Sebanyak 221 item atau buku ditemukan

MANAJEMEN PESERTA DIDIK PERSPEKTIF ISLAM

Buku ini menguraikan secara komprehensif tentang perencanaan peserta didik dalam konteks pendidikan Islam. Melalui berbagai bab yang disusun secara sistematis, penulis mengajak pembaca untuk memahami pentingnya perencanaan yang matang dan terarah dalam membentuk peserta didik yang unggul secara intelektual dan spiritual. Dalam bab-bab awal, buku ini membahas landasan teoritis dan filosofis perencanaan peserta didik, yang mencakup prinsip-prinsip pendidikan Islam dan peraturan pemerintah yang berlaku. Penulis menekankan bahwa pendidikan Islam tidak hanya mengedepankan aspek intelektual, tetapi juga pembentukan karakter dan akhlak mulia. Oleh karena itu, perencanaan peserta didik harus dilakukan dengan mempertimbangkan keseimbangan antara aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Selanjutnya, buku ini membahas secara rinci tentang proses penerimaan peserta didik baru, yang mencakup seleksi dan orientasi. Penulis menekankan bahwa proses ini harus dilakukan dengan cermat dan adil, untuk memastikan bahwa setiap peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berkembang. Orientasi yang baik akan membantu peserta didik untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan memulai proses belajar dengan motivasi yang tinggi. Bab-bab berikutnya menjelaskan tentang pengelompokan peserta didik berdasarkan berbagai kriteria, seperti kemampuan akademik, minat, dan bakat. Pengelompokan yang efektif akan membantu pendidik untuk memberikan perhatian yang lebih personal dan sesuai dengan kebutuhan setiap peserta didik. Selain itu, penulis juga membahas tentang pentingnya program pembinaan dan pengembangan peserta didik yang berkelanjutan, agar mereka dapat mencapai potensi maksimalnya. Buku ini juga menggarisbawahi pentingnya disiplin dan pengelolaan kelas yang baik dalam mendukung proses perencanaan peserta didik. Disiplin yang diterapkan dengan bijak akan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, sementara pengelolaan kelas yang efektif akan memastikan bahwa setiap peserta didik dapat belajar dengan nyaman dan maksimal. Pada bagian akhir, penulis mengajak pembaca untuk merefleksikan kembali seluruh proses perencanaan peserta didik yang telah dibahas, dan memberikan berbagai rekomendasi praktis untuk implementasinya. Penulis juga menekankan bahwa pendidikan adalah proses yang dinamis dan terus berkembang, sehingga perencanaan peserta didik harus selalu dievaluasi dan disesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan peserta didik. Dengan memahami dan menerapkan prinsip-prinsip yang disampaikan dalam buku ini, diharapkan pendidik dan manajer sekolah dapat mengoptimalkan potensi setiap peserta didik, sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan fitrahnya, menemukan bakatnya, dan menjadi insan yang unggul secara intelektual dan spiritual. Kritik dan saran dari berbagai pihak sangat diharapkan untuk penyempurnaan buku ini di masa mendatang. Semoga buku ini bermanfaat bagi seluruh pembaca dan senantiasa diberkahi oleh Allah SWT dalam setiap langkah kita menuntut ilmu. Dengan demikian, buku ini tidak hanya menjadi panduan praktis bagi para pendidik, tetapi juga memberikan wawasan mendalam tentang pentingnya perencanaan dalam menciptakan sistem pendidikan yang holistik dan berkelanjutan. Semoga buku ini dapat menjadi kontribusi yang berarti dalam upaya menciptakan generasi yang cerdas, berkarakter, dan berakhlak mulia.

... Peserta Didik di SMAN 5 Kota Cirebon ( Management of Student Planning at SMAN 5 Cirebon City ) ' , Vol . 6 No. 1 , Journal of Islamic Education Management , h . 79 . the visualization and formulation of proposed activities, belive ...

