Sebanyak 1166 item atau buku ditemukan

Pemahaman Praktis Ulumul Qur'an

Al-Qur’an menjadi petunjuk hidup bagi manusia yang mendambakan kebahagiaan yang hakiki. Manusia wajib mengikuti petunjuk-petunjuk Al-Qur’an. Ketika manusia jauh dari petunjuk hidupnya, maka sesungguhnya mereka telah “membinatangkan” dirinya. Telah tampak di hadapan mata kita, seseorang yang tidak berpedoman pada Al-Qur’an, maka perilakunya tidak jauh beda dengan binatang. Jangan bersedih jika engkau tidak dihargai, tetapi bersedihlah jika tidak berharga lagi. Berusahalah untuk tidak menjadi manusia yang berhasil, tetapi jadilah manusia yang bermanfaat. Bertemanlah dengan orang yang suka membela kebenaran. Dialah hiasan di kala kita senang dan perisai di waktu susah. Namun, kita tidak akan pernah memiliki seorang teman, jika kita mengharapkan seseorang tanpa kesalahan. Semua manusia itu baik, jika kita bisa melihat kebaikan dan keunikannya. Sebaliknya, semua manusia itu akan buruk dan membosankan, jika kita tidak bisa melihat keduanya. Hidup tanpa rencana tak ubahnya melangkah tanpa arah. Ibaratnya perjalanan tanpa tujuan. Tujuan akhir manusia adalah surga, maka ikutilah petunjuk Al-Qur’an Al-Karim.

Al-Qur’an menjadi petunjuk hidup bagi manusia yang mendambakan kebahagiaan yang hakiki.

Bunga Rampai: Optimalisasi Peran UMKM di Masa Pandemi Covid-19

Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) merupakan suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat secara langsung bersama-sama mengidentifikasi potensi dan menangani masalah sehingga diharapkan mampu mengembangkan potensi desa/kota/daerah dan meramu solusi untuk masalah yang ada. Salah satu program KKN-T tahun 2021 Universitas Muhammadiyah Sukabumi adalah mengenai Optimalisasi Peran UMKM di Masa Pandemi COVID-19 dengan lokasi pelaksanaan KKN di Wilayah Kota Sukabumi. Tujuan utama dari program ini adalah mengidentifikasi keberadaan UMKM yang ada di Kota Sukabumi. Luaran dari program ini adalah tersusunnya buku Bunga Rampai yang berisikan artikel-artikel yang dihasilkan oleh mahasiswa dan Dosen Pembimbing Lapangan selama pelaksanaan KKN-T di Kota Sukabumi.

Hampir semua kebutuhan masyarakat dipenuhi dengan berbelanja menggunakan digital e-commerce atau online. Hingga kini, transaksi e-commerce masih mendominasi di Indonesia. Kegiatan Penelitian ini bertujuan untuk membantu UMKM Ulen ...

MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI MELALUI KONTEKSTUAK KOMPONEN PEMODELAN METOD

Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan, tidak hanya penting dalam kehidupan pendidikan, tetapi juga sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Keterampilan menulis itu sangat penting karena merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki oleh siswa. Dengan menulis siswa dapat mengungkapkan atau mengekspresikan gagasan atau pendapat, pemikiran, dan perasaan yang dimiliki. Selain itu, dapat mengembangkan daya pikir dan kreativitas siswa dalam menulis. Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung. Bahwa menulis adalah suatu kegiatan yang aktif dan produktif serta memerlukan cara berpikir yang teratur yang diungkapkan dalam bahasa tulis. Keterampilan seseorang untuk mengungkapkan ide, pikiran, gagasan, pengetahuan, ilmu, dan pengalaman sebagai suatu keterampilan yang produktif. Menulis dipengaruhi oleh keterampilan produktif lainnya, seperti aspek berbicara maupun keterampilan reseptif yaitu aspek membaca dan menyimak serta pemahaman kosa kata, diksi, keefektifan kalimat, penggunaan ejaan dan tanda baca. Pemahaman berbagai jenis karangan serat pemahaman berbagai jenis paragraf dan pengembangannya.

Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan, tidak hanya penting dalam kehidupan pendidikan, tetapi juga sangat penting dalam kehidupan masyarakat.

Kepenyiaran Daring: Teori dan Praktik

Perkuliahan Penyiaran Berbasis Proyek Publikasi Kearifan Lokal Masyarakat Santri Kota Pasuruan

Buku ini rancangan dari proses Pengembangan Perkuliahan Kepenyiaran Berbasis Proyek Publikasi Kearifan Lokal Masyarakat Santri Kota Pasuruan, yang didasari dari kebutuhan mahasiswa harus memiliki kompetensi kepenyiaran sesuai dengan perkembangan zaman. Perkuliahan kepenyiaran tidam terpaku pada kompetensi bagaimana mahasiswa mampu berkomunikasi di depan publik sebagaimana seorang penyiar tampil dengan kepercayaan dirinya, namun mahasiswa juga diharapkan memiliki kemampuan memproduksi sebuah program siaran secara komplek. Hasil produk siaran mahasiswa kemudian dipublikasikan secara daring. Kepenyiaran daring sendiri merupakan kepenyiaran yang memanfaatkan publikasi melalui akun media sosial dalam jaring yang kini marak digunakan dalam era revolusi industri

Buku ini rancangan dari proses Pengembangan Perkuliahan Kepenyiaran Berbasis Proyek Publikasi Kearifan Lokal Masyarakat Santri Kota Pasuruan, yang didasari dari kebutuhan mahasiswa harus memiliki kompetensi kepenyiaran sesuai dengan ...

BUKU AJAR E-COMMERCE

Buku Ajar ini digunakan sebagai bagian dari Mata Kuliah E- Commerce. Tujuan dari mata kuliah ini adalah mahasiswa memahami mengenai konsep dan teori dasar yang melandasi berkembangnya e-commerce di industri, mengerti komponen- komponen yang terdapat didalam sebuah sistem e-commerce, memperoleh gambaran mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membangun sebuah sistem e-commerce, dan dapat melakukan eksperimen kecil membangun sebuah prototipe sistem e- commerce sederhana.

Buku Ajar ini digunakan sebagai bagian dari Mata Kuliah E- Commerce.

Kewirausahaan (E-bisnis dan E-commerce)

Buku yang berjudul Kewirausahaan (E-bisnis dan E-commerce) menyajikan pengetahuan mendalam mengenai kewirausahaan terutama aspek-aspek E-bisnis dan E-commerce). Buku ini terdiri atas dua puluh bab.

Buku yang berjudul Kewirausahaan (E-bisnis dan E-commerce) menyajikan pengetahuan mendalam mengenai kewirausahaan terutama aspek-aspek E-bisnis dan E-commerce). Buku ini terdiri atas dua puluh bab.

MODUL BAHAN KULIAH E-COMMERCE FOR AGRIBUSSINESS

Dalam awal bahan ajar ini, Anda akan saya ajak untuk mendiskusikan tentang konsep dan ruang lingkup koperasi di Indonesia. Materi pembelajaran dengan acuan rencana pembelajaran semester (RPS). Suatu perencanaan pembelajaran yang disusun sebagai panduan bagi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan perkuliahan selama satu semester untuk mencapai capaian pembelajaran yang telah ditetapkan. Setelah mempelajari bahan ajar ini, dengan menggunakan wawasan dan pengalaman anda mengenai E-Commerce For Agribussiness, anda diharapkan mampu mengadakan analisis dan menerapkan teori E-Commerce For Agribussiness. Kemampuan menganalisis ide-ide berpikir merupakan mengkompilasi seluruh bahan atau materi perkuliahan yang diambil dari buku teks, jurnal ilmiah, artikel dan lain-lain.

