Sebanyak 510 item atau buku ditemukan

PENGANTAR DASAR STATISTIKA BERBASIS MASALAH

Modul ini disusun berdasarkan kerangka kerja pemecahan masalah. Di mana disajikan masalah serta scaffolding berupa masalah-masalah rutin yang membantu peserta didik untuk menyelesaikan masalah utama. Selain pemecahan masalah, modul ini juga bermuatan penalaran statistis sehingga dengan belajar menggunakan modul ini penalaran peserta didik akan terlatih. Buku ini berisikan materi dasar statistika yaitu pengertian statistika, macam-macam data, pengumpulan data, penyajian data serta ukuran data. Materi- materi tersebut dipelajari mulai tingkat SMP, SMA, maupun perguruan tinggi. Untuk lebih mempermudah mempelajari materi statistika dasar, modul ini menyajikan uraian materi, contoh soal, latihan soal, serta tes formatif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep. Tujuan penulisan modul ini adalah agar pembaca secara mandiri dapat mempelajari materi statistika dasar serta mampu memahami konsep-konsep yang ada pada statistika sehingga peserta didik tidak lagi mengalami hambatan belajar dan hanya mengetahui prosedur saja tetapi mengetahui maknanya juga.

Modul ini disusun berdasarkan kerangka kerja pemecahan masalah.

MANAJEMEN PESERTA DIDIK

Buku ini disusun oleh tim dosen dari beberapa perguruan tinggi dengan penulis BAB I dan BAB II oleh Iwan Aprianto, S.Pd.I., M.Pd., BAB III dan BAB IV oleh Muhammad Roihan Alhaddad, S.Pd.I., M.Pd.I, BAB V dan BAB VI oleh Hairul Fauzi, S.Pd.I., M.Pd, VII dan BAB VIII oleh Maisarah Gusvita, S.Pd.I., M.Pd, BAB IX dan BAB X oleh Sahroni, M.Pd.I, BAB XI dan BAB XII oleh Fitri Nasution, S.Pd.I., M.Pd.I, BAB XIII dan BAB XIV oleh Ahmad Sopian, S.Pd.I., M.SI. Buku dengan judul MANAJEMEN PESERTA DIDIK merupakan tema pokok yang mengkaji tentang bagaimana manajemen peserta didik di sekolah, apa saja ruang lingkup manajemen peserta didik. Apa hanya sebatas menjalankan administrasi disekolah dan atau ada aspek yang lebih luas tentang manajemen peserta didik. Buku ini hadir sebagai khazana pengembangan ilmu pengetahuan tentang manajemen peserta didik.

Nusantara Batang Hari PENGALAMAN MENGAJAR Mata Kuliah Program Pendidikan Tahun ... 2018 Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Ahmad Sopian, S.Pd.I., M.Pd.I.

MANAJEMEN PERSONALIA DAN KEARSIPAN SEKOLAH

Buku ini membahas secara umum tentang MANAJEMEN PERSONALIA DAN KEARSIPAN SEKOLAH yang terdiri dari beberapa BAB, yaitu; BAB I. PENDAHULUAN, BAB II. MANAJEMEN PERSONALIA SEKOLAH, BAB III. KOMPONEN MANAJEMEN PERSONALIA SEKOLAH, BAB IV. MANAJEMEN PERSONEL SEKOLAH (Kepegawaian), BAB V. PROSES PENYUSUNAN PERSONALIA SEKOLAH, BAB VI. PERENCANAAN SDM SEKOLAH, BAB VII. PROSES PERENCANAAN SDM SEKOLAH, BAB VIII. PENGEVALUASIAN RENCANA SDM SEKOLAH, BAB IX. KONSEP DASAR MANAJEMEN KEARSIPAN SEKOLAH, BAB X. PENGORGANISASIAN ARSIP SEKOLAH, BAB XI. PER-ALATAN DAN PERLENGKAPAN KEARSIPAN SEKOLAH, BAB XII. PROSEDUR PENCATATAN DAN PENDISTRIBUSI-AN ARSIP SEKOLAH, BAB XIII. SISTEM PENYIMPANAN KEARSIPAN SEKOLAH, BAB XIV. PENGAWASAN PE-MAKAIAN ARSIP SEKOLAH, BAB XV. KOMPUTERISASI ARSIP

Sistem Manajemen Pengelolaan Dana Lembaga Pendidikan. 6. Langka-langka
dalam Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Berbasis Multimedia. 7. Sistem Manajemen Pengelolaan Dana Lembaga ...

Pendidikan Kewarganegaraan

Buku ini terdiri dari 8 bab, yakni: (1) Filsafat Pancasila, (2) Identitas Nasional, (3) Politik Dan Strategi, (4) Demokrasi Indonesia, (5) Hak Asasi Manusia dan Rule Of Law, (6) Hak Dan Kewajiban Warga Negara, (7) Geopolitik Indonesia, (8) Geostrategi Indonesia (Ketahanan Nasional).

