Sebanyak 4369 item atau buku ditemukan

Koperasi dalam Sistem Perekonomian Indonesia

Amandemen keempat UUD NRI Tahun 1945 menjadi langkah awal perubahan sistem perekonomian Indonesia pada era reformasi. Perubahan tersebut ditegaskan dalam pasal perekonomian yang dirumuskan dalam bab tersendiri dan diberi judul “Perekonomian Nasional dan Kesejahteraan Sosial”. Perekonomian Nasional yang dimaksud salah satunya didasarkan atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan dan efisiensi berkeadilan. Sangat jelas terlihat bahwa amandemen konstitusi menghendaki upaya untuk membangkitkan kembali koperasi Indonesia untuk segera dilakukan. Sayangnya, 16 tahun sejak amandemen ditetapkan dan koperasi telah berusia 71 tahun pada 12 Juli 2018 yang lalu, pengembangan wadah bisnis bernama koperasi dipertanyakan. Buku ini mencoba menghadirkan analisis dan diskusi tentang koperasi Indonesia secara utuh. Gagasan, pemikiran, pengalaman empiris serta hasil analisis yang dituangkan dalam buku ini, diharapkan dapat menjadi gambaran dan masukan bukan hanya dalam penyusunan RUU Perkoperasian tetapi juga dalam pengembangan koperasi Indonesia kedepan. Pendekatan analisis dilakukan tidak hanya berdasarkan review berbagai kajian tetapi juga berdasarkan penelitian lapangan yang telah dilakukan, disamping analisis empiris berdasarkan studi-studi sebelumnya yang disusun secara sistematis. Pada bagian awal dijelaskan mengapa tema ini penting diungkapkan. Bagian kedua mendiskusikan tentang koperasi dalam sistem perekonomian Indonesia, mulai dari kajian filosofis koperasi, bagaimana perkembangan kebijakan yang terjadi dan bagaimana peluang dan tantangan yang dihadapi koperasi dalam mencapai tujuan koperasi dan kontribusinya dalam perekonomian nasional. Selanjutnya bagian ketiga menguraikan langkah-langkah strategis dalam penguatan koperasi kini dan ke depan, yang diawali dengan konsepsi koperasi, kondisi terkini dan permasalahan koperasi. Bagian keempat mengungkapkan kebijakan strategis yang diperlukan dalam pengembangan koperasi dengan mengacu pada penelitian lapangan yang telah dilakukan, khususnya di Provinsi Bali pada tahun 2017. Dengan begitu, kebijakan revitalisasi pengelolaan koperasi yang disampaikan dapat diaplikasikan. Bagian kelima membahas tentang urgensi pengawasan dalam perubahan undang-undang perkoperasian termasuk perkembangan bentuk koperasi syariah. Sementara itu, pada bagian keenam disampaikan analisis empiris koperasi Indonesia menggunakan data empiris 33 provinsi di Indonesia tahun 2011 s.d 2015. Terakhir, catatan kesimpulan dan rekomendasi penting dari buku ini dirangkum dalam bagian ketujuh. Melalui kesimpulan dan rekomendasi, diharapkan pihak-pihak berkepentingan dapat memberikan perhatian dan tindakan dalam upayamenguatkankembali koperasi Indonesia kini dan mendatang. Dengan begitu cita-cita koperasi sebagai soko guru perekonomian Indonesia dapat terwujud. Akhir kata, “today’s problems cannot be solved by yesterday’s solutions”. Mencermati segala permasalahan, positif memandang kritikan, berani mengevaluasi dan membuka diri untuk terus belajar adalah tahapan awal untuk berkembang. Semoga ke depan, Perekonomian Nasional yang berdasarkan atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan dan efisiensi berkeadilan, benar-benar terbukti!

Bagian kedua mendiskusikan tentang koperasi dalam sistem perekonomian Indonesia, mulai dari kajian filosofis koperasi, bagaimana perkembangan kebijakan yang terjadi dan bagaimana peluang dan tantangan yang dihadapi koperasi dalam mencapai ...

Pengantar Manajemen Pendidikan

Pemahaman para pengelola dan personil pendidikan tentang: Konsep Administrasi/Manajemen Pendidikan, Bidang Garapan Manajemen Pendidikan, Kepemimpinan Pendidikan, Pengembangan dan Pemberdayaan Guru, Analisis Kebijakan Pendidikan, Supervisi Pendidikan, Manajemen Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah, Manajemen Mutu Pendidikan, merupakan faktor yang dapat memengaruhi pencapaian tujuan pendidikan yang bermutu.

