Sebanyak 969 item atau buku ditemukan

Perempuan Dan Hukum

Menuju Hukum Yang Berperspektif Kesetaraan Dan Keadilan

... keluarga) terjadi juga pada kasus Ibu Anna dan Ibu Yasinta. Ketiadaan atau ketidakmampuan ayah yang bertindak sebagai kepala keluarga, ketiadaan anak laki-laki, belum cukup umurnya anak laki-laki dalam keluarga tersebut untuk ...

HUKUM KELUARGA

Manusia adalah makhluk dua dimensi, karena terdiri dari dua unsur utama yaitu jasad (fisik) dan roh (metafisik). Jasad atau jasmani adalah dimensi tubuh kasar manusia yang mengikuti siklus biologis makluk hidup, secara normal pertumbuhan embrio manusia diawali dari sel kelamin pria (spermatozoa) dan sel kelamin wanita (ovum), keduanya bertemu dan menjadi segumpal darah, kemudian menjadi segumpal daging, tulang yang dibungkus daging hingga sempurna bentuk, lahir, anak-anak, remaja, dewasa, tua dan akhirnya ia akan meninggal dunia (QS. Al-Mukminun; 12- 16). Siklus ini akan berjalan terus-menerus sehingga manusia akan selalu ada dari generasi ke generasi. Upaya yang dilakukan oleh manusia untuk menjaga keberlangsungannya adalah dengan menikah dan melakukan hubungan seksual antara laki-laki dan perempuan (Nurhadi, 2019).

... keluarga adalah Ketentuan secara menyeluruh yang mencakup hubungan hukum yang berkaitan dengan kekeluargaan sedaran dan kekeluargaan karena pernikahan.5 Dari beberapa definisi pakar di atas bisa kita simpulkan bahwa Hukum keluarga dalam ...

EKONOMI KREATIF : DARI IDE MENJADI UANG

Judul : EKONOMI KREATIF : DARI IDE MENJADI UANG Penulis : Alif Lukmanul Hakim, S.Fil., M.Phil Dr. Herman Sjahruddin, S.E., M.Si Didi Suhendi, S.E., M.M Dr. Teguh Setiawan Wibowo, MM., M.Si., M.Farm., Apt Dr. Ir. Tutang Muhtar K, ST., M. Si Dr. Ir. Uli Wildan Nuryanto, ST, MM, IPM Jushermi, SE., MSBA Dewita Suryati Ningsih,SE., MBA Rovanita Rama, SE., MH Kurniawaty Fitri, SE., MM Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 196 Halaman ISBN : 978-623-497-635-9 SINOPSIS Buku ini berjudul “EKONOMI KREATIF : DARI IDE MENJADI UANG”. Buku ini disusun oleh beberapa penulis dari beberapa universitas di Indonesia. Buku ini penulis kontribusikan untuk bidang ekonomi di Indonesia khusunys bidang ekonomi kreatif. Buku ini terdiri dari sepuluh bab. Adapun pembahasan masing-masing bab dalam buku ini sebagai berikut : Bab 1 Konsep Ekonomi Kreatif Bab 2 Gelombang Peradaban Ekonomi Kreatif Bab 3 Konsep Kreativitas dan Inovasi Bab 4 Aktor Penggerak Ekonomi Kreatif Bab 5 Mengapa Ekonomi Kreatif? Bab 6 Modal Dasar dan Pilar Ekonomi Kreatif Bab 7 Subsektor Ekonomi Kreatif Bab 8 Sumber Daya Kreatif Bab 9 Industri Kreatif Bab 10 Pengembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia . Semoga buku ini bermanfaat bagi pembaca dalam memahami EKONOMI KREATIF : DARI IDE MENJADI UANG, sehingga tidak hanya dipahami secara teori tapi dapat diimplementasikan dalam dunia usaha dengan baik.

Judul : EKONOMI KREATIF : DARI IDE MENJADI UANG Penulis : Alif Lukmanul Hakim, S.Fil., M.Phil Dr. Herman Sjahruddin, S.E., M.Si Didi Suhendi, S.E., M.M Dr. Teguh Setiawan Wibowo, MM., M.Si., M.Farm.

