Pembelajaran inovatif adalah pembelajaran yang lebih bersifat student centered. Artinya, pembelajaran yang lebih memberikan peluang kepada siswa untuk mengonstruksi pengetahuan secara mandiri (self directed) dan dimediasi oleh teman sebaya (peer mediated instruction). Pembelajaran inovatif mendasarkan diri pada paradigma konstruktivistik. Pembelajaran inovatif biasanya berlandaskan paradigma konstruktivistik membantu siswa untuk menginternalisasi, membentuk kembali, atau mentransformasi informasi baru. Melihat peran yang begitu vital, maka menerapkan metode yang efektif dan efisien adalah sebuah keharusan. Di bidang pembelajaran terdapat sejumlah model, pada dasarnya dapat dikategorikan atas pendekatan pembelajaran dan beberapa di antaranya seperti yang dibahas pada buku ini: Bab 1 Pembelajaran Individual Dengan Modul Bab 2 Pembelajaran Teman Sejawat Bab 3 Pembelajaran Kooperatif Bab 4 Pembelajaran Secara Berpasangan Bab 5 Metode Brainstorming Bab 6 Pembelajaran Induktif Bab 7 Metode Permainan Bab 8 Metode Pembelajaran Menggunakan Media Kertas dan Pensil Bab 9 Metode Peta Pikiran Bab 10 Metode Penyelesaian Masalah Bab 11 Teknik Inovatif Dalam Pembelajaran Bab 12 Pembelajaran Menggunakan Metode Flipped Classroom Bab 13 Pembelajaran Model Blended Learning
Pembelajaran kooperatif dapat dimaknai sebagai suatu metode pembelajaran yang memberikan masukan kepada siswa untuk melakukan kerjasama dalam kegiatan pembelajaran, seperti diskusi dengan teman sebaya yang menyebabkan tidak terjadinya ...
Metode pembelajaran memegang peranan penting sebagai strategi guru dalam menyampaikan materi dalam pembelajaran. Buku ini membahas berbagai metode pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran. Pada buku ini akan membahas lebih detail tentang: Bab 1 Metode Ceramah Bab 2 Metode Diskusi Bab 3 Metode Tanya Jawab Bab 4 Metode Latihan (Drill) Bab 5 Metode Bercerita Bab 6 Metode Bermain Peran Bab 7 Metode Pembelajaran Sosiodrama Bab 8 Metode Karyawisata Bab 9 Metode Projek
Mampu membimbing murid untuk merumuskan dan megidentifikasi permasalahan serta menarik kesimpulan; 3. Mampu mengelompokkan murid sesuai dengan kebutuhan permasalahan dan pengembangan kemampuan murid; 4. Mampu mengelola pembelajaran ...
Dengan menyebut Nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang, segala puji bagi Allah SWT Tuhan pecipta alam semesta beserta mahkluk ciptaan-Nya, shalawat serta Salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW. Yang telah membawa selutuh umat Islam dari zaman yang penuh kesesatan menuju zaman yang penuh rahmat dengan tersebarnya agama Islam di muka bumi ini. Penyusunan Buku Metode Penelitian Kualitatif Lengkap dengan Rencana Pembelajaran Semester dan Contoh Pedoman Penulisan Skripsi Kualitatif adalah salah satu bentuk komitmen penulis dalam memberikan referensi serta dukungan kepada para dosen pengampu dan juga mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah metode penelitian kualitatif. Dengan harapan buku ini bisa memberikan petunjuk, wawasan dan memberikan ilmu seputar tentang Metode Penelitian Kualitatif dengan didasari mengharap ridho dari Allah SWT maka tersusunlah buku ini. Saya berharap agar Buku Metode Penelitian Kualitatif Lengkap dengan Rencana Pembelajaran Semester dan Contoh Pedoman Penulisan Skripsi Kualitatif ini bisa memberikan manfaaat bagi para dosen pengampu dan juga mahasiswa pada khususnya. Aamiin ya robbal’alamin..
Penyusunan Buku Metode Penelitian Kualitatif Lengkap dengan Rencana Pembelajaran Semester dan Contoh Pedoman Penulisan Skripsi Kualitatif adalah salah satu bentuk komitmen penulis dalam memberikan referensi serta dukungan kepada para dosen ...
C. Fungsi Pembelajaran Digital Karakteristik atau dapat disebut sebagai potensi pembelajaran digital dipandang sudah memenuhi syarat sebagai dasar pertimbangan untuk penyelenggaraan kegiatan pembelajaran digital.
