat sistematis, bermakna, mudah dipelajari, dan mudah diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas. Ditinjau dari aspek isi, buku ini cukup membantu siswa dalam memperkaya dan mendalami materi. Pemakaian buku ini juga dapat menantang guru untuk berinovasi dalam pembelajaran sesuai konteks di kelas masing-masing.

Prinsip Dasar Penyusunan dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah, diterbitkan oleh
Grasindo (2014) 2. Sukses Juara Olimpiade Matematika SMP Nasional &
Internasional, diterbitkan oleh Grasindo (2016) 3. Persiapan Total Tembus
Seleksi Masuk ...

Teknik Mekanik Mesin Industri SMK/MAK Kelas XI

Buku ini disusun dengan memperhatikan Struktur Kurikulum SMK berdasarkan Kurikulum 2013 edisi revisi spektrum PMK 2018 dan jangkauan materi sesuai dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar untuk kelompok C3 Kompetensi Keahlian. Buku ini diharapkan memiliki presisi yang baik dalam pembelajaran dan menekankan pada pembentukan aspek penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Materi pembelajaran disajikan secara praktis, disertai soal-soal berupa tugas mandiri, tugas kelompok, uji kompetensi, dan penilaian akhir semester gasal dan genap. Buku ini disusun berdasarkan Pemendikbud No 34 tahun 2018 Tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK, pada lampiran II tentang standar Isi, lampiran III tentang Standar Proses dan lampiran IV tentang Standar Penilaian. Acuan KI dan KD mengacu pada Peraturan Dirjen Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan No: 464/D.D5/Kr/2018 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar. Berdasarkan hasil telaah ilmiah, buku ini sangat sistematis, bermakna, mudah dipelajari, dan mudah diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas. Ditinjau dari aspek isi, buku ini cukup membantu siswa dalam memperkaya dan mendalami materi. Pemakaian buku ini juga dapat menantang guru untuk berinovasi dalam pembelajaran sesuai konteks di kelas masing-masing.

Prinsip Dasar Penyusunan dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah, diterbitkan oleh
Grasindo (2014) 2. Sukses Juara Olimpiade Matematika SMP Nasional &
Internasional, diterbitkan oleh Grasindo (2016) 3. Persiapan Total Tembus
Seleksi Masuk ...

KONSEP DASAR ILMU PENDIDIKAN ISLAM

Adalah benar, bahwa pendidikan dalam pengertian umum selalu diterjemahkan sebagai penyebaran dan internalisasi nilai dari berbagai pengalaman kumulatif, baik berupa keyakinan, sikap, pengetahuan maupun penerapannya yang dinilai positif dan bermanfaat oleh satu generasi ke generasi. Dalam perspektif ini, tidak ada perbedaan antara pendidikan Islam dengan pendidikan lainnya, karena pendidikan pada umumnya, sebagaimana banyak didefinisikan para pakar, merupakan upaya normatif untuk membantu orang lain berkembang ke tingkat yang lebih baik. Sifat yang sesungguhnya dari suatu sistem pendidikan dan perbedaannya dengan sistem-sistem lainnya, hanya dapat dipahami jika konsep dasar pendidikan itu dipelajari dengan seksama. Dalam hal ini, seperti nanti dapat dibaca pada uraian-uraian yang disajikan oleh para penulis pada buku ini, akan terlihat bahwa perbedaan antara pendidikan Islam dengan pendidikan Barat Modern umpamanya ialah, nilai tinggi yang diberikannya pada iman dan kesalehan hidup berdasarkan ajaran Islam sebagai salah satu dari tujuan fundamentalnya. Jika nampak terlihat adanya sebuah paradigma pendidikan yang memberdayakan peserta didik merupakan sebuah keniscayaan.

Adalah benar, bahwa pendidikan dalam pengertian umum selalu diterjemahkan sebagai penyebaran dan internalisasi nilai dari berbagai pengalaman kumulatif, baik berupa keyakinan, sikap, pengetahuan maupun penerapannya yang dinilai positif dan ...

BUKU PEDOMAN SKRIPSI DAN TESIS VERSI 3.0 TAHUN 2019 UNIVERSITAS RAHARJA

Buku ini berisikan pedoman serta tata cara atau panduan dalam pembuatan dan penyusunan suatu Skripsi dan Tesis bagi mahasiswa Universitas Raharja, dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas serta untuk kelancaran proses Penyusunan Suatu Skripsi dan Tesis di Universitas Raharja.

Buku ini berisikan pedoman serta tata cara atau panduan dalam pembuatan dan penyusunan suatu Skripsi dan Tesis bagi mahasiswa Universitas Raharja, dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas serta untuk kelancaran proses Penyusunan Suatu ...

BUKU PEDOMAN SKRIPSI VERSI 2.0

Berdasarkan Pedoman Pendidikan Perguruan Tinggi Raharja, mahasiswa mempunyai kewajiban untuk menulis karya ilmiah skripsi di akhir program studi, sebagai syarat dan pertanggungjawaban ilmiah karena telah menyelesaikan program pendidikan dalam jenjang atau jalur akademis tertentu, sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan. Pedoman penulisan karya ilmiah skripsi ini merupakan panduan berupa tatacara, cara penulisan, rambu-rambu dan batasan dalam penulisan skripsi di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja yang harus diikuti oleh penulis agar sistematika dan kaidah ilmiah yang berlaku sesuai dengan tujuan penulisan skripsi.

Berdasarkan Pedoman Pendidikan Perguruan Tinggi Raharja, mahasiswa mempunyai kewajiban untuk menulis karya ilmiah skripsi di akhir program studi, sebagai syarat dan pertanggungjawaban ilmiah karena telah menyelesaikan program pendidikan ...

