Sebanyak 1136 item atau buku ditemukan

PROFESI KEPENDIDIKAN

pendidikan yang berkualitas akan membawa perubahan yang besar dalam dunia pendidikan sehingga guru-guru pada masa yang telah berlalu, masa kini, maupun masa akan datang menjadi guru yang punya peran dalam dunia pendidikan sehingga guru yang mempunyai profesi kependidikan harus menjaga moral, akhlak, perilaku anak-anak Bangsa Indonesia sehinga bisa menjadi anak-anak yang mempunyai akhlak yang mulia, berbakat, berprestasi dan mempunyai keterampilan.

pendidikan yang berkualitas akan membawa perubahan yang besar dalam dunia pendidikan sehingga guru-guru pada masa yang telah berlalu, masa kini, maupun masa akan datang menjadi guru yang punya peran dalam dunia pendidikan sehingga guru yang ...

Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Guru merupakan profesi yang mengharuskan adanya kemahiran atau kecakapan spesifik dalam menghasilkan suatu produk untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan orang lain. Suatu profesi harus mempelajari atau menguasai bidang tertentu, melibatkan aktivitas intelektual, dipersiapkan secara profesional, membutuhkan proses pendidikan dan pelatihan yang kesinambungan, lebih mengutamakan kepentingan dan layanan publik daripada individu dan pribadi, terwadahi dalam organisasi profesi, dan menjanjikan jenjang karier yang permanen. Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 memberi amanat bahwa guru memiliki kegiatan pokok, yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih anak, serta melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan kegiatan pokok. Bagaimana standar guru? Kompetensi apa yang harus dimilikinya? Bagaimana mengembangkan profesi guru? Buku ini secara tuntas memaparkan tentang profesi dan profesionalisme guru, kualifikasi dan kompetensi guru serta bagaimana karier dan pengembangan profesionalisme guru. Setelah membaca buku ini Anda akan memahami bahwa keberadaan profesi guru sangat penting untuk diperhatikan serta ditingkatkan dalam pelaksanaan tugas dan pekerjaannya.

Guru merupakan profesi yang mengharuskan adanya kemahiran atau kecakapan spesifik dalam menghasilkan suatu produk untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan orang lain.

Pengembangan Guru Profesional

Guru memiliki peran yang sangat esensial bagi mutu pendidikan di Indonesia karena guru menjadi salah satu faktor yang menentukan berhasil atau tidaknya proses pembelajaran disamping kurikulum dan sarana prasarana. Guru memiliki tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, dan mengevaluasi peserta didik. Tugas utama tersebut akan menjadi efektif apabila guru memiliki derajat profesionalitas tertentu yang meliputi kompetensi yang harus dimiliki guru disertai dengan kode etik tertentu. Pengembangan dan peningkatan profesi guru juga dilakukan dalam rangka menjaga agar kompetensi profesinya tetap sesuai dengan perkembangan zaman yang semakin modern. Pembinaan dan pengembangan profesi guru meliputi pembinaan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Sedangkan pembinaan dan pengembangan karier meliputi penugasan, kenaikan pangkat, dan promosi. Keduanya disesuaikan dengan jabatan fungsional masing-masing. Buku Pengembangan Guru Profesional ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi serta daya tarik pelaksanaan pembelajaran Pengembangan Kompetensi Pendidik. Tujuannya agar siswa ketika belajar pelajaran ini dapat memperoleh wawasan dan kompetensi mengelola pembelajaran sebagai kegiatan inti dari keseluruhan proses pendidikan di sekolah dan madrasah. Selamat membaca! Informasi lain : Deskripsi fisik : 16 x 24 cm, 372 halaman Weight : 0.53 kg ISBN : 9786024460495 Pengarang : Sholeh Hidayat Penerbitan : Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017 Bahasa : Indonesia Subjek : Guru Bentuk Karya : Bukan fiksi Status : Aktif

Buku Pengembangan Guru Profesional ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi serta daya tarik pelaksanaan pembelajaran Pengembangan Kompetensi Pendidik.