Dalam awal bahan ajar ini, Anda akan saya ajak untuk mendiskusikan tentang konsep dan ruang lingkup koperasi di Indonesia.

Teori Belajar Bahasa

Belajar merupakan proses internal yang kompleks, yang melibatkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Seseorang selalu berupaya meningkatkan pengetahuan dan kualitas diri guna menghadapi keadaan di sekitarnya. Belajar bahasa sebagai bentuk pemerolehan bahasa yang berlangsung secara nature dan nurture dan saling mendukung dalam proses pemerolehan bahasa seseorang. Buku ini berisi mengenai teori-teori belajar bahasa, pemerolehan bahasa pertama, teori perkembangan bahasa anak, pemerolehan bahasa kedua, dan faktor pembelajaran bahasa pertama dan bahasa kedua. Materi buku ini dapat memperkaya wawasan bagi mahasiswa dan mahasiswi jurusan pendidikan khususnya jurusan bahasa. Bagi calon ibu, orang tua, calon pendidik, dan pendidik buku ini dapat bermanfaat untuk mengetahui teori belajar bahasa anak sehingga dapat membentuk anak-anak yang hebat. Anak adalah investasi masa depan dan sebagai generasi penerus bangsa maka harus memiliki karakter mulia salah satunya melalui bahasa. “Belajar bisa dilakukan di mana saja, seperti dari orang-orang di sekitar kita berdasarkan pengalamannya”

Buku ini berisi mengenai teori-teori belajar bahasa, pemerolehan bahasa pertama, teori perkembangan bahasa anak, pemerolehan bahasa kedua, dan faktor pembelajaran bahasa pertama dan bahasa kedua.

BUKU AJAR BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH

Buku ajar ini disusun dengan tujuan untuk memudahkan proses belajar mengajar di kelas, dimana mahasiswa mempunyai referensi dalam mempelajari mata kuliahBahasa Indonesia di SD kelas rendah. Selain itu dengan menggunakan buku ajar, maka mahasiswa dapat menyerap materi dengan lebihbaik, dan memahami konsep dalam mengajar Bahasa Indonesia khususnya di kelas rendah SD. Buku ini telah disesuaikan dengan Satuan Acara Perkuliahan (SAP), dan diharapkan dapat digunakan untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Dalam penyusunan buku ini, penyusun tidak menggunakan banyak Referensi atau sumber rujukan. Sumber rujukan menggunakan artikel bermuatan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan mahasiswa khususnya yang berasal dari Wilayah Pegunungan Tengah Papua.

Buku ajar ini disusun dengan tujuan untuk memudahkan proses belajar mengajar di kelas, dimana mahasiswa mempunyai referensi dalam mempelajari mata kuliahBahasa Indonesia di SD kelas rendah.

PENGEMBANGAN MODEL MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA

PENGEMBANGAN MODEL MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA

Teknologi yang semakin berkembang, menghadirkan berbagai kemudahan. Dalam konteks pendidikan, teknologi sangat membantu sebagai penunjang proses pembelajaran. Secara umum, sekolah memiliki fasilitas pembelajaran berbasis teknologi. Namun, tidak semua guru dapat mengoptimalkan teknologi yang ada, khususnya dalam pembelajaran tematik. Hal tersebut, tentu belum sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 2013 yang menyebutkan bahwa proses pembelajaran pada suatu pendidikan diselenggarakan secara interaktif, insipratif, menyenangkan, menantang, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup, baik prakarsa, kreativitas, kemandirian, bakat, minat, perkembangan fisik dan psikisnya. Berangkat dari hal tersebut, hasil riset yang disajikan dalam buku ini memberikan penjelasan tentang bagaimana merancang dan menerapkan pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia, melalui tema pengalamanku di sekolah dasar kelas awal.

Teknologi yang semakin berkembang, menghadirkan berbagai kemudahan.