Buku ini terdiri dari 8 bab, yakni: (1) Filsafat Pancasila, (2) Identitas Nasional, (3) Politik Dan Strategi, (4) Demokrasi Indonesia, (5) Hak Asasi Manusia dan Rule Of Law, (6) Hak Dan Kewajiban Warga Negara, (7) Geopolitik Indonesia, (8) ...

Teknik Penulisan Karya Ilmiah

Setelah mahasiswa menyelesaikan perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami karakteristik tulisan laporan skripsi kedudukan karya ilmiah diperguruan tinggi, penyusunan laporan skripsi, sistematika isi laporan dan mengenal jenis-jenis karya ilmiah. Dalam perkuliahan ini dibahas (1) kedudukan karya ilmiah di PT, (2) karakteristik tulisan dan laporan ilmiah, (3) tujuan penyusunan laporan ilmiah, (4) sistematika isi laporan ilmiah, (5) pemakaian bahasa ragam ilmiah, (6) penyusunan proposal penelitian, (7) pengembangan kerangka teori/kajian pustaka, (8) perencanaan metode penulisan laporan, (9) penyusunan laporan ilmiah, (10), etika pengutipan, dan (11) penilaian laporan ilmiah. Mata kuliah ini termasuk kategori mata kuliah yang berpraktikum sebab mahasiswa akan langsung terjun ke lapangan untuk mengambil data sebagai bahan laporan dan praktik menulis laporan skripsi secara berproses di bawah bimbingan dosen pembimbing. Diperguruan tinggi pada umumnya kedudukan karya tulis ilmiah sangat penting dan merupakan bagian dari tuntutan formal akademik. Dilihat dari jenisnya, karya tulis ilmiah terdiri atas makalah, skripsi, dan tesis, dan disertasi. Pengertian laporan adalah bentuk penyajian fakta tentang suatu keadaan atau suatu kegiatan, pada dasarnya fakta yang disajikan itu berkenaan dengan tanggung jawab yang ditugaskan kepada pelapor. Fakta yang disajikan merupakan bahan atau keterangan untuk informasi yang dibutuhkan, berdasarkan keadaan objektif yang dialami sendiri oleh pelapor (dilihat, didengar, atau dirasakan sendiri) ketika pelapor telah melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan. Karya ilmiah atau tulisan ilmiah adalah karya seorang ilmuan yang ingin mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang diperolehnya melalui kepustakaan, kumpulan pengalaman, penelitian dan pengetahuan orang lain. Definisi lain menyatakan bahwa karya tulis ilmiah adalah serangkaian kegiatan penulisan yang didasarkan pada pengkajian atau penelitian ilmiah yang ditulis secara sistematis menggunakan bahasa prinsip-prinsip ilmiah. Pada dasarnya, hal terpenting yang harus dipikirkan oleh seorang penulis karya ilmiah pada tahap persiapan ini adalah pemilihan topik. Pemilihan.Topik/Masalah. untuk. Karya. llmiah Hal-hal. yang. patut. Dipertimbangkan .pada. saat. Memilih .topik. untuk tulisan .tersebut. Aturan penulisan kutipan dan sumber kutipan yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah di lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Setelah mahasiswa menyelesaikan perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami karakteristik tulisan laporan skripsi kedudukan karya ilmiah diperguruan tinggi, penyusunan laporan skripsi, sistematika isi laporan dan mengenal jenis ...

Akuntansi Perbankan Syariah SMK/MAK Kelas XI

Buku ini disusun dengan memperhatikan Struktur Kurikulum SMK berdasarkan Kurikulum 2013 edisi revisi spektrum PMK 2018 dan jangkauan materi sesuai dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar untuk kelompok C3 Kompetensi Keahlian. Buku ini diharapkan memiliki presisi yang baik dalam pembelajaran dan menekankan pada pembentukan aspek penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Materi pembelajaran disajikan secara praktis, disertai soal-soal berupa tugas mandiri, tugas kelompok, uji kompetensi, dan penilaian akhir semester gasal dan genap. Buku ini disusun berdasarkan Pemendikbud No 34 tahun 2018 Tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK, pada lampiran II tentang standar Isi, lampiran III tentang Standar Proses dan lampiran IV tentang Standar Penilaian. Acuan KI dan KD mengacu pada Peraturan Dirjen Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan No: 464/D.D5/Kr/2018 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar. Berdasarkan hasil telaah ilmiah, buku ini sangat sistematis, bermakna, mudah dipelajari, dan mudah diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas. Ditinjau dari aspek isi, buku ini cukup membantu siswa dalam memperkaya dan mendalami materi. Pemakaian buku ini juga dapat menantang guru untuk berinovasi dalam pembelajaran sesuai konteks di kelas masing-masing.

Digital Publishing membagihasilkan antara bank syariah dan dana tersebut dapat disalurkan pada penyaluran yang produktif , sehingga dapat Prinsip syariah yaitu prinsip hukum islam yang dalam kegiatan perbankan berdasar fatwa yang ...

