Sebanyak 1149 item atau buku ditemukan

Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berbasis Video

Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berbasis Video PENULIS: ASMAR, S.PD., M.PD. Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-270-023-9 Terbit : April 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Evaluasi Pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran, salah satu cara guru untuk mengidentifikasi dan melihat sejauh mana tingkat perkembangan dan kemajuan peserta didik yang didapat selama proses pembelajaran sebelumnya. Evaluasi yang dilakukan juga bertujuan untuk melihat apakah model, metode dan teknik pengajaran yang dilakukan sudah efektif atau tidak digunakan terhadap peserta didik. Terdapat dua cara kebiasaan guru dalam pengambilan evaluasi yang dilakukan yaitu tes tertulis menghendaki siswa memberikan jawaban secara tertulis, serta tes nontulis seperti tes keterampilan, pemberian tugas, dan lain-lain. Penulis menyadari bahwa evaluasi pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam pencapaian yang akan dituju serta bermanfaat untuk pengambilan keputusan guru dalam memilih penggunaan model, metode serta teknik pengajaran yang efektif agar kompetensi yang diinginkan tercapai. Maka dari itu, penulis ingin mengembangkan sebuah evaluasi dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis video, dimana siswa akan diberikan tugas membuat sebuah video pembelajaran berdasarkan materi yang sebelumnya telah diberikan. Harapannya dengan adanya tugas tersebut dapat membantu guru dalam mengevaluasi pembelajaran apakah sudah efektif atau perlu perbaikan-perbaikan yang mendorong tercapainya kompetensi yang diinginkan. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Strategi pembelajaran merupakan langkah selanjutnya dari proses desain pembelajaran yakni bagaimana caranya menuju proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang dimaksud adalah rangkaian kejadian eksternal bagi peserta didik yang ...

JURNALISTIK “KEMAHIRAN BERBAHASA PRODUKTIF”

JURNALISTIK “KEMAHIRAN BERBAHASA PRODUKTIF” PENULIS: Lisa Septia Dewi Br.Ginting, S.Pd.,M.Pd ISBN : 978-623-7752-84-4 Terbit : Februari 2020 Sinopsis: Perguruan tinggi khususnya Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) khususnya Pendidikan Bahasa Indonesia, mempelajari mata kuliah jurnalistik. Mata kuliah ini mempersyaratkan mata kuliah Kemahiran Berbahasa Produktif. Mata kuliah ini di samping memberikan bekal pengetahuan, wawasan, dan pemahaman dasar-dasar jurnalistik, juga membekali mahasiswa untuk mengenal karakteristik media baik cetak maupun elektronik. Lulusan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) khususnya Pendidikan Bahasa Indonesia nantinya bukan hanya bisa bekerja sebagai guru (sesuai dengan ilmunya) namun juga bisa bekerja di luar itu sesuai dengan bidang kebahasaannya. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah praktek yang menuntut mahasiswa agar terampil dalam menulis berita dan juga melisankan berita. Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

JURNALISTIK “KEMAHIRAN BERBAHASA PRODUKTIF” PENULIS: Lisa Septia Dewi Br.Ginting, S.Pd.,M.Pd ISBN : 978-623-7752-84-4 Terbit : Februari 2020 Sinopsis: Perguruan tinggi khususnya Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) khususnya ...

INOVASI PEMBELAJARAN DAN TEKNOLOGI BANTU (TEKNOLOGI ASISTIF) MANUAL BOOK PRAKTIK JURNALISTIK UNTUK MAHASISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DAN KHALAYAK

Menulis ialah keterampilan berbahasa aktif produktif, yang enting dan harus dikuasai oleh setiap mahasiswa. Pada jenjang pendidikan sarjana, khususnya pada Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, mata kuliah Praktik Jurnalistik menjadi mata kuliah pilihan yang ditempuh oleh mahasiswa. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis jurnalistik sebagai suatu keterampilan yang harus dikuasai, tidak hanya secara teoretis tetapi juga praktik untuk menunjang profesi keguruan, khususnya guru Bahasa Indonesia. Manual Book Praktik Jurnalistik ini diterbitkan untuk menjawab kebutuhan mahasiswa calon guru, baik mahasiswa berkebutuhan khusus maupun mahasiswa pada umumnya, para guru Bahasa Indonesia sebagai bekal, dan rujukan dalam meninjau teori keterampilan menulis serta penerapannya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang sesuai dengan dinamisnya perubahan kurikulum 2013 dan era Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Manual Book Praktik Jurnalistik ini dihadirkan untuk membantu dan mendukung kegiatan belajar mahasiswa disabilitas/berkebutuhan khusus dengan hambatan lamban belajar (slow leaner), interaksi sosial, berkepribadian tertutup, kesulitan konsentrasi, dan menulis. Materi pada buku ini dirancang untuk memberi penguatan dan motivasi bahwa siapa pun bisa menulis, bahkan mereka yang memiliki hambatan khusus sekalipun.

