Sebanyak 70 item atau buku ditemukan

PENGGUNAAN BAHAN AJAR KOMIK DIGITAL: Pembelajaran Mandiri dalam Jaringan untuk Anak Sekolah Dasar

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, penggunaan teknologi canggih yang memotivasi dan menginspirasi semua peserta didik untuk mencapai kompetensi amat diharapkan, terlepas dari latar belakang, bahasa, atau cacat merupakan panggilan untuk memanfaatkan kekuatan teknologi untuk mendukung pembelajaran yang berkelanjutan dan seumur hidup. Penggunaan media digital, termasuk media interaktif dan sosial, telah tumbuh, dan bukti kajian menunjukkan bahwa media baru ini menawarkan manfaat dan risiko bagi kesehatan anak-anak dan remaja. Pada era industri 4.0 saat ini, literasi digital merupakan salah satu kompetensi penting bagi setiap individu. Berbagai data dan informasi pada saat ini hampir semua dikemas secara digital, termasuk berbagai literatur bahan ajar. Untuk itu, penting bagi guru untuk berupaya meningkatkan literasi digital para peserta didik sebagai bagian dari hasil belajar yang menjadi tujuan pembelajaran. Salah satu caranya adalah dengan membiasakan peserta didik untuk berinteraksi dengan sumber bahan ajar yang dikemas secara digital. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan sumber-sumber belajar digital yang tersedia di internet atau guru belajar untuk merancang sendiri bahan ajar yang dikemas dalam bentuk media digital. Oleh karenanya, penggunaan bahan ajar komik digital berbasis digital yang dirancang interaktif merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memelihara antusiasme belajar, rasa ingin tahu, minat, motivasi, dan meningkatkan hasil belajar peserta didik saat pembelajaran dalam jaringan (daring). Bahan ajar komik berbasis digital yang dirancang interaktif dapat diakses lintas perangkat dan lintas platform yang bersifat produktif sehingga dapat memberi pengalaman belajar yang khas bagi peserta didik. Dalam konteks ini, sifat interaktif dari bahan ajar komik berbasis digital yang dikembangkan dalam kajian ini adalah karena bahan ajar komik digital disusun dan dirancang sedemikian rupa yang disertai dengan suara (audio), sentuhan layar, tautan (link) dengan beragam sumber belajar lain, dan animasi yang relevan, serta sajian soal latihan kategori Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang interaktif.

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, penggunaan teknologi canggih yang memotivasi dan menginspirasi semua peserta didik untuk mencapai kompetensi amat diharapkan, terlepas dari latar belakang, bahasa, atau cacat merupakan ...

ULUMUL QUR’AN

Buku ini berisi ringkasan dari beberapa tokoh terkenal di dunia pendidikan Islam. Ringkasan materi yang dimuat adalah ilmu yang membahas tentang Al-Qur’an, mulai dari pengertian Ulumul Qur’an dan sejarahnya, sejarah turunnya Al-Qur’an dan penulisannya, pengertian wahyu, Asbabun Nuzul, Jam’ul Qur’an, ayat-ayat Makiyah dan Madaniyah, ayat-ayat Muhkam Mutasyabih, Nasikh dan Mansukh Al-Qur’an, Qiraah Al-Qur’an, I’jaz Al-Qur’an, tafsir Al-Qur’an, takwil, dan terjemahannya. Buku ini disajikan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti karena pembahasan dipaparkan secara ringkas. Buku ini dapat menjadi rujukan mahasiswa terkait materi Ulumul Qur’an.

Pengertian Ulumul Qur'an Al-Qur'an adalah kitab Allah berisi kalam Yang Mahasuci, mukjizat Nabi Muhammad yang abadi diturunkan kepada Nabi terakhir, yakni Nabi Muhammad saw., penutup para Nabi dan Rasul dengan perantara Malaikat Jibril.

‘ULUMUL HADITS Jilid (1)

Mempelajari ilmu agama adalah salah satu kewajiban asasi dan kebutuhan dasar (dlaruriyyah) bagi setiap muslim dan muslimat di setiap zaman dan waktu, karena barang siapa mengenal agamanya, maka sesungguhnya ia akan mengenal Rabbnya. Dalam perspektif maqashid shariah, adalah usaha yang sangat penting dalam menjaga dan melestarikan kemurnian dan kesucian nilai-nilai agama, menjaga kemurnian akal dalam berpikir dengan benar, dan memperoleh ilmu dari sumber yang shahih, melindungi jiwa dari hal-hal yang akan membawa kemudaratan kepada tubuh badan, menjaga kesucian nasab dan marwah diri agar selalu jauh dari hal-hal yang dilarang dalam agama, begitu juga menjaga keberkahan dalam memperoleh harta dan menggunakanya dengan cara yang baik, jauh dari segala transaksi yang diharamkan dalam pandangan agama. Semua nilai tersebut diterapkan di dalam kehidupan semata-mata mengharapkan keridhaan dari Allah Subhaanahu wa Ta’aala.