Memahami E-learning

Konsep, Teknologi, dan Arah Perkembangan

Sebagaimana diketahui bersama, telah banyak bentuk pembelajaran E-learning di era sekarang ini yang secara langsung maupun tidak langsung sering kita jumpai. Bentuk-bentuk pembelajaran tersebut bisa berupa file atau dokumen, video di komputer, web, mobile phone, tab, iPhone, tayangan-tayangan pembelajaran di televisi, dan lain sebagainya yang berbasis elektronik. Semua bentuk media pembelajaran tersebut dimaksudkan guna menyampaikan informasi kepada pengguna, dengan strategi pembelajaran tertentu supaya dapat diperoleh capaian pembelajaran sebagaimana yang diinginkan. Terkait dengan hal itu, bisa jadi sebagian dari masyarakat pengguna yang telah menjumpai konten-konten pembelajaran tersebut, tanpa menyadari bahwa mereka telah melakukan pembelajaran melalui model pembelajaran yang ada di E-learning. Untuk itu, eksistensi buku ini bertujuan guna memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat umum, pemula di bidang Teknologi Informasi, dan Komunikasi (TIK), pemerhati atau calon pembaca yang ingin lebih jauh mengenal dan memahami pembelajaran berbasis elektronik tentang terapan TIK di bidang pendidikan atau yang lebih dikenal sebagai E-learning, baik yang berperan sebagai pemrogram aplikasi E-learning, pengembang multimedia pembelajaran, pendidik, siswa, dan lainnya. Materi yang disampaikan dalam buku ini meliputi E-learning, mulai dari pengertian, tipe, karakteristik, teknologi, fungsi, dan manfaat, serta multimedia interaktif dalam E-learning; E-learning yang efektif; platform E-learning; pembelajaran online dan blended learning; perkembangan E-learning; E-learning dalam sektor pendidikan dan korporasi; sampai dengan tentang pendidikan dan E-learning di era industri 4.0. Semoga buku ini bermanfaat bagi pembaca. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan. Terima kasih atas segala perhatiannya.

Untuk itu, eksistensi buku ini bertujuan guna memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat umum, pemula di bidang Teknologi Informasi, dan Komunikasi (TIK), pemerhati atau calon pembaca yang ingin lebih jauh mengenal dan memahami ...

METODE-METODE PRAKTIS RISET OPERASI

Adanya revolusi industri pada abad 17 menyebabkan industri-industri tumbuh subur dan organisasi menjadi semakin kompleks. Seiring dengan perubahan yang cukup revolusioner itu adalah adanya peningkatan yang luar biasa dalam pembagian kerja dan segmentasi dari tanggung jawab manajemen dalam organisasi tersebut. Sebagai konsekuensi spesialisasi yang semakin meningkat telah menimbulkan masalah-masalah baru yaitu masalah-masalah yang muncul di setiap organisasi. Salah satu masalahnya, adalah kecendrungan banyak unsur suatu organisasi untuk berkembang menjadi otonom dengan tujuan dan system nilainya tersendiri, dan demikian kehilangan pandangan mengenai bagaimana kegiatan-kegiatan dan tujuan-tujuan mereka berkaitan dengan kegiatan dan tujuan dari organisasi secara keseluruhan.

Adanya revolusi industri pada abad 17 menyebabkan industri-industri tumbuh subur dan organisasi menjadi semakin kompleks.

Tafsir Ayat Ahkam : Ibadah

Buku ini merupakan Buku Ajar ditulis oleh seorang dosen muda berbakat yang berusaha untuk menjelaskan aspek-aspek dari ayat-ayat hukum yang berkaitan dengan ibadah. Dengan pendekatan tafsir maudhu’i, penulis buku ini berusaha untuk menjelaskan ayat-ayat yang berkaitan dengan hukum terutama tentang aspek ibadah. Pendekatan tafsir maudhu’i sangat baik dan relevan dipakai untuk kajian-kajian hukum karena lebih mempermudah mahasiswa dan pembaca secara umum dalam mencerna dan memahami isi dari ayat-ayat hukum tersebut. Penjelasan yang lugas dan mudah merupakan salah satu kelebihan dari buku ini. Sistematika penulisannya juga sudah tepa

Buku ini merupakan Buku Ajar ditulis oleh seorang dosen muda berbakat yang berusaha untuk menjelaskan aspek-aspek dari ayat-ayat hukum yang berkaitan dengan ibadah.

Ekonomi Moneter Internasional

Sistem moneter internasional dikenal juga dengan sistem pembayaran internasional, yang dilakukan terhadap kegiatan-kegiatan ekonomi internasional antara penduduk satu negara dengan penduduk negara lain. Sistem moneter internasional tersebut lebih fokus pada sisi moneter dari kegiatan ekonomi internasional, yaitu transaksi keuangan internasional antara penduduk-penduduk negara-negara yang melakukan transaksi ekonomi internasional. Materi tentang ekonomi moneter internasional sendiri biasanya dibahas dalam buku-buku Ekonomi Internasional secara umum. Oleh karenanya, buku Ekonomi Moneter Internasional ini hadir untuk membahas ekonomi moneter internasional secara terfokus, tersendiri, dan lebih mendalam. Adapun fokus pembahasan utama dalam buku ini adalah kegiatan ekonomi internasional ditinjau dari sisi moneter. Pembahasannya sendiri mencakup tiga hal utama, yaitu: (1) perkembangan sistem moneter internasional yang pernah dipergunakan dalam kegiatan ekonomi internasional, (2) pasar valuta asing dan nilai tukar, dan (3) neraca pembayaran. Ketiga pokok bahasan tersebut diuraikan lebih detail dalam enam bab pokok bahasan.

Materi tentang ekonomi moneter internasional sendiri biasanya dibahas dalam buku-buku Ekonomi Internasional secara umum.