Al-Qur’an dan Ekonomi Syariah: Sebuah Afirmasi Ayat-Ayat

Buku ini penulis teliti melalui telaah ayat-ayat dalam al-Qur’an yang terkait dengan aktivitas perekonomian khususnya ekonomi syariah. Ayat-ayat dalam buku ini memberikan petunjuk betapa aktivitas perekonomian itu ternyata sudah digambarkan dalam al-Qur’an dengan begitu beragam, khususnya aktivitas perekonomian yang sesuai dengan syariah Islam. Mulai dari ekonomi dasar sampai dengan ekonomi produksi, distribusi, konsumsi, dan lain sebagainya.

... Banking Study Program, FAI UMSurabaya 3. 2014–2015. 4. Deputy Dean ... Perbankan Syariah di Indonesia, Hukum Ekonomi Syariah, Kapita Selekta Ekonomi Syariah, Hybrid Contract dalam Bank Syariah, Dimensi Ekonomi Syariah dalam Kitab Hadis ...

Muro’atul Ibadah Fi At-Thoharah Wa Sholat

Buku ini disusun agar dijadikan sebagai buku pegangan yang simpel dalam pengajaran fiqih ibadah yang sesuai dengan kitab-kitab fiqih mu’tabaroh yang bermadzabkan Syafi’i.

Buku ini disusun agar dijadikan sebagai buku pegangan yang simpel dalam pengajaran fiqih ibadah yang sesuai dengan kitab-kitab fiqih mu’tabaroh yang bermadzabkan Syafi’i.

Manajemen Risiko Bank Syariah

Pengelolaan keuangan/penyaluran dana yang baik akan menentukan jalannya suatu perbankan tersebut. Pada buku ajar ini akan dibahas secara teoritis dan lengkap bagaimana dalam pengelolaan risiko dari segala aktifitas perbankan, dengan tujuan untuk meminimalisir risiko yang terjadi baik dalam melakukan pembiayaan atau aktifitas lainnya. Seperti proses identifikasi risiko, keputusan dalam memberikan pembiayaan, target pembiayaan, Jenis-Jenis Risiko Pada Perbankan Syariah, Proses manajemen risiko. Risiko Operasional, risiko pembiayaan Bank, Risiko Pasar dan bentuknya, Risiko Strategis Bank Syariah, risiko Reputasi, Manajemen aset liabilitas dan likuiditas.

Risiko Operasional, risiko pembiayaan Bank, Risiko Pasar dan bentuknya, Risiko Strategis Bank Syariah, risiko Reputasi, Manajemen aset liabilitas dan likuiditas.

Kewirausahaan

Penulis mengharapkan buku Kewirusahaan ini dapat menjadi sumber belajar utama bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami materi secara teoritis, mampu mengaplikasikan dalam kehidupan mahasiswa sehingga capaian pembelajaran Kewirausaahaan yang telah ditetapkan dapat diwujudkan.

Penulis mengharapkan buku Kewirusahaan ini dapat menjadi sumber belajar utama bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami materi secara teoritis, mampu mengaplikasikan dalam kehidupan mahasiswa sehingga capaian ...

