Sebanyak 770 item atau buku ditemukan

Konsep Pembelajaran PAUD

Pada masa usia dini anak mengalami masa keemasan (the golden years) yang merupakan masa dimana anak mulai peka/sensitif untuk menerima berbagai rangsangan. Untuk membangun pertumbuhan baik anak, ada baiknya untuk mengikutsertakan anak pada pembelajaran PAUD. Karena berupaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh dan memberikan kegiatan pembelajaran yang mampu menghasilkan kemampuan dan keterampilan anak. Pendidikan anak usia dini merupakan suatu pendidikan yang dilakukan pada anak sejak lahir hingga usia delapan tahun. Buku referensi yang membahas konsep dasar pembelajaran anak usia dini terbilang masih sangat langka. Karena itulah buku ini hadir untuk membuka cakrawala pemikiran para pendidik, yang tugas utamanya bukan hanya sebatas mentransfer ilmu pengetahuan saja, melainkan lebih dari itu. Seorang pendidik diharapkan mampu membuat anak didiknya paham atas apa yang dipelajarinya. Bahkan substansi buku ini dapat juga menginspirasi para orang tua, pemerhati, praktisi, peneliti, dan perancang kurikulum di bidang pendidikan anak usia dini. Daftar isi Bab 1 Hakikat Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini Bab 2 Tokoh dan Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Zaman Purba di Asia Afrika Bab 3 Tokoh dan Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Zaman Yunani, Romawi, Abad Pertengahan Bab 4 Tokoh dan Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Zaman Abad Pencerahan, Zaman Baru, Zaman Rasionalisme Bab 5 Tokoh dan Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Abad Ke XIX Revolusi Perancis, Abad XX di Eropa, dan Abad XX di Amerika Bab 6 Tokoh dan Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini di Indonesia Daftar Pustaka Glosarium Indeks Tentang Penulis Informasi lain : Deskripsi fisik : 16 x 24 cm, 202 halaman Weight : 0.305 kg ISBN : 9786024461096 Pengarang : Luluk Asmawati Penerbitan : Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017 Bahasa : Indonesia Subjek : PAUD - Pendidikan anak - Pendidikan dasar Bentuk Karya : Bukan fiksi Status : Aktif

Daftar isi Bab 1 Hakikat Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini Bab 2 Tokoh dan Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Zaman Purba di Asia Afrika Bab 3 Tokoh dan Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Zaman Yunani, Romawi, Abad ...

Buku Ajar Micro Teaching

Mengajar dalam Teori dan Praktik

Kebutuhan mahasiswa akan materi ajar dalam proses perkuliahan terkadang tidak sepenuhnya dapat mereka lengkapi walaupun dengan berlimpahnya informasi yang dapat diperoleh di dunia maya, seperti internet. Hal ini disebabkan oleh banyaknya mahasiswa yang kuliah sambil bekerja, sehingga sangat minim kesempatan mereka untuk mengakses informasi di sela-sela waktu istirahatnya. Hal ini juga diperparah dengan mahasiswa yang sudah berkeluarga dan hidup dalam tatanan sosial kemasyarakatan yang juga banyak menuntut waktu mereka. Dengan demikian buku ini dihadirkan untuk melengkapi khazanah pengetahuan dan kepustakaan maha-siswa dalam melaksanakan perkuliahan khususnya mahasiswa yang tergolong punya banyak kesibukan.

Kebutuhan mahasiswa akan materi ajar dalam proses perkuliahan terkadang tidak sepenuhnya dapat mereka lengkapi walaupun dengan berlimpahnya informasi yang dapat diperoleh di dunia maya, seperti internet.

