Sebanyak 64 item atau buku ditemukan

Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini

Buku ini menguraikan materi-materi dari mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini.Semoga buku Evalusi Pembelajaran Anak Usia Dini yang disusun ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa program studi pendidikan anak usia dini dalam memahami dan mengaplikasikan evaluasi pembelajaran pada pendidikan anak usia dini.

Buku ini menguraikan materi-materi dari mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini.Semoga buku Evalusi Pembelajaran Anak Usia Dini yang disusun ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa program studi pendidikan anak usia dini dalam memahami ...

EVALUASI PEMBELAJARAN

Buku ini berisikan bahasan tentang konsep, metode, serta implementasi evaluasi dalam proses pendidikan. Evaluasi pembelajaran merupakan langkah penting dalam menilai efektivitas suatu sistem pengajaran, mencakup aspek tujuan, materi, metode, serta hasil belajar peserta didik. Buku ini menguraikan berbagai jenis evaluasi seperti formatif, sumatif, diagnostik, dan autentik, serta menjelaskan bagaimana prinsipprinsip evaluasi dapat diterapkan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Buku ini juga mengupas metode serta teknik yang digunakan dalam proses evaluasi pembelajaran. Berbagai instrumen penilaian seperti tes tertulis, wawancara, observasi, hingga teknologi digital dalam evaluasi pendidikan dibahas secara mendalam. Model-model evaluasi seperti CIPP, Tyler, dan Scriven juga diperkenalkan sebagai pendekatan yang dapat diterapkan dalam berbagai konteks pendidikan.

... Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar ' , JINOTEP ( Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran ) : Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran , 133-142 . doi : 7 ( 2 ) , 10.17977 / um031v7i22020p133 . pp . Angkat , S. A. , Wardhani ...

EVALUASI PEMBELAJARAN: Pendekatan, Teori Dan Inovasi Dalam Pendidikan Agama Islam

Buku Evaluasi Pembelajaran: Pendekatan, Teori an Inovasi Dalam Pendidikan Agama Islam menawarkan panduan komprehensif mengenai evaluasi dalam Pendidikan Agama Islam (PAI), dengan fokus pada penerapan metode evaluasi yang efektif, validitas instrumen, serta teknik analisis data yang relevan dengan konteks PAI. Buku ini mengintegrasikan berbagai konsep evaluasi, teori-teori evaluasi, dan pendekatan modern yang mencakup neurosains, teknologi, dan kebijakan pendidikan dalam dunia pendidikan Islam. Dimulai dengan urgensi evaluasi dalam konteks pendidikan Islam, buku ini menguraikan pentingnya evaluasi yang tepat untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran. Dalam bab-bab selanjutnya, pembaca akan dibimbing untuk memahami konsep dan pendekatan evaluasi yang digunakan dalam PAI, serta perbedaan antara teori-teori evaluasi dari konteks Islam dan Barat. Buku ini juga membahas desain dan pendekatan evaluasi dalam penelitian, serta bagaimana teknik-teknik validasi dan reliabilitas instrumen dapat memastikan keakuratan dan keandalan evaluasi. Pembaca diajak untuk mengeksplorasi analisis data dalam evaluasi PAI, serta tantangan-tantangan yang mungkin dihadapi terkait dengan etika dan bias dalam evaluasi pendidikan. Selain itu, buku ini mengkaji model evaluasi berbasis riset, serta penerapan kebijakan evaluasi dan perancangan kebijakan berbasis evaluasi, untuk memastikan bahwa kebijakan pendidikan yang diambil berbasis pada hasil evaluasi yang valid dan objektif.

Buku Evaluasi Pembelajaran: Pendekatan, Teori an Inovasi Dalam Pendidikan Agama Islam menawarkan panduan komprehensif mengenai evaluasi dalam Pendidikan Agama Islam (PAI), dengan fokus pada penerapan metode evaluasi yang efektif, validitas ...

EVALUASI PEMBELAJARAN

Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pendidikan yang bertujuan untuk menilai efektivitas pembelajaran, mengukur pencapaian tujuan, serta memberikan umpan balik yang konstruktif bagi peserta didik maupun pendidik. Dalam konteks pendidikan modern, evaluasi tidak hanya berfokus pada hasil akhir atau nilai akademis semata, tetapi juga mencakup pemahaman yang lebih mendalam tentang kemampuan, keterampilan, dan sikap yang dikembangkan oleh peserta didik selama proses belajar.

Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pendidikan yang bertujuan untuk menilai efektivitas pembelajaran, mengukur pencapaian tujuan, serta memberikan umpan balik yang konstruktif bagi peserta didik maupun ...

Pengembangan Evaluasi Pembelajaran

Buku "Pengembangan Evaluasi Pembelajaran" adalah panduan komprehensif yang membahas berbagai aspek kunci dalam merancang, mengimplementasikan, dan meningkatkan evaluasi pembelajaran di lingkungan pendidikan. Dengan mendalam, buku ini menguraikan peran krusial evaluasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan memberikan wawasan tentang bagaimana mengembangkan instrumen evaluasi yang efektif. Pembaca akan dibimbing melalui perjalanan eksplorasi konsep-konsep dasar evaluasi pembelajaran, mulai dari perencanaan hingga analisis hasil. Buku ini menekankan pentingnya pengembangan instrumen evaluasi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, gaya mengajar, dan karakteristik siswa. Penggunaan studi kasus dan contoh praktis memberikan pandangan langsung tentang penerapan teori-teori evaluasi dalam konteks pendidikan sehari-hari.

Buku "Pengembangan Evaluasi Pembelajaran" adalah panduan komprehensif yang membahas berbagai aspek kunci dalam merancang, mengimplementasikan, dan meningkatkan evaluasi pembelajaran di lingkungan pendidikan.

Evaluasi pembelajaran

The book "Learning Evaluation" is a guide that discusses various important aspects of the learning evaluation process. This book is intended for educators, teachers, and practitioners in education who want to understand and implement learning evaluation effectively and authentically. In the first stage, this book introduces the concept of learning evaluation and the importance of understanding student progress deeply. Readers will become familiar with various evaluation models and theories that can be used to measure students' academic achievement and abilities in various aspects of learning. Next, this book discusses important principles to consider when evaluating learning. Educators will be taught how to design valid, reliable, and objective evaluation instruments so that evaluation results can provide an accurate picture of student achievement.

This book is intended for educators, teachers, and practitioners in education who want to understand and implement learning evaluation effectively and authentically.

Buku Ajar: Evaluasi Pembelajaran Matematika

Evaluasi Pembelajaran Matematika (MKB IN 0348) dengan jumlah bobot 3 SKS merupakan salah satu mata kuliah keahlian pedagogik yang wajib dipelajari mahasiswa semester V (lima) prodi Pendidikan Matematika STKIP Gotong Royong Masohi. Tujuan dari perkuliahan ini membekali mahasiswa sebagai calon guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran khususnya mata pelajaran matematika serta kompeten dalam mengaplikasikannya. Materi yang dipelajari dalam mata kuliah ini yaitu hakikat evaluasi pembelajaran, ruang lingkup evaluasi pembelajaran, pengembangan penilaian tes uraian, pengembangan penilaian tes objektif, pengembangan penilaian nontes, analisis kualitas instrumen, teknik menganalisis item hasil belajar, teknik pengolahan penilaian dan tindak lanjut hasil evaluasi. Buku ajar ini juga dilengkapi dengan diskusi, latihan dan tugas guna meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi buku ajar ini. Kemampuan akhir yang diperoleh setelah mempelajari seluruh isi buku ajar adalah memiliki kompetensi membuat instrumen evaluasi pembelajaran matematika, melakukan uji coba di kelas dalam skala kecil maupun besar, menganalisis kualitas instrumen, dan membuat keputusan tentang hasil analisis.

Kemampuan akhir yang diperoleh setelah mempelajari seluruh isi buku ajar adalah memiliki kompetensi membuat instrumen evaluasi pembelajaran matematika, melakukan uji coba di kelas dalam skala kecil maupun besar, menganalisis kualitas ...

Evaluasi Pembelajaran Tematik: Strategi Inovasi di Masa Pandemi - Jejak Pustaka

Buku "Evaluasi Pembelajaran Tematik: Strategi Inovasi di Masa Pandemi" adalah panduan praktis yang mengeksplorasi strategi inovativ dalam evaluasi pembelajaran tematik, khususnya dalam konteks masa pandemi yang menantang. Buku ini ditujukan kepada para pendidik dan praktisi pendidikan yang ingin menemukan cara baru untuk memastikan keberhasilan proses pembelajaran dalam situasi yang tidak biasa ini.

Buku "Evaluasi Pembelajaran Tematik: Strategi Inovasi di Masa Pandemi" adalah panduan praktis yang mengeksplorasi strategi inovativ dalam evaluasi pembelajaran tematik, khususnya dalam konteks masa pandemi yang menantang.