Kewirausahaan Theopreneurship: Teori dan Kiat Menjadi Wirausaha

Berbicara tentang kewirausahaan, saat ini merupakan salah satu peran yang sangat penting bagi perekonomian negara. Hal ini dikarenakan semakin banyak wirausaha dalam suatu negara maka akan semakin meningkat ekonomi negara tersebut. Selain itu dengan adanya wirausaha, maka akan semakin mening- katkan kemandirian ekonomi bangsa. Buku ini memberikan wawasan teori serta kiat-kiat dalam menjadi wirausa- hawan. Materi yang dibahas di antaranya pengertian dan teori kewirausahaan, kesempatan berwirausaha, ide dan peluang usaha, bisnis sesuai bakat dan keahlian, business plan, analisis swot dan industri, unsur-unsur dalam business plan, merek, dan pemanfaatan teknologi internet dalam usaha. Dengan memahami ini, diharapkan kita dapat belajar sekaligus praktik menjadi wirausaha. Semoga apa yang disajikan dalam buku ini dapat menambah pengetahuan tentang kewirausahaan dan memotivasi khalayak untuk menjadi wirausahawan yang berpengetahuan dan andal. Materi yang dibahas dalam buku ini yaitu: Bab 1 Pengantar Kewirausahaan Bab 2 Kesempatan Berwirausaha Bab 3 Ide Bisnis dan Peluang Usaha Bab4 Menentukan Jenis Bisnis Sesuai dengan Bakat dan Keahlian Bab 5 Business Plan Bab 6 Analisis SWOT dan Analisis Industri dalam Perencanaan Usaha Bab 7 Marketing Plan Bab 8 Operational Plan Bab 9 Organization Plan Bab 10 Financial Plan Bab 11 Merek Bab 12 Pemanfaatan Teknologi Internet dalam Usaha

Berbicara tentang kewirausahaan, saat ini merupakan salah satu peran yang sangat penting bagi perekonomian negara.

Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif

Buku ini dikemas dengan sederhana untuk membantu mahasiswa atau pemula agar dapat memahami tentang makna kewirausahaan dan ekonomi kreatif. Di mana sekarang ini telah terjadi pergolakan perekonomian global ke arah industri kreatif. Di mana produk dari industri kreatif biasanya memiliki ciri atau khas yang khusus sulit untuk ditiru dan memiliki suatu keunikan sehingga produk ini dapat bertahan dalam situasi perekonomian yang sedang sulit dan sangat membantu tingkat pertumbuhan ekonomi suatu negara termasuk Indonesia. Serta memiliki dampak yang luas terhadap sektor lain sehingga dapat mengangkat citra Bangsa di mata dunia.

Buku ini dikemas dengan sederhana untuk membantu mahasiswa atau pemula agar dapat memahami tentang makna kewirausahaan dan ekonomi kreatif.

EKONOMI KREATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Berubahnya peta perekonomian global menempatkan kreatifitas menjadi modal utama dalam menghadapi tantangan global. Dalam konteks globalisasi, daya saing merupakan kunci utama untuk bisa sukses dan bertahan (Bahri, 2014). Daya saing ini muncul tidak hanya dalam bentuk produk dalam jumah banyak namun juga berkualitas. Kualitas produk tersebut dapat diperoleh melalui pencitraan ataupun menciptakan produk-produk inovatif yang berbeda dari wilayah lainnya, sehingga diperlukan kreativitas yang tinggi untuk dapat men- ciptakan produk-produk inovatif dan berdaya saing secara global. Berangkat dari poin inilah, ekonomi kreatif menemukan eksistensinya dan berkembang. Secara umum, ekonomi kreatif (creative economy) diartikan sebagai suatu konsep perekonomian di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas, dengan mengedepankan ide dan berbagai pengetahuan dari sumber daya manusia itu sendiri, sebagai faktor produksi yang paling utama. Dan menurut United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), ekonomi kreatif merupakan sebuah konsep ekonomi yang berkembang berdasarkan aset kreatif yang berpotensi menghasilkan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi. Jadi, pada dasarnya, konsep ekonomi kreatif ini lebih menge- depankan kreativitas, ide, dan pengetahuan manusia sebagai aset utama dalam menggerakkan ekonomi di suatu negara dan akhirnya bisa mendunia. Titik tekan dalam dunia ekonomi kreatif adalah ide, talenta dan kreatifitas yang menjadi unsur vitalnya (Puspitosarie, 2015). Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (2008) merumuskan ekonomi kreatif sebagai upaya pembangunan ekonomi secara berkelan- jutan melalui kreativitas dengan iklim perekonomian yang berdaya saing dan memiliki cadangan sumber daya yang terbarukan. Definisi yang lebih jelas disampaikan oleh UNDP (2008) yang merumuskan bahwa ekonomi kreatif merupakan bagian integratif dari pengetahuan yang bersifat inovatif, pemanfaatan teknologi secara kreatif dan budaya.

Berubahnya peta perekonomian global menempatkan kreatifitas menjadi modal utama dalam menghadapi tantangan global.