Ayo Belajar Bahasa Indonesia: Buku Ajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing Tingkat A1

Buku ajar ini merupakan bahan ajar alternatif bagi para pembelajar BIPA untuk belajar bahasa Indonesia yang berbasis kearifan lokal khususnya di Magelang. Ada sepuluh materi yang ada dalam bahan ajar ini yang mencakup materi Menyapa, Perkenalan, Identitas Diri, Keluarga, Aktifitas Sehari-hari, Kegemaran/Hobi, Transportasi, Petunjuk Arah, Jual Beli dan Lagu Populer. Materi-materi tersebut akan membantu pembelajar BIPA untuk menguasai empat kemampuan dalam belajar bahasa Indonesia yaitu kemampuan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.

Buku ajar ini merupakan bahan ajar alternatif bagi para pembelajar BIPA untuk belajar bahasa Indonesia yang berbasis kearifan lokal khususnya di Magelang.

METODE PENELITIAN KUALITATIF : Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus

Buku "Metode Penelitian Kualitatif : Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus" adalah panduan praktis yang membahas semua aspek penelitian kualitatif, mulai pengantar hingga latar belakang penelitian kualitatif, pembaca diperkenalkan pada keunggulan dan keterbatasan penelitian kualitatif. Buku ini membantu pembaca dalam merancang penelitian kualitatif dengan merumuskan tujuan penelitian yang tepat dan memilih metode pengumpulan data yang sesuai. Metode pengumpulan data seperti wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen dijelaskan dengan rinci. Buku ini juga membantu pembaca dalam mengatasi tantangan yang mungkin muncul selama penelitian kualitatif, termasuk strategi untuk mengenali bias dan menjaga integritas data. Pembaca juga diberikan panduan tentang cara menyusun laporan penelitian kualitatif yang informatif dan sistematis. Buku ini menggali landasan teoritis, metode penelitian, pengumpulan data, dan penyusunan laporan penelitian kualitatif. Itu juga membahas tantangan yang sering dihadapi dan memberikan cara untuk mengatasinya. Dengan penjelasan mendalam, contoh kasus, dan panduan praktis, buku ini merupakan sumber daya berharga bagi para peneliti dan mahasiswa yang ingin mempelajari dan menguasai metode penelitian kualitatif. Buku ini memberikan landasan yang kuat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik tentang dunia yang kompleks di sekitar kita.

Buku "Metode Penelitian Kualitatif : Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus" adalah panduan praktis yang membahas semua aspek penelitian kualitatif, mulai pengantar hingga latar belakang penelitian kualitatif, ...

SUPERVISI PENDIDIKAN

Buku ini merupakan karya bersama para dosen lintas perguruan tinggi. Buku ini terdiri dari sepuluh bab, diantaranya yaitu: Bab 1: Perkembangan dan Implikasi Supervisi Pendidikan Bab 2: Otonomi Pendiddikan Bab 3: Konsep Dasar Supervisi Pendidikan Bab 4: Kompetensi Kepala Sekolah dan Pengawas Pendidikan Bab 5: Komunikasi dalam Supervisi Pendidikan Bab 6: Supervisi Akademik Bab 7: Supervisi Klinis Bab 8: Kendala dan Sikap Guru terhadap Supervisi Pendidikan Bab 9: Evaluasi Program Supervisi Pendidikan Bab 10: Tindak Lanjut Hasil Supervisi Pendidikan

Buku ini terdiri dari sepuluh bab, diantaranya yaitu: Bab 1: Perkembangan dan Implikasi Supervisi Pendidikan Bab 2: Otonomi Pendiddikan Bab 3: Konsep Dasar Supervisi Pendidikan Bab 4: Kompetensi Kepala Sekolah dan Pengawas Pendidikan Bab 5: ...