Menulis ialah keterampilan berbahasa aktif produktif, yang enting dan harus dikuasai oleh setiap mahasiswa.

Teori dan Aplikasi Bahasa Indonesia

Bahasa merupakan salah satu unsur identitas suatu bangsa. Begitu pula Bahasa Indonesia merupakan salah satu identitas nasional bagi bangsa dan negara Indonesia. Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan Bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia diresmikan penggunaannya satu hari setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada tanggal 18 Agustus 1945 bersamaan dengan mulai berlakunya Undang-undang Dasar Republik Indonesia 1945.

Bahasa merupakan salah satu unsur identitas suatu bangsa.

Ragam Bahasa Pariwisata

Manusia lahir dari budaya yang berbeda-beda yang membuat bahasa menjadi bagian dari kebudayaan manusia. Hal tersebut yang melatarbelakangi bahasa menjadi bervariasi. Selain itu, variasi bahasa juga dapat terjadi karena adanya kegiatan interaksi social manusia yang berbeda seperti berbagai mata pencaharian. Untuk menarik perhatian pembeli, para pedagang biasanya menggunakan bahasa yang berbeda-beda, unik, dan menarik perhatian. Mereka menggunakan pilihan kata, gaya bahasa, dan ekspresi yang berbeda. Dalam buku ini akan dibahas secara mendalam berbagai ragam bahasa yang digunakan para pelaku pariwisata dalam berinteraksi dengan wisatwan asing.

jurnalistik, pertanian, kepariwisataan, pelayaran, pendidikan, dan sejenisnya. Ragam bahasa sastra biasanya menekankan pada penggunaan bahasa dari segi keindahan, sehingga dipilih dan digunakan kosakata yang memiliki kombinasi yang enak ...

MANAJEMEN PEMERINTAHAN

Dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan, kekuasaan diperlukan untuk menggerakkan berbagai aktivitas pemerintahan, baik penyelenggaraan pemerintahan dalam arti luas yang meliputi kekuasaan legislatif, eksekutif, dan yudikatif, maupun penyelenggaraan pemerintahan dalam arti sempit yang dijalankan oleh eksekutif. Pemerintah dan pemerintahan ke dalam arti luas dan arti sempit, yaitu: Pemerintah dalam arti luas menunjuk kepada aparatur negara, alat-alat perlengkapan negara seluruhnya sebagai kesatuan yang melaksanakan seluruh tugas dan kekuasaan negara atau pemerintahan dalam arti luas. Sedangkan, pemerintah dalam arti sempit menunjuk kepada aparat, organ atau alat perlengkapan negara yang melaksanakan tugas pemerintahan dalam arti sempit. Pemerintahan dalam arti luas, yaitu segala aktivitas tugas atau kewenangan atau kekuasaan negara. Jika mengikuti pembidangan Montesquieu, pemerintahan dalam arti luas, meliputi bidang-bidang legislatif, eksekutif, dan yudikatif.

Pelaksanaan akuntabilitas pemerintah bertujuan untuk memperbaiki kinerja pemerintah dalam memberikan pelayanan publik. Akuntabilitas dimaknai sebagai hubungan serta proses yang direncanakan untuk mencapai tujuan bedasarkan pendekatan ...

STRATEGI PENERAPAN METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN

Maka pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran Al-Qur'an metode Ummi adalah pendekatan bahasa ibu. Dan dapat disimpulkan bahwa metode Ummi merupakan salah satu metode belajar membaca dan menghafal AlQur'an dengan pendekatan bahasa ...