Manajemen

Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan Edisi 4

Manajemen adalah seni dan ilmu (teori). Manajemen bukah hanya diteorikan melainkan dipraktikkan dan dirisetkan. Teori tanpa praktik bagaikan pohon tidak berbuah. Sebaliknya, praktik tanpa teori bagaikan orang buta tersesat di tengah hutan yang gelap gulita. Teori tanpa dirisetkan menyebatkan teori tidak berkembang bahkan tidak ada teori baru. Sebaliknya, riset tanpa teori bagaikan hipotesis dan atau pertanyaan riset yang turun dari langit. Praktik tanpa dirisetkan menyebabkan barang/jasa tanpa inovasi dan kreasi. Sebaliknya, riset tanpa dipraktikan hanyalah untuk manfaat teoretis. Jadi, teori, praktik, dan riset merupakan suatu sistem. Buku ini layak dibaca oleh akademisi, praktisi, dan masyarakat luas yang masih bingung membedakan antara manajemen dengan administrasi, manajemen dengan kepemimpinan, serta leader, manager dengan administrator, dan denisi manajemen pendidikan. Di samping itu, buku ini penting bagi akademisi, praktisi, dan masyarakat luas yang ingin meningkatkan mutu dirinya, keluarganya, organisasinya, serta masyarakat. Mutu tersebut antara lain; pengoordinasian, motivasi, kepemimpinan, kekuasaan, pengambilan keputusan, penyelesaian masalah, komunikasi, koordinasi negosiasi, konflik, keterampilan, kepercayaan, kinerja, kepuasaan kerja, pengendalian (pemantauan, penilaian, dan pelaporan), dan teknik-teknik meningkatkan mutu.

Manajemen adalah seni dan ilmu (teori). Manajemen bukah hanya diteorikan melainkan dipraktikkan dan dirisetkan. Teori tanpa praktik bagaikan pohon tidak berbuah.

Teori Organisasi dalam Perpektif Pendidikan

Buku ini dibuat dengan tujuan agar menjadi bagian dari sumber rujukan mahasiswa, Dosen, dan para pembaca, khususnya mahasiswa kependidikan, mudah di pahami dan dipraktekan pada kehidupan sehari-hari, khususnya pada pembelajaran baik di sekolah, maupun perkuliahan di perguruan tinggi. Terimakasih atas bantuan dari berbagai pihak sehingga buku ini dapat terbit sesuai cita-cita penulis, dan semoga bermanfaat bagi pembaca dan pemerhati Pendidikan. Tanpa bantuan dari berbagai pihak mungkin tulisan ini tiada artinya. Isi atau gambaran buku ini, menjelaskan tentang teori-teori organisasi dan asal mula munculnya teori organisasi, serta falsafah teori organisasi, dalam perspektif kependidikan yang di dasari oleh orang-orang yang saling membutuhkan dan berinteraksi dalam mencapai tujuan. Penulis : Dr. Nurdin, M.Pd. & Dr. Endang Herawan, M.Pd. Editor : Dr. Rahmat Fadhli, Ed.M. Jumlah : i-x+192 hlm Ukuran : 15,5 cm x 23 cm

Penulis : Dr. Nurdin, M.Pd. & Dr. Endang Herawan, M.Pd. Editor : Dr. Rahmat Fadhli, Ed.M. Jumlah : i-x+192 hlm Ukuran : 15,5 cm x 23 cm

KEWIRAUSAHAAN Mengenal Dunia Bisnis bagi Mahasiswa Pendidikan Matematika

Buku ini diperuntukkan bagi semua kalangan yang ingin mengenal kewirausahaan ataupun membangun suatu usaha. Secara khusus buku ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar bagi mahasiswa program studi pendidikan matematika yang sedang mengambil mata kuliah kewirausahaan. Pemaparan konsep dalam buku ini disajikan menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Bukan hanya menyajikan konsep dasar dalam kewirausahaan yang harus dipahami seorang pengusaha sebelum memulai suatu usaha hingga ia memasarkan produknya, tetapi buku ini juga menyajikan produk kewirausahaan dalam pendidikan matematika dan penerapan kewirausahaan dalam pembelajaran matematika. Pembahasan dalam buku ini dibagi ke dalam delapan bab utama, yaitu pendahuluan, kewirausahaan, menyusun rencana usaha, modal dan keuangan usaha, produk kewirausahaan, pengelolaan usaha, pemasaran dan waralaba, dan pendidikan kewirausahaan dalam pembelajaran matematika.

Buku ini diperuntukkan bagi semua kalangan yang ingin mengenal kewirausahaan ataupun membangun suatu usaha.

