Sebanyak 4369 item atau buku ditemukan

Mutu Pendidikan Untuk Jenjang Sekolah Dasar

Budaya Mutu Wujudkan Sekolah Unggul

Kumpulan Praktik Baik Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Di Satuan Pendidikan

Buku ini memuat 31 artikel praktik baik sekolah model penjaminan mutu pendidikan di satuan pendidikan sebagai gambaran implementasi SPMI menjadikan sekolah unggul. Setiap sekolah model mengangkat artikel satu topik keunggulan implementasi SPMI, walaupun dalam satu sekolah memiliki berbagai macam keunggulan. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka pelaksanaan program penjaminan mutu sekolah yang dilaksanakan oleh LPMP D.I. Yogyakarta.

Buku ini memuat 31 artikel praktik baik sekolah model penjaminan mutu pendidikan di satuan pendidikan sebagai gambaran implementasi SPMI menjadikan sekolah unggul.

Pengendalian Mutu Sekolah

Buku ini adalah hasil dari Tesis saya, dalam buku ini membahas terkait dengan pengendalian mutu sekolah, Issu tentang mutu pendidikan terus berkembang sejalan dan sejurus dengan perkembangan kebutuhan dan kesiapan penyelenggaraan pendidikan. Salah satu sebabnya adalah rendahnya peluang kerja bagi alumni tingkat sekolah menengah sederajat dan beratnya persaingan bagi alumni Perguruan Tinggi (PT), sebagai tenaga potensial yang terampil dalam merebut dan memanfaatkan kesempatan kerja. Identifikasi terhadap kondisi tersebut dialamatkan pada rendahnya mutu lulusan, dalam arti pengetahuan, keterampilan dan keahlian yang belum sesuai kualifikasi kompetensi yang dibutuhkan tenaga kerja. Lembaga pendidikan harus mampu merancang program untuk mencapai lembaga yang bermutu, agar kelak lulusan dapat bersaing dalam bidang apapun setelah mereka berada dilingkungan kerja.

Buku ini adalah hasil dari Tesis saya, dalam buku ini membahas terkait dengan pengendalian mutu sekolah, Issu tentang mutu pendidikan terus berkembang sejalan dan sejurus dengan perkembangan kebutuhan dan kesiapan penyelenggaraan pendidikan ...

KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN

Konsep Dan Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan

Keberhasilam kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya banyak ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolah. Kepemimpinan merupakan faktor penting dalam menunjang tercapainya tujuan organisasi sekolah. Keberhasilan kepala sekolah dalam melakukan tata kelola sekolah, sarana prasarana, membina tenaga pendidik, mengelola kegiatan sekolah lainnya banyak ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolah. Apabila kepala sekolah mampu menggerakan membimbing dan mengarahkan orang yang dipimpinnya secara tepat, maka segala kegiatan yang ada dalam organisasi sekolah terlaksana secara efektif. Sebaliknya, jika tidak mampu mengerakan anggota secara efektif, tidak akan bisa tercapai tujuan secara optimal, Seorang kepala sekolah yang mengelola sekolah tanpa pengetahuan manajemen pendidikan tidak akan bekerja secara efektif dan efisiens, jauh dari mutu, dan keberhasilannya. Pengetahuan dan atau teori manajemen pendidikan sangat dibutuhkan dan harus dipahami oleh seorang kepala sekolah karena tanpa teori manajemen seorang kepala sekolah akan melakukan pekerjaaanya dengan dugaan dan pendapatnya saja. Buku Pengantar Ilmu Pendidikan: KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN: Konsep dan Strategi Mutu Pendidikan, menguraikan berbagai materi secara Komprehensip yang merupakan bagian utama Pengantar ilmu pendidikan. Pada prinsipnya, buku ini terdiri dari 13 Bab memuat pelbagai bahasan antara lain; Pengertian dan Konsep Dasar Kepemimpinan, Tipe dan Gaya Kepemimpinan, Kepemimpinan dan Manajemen. Kepemimipnan Pendidikan, Kepemimpinan dalam dalam Manajemen Berbasis Mutu, Kualifikasi dan Kompetensi Kepala Sekolah, Kepemimpinan Kepala Sekolah MAsa Depan, Kepemimpinan Kepala Sekolahdi Era Revolusi Industri 4.0, Kepala Sekolahsebagai Instructional Leader, dll Buku ini sangat layak dijadikan panduan atau referensi bagi Mahasiswa yang menempuh Pendidikan Strata Satu (S1) atau Strata Dua (S2) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) atau Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) di UIN, STAIN, IAIN, tapi hal ini juga harus dipahami oleh para guru atau tenaga pendidik, tenaga kependidikan, kepala sekolah, Pengawas, penyuluh, instruktur, widyaswara dan para pelaku pendidikan lainnya, serta masyarakat sehingga memperoleh wawasan tentang pendidikan secara komprehenship

