Sebanyak 6 item atau buku ditemukan

METODE PENELITIAN KUALITATIF : Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus

Buku "Metode Penelitian Kualitatif : Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus" adalah panduan praktis yang membahas semua aspek penelitian kualitatif, mulai pengantar hingga latar belakang penelitian kualitatif, pembaca diperkenalkan pada keunggulan dan keterbatasan penelitian kualitatif. Buku ini membantu pembaca dalam merancang penelitian kualitatif dengan merumuskan tujuan penelitian yang tepat dan memilih metode pengumpulan data yang sesuai. Metode pengumpulan data seperti wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen dijelaskan dengan rinci. Buku ini juga membantu pembaca dalam mengatasi tantangan yang mungkin muncul selama penelitian kualitatif, termasuk strategi untuk mengenali bias dan menjaga integritas data. Pembaca juga diberikan panduan tentang cara menyusun laporan penelitian kualitatif yang informatif dan sistematis. Buku ini menggali landasan teoritis, metode penelitian, pengumpulan data, dan penyusunan laporan penelitian kualitatif. Itu juga membahas tantangan yang sering dihadapi dan memberikan cara untuk mengatasinya. Dengan penjelasan mendalam, contoh kasus, dan panduan praktis, buku ini merupakan sumber daya berharga bagi para peneliti dan mahasiswa yang ingin mempelajari dan menguasai metode penelitian kualitatif. Buku ini memberikan landasan yang kuat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik tentang dunia yang kompleks di sekitar kita.

Buku "Metode Penelitian Kualitatif : Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus" adalah panduan praktis yang membahas semua aspek penelitian kualitatif, mulai pengantar hingga latar belakang penelitian kualitatif, ...

Hukum Tata Negara

Hukum tata negara merupakan salah satu cabang ilmu hukum yang sangat penting dalam memahami struktur dan fungsi pemerintahan, serta hubungan antara negara dan warga negara. Dalam konteks perkembangan politik dan hukum yang terus berubah, pemahaman yang mendalam tentang hukum tata negara menjadi sangat krusial. Buku ini terdiri dari 12 bab yang mengupas tuntas berbagai topik penting dalam hukum tata negara, mulai dari Pengantar tentang hukum tata negara, ruang lingkup dan pentingnya hukum tata negara, konstitusi, sistim pemerintahan dalam konstitusi, pembagian kekuasaan, organ negara (legislatif, eksekutif dan yudikatif, prinsip-prinsip dasar hukum tata negara, good governance, perlindungan hak asasi manusia dalam konteks hukum tata negara oleh irma mangar, perubahan konstitusi, hukum tata negara dalam konteks global, isu-isu kebebasan berpendapat dan ekspresi. Buku ini hadir sebagai referensi komprehensif yang diharapkan dapat membantu mahasiswa, akademisi, praktisi hukum, serta masyarakat umum dalam memahami berbagai aspek hukum tata negara.

Hukum tata negara merupakan salah satu cabang ilmu hukum yang sangat penting dalam memahami struktur dan fungsi pemerintahan, serta hubungan antara negara dan warga negara.

Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Cerdas

Menjadi ancaman dalam masyarakat jika pendidikan diselenggarakan tanpa didikan karakter cerdas (moral). Belum tentu, dan tidak semua orang yang berpendidikan itu, telah terdidik dengan nilai-nilai karakter. Buku ini merupakan hasil penelitian, mengkaji masalah pendidikan karakter cerdas yang mengemuka saat ini. Ia terdiri dari nilai-nilai karakter cerdas dalam kehidupan utuh, efektif, dan yang terkandung dalam butir-butir Pancasila, terdiri dari tiga bagian. Bagian I terdiri dari tiga bab, yakni: Bab 1 Landasan Dasar, mempresentasikan landasan pendidikan karakter cerdas sebagai fondasi utama pendidikan, memuat landasan: filosofi, historis, sosiologi, psikologi, dan teori belajar pembelajaran karakter cerdas. Bab 2 Model Pembelajaran Karakter Cerdas, menguraikan: pengertian pembelajaran afektif, komponen domain/ ranah afektif dan hirargikalnya, kedudukan skemata afeksi dalam pembelajaran, hubungan integrasi antara ranah afektif dengan kognitif dan psikomotor, aplikasi kurikulum pengembangan afektif, prinsip pembelajaran afektif, dan pengembangan instrumen penilaian afektif. Bab 3 Konsep Dasar Pendidikan Karakter Cerdas, mempresentasikan: hakikat pendidikan karakter cerdas, pengertian karakter, konsep dasar kecerdasan, tujuan pendidikan karakter cerdas, dan pokok-pokok nilai-nilai karakter cerdas. Bagian II terdiri dari Bab 4, Nilai-Nilai Karakter Cerdas dalam kehidupan yang Utuh dan Efektif, mempresentasikan sumber nilai-nilai karekter cerdas, yakni Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Bab 5, Jujur, mengurai konsep dasar karakter cerdas jujur. Bab 6, Cerdas, menguraikan: pengertian cerdas. Bab 7, Tangguh, menguraikan pengertian tangguh, yakni: 22) cermat, teliti, dan hati-hati, 23) sabar/ mengendalikan diri, 24) disiplin, 25) ulet/ tidak putus asa, 26) bekerja keras, 27) terampil, 28) produktif, 29) berorientasi nilai tambah, 30) berani berkorban, 31) tahan uji, 32) berani menanggung resiko, dan 33) menjaga K3. Bab 8, Peduli, menguraikan pengertian peduli, yakni: 34) mematuhi peraturan/ hukum yang berlaku, 35) sopan santun, 36) loyal dengan mentaati perintah, 37) demokratis, 38) sikap kekeluargaan, 39) gotong royong, 40) toleransi/ suka menolong, 41) musyawarah, 42) tertib/ menjaga ketertiban, 43) damai/ anti kekerasan, 44) pemaaf, dan 45) menjaga kerahasiaan. Bagian III terdiri dari enam bab (Bab 9-14), mengurai Nilai-nilai karakter cerdas (45 butir) yang terkandung dalam butir-butir Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara Indonesia, dan sumber jati diri. Selamat membaca!

ga komponen bekerja sama melaksanakan dengan baik, maka akan terbentuk karakter cerdas bangsa yang kuat (Kesuma, 2011: 2). Dari pembahasan di atas dapat ditegaskan bahwa pendidikan karakter cerdas merupakan upaya memanusiakan manusia ...

Pengantar Teknologi Fermentasi Skala Industri

Buku ini membahas tentang ilmu dasar teknologi fermentasi industri yang saat ini sedang berkembang pesat. Buku ini memadukan antara ilmu teknik kimia atau teknik biosistem yang berhubungan dengan perancangan dan konstruksi proses produksi yang melibatkan agen biologi dalam fermentor. Bagian awal dari buku ini, mengajak pembaca untuk mengenal tentang fermentasi dan perkembangannya serta bagaimana memilih mikroorganisme yang sesuai pada sistem fermentasinya. Bagian berikutnya pembaca diperkenalkan tentang fermentasi pada dunia industri yang terdiri dari dua proses yaitu upstrema processing (USP) atau proses hulu dan downstream processing (DSP) atau proses hilir. Bagian tengah buku ini menjelaskan tentang sistem kontrol dan desain pada fermentor dan karakteristik dari mikroorganisme yang berperan untuk mendapatkan produk yang diinginkan pada skala industri. pada akhir buku ini dibahas bagaimana cara meningkatkan produk fermentasi, menjaga keamanan produk dan regulator serta safety yang perlu diterapkan agar produk dapat sampai ke tangan produsen. Buku ini dilengkapi dengan desain fermentor yang efektif serta alat proses hilir (downstream) sesuai peruntukannya. Implementasi dari teknologi fermentasi industri yang dibahas di buku ini mendukung industri hijau yang harus diwujudkan oleh kita semua.

Dalam membuat prioritas gagasan, perusahaan harus memperhatikan dua hal, yaitu: a. Semua gagasan itu tidak ada yang salah, hanya kemampuan menghasilkan ...

KREASI EDU FLANEL : Untuk PAUD dan SD

Ucapan terima kasih kepada kedua orang tua kami dan keluarga besar dimana pun berada, atas bimbingan dan nasehatnya yang selalu mensopport untuk menggoreskan kreativitas kami pada pena. Kepada sahabat-sahabat kami pecinta anak usia dini, terima kasih tak terhingga karena telah menjadi motivator bagi kami dalam menuangkan ide-ide edukatif berbasis kreativitas untuk Pendidikan Anak Usia Dini dan SD kelas Awal. Akhirnya dengan rasa syukur yang tak terhingga atas ridha Allah semoga karya ini bermanfaat.

Ucapan terima kasih kepada kedua orang tua kami dan keluarga besar dimana pun berada, atas bimbingan dan nasehatnya yang selalu mensopport untuk menggoreskan kreativitas kami pada pena.