‘7 Poe Atikan Istimewa’: Membangun Karakter Unggul Melalui Model Manajemen Mutu Pendidikan

Melalui pendekatan manajemen mutu, penulis menguraikan langkah-langkah praktis dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengawasi program 7 Poe Atikan. Dalam buku ini, pembaca akan diajak untuk memahami pentingnya melibatkan semua stakeholder, termasuk guru, siswa, orang tua, dan masyarakat sekitar, dalam proses pembentukan karakter siswa. Penulis juga menyoroti pentingnya penggunaan data dan penilaian dalam memantau perkembangan karakter siswa. Dalam buku ini, pembaca akan diberikan panduan tentang bagaimana melakukan evaluasi dan tindakan perbaikan yang berkelanjutan untuk memastikan program 7 Poe Atikan memberikan dampak yang positif dalam membentuk karakter siswa. Buku "7 POE ATIKAN ISTIMEWA: Membangun Karakter Unggul melalui Model Manajemen Mutu Pendidikan" menjadi sumber bacaan yang relevan bagi para pendidik, pengambil kebijakan, dan orang tua yang berkeinginan untuk meningkatkan kualitas pendidikan karakter siswa. Dengan pendekatan manajemen mutu, implementasi pendidikan karakter dapat lebih terarah, efisien, dan berdampak positif bagi masa depan generasi muda yang tangguh, kreatif, dan berintegritas tinggi.

Melalui pendekatan manajemen mutu, penulis menguraikan langkah-langkah praktis dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengawasi program 7 Poe Atikan.

Pendidikan Multikultural Menuju Masyarakat 5.0

Buku Pendidikan Multikultural Menuju Masyarakat 5.0 ini memberikan pemahaman tentang perkembangan civic education di dunia internasional maupun di Indonesia sendiri kajian tentang multikulturalisme sebagai 'setting' sosial Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Indonesia. Pemahaman mengenai hal demikian itu sangat bermanfaat bagi warga negara untuk dapat berpartisipasi dalam kehidupan politik dan kemasyarakatan baik pada tingkat lokal, nasional, maupun global. Pentingnya pendidikan multikultural karena merespons Indonesia yang ragam akan budaya dan memiliki masyarakat majemuk. Buku ini, diperuntukan bagi para mahasiswa program sarjana yang sedang menempuh studi Pendidikan Kewarganegaraan. Di samping itu juga dapat digunakan oleh para pembaca yang memiliki bidang minat dalam pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan, baik sebagai domain sosiokultural, domain kurikuler, maupun sebagai domain kajian-kajian ilmiah.

Buku Pendidikan Multikultural Menuju Masyarakat 5.0 ini memberikan pemahaman tentang perkembangan civic education di dunia internasional maupun di Indonesia sendiri kajian tentang multikulturalisme sebagai 'setting' sosial Pendidikan ...

PENGELOLAAN PENDIDIKAN KE-SD-AN BERBASIS PENDIDIKAN MULTIKULTURAL

Buku Pengelolaan Pendidikan ke-SD-an Berbasis Pendidikan Multikultural dibuat dalam upaya membantu pembaca di dalam memahami penerapan praktik Pendidikan Multikultural dan dampak yang diberikan terhadap implementasi pengelolaan pendidikan di sekolah dasar. Buku Pengelolaan Pendidikan ke-SD-an Berbasis Pendidikan Multikultural terdiri dari 5 Bab yaitu meliputi Pendahuluan, Pengelolaan Sekolah Dasar Berbasis Pendidikan Multikultural, Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Pendidikan Multikultural, Pengelolaan Penilaian Berbasis Pendidikan Multikultural, dan Pengelolaan Kompetensi Guru Berbasis Pendidikan Multikultural. Diharapkan Buku Pengelolaan Pendidikan ke-SD-an Berbasis Pendidikan Multikultural ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca dan dapat meningkatkan efektivitas sosialisasi penerapan praktik Pendidikan kultural di dalam pengelolaan pendidikan di sekolah dasar.

Buku Pengelolaan Pendidikan ke-SD-an Berbasis Pendidikan Multikultural dibuat dalam upaya membantu pembaca di dalam memahami penerapan praktik Pendidikan Multikultural dan dampak yang diberikan terhadap implementasi pengelolaan pendidikan ...