Mengungkap Filsafat Pendidikan di Balik Kurikulum Merdeka

Buku ini mencoba merangkum berbagai filsafat pendidikan dalam konteks Kurikulum Merdeka. Berbagai aliran filsafat pendidikan seperti vitalisme, eksistensialisme, dan humanisme, berperan penting dalam membentuk metode dan teknik pendidikan. Masing-masing aliran memberikan perspektif yang berbeda dalam menyampaikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik. Filsafat pendidikan juga berfungsi sebagai panduan untuk mengatasi masalah-masalah pendidikan dengan prinsip-prinsip filosofis. Secara umum, filsafat pendidikan dibagi menjadi dua: progresif, dipengaruhi oleh Dewey dan Rousseau, dan revolusioner, yang menyoroti hubungan sekolah dengan masyarakat dan kekuasaan dalam proses tersebut. Landasan filsafat pendidikan mencakup gagasan tentang hakikat manusia, pengetahuan, nilai-nilai, dan perilaku yang dianut oleh lembaga pendidikan.

Buku ini mencoba merangkum berbagai filsafat pendidikan dalam konteks Kurikulum Merdeka.

MODUL DAKWAH DIGITAL NA PADANGSIDIMPUAN

MODUL DAKWAH DIGITAL NA PADANGSIDIMPUAN Penulis : - Dr. Husniah Ramadhani Pulungan, S.Pd., M.Hum., -Nikmah Sari Hasibuan, M.Pd., - Rukiah Ukuran : 14 x 21 cm No. QRCBN :62-39-2550-740 Terbit : Juni 2022 www.guepedia.com Sinopsis : Inovasi strategi dakwah NA Padangsidimpuan dalam meregenerasi kader di era revolusi industri 4.0 merupakan dasar yang melatarbelakangi munculnya modul ini. Modul dakwah digital NA Padangsidimpuan ini menjadi alat untuk dapat mengaplikasikan inovasi strategi dakwah yang dimaksud. Mengapa harus dakwah digital yang dipilih? Hal ini karena era revolusi industri 4.0 sudah tidak luput dari digitalisasi. Ditambah lagi dengan hadirnya pandemi Covid-19 telah mempercepat laju penggunaan media digital di segala lini kehidupan. Tentu saja yang mudah menyerap hal ini adalah generasi milenial yang menjadi sasaran generasi kader berikutnya. Uniknya, generasi milenial yang berada di rentang usia 15-30-an membutuhkan pendekatan yang lebih komunikatif dibandingkan dengan pendekatan yang otoriter. Melalui pendekatan yang komunikatif, generasi milenial akan lebih mudah menerima hal baru dan tertarik untuk mengikutinya. Dalam Modul ini akan menguraikan penggunaan tujuh media sosial dalam berdakwah. Namun, tidak menutup kemungkinan di masa yang akan datang akan ada penambahan penggunaan sosial media yang lain seiring dengan perkembangan zaman. NA Padangsidimpuan dapat memiliki cara pandang dan pola pikir yang terbuka dalam berdakwah. Hal ini karena jika ingin menjaring generasi milenial sebagai kader NA berikutnya, hendaknya mengikuti zaman bagaimana generasi tersebut berekspresi dan berkembang. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping

MODUL DAKWAH DIGITAL NA PADANGSIDIMPUAN Penulis : - Dr. Husniah Ramadhani Pulungan, S.Pd., M.Hum.

Strategi dan Implementasi Kinerja Karyawan Pada Usaha Dagang

Buku ini membahas secara komprehensif tentang permasalahan kinerja karyawan dalam lingkup perusahaan, organisasi, serta lingkungan pada usaha dagang.