Buku Pengantar Ilmu Pendidikan: KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN: Konsep dan Strategi Mutu Pendidikan, menguraikan berbagai materi secara Komprehensip yang merupakan bagian utama Pengantar ilmu pendidikan.

KONSEP KEBIJAKAN MUTU PENDIDIKAN DALAM PENGELOLAAN MTSN MODEL

Madrasah saat ini menjadi salah satu pilihan favorit masyarakat sebagai tempat belajar putra-putrinya. Hal ini tidak terlepas dari upaya yang dilakukan oleh Kementerian Agama RI, salah satunya adalah membangun Madrasah Model dengan berbagai keunggulan. Program unggulan dirancang mulai dari input, proses dan output. Berbagai komponen dan unsur saling terkait dan bersinergi guna mewujudkan lulusan Madrasah Model yang kompeten dan unggul dalam berbagai bidang keilmuan. Buku yang ditulis oleh Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Pekalongan ini mengkaji Kebijakan Mutu Pendidikan dalam Pengelolaan MTsN Model. Analisis terhadap manajemen mutu yang diterapkan dalam Madrasah Model dijelaskan secara rinci dan sistematis. Penulis buku ini juga melakukan analisis dengan mengintegrasikan antara ilmu manajemen mutu dengan nilai-nilai Islam, sehingga terwujud integrasi keilmuan dan keislaman. Dr. Sururin, M.Ag. (Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) Hadirnya Madrasah Model menjadi jawaban atas adanya kebutuhan masyarakat terhadap Madrasah yang berkualitas. Selama ini Madrasah masih sering dianggap sebagai second class dalam sistem pendidikan. Buku ini memberi perspektif baru tentang sistem pengelolaan madrasah yang ideal berbasis pada Quality Manajement yang implementatif. Penulis berhasil menarasikan teori yang rumit dengan bahasa yang sederhana dan mudah dibaca. Buku ini penting untuk dibaca oleh para pemangku kebijakan pendidikan, praktisi pendidikan, peneliti, mahasiswa, dan masyarakat umum. Saya menyambut baik atas terbitnya buku ini, semoga memberikan kontribusi penting bagi peningkatan mutu Madrasah di Indonesia. Prof. Dr. Aan Hasan, M.Ed. (Guru Besar Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung) Buku tentang Konsep Kebijakan Mutu Pendidikan dalam Pengelolaan MTsN Model yang ditulis oleh M. Sugeng Sholehuddin merupakan tulisan yang sangat komprehensif dan klir dalam menggambarkan beberapa keunggulan yang dimiliki oleh MTsN Model, khususnya dalam penerapan Manajemen Berbasis Madrasah (MBS). Dengan hadirnya buku ini maka stereotip tentang Madrasah sebagai lembaga pendidikan “kelas dua” menjadi terbantahkan. Prof. Dr. Sri Sumarni (Guru Besar Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) Buku yang ada di tangan pembaca ini mengeksplorasi sejauh mana pengembangan mutu dan Quality Management pendidikan madrasah model. Dengan demikian buku ini tepat dibaca bagi kepala madrasah, guru, dan siapapun yang mendambakan madrasah model agar bisa lebih berkualitas, maka saya selaku Guru Besar Pendidikan Islam IAIN Salatiga menyambut senang hati atas terbitnya buku yang ditulis oleh Dr. H. M. Sugeng Sholehuddin, M.Ag sebagai dosen dan Dekan FTIK IAIN Pekalongan. Selamat Membaca! Prof. Dr. Mansur, M.Ag. (Guru Besar Pendidikan Islam IAIN Salatiga) Buku ini cocok sebagai sumber rujukan karena di dalamnya banyak terdapat informasi yang berkaitan dengan masalah kebijakan publikasi dalam pendidikan, identifikasi masalah filosofi lahirnya madrasah model, formula kebijakan Kemenag RI dalam pengelolaan MTs, serta kinerja dan pengembangan mutu pendidikan formal MTs. Buku ini meluruskan atau membenarkan masalah dan asumsi yang ada di khalayak umum mengenai madrasah model. Deskripsi materi dalam buku ini dibuat secara terperinci sehingga mudah untuk dipahami oleh semua pihak. Terdapat tabel dan skema untuk mengklarifikasikan materi tertentu sehingga memperjelas pembaca. Hubungan antarparagraf saling berkaitan. Buku ini bagus dan layak dikonsumsi oleh mahasiswa, praktisi pendidikan, serta siswa di seluruh Indonesia. Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M. Pd.I (Guru Besar UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)