MANAJEMEN STRATEGIK PENDIDIKAN

Buku Manajemen Strategik Pendidikan ini membahas penerapan manajemen strategik di lembaga pendidikan, baik sekolah maupun pesantren, dengan fokus pada bagaimana strategi dirumuskan, diterapkan, dan dievaluasi untuk mencapai tujuan pendidikan jangka panjang. Bab pertama menyoroti pergantian kepala sekolah dalam dinamika otonomi daerah di Kabupaten Labuhanbatu, yang menunjukkan dampak kepemimpinan terhadap keberhasilan strategi pendidikan. Selanjutnya, dijelaskan konsep manajemen strategik dan proses manajemen strategik, mulai dari analisis lingkungan internal dan eksternal hingga perumusan visi, misi, dan tujuan lembaga pendidikan. Analisis SWOT digunakan sebagai alat penting dalam berbagai studi kasus, seperti di SMPS Cahaya Meral, Pesantren Ulul Ilmi Cendekia di Batam, dan Man Karimun, untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, yang kemudian membentuk strategi yang relevan. Bab-bab berikutnya membahas variasi strategi yang diterapkan di tingkat unit bisnis dan korporat serta analisis persaingan yang membantu lembaga pendidikan tetap kompetitif. Buku ini juga menyoroti pentingnya pengendalian strategi dan evaluasi untuk memastikan strategi berjalan efektif, dengan contoh di SMPN 3 Numfor Barat. Selain itu, dipaparkan optimalisasi manajemen strategik melalui analisis SWOT di SMA Islam Terpadu Ulil Albab Batam. Di bagian akhir, dibahas peran penting kepemimpinan dalam mengarahkan implementasi strategi dan mencapai tujuan pendidikan. Dengan berbagai studi kasus dan contoh konkret, buku ini memberikan panduan praktis bagi para pengelola lembaga pendidikan dalam menghadapi tantangan pendidikan modern secara strategis dan berkelanjutan.

... Management: An Integrated Approach. 11th Edition. Cengage Learning. Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. 15th Edition. Pearson Education. Pearce, J. A., & Robinson, R. B. (2013). Strategic Management: Planning for ...

Buku Ajar MSDM

Buku Ajar MSDM ini disusun sebagai buku panduan komprehensif yang menjelajahi kompleksitas dan mendalamnya tentang manajemen sumber daya manusia. Buku ini dapat digunakan oleh pendidik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di bidang ilmu manajemen sumber daya manusia dan diberbagai bidang Ilmu terkait lainnya. Buku ini dapat digunakan sebagai panduan dan referensi mengajar mata kuliah manajemen sumber daya manusia dan menyesuaikan dengan Rencana Pembelajaran Semester tingkat Perguruan Tinggi masing-masing. Secara garis besar, buku ajar ini pembahasannya mulai dari manajemen sumber daya manusia stratejik, etika bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan, keberagaman angkatan kerja, peluang, kerja yang setara dan juga tindakan afirmatif. Materi mengenai perekrutan & seleksi terhadap karyawan, manajemen dan penilaian kerja dan juga materi mengenai pelatihan dan pengembangan terhadap karyawan dan lainnya di bahas secara mendalam. Buku ajar ini disusun secara sistematis, ditulis dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Buku Ajar MSDM ini disusun sebagai buku panduan komprehensif yang menjelajahi kompleksitas dan mendalamnya tentang manajemen sumber daya manusia.

Manajemen Risiko Pendekatan Praktis

Setiap perusahaan harus memiliki pengetahuan yang kuat tentang bisnis yang dijalankan. Selain mampu menciptakan ide dan melihat peluang bisnis, manajemen perusahaan yang baik harus mampu mengenali risiko dan mengendalikannya sebagai upaya menjaga keberlangsungan perusahaan. Risiko dalam bisnis adalah kemungkinan atau ketidakpastian yang dapat dihadapi perusahaan dalam menjalankan usahanya. Manajemen risiko sebagai proses sistematis membantu perusahaan dalam mengidentifikasi, mengevaluasi, mengelola, dan memitigasi risiko yang mungkin terjadi. Buku Manajemen Risiko: Pendekatan Praktis hadir untuk membantu pembaca memahami manajemen risiko, mulai dari konsep dasar, perkembangan manajemen risiko, kerangka kerja manajemen risiko, implementasi pengendalian risiko, asuransi dan transfer risiko, budaya sadar risiko, hingga perkembangan riset mengenai manajemen risiko. Buku ini dapat menjadi referensi bagi para praktisi di bidang manajemen dan mahasiswa yang menempuh pendidikan di bidang manajemen.

Buku Manajemen Risiko: Pendekatan Praktis hadir untuk membantu pembaca memahami manajemen risiko, mulai dari konsep dasar, perkembangan manajemen risiko, kerangka kerja manajemen risiko, implementasi pengendalian risiko, asuransi dan ...