Mempelajari ilmu agama adalah salah satu kewajiban asasi dan kebutuhan dasar (dlaruriyyah) bagi setiap muslim dan muslimat di setiap zaman dan waktu, karena barang siapa mengenal agamanya, maka sesungguhnya ia akan mengenal Rabbnya.

MANAJEMEN STRATEGIK (sebuah kajian dalam Pendidikan Islam)

Buku ini, di samping secara akademis sangat diperlukan, juga sekaligus memberikan arah yang jelas bagaimana operasi ilmu Manajemen Strategis ini diterapkan untuk membangun kemajuan LPI dari aspek manajerial dan leadershipnya. Dengan karya-karya semacam ini, yang tergabung dalam sistem keilmuan program studi MPI, kita dapat berharap secara bertahap stigma terhadap LPI sebagai lembaga pendidikan “yang tahan hidup, banyak masalah, dan tidak maju” itu dapat kita atasi.

Buku ini, di samping secara akademis sangat diperlukan, juga sekaligus memberikan arah yang jelas bagaimana operasi ilmu Manajemen Strategis ini diterapkan untuk membangun kemajuan LPI dari aspek manajerial dan leadershipnya.

TEORI FIKIH EKONOMI

Ekonomi merupakan salah satu sektor penting dalam kontribusi peradaban manusia. Keberadaan ilmu ekonomi masih muda dibandingkan dengan ilmu-ilmu yang lain. Dahulu jika orang yang tertarik belajar ekonomi, maka ia terlebih dahulu harus belajar hukum. Artinya, jika ia mau mengajar ekonomi, maka ia harus masuk fakultas hukum. Sebab, ilmu ekonomi di bawah naungan mata kuliah di fakultas hukum. Namun, setelah munculnya gagasan Alfred Marshall dengan konsep kurva penawaran dan permintaan, ilmu ekonomi menjadi sebuah ilmu independen. Dari aspek keilmuan yang menjadi fokus program studi atau konsentrasi, di fakultas dengan nomenklatur Fakultas Syariah adanya kecenderungan pengembangan dua keilmuan, yaitu Hukum Ekonomi Syariah atau Bisnis Islam (Syariah) dan ilmu Ekonomi Syariah (Islam). Yang pertama menitikberatkan pada aspek hukum (Islam) dari entitas ekonomi, sementara yang kedua lebih memfokuskan pada aspek teori, doktrin dan konsep Islam mengenai ekonomi. Pada umumnya pendidikan ekonomi Islam berada di bawah Program Studi atau Jurusan Muamalat (Ekonomi Islam/Syariah) dan Program Studi atau Jurusan Muamalat (Hukum Ekonomi Islam atau Bisnis Islam/Syariah).

Ekonomi merupakan salah satu sektor penting dalam kontribusi peradaban manusia.

EVALUASI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MATA PELAJARAN IPS

Guru memiliki peran strategis dalam melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang kreatif dan berkualitas. Dengan SDM tersebut maka berbagai macam pembangunan di masyarakat akan mudah diselesaikan dengan baik. Oleh karena itu guru perlu dibekali dengan berbagai kompetensi mencakup; kompetensi pedagogik, profesional, personal, sosial dan kepemimpinan dalam melaksanakan tugas-tugas keguruannya. Mendasarkan pada posisi strtaegis guru tersebut, Pemerintah telah menetapkan tugas-tugas pokok guru yang harus dilakukan untuk merealisasikan harapan masyarakat dan pemerintah, sebagaimana yang dituangkan dalam PP nomor 74 tahun 2008 tentang Guru pada pasal 1 yaitu bahwa Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Mengevaluasi adalah Salah satu tugas utama guru yang menghasilkan tafsiran dan ketetapan mengenai posisi hasil belajar yang telah dan atau belum dicapai oleh peserta didik dalam suatu kegiatan belajar mengajar baik yang dilakukan di kelas maupun di luar kelas. Oleh karena itu pemahaman dan keterampilan guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran merupakan suatu keniscayaan. Jika seorang guru tidak memiliki pemahanan dan keterampilan mengenai evaluasi pembelajaran, maka dimungkinkan hasil tafsiran dan keputusannya tentang hasil belajar yang dicapai peserta didiknya akan salah dan atau sebaliknya.