Dr. Aan Hasan, M.Ed. (Guru Besar Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung) Buku tentang Konsep Kebijakan Mutu Pendidikan dalam Pengelolaan MTsN Model yang ditulis oleh M. Sugeng Sholehuddin merupakan ...

Manajemen Keuangan Internasional, Ed 2

Buku ini merupakan edisi ke 2 dari terbitan pertamanya tahun 2018. Ada beberapa perbaikan konsep dan perbaikan lainnya yang menyebar di berbagai bab. Edisi kedua ini juga diterbitkan oleh penerbitan baru yaitu UNY Press.

Buku ini merupakan edisi ke 2 dari terbitan pertamanya tahun 2018. Ada beberapa perbaikan konsep dan perbaikan lainnya yang menyebar di berbagai bab. Edisi kedua ini juga diterbitkan oleh penerbitan baru yaitu UNY Press.

Tujuh Teknologi Transformasi Digital Penggerak Industri 4.0

ada generasi saat ini, Industri 4.0 merupakan sebuah revolusi digital yang memberdayakan digitalisasi dari proses manufaktur dengan intervensi manusia maupun penggunaan manual yang minimum, dengan tujuan menjaring sebanyak mungkin industri dan mengadaptasi serta meningkatkan teknologi yang ada agar menyesuaikan kebutuhan manufaktur digital (Nayyar & Kumar, 2020, p. 1). Nayyar dan Kumar (2020, p. 1) juga menyebut Industri 4.0 juga sebagai “smart manufacturing” dan “industrial internet”, yang berpotensi mempengaruhi seluruh sistem manufaktur di berbagai industri melalui transformasi global terkait desain, manufaktur maupun pengiriman barang dan jasa.

Dalam dunia perbankan, teknologi ini diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi proses transaksi, mengurangi biaya, dan meningkatkan keamanan sistem. Salah satu aplikasi blockchain dalam dunia perbankan adalah dalam sistem ...

MANAJEMEN & PELAKSANAAN PENGAJARAN MIKRO (MICROTEACHING)

