Sebanyak 61 item atau buku ditemukan

KREASI EDU FLANEL : Untuk PAUD dan SD

Ucapan terima kasih kepada kedua orang tua kami dan keluarga besar dimana pun berada, atas bimbingan dan nasehatnya yang selalu mensopport untuk menggoreskan kreativitas kami pada pena. Kepada sahabat-sahabat kami pecinta anak usia dini, terima kasih tak terhingga karena telah menjadi motivator bagi kami dalam menuangkan ide-ide edukatif berbasis kreativitas untuk Pendidikan Anak Usia Dini dan SD kelas Awal. Akhirnya dengan rasa syukur yang tak terhingga atas ridha Allah semoga karya ini bermanfaat.

Ucapan terima kasih kepada kedua orang tua kami dan keluarga besar dimana pun berada, atas bimbingan dan nasehatnya yang selalu mensopport untuk menggoreskan kreativitas kami pada pena.

POTRET PENDIDIKAN KARAKTER DI PESANTREN

Aplikasi Model Keteladanan dan Pembiasaan dalam Ruang Publik

Buku ini terdiri empat bagian. Bagian pertama merupakan bagian pendahuluan, problematika moral/akhlak masyarakat dan kontruksi metode penelitian. Bagian kedua, merupakan bagian nilai-nilai pendidikan pesantren dalam membentuk karakter. Bagian ketiga, peran pesantren dalam pembentukan karakter. Sedangkan bagian terakhir atau keempat merupakan bagian diamana penulis menemukan hasil penelitian yaitu potret pendidikan karakter di pesantren Al-Kandiyas Krapyak Yogyakarta.

Bagian ketiga, peran pesantren dalam pembentukan karakter. Sedangkan bagian terakhir atau keempat merupakan bagian diamana penulis menemukan hasil penelitian yaitu potret pendidikan karakter di pesantren Al-Kandiyas Krapyak Yogyakarta.

NUTRISI IBU DAN ANAK : GIZI UNTUK KELUARGA

Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah mengkaruniakan begitu banyak kenikmatan yang luar biasa yang diberikan kepada penulis sehingga penulis dapat melalkukan aktivitas yang mudah-mudahan senantiasa berada dalam keridhoan-Nya. Atas karunia-Nya juga penulis dapat menyelesaikan buku yang dengan judul “Nutrisi Ibu dan Anak Gizi Untuk Keluarga”. Nutrisi memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia, sehingga kita harus dapat memahami kebutuhan nutrisi pada ibu dan anak serta upaya pemenuhannya sebagai upaya yang harus dilakukan secara action dengan pendekatan Komunikasi, Edukasi, Informasi, dan Motivasi (KEIM)) pada masyarakat. semboyan “ You Are What You Eat”.Melihat hal tersebut penulis terinsfirasi untuk menyusun buku agar dapat menambah pengetahuan serta permasalahan mengenai Nutrisi pada khususnya yang dapat mempengaruhi terhadap kemajuan generasi yang akan lahir. untuk menciptakan derajat kesehatan ibu dan anak yang optimal. Buku ini membahas tentang konsep dasar ilmu gizi, kebutuhan gizi pada masa remaja, ibu hamil, ibu hamil dengan kondisi khusus, ibu menyusui, bayi, balita, anak, serta upaya pemenuhannya. Hal lain yang juga dibahas adalah adalah pedoman gizi seimbang serta menyusun menu seimbang,pendidikan gizi pada masyarakat. Buku ini akan sangat membantu pembaca dalam memahami setiap pokok bahasan. Penulis menyadari sekali buku ini jauh dari sempurna, baik dari segi substansi maupun susunan bahasanya. Untuk itu kiranya kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan. Secara khusus penulis menghaturkan terimakasih tidak terhingga kepada seluruh pihak, keluarga, sahabat serta rekan-rekan kerja ,penerbit buku edu publisher yang telah memberikan dukungan hingga terbitnya buku ini. Secara khusus penulis mempersembahkan buku ini teruntuk orang-orang tercinta yang selama ini selalu memberikan motivasi kepada penulis . Selamat membaca.semoga buku ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Salam hangat penuh semangat!

Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah mengkaruniakan begitu banyak kenikmatan yang luar biasa yang diberikan kepada penulis sehingga penulis dapat melalkukan aktivitas yang mudah-mudahan senantiasa berada dalam ...

STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK

Inspirasi buku panduan ini dibuat dalam rangka mengembangkan permainan tradisional yang makin hari semakin terkikis ataupun di tinggalkan, karena dengan bermain Engklek dapat menstimulasi enam aspek perkembangan anak usia dini. Selain itu Engklek merupakan salah satu permainan tradisional yang mudah dilakukan kapan pun dan dimanapun anak berada. Adapun buku ilmiah populer ini adalah sebuah hasil dari penelitian dan salah satu bentuk inovasi pembelajaran untuk anak dengan metode bermain dan belajar yang di modifikasi dengan permainan tradisional yang menunjang aspek fisik motorik, musik, sosial emosional, moral, bahasa dan kognitif. Buku ini menarik sekali untuk dibaca oleh para pendidik PAUD, orangtua maupun praktisi pendidikan anak usia dini, agar bisa terinspirasi tentang bermain dan belajar dalam proses pembelajaran bagi anak usia dini. Penasaran isi bukunya? Buku ini terdiri dari tiga bagian, bagian yang pertama menerangkan tentang definisi permainan engklek, bagian kedua hasil penelitian dan yang ketiga adalah bermain engklek, disertai bonus permainan engklek.

Bila sekarang ini anak tidak berkualitas maka dapat dipastikan masa depan
sebuah bangsa akan mengalami kehancuran. Oleh karena itu, penting sekali
untuk mengontrol atau memperhatikan dan memprioritaskan perkembangan
seorang ...

Metode Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini

Buku ini merupakan pengantar atau kajian bagi siapa pun yang hendak mengembangkan Metode Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini dari berbagai sudut pandang psikologi, pedagogi dan pengalaman di lapangan. Tujuannya adalah agar perkembangan sosial emosi anak usia dini dapat terstimulasi melalui beragam metode. Namun demikian, metode perkembangan sosial emosi anak usia dini tidak dapat dilakukan secara sembarangan, yakni mengadopsi semua hal yang berasal dari luar tanpa menyaring dengan ketat. Bagaimanapun, perkembangan sosial emosi masih dihadapkan pada permasalahan dan kenyataan yang kompleks. Diantaranya normative ideologis, psikologis, sosiologis, kultural dan ekonomi. Dalam usaha mengatasi persoalan- persoalan di atas, penulis mencoba memberi gagasan tentang metode perkembangan sosial emosi anak usia dini dari berbgai perspektif. Selain itu, Penulis berharap buku ini bisa menjadi titik tolak dari landasan yang kokoh bagi pelaksana metode perkembangan sosial emosi anak usia dini, baik di Perguruan Tinggi, lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, maupun di rumah. Bahan ajar ini berisi materi tentang pentingnya pengembangan sosial emosional pada anak TK. Dalam mata kuliah ini akan dikaji perkembangan sosial emosional pada anak TK, karakteristik perkembangan sosial emosional anak usia TK, keterkaitan perkembangan sosial emosional dengan perkembangan lainnya, faktor dan kondisi yang mempengaruhi sosial emosional anak, pentingnya sosial emosional anak TK, prinsip perkembangan sosial emosional pada anak TK, cara mengevaluasi perkembangan sosial emosional di TK, dan permasalahan sosial emosional pada anak usia TK. Khususnya tentang pembelajaran, meliputi : Perkembangan sosial emosional pada anak usia taman kanak-kanak serta metode pengembangannya, mengkaji perkembangan sosial emosional anak usi TK, karakteristik perkembangan sosial emosional anak TK, keterkaitan perkembangan sosial emosional dengan perkembangan lainnya, faktor dan kondisi yang mempengaruhi sosial emosional anak, strategi pengembangan sosial emosional pada anak usia TK, dapat mengevaluasi pengembangan sosial emosional di TK, permasalahan sosial emosional pada anak TK dan pelibatan orangtua dalam pengembangan sosil emosional anak TK. Bahan ajar ini dirancang agar dapat digunakan mahasiswa dalam melaksanakan tugasnya. Materi ini diberikan mahasiswa PG PAUD dengan harapan dapat mengimplementasikan hasil perkuliahan sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai.

Namun demikian, metode perkembangan sosial emosi anak usia dini tidak dapat dilakukan secara sembarangan, yakni mengadopsi semua hal yang berasal dari luar tanpa menyaring dengan ketat.