PENDIDIKAN BERBASIS AL-QUR’AN

Pendidikan berbasis Al-Qur'an adalah sarana perekayasaan sosial bagi umat Islam yang berdasarkan Al-Qur'an dan Al-Sunnah untuk menuju kesempurnaan hidup manusia hingga mencapai Insan kamil, yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah (taqarrub) dan meraih kebahagiaan di dunia dan di akhirat kelak. Pencapaian kesempurnaan hidup melalui proses pendidikan itu juga merupakan tujuan dari Pendidikan Islam itu sendiri. Materi Pendidikan berbasis Al-Qur'an berisikan tentang berbagai macam ilmu pengetahuan sebagai sarana yang menghubungkan hamba dengan Tuhan-Nya, dengan itu ia mendekatkan diri secara kualitatif kepada-Nya, sehingga manusia dapat mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat kelak. Namun yang menjadi prioritas materi yang terpenting dari pendidikan berbasis Al-Qur'an itu adalah bidang akhlak. Karena dengan memiliki akhlak yang mulia, semua orang bisa bertanggung jawab dalam hidupnya. Pendidikan berbasis Al-Qur'an tidak hanya ditafsirkan sebagai kegiatan atau cara untuk mengajar anak didik saja, namun lebih dari itu. Yang dimaksudkan dengan metode pendidikan adalah juga menjadikan guru (al-mu'allim) sebagai figur sentral untuk dapat dijadikan teladan bagi anak didiknya. Bahkan Imam Al-Ghazali mengemukakan bahwa metode pendidikan adalah sejenis pendidikan guru atau pelatihan guru (teacher education or trainning). Jadi, dapat dipahami bahwa metode pendidikan tidak hanya dipahami sebagai suatu cara dalam mengajar tetapi jauh dari itu yaitu usaha membina dan melatih guru sebagai figur sentral bagi anak didiknya agar menjadi teladan yang baik. Proses pengembangan pendidikan berbasis Al-Qur'an berdasarkan gambaran konsep hakikat manusia dalam Al-Qur'an yang meliputi aspek tujuan, kurikulum, metodologi, dan evaluasi pendidikan, pada dasarnya dipahami sebagai sebuah ikhtiar untuk mengembangkan seluruh wujud eksistensi manusia dalam arti nilai totalitas, struktur, kedudukan, dan peran serta potensi-potensi yang dimilikinya. Oleh karena itu, konsep manusia dalam Al-Qur'an menjadi muatan yang perlu diperhitungkan dalam mengembangkan teori dan praktek pendidikan. Dengan adanya keterlibatan pandangan dasar Al-Qur'an tentang hakikat manusia ini, pengembangan pendidikan diharapkan bisa menyeluruh sesuai dengan gambaran hakikat manusia yang sebenarnya.

Pendidikan berbasis Al-Qur'an adalah sarana perekayasaan sosial bagi umat Islam yang berdasarkan Al-Qur'an dan Al-Sunnah untuk menuju kesempurnaan hidup manusia hingga mencapai Insan kamil, yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah ...

HUKUM SAKSI DALAM PERKAWINAN ISLAM

HUKUM SAKSI DALAM PERKAWINAN ISLAM PENULIS: Ahmad Rofi’i Harahap, S.Sy., MH. dan Dr. NURHADI, S.Pd.I., S.E.Sy., S.H., M.Sy., MH., M.Pd. ISBN : 978-623-251-612-0 Terbit : Maret 2020 Sinopsis: Pelaksanaan pernikahan diantara salah satu syarat pernikahan adalah keberadaan dua saksi, tetapi untuk menunjuk seorang saksi, itu tidak dapat dilakukan dengan sembarangan seperti menunjuk saksi yang jahat. Menurut ulama mayoritas, adalah tidak sah untuk menikah di bawah saksi yang jahat karena orang itu bukan orang yang adil. Saksi dalam perkawinan ini sangat penting, karena menyangkut kepentingan keharmonisan rumah tangga, terutama menyangkut kepentingan istri dan anak-anak, sehingga tidak ada kemungkinan seorang suami menyangkal putranya yang lahir dari istrinya. Agar tidak meninggalkan keturunan (nasb) dan untuk menghindari fitnah (prasangka buruk). Imam' AlaUddin berpendapat bahwa sah untuk menikah di bawah saksi yang kurang baik untuk hal-hal berikut alasan: pertama, Hukum Ashal; Pernikahan tidak akan terjadi jika tidak ada saksi, tetapi dalam hal ini sifat keadilan tidak diperlukan tetapi tujuannya hanya untuk memberi tahu publik. Kedua, Hukum Akal (ra'yun); Bahwa jika orang kurang baik berasal dari populasi / wilayah setempat maka ia secara sah menjadi saksi pernikahan. Ketiga, perkawinan terjadi di berbagai tempat, baik di desa maupun di daerah terpencil, jika hanya untuk mengetahui secara langsung apakah saksi itu adil atau tidak, itu akan memberatkan dan merepotkan. Karena itu, cukup dengan melihat penilaian umum saksi, tanpa harus mengetahui detail apakah dia pernah melakukan dosa besar atau tidak. Imam 'Alauddin mengambil sumber hukum dari al-Qur'an, Hadits, dan Istihsan. Berdasarkan metode tersebut, ijtihad yang digunakan oleh imam 'Alauddin isIstihsan Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

HUKUM SAKSI DALAM PERKAWINAN ISLAM PENULIS: Ahmad Rofi’i Harahap, S.Sy., MH. dan Dr. NURHADI, S.Pd.I., S.E.Sy., S.H., M.Sy., MH., M.Pd. ISBN : 978-623-251-612-0 Terbit : Maret 2020 Sinopsis: Pelaksanaan pernikahan diantara salah satu ...