Pendidikan Multukultural : Konsep dan Implementasi

Judul: Pendidikan Multukultural : Konsep dan Implementasi Penulis: Abd Karman, M.M, Alif Lukmanul Hakim., S. Fil., M. Phil, Lisni Hastuti Harahap, S. Pd, M. Pd, Dr. Jasiah, S. Ag, M. Pd, Drs. Nofirman, MT, Indah Wahyu Ningsih, S.Pd.I, M.Pd, Dewa Oka Suparwata, SP, MP, Wanda Nugroho Yanuarto, S.Pd., M.Pd., Ph.D, Syahdara Anisa Makruf, S.Pd.I., M.Pd.I, Fuad Hasyim., S.S., M.A, Dr. Casmudi, S.Pd., M.M, Ahmad Asroni., S. Fil., S.Th.I., M. Hum Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 156 Halaman No ISBN : 978-623-5314-88-4 Tahun Terbit : Agustus 2022 Sinopsis Buku ini berjudul “Pendidikan Multukultural: Konsep dan Implementasi”. Buku ini membahas terkait pendidikan multukultural mengenai konsep dan implementasinya. Buku ini penulis kontribusikan untuk dunia pendidikan di Indonesia. Buku ini terdiri dari dua belas bab. Bab pertama membahas tentang Konsep Budaya dan Sejarah Pendidikan Multikultural. Bab kedua membahas tentang Konsep dan Hakikat Pendidikan Multikultural. Bab ketiga membahas tentang Teori Pendidikan Multikultural. Bab keempat membahas tentang Pendekatan Pendidikan Multikultural. Bab kelima membahas tentang Dimensi-dimensi Pendidikan Multikultural. Bab keenam membahas tentang Implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah. Bab ketujuh membahas tentang Pengembangan Pendidikan Multikultural di Indonesia. Bab kedelapan membahas tentang Problematika Pendidikan Multikultural di Indonesia. Bab kesembilan membahas tentang Peranan Sekolah Dasar Sebagai Lembaga Pengembangan Pendidikan Multikultural. Bab kesepuluh membahas tentang Pendidikan Multikultural di Berbagai Negara. Bab kesebelas membahas tentang Studi Tentang Implementasi Pendidikan Multikultural di Suatu Sekolah. Bab keduabelas membahas tentang Implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah Studi Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama di SMA Negeri 3 Yogyakarta.

Judul: Pendidikan Multukultural : Konsep dan Implementasi Penulis: Abd Karman, M.M, Alif Lukmanul Hakim., S. Fil., M. Phil, Lisni Hastuti Harahap, S. Pd, M. Pd, Dr. Jasiah, S. Ag, M. Pd, Drs.

Implementasi Kurikulum Merdeka

Perubahan kurikulum kali ini diharapkan mampu mendorong terciptanya pendidikan yang berkualitas dan dapat menghasilkan sumber daya manusia pembangunan yang beretos kerja tinggi untuk menyiapkan Indonesia Emas tahun 2045. Hal ini penting, terutama dalam memasuki era digitalisasi yang sarat dengan kualitas dan penuh persaingan. Dalam konteks tersebut, semoga buku ini dapat membantu saudara menerapkan kurikulum secara tepat waktu dan tepat sasaran. Buku ini berupaya memformulasikan suatu cara praktis dalam implementasi Kurikulum Merdeka sehingga dapat dijadikan panduan oleh para pelaksana di lapangan. Buku ini juga menyajikan contoh kurikulum operasional yang harus dikembangkan oleh guru dan kepala sekolah di sekolah masing-masing. Buku ini mencakup penjelasan mengenai Paradigma Baru Kurikulum Merdeka, Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka, Rencana Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, Pelaksanaan Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, Strategi dan Pendekatan Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, dan Menciptakan Iklim Sekolah Pendukung Implementasi Kurikulum Merdeka.

Buku ini mencakup penjelasan mengenai Paradigma Baru Kurikulum Merdeka, Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka, Rencana Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, Pelaksanaan Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, ...