Evaluasi pembelajaran

The book "Learning Evaluation" is a guide that discusses various important aspects of the learning evaluation process. This book is intended for educators, teachers, and practitioners in education who want to understand and implement learning evaluation effectively and authentically. In the first stage, this book introduces the concept of learning evaluation and the importance of understanding student progress deeply. Readers will become familiar with various evaluation models and theories that can be used to measure students' academic achievement and abilities in various aspects of learning. Next, this book discusses important principles to consider when evaluating learning. Educators will be taught how to design valid, reliable, and objective evaluation instruments so that evaluation results can provide an accurate picture of student achievement.

This book is intended for educators, teachers, and practitioners in education who want to understand and implement learning evaluation effectively and authentically.

KONSEP DAN APLIKASI LANDASAN PENDIDIKAN DALAM SEKOLAH PENGGERAK

Landasan pendidikan merupakan pijakan dasar konsep yang menjadi acuan dalam proses pendidikan secara komprehensif. Dalam konteks ini, landasan pendidikan difokuskan pada hakikat manusia sebagai makhluk pembelajar, interaksi sosial, proses pembelajaran, hingga problematika yang mendasari dalam pendidikan. Landasan pendidikan merupakan tumpuan, landas pacu atau pijakan dasar dalam melaksanakan proses pendidikan. Landasan-landasan tersebut adalah landasan filosofis, landasan psikologis, landasan sosiologis, landasan kultural, landasan ilmiah dan teknologi, landasan hukum, landasan ekonomi, landasan historis, dan landasan religious. Oleh karenanya, landasan-landasan di atas diperlukan sebagai pondasi dan pijakan dalam proses pendidikan. Pendidikan yang ada di suatu negara akan berubah atau akan adah penambahan sistem ataupun program. Hal ini dilakukan agar menjadikan negara yang maju dan tidak tertinggal zaman. Program yang akan dibuat dari waktu ke waktu tetap memeperhatikan perkembangan zaman dan landasan pendidikan. Landasan pendidikan adalah pijakan dasar konsep yang menjadi acuan dalam proses pendidikan secara komprehensif. Landasan Pendidikan difokuskan pada hakikat manusia sebagai maklhuk pembelajar, interkasi sosial, proses pembelajaran, hingga problematika yang mendasari dalam pendidikan. Nadim Makarin telah membuat Program Merdeka Belajar Episode Sekolah Penggerak. Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Sekolah penggerak dalam konteks landasan pendidikan mengacu pada landasan filosofis, landasan psikologis, landasan sosiologis, landasan kultural, landasan ilmiah dan teknologi, landasan hukum, landasan ekonomi, landasan historis, dan landasan religious dalam mewujudkan merdeka belajar. Program ini akan mendorong transisi pendidikan daerah untuk memiliki posisi yang sangat penting sebagai tempat konsultasi, mengacu pada kearifan lokal masingmasing daerah sehingga sekolah dapat lebih terinspirasi untuk membawa lebih banyak inspirasi perubahan lagi. Pasuruan, Magister Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Wiranegara

... Education. School of Education. Oregon: Oregon State University. Orstein, A. (1989). Foundation of Education. Fourth Edition. Boston: Houghton Miflin Company. Salahudin, D. A. (2011). Filsafat Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia ...

LANDASAN PENDIDIKAN

Buku ini terdiri atas VI Bab, yang satu sama lain saling terkait untuk membentuk wawasan utuh tentang landasan pendidikan khususnya untuk Indonesia. Penyajiannya disusun ke dalam sistematika sebagai berikut: Bab 1 membahas tentang manusia dan pendidikan; Bab 2 membahas mengenai pendidikan dan ilmu pengetahuan; Bab 3 membahas landasan filosofis pendidikan; Bab 4 membahas tentang landasan historis pendidikian Indonesia; Bab 5 membahas mengenai tokoh-tokoh pendidikan nasional; dan Bab 6 membahas mengenai pilar-pilar pendidikan dan pendidikan sepanjang hayat.

Buku ini terdiri atas VI Bab, yang satu sama lain saling terkait untuk membentuk wawasan utuh tentang landasan pendidikan khususnya untuk Indonesia.