Buku Perpustakaan Berkembang diterbitkan sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi para pembaca untuk mengetahui dunia perpustakaan. Tujuannya untuk mengetahui pustakawan sebagai penyedia informasi, pengembangan keterampiilan pustakawan, perpustakaan dalam perannya melestarikan nilai budaya bangsa, perkembangan perpustakaan dan dampaknya bagi sosial budaya, dan peran perpustakaan dalam menciptakan budaya literasi.
Sebagai contoh dalam dunia bisnis perbankan saat ini, keunggulan maupun keberhasilan sebuah bank terutama perbankan swasta banyak sekali didukung oleh teknologi informasi. Penggunaan teknologi informasi dalam setiap aktivitas lembaga ...
Upaya peningkatan produksi jewawut nasional masih terbuka lebar baik melalui peningkatan produktivitas maupun perluasan areal tanam, khususnya di wilayah beriklim kering dengan curah hujan eratik di luar Jawa. Walaupun kecenderungan produksi jewawut mengalami stagnasi namun dengan melalui penerapan teknologi budidaya yang baik akan dihasilkan berbagai macam produk pangan fungsional bernilai gizi tinggi. Kegiatan litbang tanaman jewawut dari berbagai institusi baik lembaga penelitian maupun universitas telah mampu menyediakan teknologi produksi jewawut dengan tingkat produktivitas > 3-4 ton/ha tergantung pada potensi lahan dan teknologi produksinya. Pengembangan tanaman jewawut di Indonesia dilakukan umumnya pada agroekosistem lahan beriklim kering sehingga untuk mengoptimalkan produksi tanaman diperlukan teknologi yang sesuai dengan agroekosistem pengembangannya. Badan penelitian dan pengembangan pertanian melalui Balai penelitian Tanaman Serealia telah banyak melakukan penelitian tanaman jewawut. Dengan memadukan sejumlah komponen teknologi yang sesuai dengan lingkungan tumbuh tanaman jewawut diharapkan mampu meningkatkan produktivitas, efisiensi produksi, dan meningkatkan pendapatan petani dan pada gilirannya akan berdampak pada meningkatnya minat masyarakat untuk melakukan kegiatan budidaya tanaman jewawut. Buku ini disusun sebagai acuan untuk pengelolaan lahan dan tanaman dalam rangka peningkatan produksi tanaman jewawut. Kepada semua pihak yang telah menyumbangkan pemikiran dalam penyusunan buku ini disampaikan terima kasih.
Dengan memadukan sejumlah komponen teknologi yang sesuai dengan lingkungan tumbuh tanaman jewawut diharapkan mampu meningkatkan produktivitas, efisiensi produksi, dan meningkatkan pendapatan petani dan pada gilirannya akan berdampak pada ...
Buku ini membahas tentang: 1. KONSEP TEKNOLOGI PENDIDIKAN 2. PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN 3. PENERAPAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN 4. TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DAN PERGURUAN TINGGI 5. TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN TERBUKA DAN JARAK JAUH 6. BLENDED LEARNING ( PEMBELAJARAN KOMBINASI) 7. PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENDIDIKAN 8. PELUANG DAN KEPROFESIAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
pendidikan secara integratif, yaitu secara rasional berkembang dan berintegrasi dalam berbagai kegiatan pendidikan. Dari berbagai definisi dari teknologi pendidikan dapat disimpulkan bahwa, peluang teknologi pendidikan merupakan suatu ...
Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Pendidikan Profesi Keguruan dan Teknologi Pendidikan. Sistematika buku book chapter Pendidikan Profesi Keguruan dan Teknologi Pendidikan ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Oleh karena itu diharapkan book chapter ini dapat menjawab tantangan dan persoalan dalam sistem pengajaran di perguruan tinggi dan sejenis lainnya.
Aplikasi yang dimaksud adalah sebagai berikut: Pertama, teknologi pendidikan memungkinkan adanya perubahan kurikulum, baik strategi, pengembangan maupun aplikasinya. Teknologi pendidikan mempunyai fuungsi luas, tidak hanya terbatas pada ...
Konsep Teknologi Pembelajaran, Falsafah Teknologi Pembelajaran, Kajian Teoritik Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, Konsep Dasar Pembelajaran Inovatif, Strategi Pembelajaran Inovatif, Model Pembelajaran Inovatif, Metode Ice Breaking Dalam Pembelajaran Inovatif, Modalitas Pembelajaran, Konsep Belajar Aktif, Inovasi Pembelajaran Kontekstual Dan Pembelajaran Dengan Internet
Konsep Teknologi Pembelajaran, Falsafah Teknologi Pembelajaran, Kajian Teoritik Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, Konsep Dasar Pembelajaran Inovatif, Strategi Pembelajaran Inovatif, Model Pembelajaran Inovatif, Metode Ice Breaking ...