Pemahaman para pengelola dan personil pendidikan tentang: Konsep Administrasi/Manajemen Pendidikan, Bidang Garapan Manajemen Pendidikan, Kepemimpinan Pendidikan, Pengembangan dan Pemberdayaan Guru, Analisis Kebijakan Pendidikan, Supervisi ...

Teori Manajemen Pendidikan

Edisi Pertama

Memuat berbagai topik utama dalam kajian keilmuan Manajemen Pendidikan khususnya teori-teori pendidikan dan manajemen seperti konsep, teori, dimensi, dan indikator dalam hakikat Manajemen Pendidikan; teori scientific managemenet dan teori humanized scientific management; teori administration, teori bureaucracy dan teori the function the executive; teori frontier of control, teori dinamic managemenet, dan teori rationalism; teori hierarchy of needs, teori motivation to work, dan teori achievement motivation; teori humanside of enterprise, teori X, Y, dan Z; teori degradation of work, teori future of work, dan teori perilaku kerja dan karier; teori small of beautiful, the man and his work (productivity), dan human relation; teori organizational culture dan organizatioal design; teori quality, control quality, and leadership; teori manajemen kerja (performance); teori marketing in managemenet and education; serta teori competitive advantage and professionalism. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Hoy, W. K& Miskel, C. G. Educational Administration: Theory, Research, and Practice.9th Edition. Boston: McGrawHill. 2013. ... P., Armstrong, G., Ang, S.H.,Leong, S.M., Tan, C.T., Tse, D.K. Principle marketing and Asian Perspective.

Manajemen Pendidikan Berbasis Madrasah

Buku ini berjudul “Manajemen Pendidikan Berbasis Madrasah”, dan ditulis oleh Makmur, S.Pd.I., M.Pd.I.. Buku ini diperuntukkan bagi mahasiswa program studi Manajemen Pendidikan Islam. Buku ini membahas tentang pengertian dan fungsi manajemen berbasis madrasah, fungsi dan peran kepala sekolah dalam manajemen berbasis madrasah, serta implikasi pelaksanaan manajemen pendidikan dalam sebuah madrasah.

Buku ini membahas tentang pengertian dan fungsi manajemen berbasis madrasah, fungsi dan peran kepala sekolah dalam manajemen berbasis madrasah, serta implikasi pelaksanaan manajemen pendidikan dalam sebuah madrasah.

Manajemen Pendidikan

Peran Pendidikan dalam Menanamkan Budaya Inovatif dan Kompetitif

Judul buku ini dipilih sebagai wujud perhatian penulis atas persoalan manajemen pendidikan sebagai komponen penting dalam membangun sumber daya manusia Indonesia. Budaya inovatif dan kompetitif yang menjadi syarat manusia Indonesia berdaya saing belum menjadi instrumen penting dalam pengelolaan pendidikan. Buku ini hadir dalam upaya memberikan gambaran komprehensif mengenai peran pendidikan dalam menanamkan budaya inovatif dan kompetitif sebagai modal pelaksanaan pembangunan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang menjadi tujuan nasional.

Judul buku ini dipilih sebagai wujud perhatian penulis atas persoalan manajemen pendidikan sebagai komponen penting dalam membangun sumber daya manusia Indonesia.

MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

Esensi Praktis

Dalam buku ini dibahas tujuan dan manfaat penyelenggaraan pelatihan serta konsep strategis pelatihan dalam membangun organisasi atau perusahaan yang berdaya saing dalam konteks organisasi pembelajar. Untuk itu sajian dalam buku ini meliputi berbagai teknik pengembangan, penerapan, dan evaluasi diklat meliputi; TNA (Training Needs Assessment) serta standarisasi dan sertifikasi pelatihan baik untuk le mbaga pemerintah maupun organisasi non-pemerintah termasuk industri .

Dalam buku ini dibahas tujuan dan manfaat penyelenggaraan pelatihan serta konsep strategis pelatihan dalam membangun organisasi atau perusahaan yang berdaya saing dalam konteks organisasi pembelajar.

MANAJEMEN PENDIDIKAN

buku ini patut untuk dimiliki sebagai referensi. Materi yang disajikan dalam buku ini sangat lengkap dan lugas, di antaranya mengenai: • Konsep Dasar Manajemen Pendidikan • Paradigma Baru Manajemen Pendidikan • Kepemimpinan dalam Manajemen • Manajemen Berbasis Sekolah • Manajemen Pendidikan di Era Reformasi • Konsep Dasar Manajemen dan Supervisi Pendidikan • Bidang Garapan Manajemen Pendidikan • Manajemen Kurikulum • Manajemoni., en an Manajemen Konflik •

Materi yang disajikan dalam buku ini sangat lengkap dan lugas, di antaranya mengenai: • Konsep Dasar Manajemen Pendidikan • Paradigma Baru Manajemen Pendidikan • Kepemimpinan dalam Manajemen • Manajemen Berbasis Sekolah • ...

KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Buku yang berjudul “Kepemimpinan Transformasional Dalam Manajemen Pendidikan Islam” merupakan buku ke 2 Penulis, yang mana merupakan hasil Reproduksi Penelitian. Dan tersusunya buku ini tentunya tidak terlepas dari dukungan semua pihak. Dukungan moral dan material dari berbagai pihak sangatlah membantu tersusunnya buku ini. Untuk itu, penulis ucapkan terima kasih kepada keluarga, sahabat, rekan-rekan, dan pihak-pihak lainnya yang membantu secara moril dan material bagi tersusunya buku ini.

Buku yang berjudul “Kepemimpinan Transformasional Dalam Manajemen Pendidikan Islam” merupakan buku ke 2 Penulis, yang mana merupakan hasil Reproduksi Penelitian.

Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam

Teori dan Praktik

Kurikulum adalah jantungnya pendidikan yang sangat berpengaruh terhadap pengembangan kompetensi murid, baik kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Dengan kurikulum, lembaga pendidikan Islam dapat memberikan pengalaman belajar bagi murid agar siap menghadapi tantangan pada zamannya, sehingga kurikulum perlu susun dan dikembangkan sesuai kebutuhan murid dan seiring dengan perkembangan sains dan teknologi. Selama ini, banyak lembaga pendidikan Islam yang hanya fokus pada kurikulum ilmu-ilmu keislaman (tradisional) dan kurang mengapresiasi ilmu-ilmu sains-humaniora, sehingga berdampak pada berkurangnya minat masyarakat. Oleh karena itu, manajemen pengembangan kurikulum penting dilakukan oleh lembaga-lembaga pendidikan Islam untuk mengintegrasikan ilmu-ilmu agama dan sains-humaniora agar tidak tertinggal oleh perkembangan zaman dan ditinggal (tidak diminati) oleh masyarakat (generasi) Milineal. Dalam buku ini, ada tiga bab yang dibahas, yaitu (1) pendahuluan yang mengkaji tentang kebijakan otonomi daerah, perkembangan kebijakan kurikulum, tipologi pendidikan Islam, perkembangan lembaga pendidikan Islam, dan urgensi manajemen pendidikan Islam, (2) teori pengembangan kurikulum yang mengkaji tentang konsep kurikulum, teori pengembangan kurikulum, prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, pendekatan pengembangan kurikulum, model pengembangan kurikulum, ideologi kurikulum pendidikan Islam, dan (3) praktik pengembangan kurikulum pendidikan Islam di pesantren, madrasah, dan sekolah Islam. Selamat membaca!

Oleh karena itu, manajemen pengembangan kurikulum penting dilakukan oleh lembaga-lembaga pendidikan Islam untuk mengintegrasikan ilmu-ilmu agama dan sains-humaniora agar tidak tertinggal oleh perkembangan zaman dan ditinggal (tidak ...

Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia

Buku ini mencoba memotret berbagai permasalahan pendidikan Islam di Indonesia dengan melacak kronologi transformasi sistem pendidikan di Bumi Nusantara dan berbagai isu penting yang muncul, berkembang, dan masih mendapatkan perhatian serius dari pada pakar pendidikan Islam. Dengan demikian, diharapkan akan ditemukan solusi dan terobosan untuk mengatasi akar permasalahan yang selama ini masih menjadi penghambat kemajuannya sekarang dan di masa mendatang. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)

Dengan merujuk kepada berbagai sumber kependidikan Islam yang otoritatif serta melalui analisis induktif, makalah ini tidak berpretensi dapat memberikan jawaban memuaskan terhadap berbagai pertanyaan tersebut, melainkan hanya memberikan ...