Akuntansi Dasar untuk SMK/MAK Kelas X

Buku ÒAkuntansi DasarÓ untuk SMK/MAK Kelas X ini disusun berdasarkan Kurikulum 2013 KI & KD Spektrum terbaru. Penerapan kurikulum 2013 mengacu pada paradigma belajar kurikulum abad 21, menyebabkan terjadinya perubahan, yakni dari pengajaran (teaching) menjadi belajar (learning), dari pembelajaran yang berpusat kepada guru (teachers centered) menjadi pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik (students centered). Buku ini disajikan sedemikian sehingga mudah dipahami dan diterapkan pada program keahlian. Buku ini dilengkapi dengan tur- tur berikut. 1. Kompetensi Dasar, berisi ringkasan tentang topik dan kompetensi yang akan dibahas dan dikuasai peserta didik sebelum mendalami materi lebih lanjut. 2. Tugas Mandiri, evaluasi berupa soal-soal esai tentang pemahaman siswa terhadap materi yang baru saya dibahas. 3. Tugas Kelompok, latihan soal secara berkelompok agar siswa mampu berkomunikasi dan bekerja sama menyelesaian setiap persoalan akuntansi. 4. Uji Kompetensi, latihan soal berupa pilihan ganda untuk menguji sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi akuntansi. 5. Menjodohkan, peserta didik diminta menentukan jawaban yang tepat dengan menjodohkan kunci jawaban dengan soal yang diberikan. 6. Soal Benar Salah, peserta didik diminta untuk menentukan pernyatan benar atau salah dari sol-soal yang telah disediakan. 7. Ui Akhir Semester 1 dan 2, berisi soal-soal pilihan ganda untuk menguji dan mengukur pengetahuan dan pemahaman peserta didik.

Ui Akhir Semester 1 dan 2, berisi soal-soal pilihan ganda untuk menguji dan mengukur pengetahuan dan pemahaman peserta didik.

Pengalaman Pembelajaran Bahasa Inggris Daring Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19

Buku Antologi yang kami susun ini merupakan kumpulan tulisan artikel berupa bab (chapter), mengenai pengajaran Bahasa Inggris di setiap kampus tempat kami mengajar di seluruh Indonesia. Adapun isi dari artikel yang ditulis pada buku ini sangatlah beragam, mulai dari strategi pembelajaran Bahasa Inggris, cerita pengalaman pembelajaran Bahasa Inggris, hasil penelitian tentang pembelajaran Bahasa Inggris, maupun teori-teori tentang pembelajaran Bahasa Inggris terkini. Menjadi sangat menarik, buku ini disusun dalam masa pandemi COVID-19. Pengalaman Pembelajaran Bahasa Inggris Daring Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19 ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Ia juga tercatat sebagai salah satu penulis Antologi Pemikiran yang dipublikasikan oleh Balai Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta. Saat ini, ia juga tengah menjadi salah satu penulis di kegiatan Gerakan Menulis Buku Indonesia yang ...

TEORI MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DALAM SAINS

Pemahaman dasar-dasar teori model pembelajaran bagi masyarakat umum dalam tuntutan akademik dirasa masih tinggi. Dengan terbitnya buku teori model pembelajaran bahasa inggris dalam sains ini, dirasa akan sangat membantu para mahasiswa, guru serta calon Guru dalam memperoleh gambaran secara umum mengenai teori yang diguakan dalam melakasanakan proses pembelajaran, serta memperdalam dan memperkaya ilmu pengetahuan secara luas. Selain itu buku ini juga dapat menjadi buku pedoman bagi para mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen yang berkaitan dengan penelitian menggunakan model pembelajaran.

Dengan terbitnya buku teori model pembelajaran bahasa inggris dalam sains ini, dirasa akan sangat membantu para mahasiswa, guru serta calon Guru dalam memperoleh gambaran secara umum mengenai teori yang diguakan dalam melakasanakan proses ...

Reaktualisasi Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur'an

Buku ini diberi judul Reaktualisasi Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur'an. Hal-hal yang mendasari pemilihan judul buku, beberapa kajian yang relevan, dan metode ditulis dalam satu bab yang diberi judul Bab I Pendahuluan. Bab II berjudul Etika Berbahasa dalam Beberapa Etnik dan dalam Islam mengantarkan pembaca untuk memasuki etika berbahasa, sebelum masuk ke karakter kebahasaan. Hal ihwal karakter dan pendidikan karakter dinyatakan dalam Bab III Karakter dan Pendidikan Karakter. Selanjutnya, Karakter Kebahasaan Nabi Muhammad Sebagai Penutur dan Karakter Kebahasaan Nabi Muhammad Sebagai Mitra Tutur masing-masing ditulis pada bab IV dan V. Kedua bab terakhir adalah kajian terhadap surat dan ayat Al-Quran yang menggunakan kata Muhammad. Integrasi dan interelasi antara kedua bab terakhir dengan karakter menurut Depdiknas, dinyatkan pada bab VI, yakni Reaktualisasi Pendidikan Karakter Berbasis Karakter Nabi Muhammad. Konstribusi Bahasa Sastra dalam Pendidikan Karakter ditulis pada bab VII. Buku ini diakhiri dengan penutup, yakni pada bab VIII.

Buku ini diberi judul Reaktualisasi Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur'an.