Pengajaran mikro (Microteaching) adalah salah satu mata kuliah praktikum yang wajib lulus dan diikuti oleh mahasiswa program sarjana pada program studi keguruan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi dan membekali mahasiswa dengan seperangkat pengetahuan dan keterampilan pedagogis dalam bentuk sederhana, yaitu mempraktikkan kemampuan mengajar topik tertentu, dengan waktu terbatas, dan mengelola kelas dalam skala kecil atau mikro sebelum praktik mengajar di kelas sesungguhnya (real teaching) pada Program Lapangan Persekolahan (PLP). Pengajaran mikro adalah salah satu upaya untuk mencetak calon guru yang memiliki empat kompetensi yang dibutuhkan untuk menjadi guru profesional sesuai dengan Undang-undang No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, yaitu 1) kompetensi padagogik; 2) kompetensi profesional; 3) kompetensi sosial, dan 4) kompetensi kepribadian. Mahasiswa sebagai calon guru ideal yang melakukan tugasnya dengan profesional akan didapat tidak hanya dari proses pembelajaran secara teori di ruang kelas, tetapi juga diperoleh dari kegiatan praktik mengajar secara langsung, baik keterampilan mengajar dasar maupun terpadu. Mengingat pentingnya peran guru dalam proses pembelajaran, maka keberadaan microteaching menjadi sangat esensial dalam menyiapkan mahasiswa menjadi calon guru profesional di masa yang akan datang. Untuk dapat menguasai kompetensi tersebut di atas, mahasiswa keguruan sebagai calon guru harus memiliki bekal yang memadai, salah satunya adalah melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan mengajar (teaching skills) baik secara teoritik maupun praktik. Pada tataran teori, mahasiswa mendapatkan pengetahuan berupa teori pengajaran, dan secara praktik bekal kemampuan mengajar dapat diperoleh melalui kegiatan microteaching dengan mengajar teman sejawat (peerteaching). Buku Manajemen & Pelaksanaan Pengajaran Mikro (Microteaching) ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, dosen, dan pengelola program studi dalam mengelola dan melaksanakan program microteaching di masing-masing unit penyelenggara pendidikan tinggi. Buku ini membahas cara pengelolaan dan pelaksanaan kegiatan praktik pengajaran mikro, dimulai dari tahap persiapan pengajaran mikro sampai dengan evaluasi pembelajaran mikro yang harus dilakukan oleh mahasiswa sebagai praktikkan di bawah supervisi dosen pembimbing. Disamping itu, dalam buku ini disediakan juga contoh format RPP, format penilaian RPS microteaching, dan format penilaian keterampilan mengajar dasar dan terpadu sebagai inti dari kegiatan pengajaran mikro.

Buku Manajemen & Pelaksanaan Pengajaran Mikro (Microteaching) ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, dosen, dan pengelola program studi dalam mengelola dan melaksanakan program microteaching di masing-masing unit penyelenggara pendidikan ...

Microteaching In Digital Era Theory And Practice

Teachers and Tecahing Book with the title Microteaching In Digital Era Theory And Practice create by Ikhfi Imaniah and M. Abduh Al Manar. This book, Microteaching in Digital Era: Theory and Practice, is reference book for teachers and trainee teachers who will implement the concept of professional teaching in the classroom by designing the lesson plan, interactive learning media, and developing teaching skills particularly in digital age. This microteaching book helps trainee teachers to improve both contents and methods of teaching and develop spesific teaching skills such as questioning, the use of examples and simple artifacts to make lessons more interesting, using effective reinforcement techniques, introducing and closing lessons effectively. Table of Contents this book : - Session 1 The Concept of Microteaching - Session 2 Ice Breaking/Warming Up Activity In Teaching - Session 3 Teaching Process - Session 4 Teaching Receptive Skills - Session 5 Teaching Productive Skills - Session 6 Assessment In English Language Teaching - Session 7 Web Based Learning - Session 8 Social Media In Education Spesification of this book : Category : Teachers and Tecahing Author : Ikhfi Imaniah and M. Abduh Al Manar E-ISBN : 978-623-02-5352-2 Size : 15.5x23 cm Pages : 110 Publication Date : 2022 Deepublish Publisher is a book publisher that focuses on publishing in the field of education, especially higher education (universities and high schools).

This book, Microteaching in Digital Era: Theory and Practice, is reference book for teachers and trainee teachers who will implement the concept of professional teaching in the classroom by designing the lesson plan, interactive learning ...

Ekonomi Koperasi

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Ekonomi Koperasi. Sistematika buku Ekonomi Koperasi ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 12 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Konsep dan Sejarah Koperasi, Perkembangan Koperasi Di Indonesia, Asas dan Prinsip Koperasi, Bentuk dan Jenis Koperasi, Tujuan dan Fungsi Koperasi, Perangkat Organisasi Koperasi, Manajemen Koperasi, Pembentukan Koperasi, Permodalan Koperasi, Sisa Hasil Usaha, Peranan Koperasi, dan Kendala Perkembangan Koperasi.

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Ekonomi Koperasi. Sistematika buku Ekonomi Koperasi ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan.