Sebanyak 439 item atau buku ditemukan

PENERAPAN SWOT BALANCED SCORECARD PADA PERENCANAAN STRATEGI BISNIS

Keunggulan bersaing bagi perusahaan menjadi temapenting beberapa tahun belakangan ini. Perusahaanperusahaan diseluruh dunia menghadapi pertumbuhanyang lambat dan juga menghadapi pesaing dari dalammaupun luar negeri. Keunggulan bersaing tersebut hanya dapat dipertahankan bila para pesaing tidak meniru strategyang sama. Oleh karena itu, strategi bisnis menjadi salahsatu penentu pencapaian tujuan dan keunggulan bersaingperusahaan. Untuk itu, penulis menghadirkan sebuah bukuuntuk menerapkan strategi dalam berbisnis.

Keunggulan bersaing bagi perusahaan menjadi temapenting beberapa tahun belakangan ini.

Metode Riset dan Analisis Saluran Distribusi

Buku ini membahas lebih dalam mengenai analisis bisnis yang dilakukan dengan cara pengukuran kepuasan pelanggan saluran distribusi di mana kepuasan pelanggan merupakan faktor terpenting dalam kegiatan operasional distribusi. • Saluran Distribusi, membahas saluran distribusi lama dan baru, klasifikasi konsumen, pedoman membangun organisasi distribusi, dan permasalahan distribusi. • Model Bisnis Distribusi, menguraikan model bisnis distribusi: model canvas, model integrasi, model just in time, dan model customer satisfaction. • Membangun Sistem Manajemen Distribusi, menjelaskan model perusahaan distribusi, struktur organisasi, pedoman dan prosedur pelaksanaan kerja, dan jenis laporan. • Analisis Bisnis Distribusi, menguraikan analisis yang dipakai dalam saluran distribusi: analisis SWOT, pasar, perusahaan, toko, konsumen, keuangan, produktivitas, forecast, break even point, dan economic order quantity. • Pengukuran Kepuasan Konsumen, menjelaskan definisi kepuasan pelanggan, konsep pengukuran kepuasan pelanggan, sumber data riset, dan metode riset kepuasan pelanggan. • Strategi Manajemen Distribusi, membahas strategi-strategi yang digunakan dalam pemasaran dan pendistribusian. Dalam buku ini dilampirkan juga cara pengelolaan data riset kepuasan pelanggan secara statistic analysis dan customer satisfaction index (CSI). Pembahasan-pembahasan dalam buku ini dapat memberikan wawasan pengetahuan kepada mahasiswa dan masyarakat umum mengenai metode riset dan analisis, khususnya analisis bisnis dan pengukuran kepuasan pelanggan dalam saluran distribusi.

Buku ini membahas lebih dalam mengenai analisis bisnis yang dilakukan dengan cara pengukuran kepuasan pelanggan saluran distribusi di mana kepuasan pelanggan merupakan faktor terpenting dalam kegiatan operasional distribusi. • Saluran ...

Riset Akuntansi

Buku ini memuat berbagai hasil riset empiris terkini dalam bidang akuntansi dan keuangan, dengan judul topik peneliti an sebagai berikut: - Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan - Pengaruh Kepemilikan Insti tusional, Pro porsi Dewan Komisaris Independen, dan Profitabilitas Terhadap Financial Distress - Pengaruh Peluang Investasi, Konservatisme Akuntansi, dan Modal Intelektual Terhadap Rasio Pembayaran Dividen Tunai, yang Dimoderasi Oleh Kinerja Dewan Komisaris - Pengaruh Leverage, Dividend Payout Ratio, dan Rasio Aktivitas Terhadap Pertumbuhan Laba - Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Manajerial, dan Leverage Terhadap Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Buku ini memuat berbagai hasil riset empiris terkini dalam bidang akuntansi dan keuangan, dengan judul topik peneliti an sebagai berikut: - Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan - Pengaruh ...

Metodologi Penelitian Manajemen

Buku ini mencoba mengurai kegelisahan dari para mahasiswa atau peneliti dalam pengambilan keputusan yang terkotak-kotak dengan gaya atau selingkung dari almamater berbeda-beda. Kemudian, guna melengkapi informasi dan memperoleh hasil karya ilmiah atau penelitian yang baik, maka peneliti maupun mahasiswa perlu membaca berbagai referensi jurnal, buku, dan berbagai artikel relevan dengan topik penelitian.

Buku ini mencoba mengurai kegelisahan dari para mahasiswa atau peneliti dalam pengambilan keputusan yang terkotak-kotak dengan gaya atau selingkung dari almamater berbeda-beda.

PENGANTAR PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Ekonomi Moneter Internasional

Sistem moneter internasional dikenal juga dengan sistem pembayaran internasional, yang dilakukan terhadap kegiatan-kegiatan ekonomi internasional antara penduduk satu negara dengan penduduk negara lain. Sistem moneter internasional tersebut lebih fokus pada sisi moneter dari kegiatan ekonomi internasional, yaitu transaksi keuangan internasional antara penduduk-penduduk negara-negara yang melakukan transaksi ekonomi internasional. Materi tentang ekonomi moneter internasional sendiri biasanya dibahas dalam buku-buku Ekonomi Internasional secara umum. Oleh karenanya, buku Ekonomi Moneter Internasional ini hadir untuk membahas ekonomi moneter internasional secara terfokus, tersendiri, dan lebih mendalam. Adapun fokus pembahasan utama dalam buku ini adalah kegiatan ekonomi internasional ditinjau dari sisi moneter. Pembahasannya sendiri mencakup tiga hal utama, yaitu: (1) perkembangan sistem moneter internasional yang pernah dipergunakan dalam kegiatan ekonomi internasional, (2) pasar valuta asing dan nilai tukar, dan (3) neraca pembayaran. Ketiga pokok bahasan tersebut diuraikan lebih detail dalam enam bab pokok bahasan.

Materi tentang ekonomi moneter internasional sendiri biasanya dibahas dalam buku-buku Ekonomi Internasional secara umum.

Manajemen Pendidikan Dalam Menghadapi Era Digital

Sejalan dengan tantangan kehidupan global, pendidikan sangat penting karena pendidikan merupakan salah satu penentu kualitas sumber daya manusia. Dimana dewasa ini keunggulan suatu bangsa tidak lagi ditandai dengan kelimpahan sumber daya alam, tetapi keunggulan sumber daya manusia. Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, banyak hal yang telah berubah atau berkembang dengan cara yang awalnya tidak terpikirkan. Kita telah berada di era digital yang dikenal sebagai era 4.0. Perubahan dengan cepat terjadi diberbagai bidang, termasuk dunia pendidikan. Oleh karena itu, dunia pendidikan harus segera berbenah atau melakukan persiapan dalam menghadapi tantangan baru di era digital saat ini.

Sejalan dengan tantangan kehidupan global, pendidikan sangat penting karena pendidikan merupakan salah satu penentu kualitas sumber daya manusia.

Manajemen Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar

Penulis membuka pemikiran saya bahwa pemisahan pendidikan terhadap anak-anak berkebutuhan khusus menjadikan diskriminasi terhadap mereka tumbuh di tengah masyarakat. Benar jalan terbaik menjawab tantangan ini adalah sekolah inklusif di mana anak-anak berkebutuhan khusus ikut dalam pembelajaran di sekolah reguler tetapi memperhatikan kebutuhan mereka. Dasar pemikiran dan hukum pendidikan inklusif baik secara global maupun nasional bisa kita dapatkan dalam buku ini. Di dalam buku ini juga membahas prinsip dasar pendidikan inklusif. Bahkan, penulis juga telah membahas hal-hal perinci dan praktis yang perlu disiapkan dalam pendidikan inklusif. Dapat dikatakan buku ini adalah paket komplet bagaimana menyelenggarakan pendidikan inklusif di sekolah kita. Mari kita jadikan dunia ini lebih baik untuk semua orang. —Widi Purwanto, S.Si. (Ketua Yayasan YPK Penabur Kebumen) Buku ini menjelaskan sangat gamblang mengenai pandangan masyarakat umumnya terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), masalah yang terjadi di dalam pendidikan inklusif juga terkait manajemen pendidikan inklusif itu sendiri, sarana dan prasarana, serta juga bagaimana sekolah sebagai tempat terjadinya proses belajar dan mengajar bisa menyiapkan dirinya membantu pemerintah merealisasikan Nawa Cita pemerataan pendidikan untuk seluruh warga negara Indonesia. Dengan dijelaskannya beberapa hal di atas oleh penulis, saya yakin hal ini menjadi inspirasi pemerintah sebagai pembuat kebijakan, universitas sebagai lembaga penghasil tenaga pendidik atau guru, sekolah sebagai satuan pendidikan tempat untuk setiap anak belajar agar bisa mempersiapkan kurikulum dan melatih para guru untuk membuat program khusus, orangtua sebagai lingkungan utama dan pertama di dalam proses awal pendidikan, serta masyarakat sebagai lingkungan sosial tempat setiap anak-anak bertumbuh dan berkembang. —Lius Iman Santoso Ciputera, S.E., M.Pd. ( Director of Operations Kanaan Global School Jambi) Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Penulis membuka pemikiran saya bahwa pemisahan pendidikan terhadap anak-anak berkebutuhan khusus menjadikan diskriminasi terhadap mereka tumbuh di tengah masyarakat.

Penelitian Berbasis Tesis dan Skripsi

disertai aplikasi dan pendekatan analisis jalur

Salah satu tema dalam kebijakan pembangunan pendidikan adalah peningkatan mutu pendidikan, jika kita berbicara masalah pendidikan tidak terlepas dari masalah pembelajaran yang merupakan inti dari proses pendidikan. Suatu sistem pendidikan dalam hal ini Perguruan Tinggi yang dikatakan bermutu adalah jika proses belajar dan mengajar berlangsung secara efektif , efisien dan ekonomis yang tentunya harus ditunjang oleh sumber daya manusia yang dalam hal ini dosen-dosen yang berqualifaid . Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi mendefinisikan bahwa Pendidikan Tinggi adalah jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program diploma, program sarjana, program magister, program doktor, dan program profesi, serta program spesialis, yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi berdasarkan kebudayaan bangsa Indonesia. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Ilmu Pengetahuan dalam UU 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi adalah rangkaian pengetahuan yang digali, disusun, dan dikembangkan secara sistematis dengan menggunakan pendekatan tertentu, yang dilandasi oleh metodologi ilmiah untuk menerangkan gejala alam dan/atau kemasyarakatan tertentu, dan Teknologi adalah penerapan dan pemanfaatan berbagai cabang Ilmu Pengetahuan yang menghasilkan nilai bagi pemenuhan kebutuhan dan kelangsungan hidup, serta peningkatan mutu kehidupan manusia. Perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi serta perubahan masyarakat yang sangat cepat, maka secara otomatis memerlukan sumberdaya manusia yang berpendidikan dan trampil hal ini untuk menjawab tantangan-tantangan ke depan yang semakin dinamis. Berbicara dalam pendidikan Perguruan tinggi, suatu hal sebagai momok mahasiswa adalah tugas akhir, dalam hal ini Desertasi jika mahasiswa tersebut program strata 3, tesis jika mahasiswa tersebut progran strata 2 dan skripsi jika mahasiswa tersebut strata 1. Penelitian yang merupakan tugas akhir seorang mahasiswa yang berdasarkan pendekatan secara garis besar yang dibedakan atas : a) Kuantitatif pada dasarnya dilakukan pada jenis penelitian inferensial dan menyandarkan kesimpulan hasil penelitian pada suatu probilitas kesalahan penolakan hipotesa nol dengan metoda ini akan diperoleh siqnifikansi perbedaan kelompok atau siqnifikansi hubungan antar varibel yang diteliti, pada umumnya penelitian ini merupakan penelitian dengan jumlah sampel besar dan bila disederhanakan penelitian ini secara mendalam dibagi menjadi penelitian deskriptif dan penelitian infrensial. b) Kualitatif pada umumnya menekankan analisis proses dari proses berpikir secara deduktif dan induktif yang berkaitan dengan dinamika hubungan antara fenomena yang diamati, dan senantiasa menggunakan logika ilmiah, penelitian ini tidak berarti tanpa menggunakan dukungan dari data kuantitatif akan tetapi lebih ditekankan pada kedalaman berpikir formal dari peneliti dalam menjawab permasalahan yang diahadapi. Penelitian kualitatif bertujuan untuk mengembangkan konsep sensitivitas pada masalah yang dihadapi, menerangkan realitas yang berkaitan dengan penelusuran teori dari bawah (grounded theory), dan mengembangkan pemahaman akan satu atau lebih dari fenomena yang diamati, senantiasa menggunakan logika ilmiah penelitian ini tidak berarti tanpa menggunakan dukungan dari data kuantitatif, akan tetapi lebih ditekankan. Tugas akhir mahasiswa tersebut dalam hal ini membuat tesis atau skripsi, tidak jarang atau bahkan dari 10 mahasiswa semester akhir hanya 4-6 mahasiswa saja yang dapat menyelesaikan tugas akhir yaitu penelitian. Kegagalan mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi dapat diminimalis jika menerapkan suatu model yaitu model NIA Saragih, model terebut adalah : 1. Niat Mahasiswa kurang kuat dalam membuat niat dalam menyelesaikan skripsi dan niat untuk menyelesaikan skripsi hanya nomor 3 dan seterusnya, dan niat ini bukan sebagai prioritas yang pertama, untuk mengabaikan niat-niat yang lain. Kesimpulan dalam variabel Niat ini adalah agar menancapkan dalam hati yang dalam untuk dapat menyelesaikan skripsi tepat waktu, misalnya datang teman dan mengajak untuk bermain dan kita lagi merivisi skripsi dalam hal ini kita harus tega menolaknya. 2. Sabar Mahasiswa ingin menyelesikan skripsi dengan instan, dan meminimalkan prosedur-prosedur yang berlaku, dan kurang sabar dalam menghadapi kendala-kendala yang terjadi, Kesimpulan dalam variabel Sabar adalah mahasiswa harus berhati sabar jika menghadapi kendala-kendala atau benturan-benturan, kendala-kendala tersebut bisa berasal dari internal mahasiswa itu sendiri atau external dalam dilingkungan kampus, misalnya sudah janjian dengan dosen pembimbing jam 10.00 Wib, mahasiswa sudah menunggu, tetapi dosenya tidak muncul 3. Rajin Dalam variabel rajin dapat disimpulkan bahwa mahasiswa dituntut untuk ekstra rajin, rajin dalam artian disini adalah rajin untuk mengunjungi perpustakaan, rajin dalm bimbingan, rajin diskusi dengan teman se-kampus, dan rajin merivisi kesalahan-kesalahan hasil dari bimbingan. 4. Gigih Variabel Kegigihan dalam arti disini adalah pantang menyerah, semangat, dalam menyelesaikan skripsi, gigih dapat juga diartikan mempertahankan pendapat bila beradugumentasi dengan pembimbing. Variabel yang empat ini lah yang disebut model NIA SARAGIH, model ini akan membantu mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi tepat waktu.

Salah satu tema dalam kebijakan pembangunan pendidikan adalah peningkatan mutu pendidikan, jika kita berbicara masalah pendidikan tidak terlepas dari masalah pembelajaran yang merupakan inti dari proses pendidikan.

PANDUAN PENULISAN SKRIPSI DAN TUGAS AKHIR

POLITEKNIK TUNAS PEMUDA TANGERANG

Buku pedoman penulisan skripsi dan tugas akhir bertujuan menyeragamkan teknik penulisan sehingga mahasiswa, dosen pembimbing, dan para pengambil keputusan akademik dapat memiliki kesamaan dalam sistematika penulisan, dan lain-lain yang menyangkut penulisan Skripsi dan tugas akhir di Politeknik Tunas Pemuda. Buku panduan penulisan skripsi dan tugas akhir ini disajikan setelah mendapatkan sejumlah masukkan dari para tim Dosen Politeknik Tunas Pemuda, walaupun demikian disadari sepenuhnya bahwa selalu ada keterbatasan dalam setiap penulisan. Untuk itu, kritik dan saran selalu diharapkan. Semoga buku panduan penulisan skripsi dan tugas akhir ini dari waktu ke waktu dapat disempurnakan dengan kualitas akademik yang lebih baik.

Untuk itu, kritik dan saran selalu diharapkan. Semoga buku panduan penulisan skripsi dan tugas akhir ini dari waktu ke waktu dapat disempurnakan dengan kualitas akademik yang lebih baik.