Proses Pembelajaran Tematik Pada Mata Pelajaran IPS Evaluasi pembelajaran tematik pada mata pelajaran IPS merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Masing-masing sekolah mempunyai ciri khas pembelajaran tersendiri dengan ...

SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

Buku yang menjadi panduan pembelajaran bagi para dosen dan mahasiswa yang mengampu dan mengambil mata kuliah Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam di prodi Ekonomi Syariah/ pada Perguruan Tinggi Islam, baik negeri atau swasta (UIN, IAIN, STAIN) maupun Perguruan Tinggi Umum yang membuka studi keislaman.

Sejarah Pemikiran dan Kebijakan Ekonomi dan Bisnis Islam (EBI) Masa Khulafaur Rasyidin BIOGRAFI DAN PEMIKIRAN EBI ABU ... Abu Bakar dilahirkan pada 573 M. Ayahnya bernama Utsman (Abu Quhafah) bin Amir bin Amr bin Ka'ab bin Saad bin Laym ...

RASIONALITAS TRADISI ISLAM NUSANTARA

Islam yang bercampur dengan budaya lokal merupakan gejala normal dari dinamika peradaban umat Islam. Pergumulan dan interaksi umat Islam dengan budaya akan menampilkan Islam yang berkarakter dan lebih toleran. Sebaliknya, semakin minim interaksi umat Islam dengan kebudayaan lokal maka semakin miskin pula budaya lokal. Di sinilah letak wajah Islam Indonesia sangat berbeda dengan Islam Timur Tengah (Saudi Arabia) yang menampilkan Islam puritan. Selama ini, budaya dianggap berada di luar ajaran Islam karena tidak sesuai dengan doktrin Islam. Bagi mereka, budaya merupakan karya manusia yang dapat berubah, sementara Islam adalah kreasi Allah Swt. yang bersifat permanen (asy-Syari’ah al-khalidah). Jika kita menengok isi Al-Qur’an dan sirah nabawi (sejarah nabi) banyak mendeskripsikan akomodasi sub budaya Arab. Oleh karena itu, penolakan tradisi lokal dalam formulasi Islam telah menghilangkan keluwesan Islam. Ulama ushul fiqh telah memperhatikan budaya lokal dengan kaidahnya, al- ‘adat muhakkamah (adat dapat dijadikan pedoman hukum).

Islam yang bercampur dengan budaya lokal merupakan gejala normal dari dinamika peradaban umat Islam.

KUHAPer: Kitab Undang-Undang Hukum Acara Perdata Beserta Penjelasannya

HUKUM ACARA PERDATA mengatur cara mengajukan tuntutan hak, memeriksa, memutuskan, serta melaksanakan putusan. Ia, sebagaimana menurut Prodjodikoro, menunjukkan jalan yang harus dilalui oleh seseorang agar perkara yang dihadapinya dapat diperiksa oleh pengadilan. Selain itu, ia menunjukkan pula cara pemeriksaan perkara, cara pengadilan menjatuhkan putusan, dan bagaimana putusan itu dijalankan sehingga maksud orang yang mengajukan perkara tercapai; pelaksanaan hak dan kewajiban menurut hukum perdata yang berlaku.

HUKUM ACARA PERDATA mengatur cara mengajukan tuntutan hak, memeriksa, memutuskan, serta melaksanakan putusan.

INTEGRASI KURIKULUM: Konsep, Model, dan Aplikasi

Buku ini membahas kurikulum pesantren yang diintegrasikan ke dalam kurikulum pendidikan formal. Tujuan integrasi kurikulum adalah memperdalam, menambah wawasan, dan akselerasi atau percepatan dalam mempelajari kitab kuning meskipun ditempuh di pendidikan formal. Awal pembahasan dalam buku ini dipaparkan mengenai kurikulum secara umum, integrasi kurikulum, model integrasi kurikulum, dan integrasi kurikulum ke dalam lembaga pendidikan formal yang mencakup proses integrasi hingga peran pimpinan dalam mengintegrasi kurikulum. Kemudian, konsep- konsep tersebut direpresentasikan pada MTs Nurul Qarnaian Sukowono Jember.

Buku ini membahas kurikulum pesantren yang diintegrasikan ke dalam kurikulum pendidikan formal.