PANDUAN PENYUSUNAN SKRIPSI

Panduan ini memuat tentang penyusunan proposal skripsi, penyusunan skripsi, bimbingan skripsi, seminar proposal, sidang skripsi, laporan skripsi. Diharapkan panduan ini dapat menjadi referensi bagi mahasiswa, dosen pembimbing, serta pihak lain yang berkepentingan mengenai penyelesaian skripsi di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UMTAS. Semoga panduan ini bermanfaat bagi semua pihak, menjadi bagian dari perjuangan merealisasikan visi dan misi UMTAS menjadi perguruan tinggi yang Unggul, Islami, dan Terkemuka.

Panduan ini memuat tentang penyusunan proposal skripsi, penyusunan skripsi, bimbingan skripsi, seminar proposal, sidang skripsi, laporan skripsi.

BIMBINGAN KONSELING UNTUK ANAK USIA DINI

Upaya Menumbuhkan Perilaku Prososial

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan berkat, nikmat, dan karunia yang telah diberikan kepada penulis, sehingga buku ini dapat terselesaikan dengan baik. Buku ini disusun untuk menjadi pegangan bagi mahasiswa, guru, pendidik, dan orangtua dalam mengembangkan dunia PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Dalam penulisan buku ini, tentu masih banyak kekurangan dan kelemahan, baik dari segi materi maupun pembahasan. Oleh karenanya, saran dan kritik yang sifatnya membangun sangat penulis harapkan demi kesempurnaan dalam penulisan buku selanjutnya.

Dapat disimpulkan bahwa program tahunan bimbingan dan konseling di SD Negeri Serayu Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018 baik dan layak untuk ...

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Perspektif Dosen PAUD Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Dalam buku ini terdiri dari 16 chapter, yang ditulis oleh enam belas dosen PG-PAUD Perguruan Tinggi Muhammadiyah. 16 chapter tersebut, adalah: Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini; Egocentric Thinking: Memahami Egosentrisme pada Anak Usia Dini; Urgensi Perkembangan Motorik Anak Usia Dini; Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini; Persepsi Orang Tua terhadap Whole Language dalam Pengenalan Reseptif Menyimak Anak Usia Dini; Perkembangan Emosi dan Permasalahan Emosi Anak Usia Dini; Membangun Adab Anak Melalui Komunikasi Epektif dalam Keluarga; Optimalisasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Menstimulasi Perkembangan Anak Usia Dini; Digital Parenting 4.0; Tanggung Jawab dan Disiplin untuk Membentuk Nilai Moral dan Agama Anak Usia Dini; Urgensi Parenting Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam; Mengendalikan Marah Dengan Senyuman dan Tawa dalam Mengasuh Anak Usia Dini; Keteladanan Orang Tua Sebagai Dasar Nilai Agama bagi Anak Usia Dini; Mengembangkan Sosial Anak Usia Dini; Asyiknya Home Learning untuk Anak Usia Dini

Usaha pembentukan dan perkembangan anak agar memiliki perilaku dalam keagamaan yaitu tidak melawan orang tua, ... kepada anak sejak kecil, serta selalu konsisten dalam memberikannya, akan menjadikan iman dan akhlak anak tetap kokoh, ...

KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN ISLAM

Pada masa awal penulis mempersiapkan buku ini, tema yang tertuang dalam buku ini merupakan rangkuman penulis pada waktu menyampaikan mata kuliah kapita selakta pendidikan Islam sebagai mata kuliah yang harus disampaikan kepada mahasiswa calon pendidik di lembaga pendidikan Islam. Orientasi mata kuliah ini adalah memberikan wawasan kepada mahasiswa calon pendidik, agar mereka senantiasa meng-update pengetahuan tentang pendidikan terutama pendidikan Islam, sehingga dapat memberikan wawasan dan pengetahuan dalam mencari solusi dan alternatif dalam pengelolaan pendidikan Islam

Pada masa awal penulis mempersiapkan buku ini, tema yang tertuang dalam buku ini merupakan rangkuman penulis pada waktu menyampaikan mata kuliah kapita selakta pendidikan Islam sebagai mata kuliah yang harus disampaikan kepada mahasiswa ...

MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAUD

Berbasis Perkembangan Anak

Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini. Jakarta : PT Kencana Prenada Media Group Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Warniti, Surya, Ardana, Ketut, Kristiantari, ...