Sebanyak 22368 item atau buku ditemukan

Digital Marketing pada Start Up dan UMKM

Praktik Melakukan Pemasaran Berbasis Digital Menuju UMKM Tangguh, Kompetitif dan Unggul di Era Revolusi Industri 4.0

Buku ini disusun sebagai tindak lanjut dari kegiatan yang telah dilaksanakan. Dalam buku ini akan dibahas mengenai cara-cara pemasaran secara digital dan cara-cara agar sukses memanfaatkan pemasaran digital bagi pebisnis pemula (start up) dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Saat ini pemasaran telah mengalami revolusi dimana ada perubahan cara-cara dari sebelumnya. Pandemi covid 19 telah membawa perubahan yang cukup signifikan pada bidang pemasaran, tak terkecuali bagi UMKM dalam menjalankan bisnisnya. cara-cara yang sebelumnya mungkin tidak terfikirkan oleh para pelaku UMKM untuk menggunakan pemasaran secara digital. Selama ini para pelaku UMKM hanya terfokus pada kegiatan produksi untuk memenuhi pesanan, namun seiring dengan permintaan yang semakin berkurang karena efek pandemi membuat para pelaku UMKM harus memikirkan daerah jangkauan pemasaran yang baru agar tetap dapat membuat mereka bertahan. Pandemi telah membuat banyak pelaku UMKM menghentikan kegiatan produksi karena permintaan yang terus berkurang bahkan tidak ada menjadikan mereka sulit untuk memenuhi biaya produksi. Adanya pembatasan kegiatan sosial masyarakat di beberapa wilayah turut mempengaruhi mobilitas penyampaian produk dari produsen ke konsumen. Pemasaran digital bisa menjadi salah satu solusi yang ditawarkan agar UMKM bisa bertahan. Para pengusaha dan pemasar harus pandai mencari cara agar bisa memasarkan produk atau jasa mereka ke konsumen, sebagai strategi bertahan di tengah pandemic virus corona. Para pelaku bisnis mengoptimalkan pemasaran online sebagai sarana komunikasi dengan target konsumennya. E-commerce merupakan salah satu cara yang digunakan oleh produsen dan pemasar agar dapat tetap menjual produk mereka meskipun dalam keadaan serba terbatas seperti yang terjadi sekarang. Para pengusaha harus mulai fokus ke pemasaran digital melalui website yang dijadikan e-commerce, social media, search engine, penjualan melalui marketplace, dan membentuk tim reseller untuk menjual produknya. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi para pengusaha pemula (start up) dan para pelaku UMKM dalam memanfaatkan dunia digital (internet) bagi kegiatan pemasaran. Dalam buku ini selain akan memberikan rekomendasi media digital yang dapat digunakan untuk kegiatan pemasaran juga memberikan cara-cara memaksimalkan media-media tersebut. Dalam buku ini juga dibahas trik-trik efektif agar konsumen dapat tertarik membeli produk yang kita pasarkan di media digital baik itu media sosial maupun market place. Selain berisi materi-materi mengenai pemasaran digital, buku ini memuat cara-cara untuk memaksimalkan media digital dalam meningkatkan penjualan sehingga bisa langsung di praktikkan.

Buku ini disusun sebagai tindak lanjut dari kegiatan yang telah dilaksanakan.

Foundations For Fintech

In the digital era, emerging technologies such as artificial intelligence, big data, and blockchain have revolutionized various ways of people's daily lives and brought many opportunities and challenges to the industries. With the increasing demand for talents in the fintech realm, this book serves as a good guide for practitioners who are seeking to understand the basics of fintech and applications of different technologies. This book covers important knowledge in statistics, quantitative methods, and financial innovation to lay the foundation for fintech. It is especially useful for people who are relatively new to this area and would like to become professionals in fintech.Bundle set: Global Fintech Institute-Chartered Fintech Professional Set I

This book covers important knowledge in statistics, quantitative methods, and financial innovation to lay the foundation for fintech.

Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran

Dalam Perspektif Pragmatis

KURIKULUM DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN: Dalam Perspektif Pragmatis. Antara kurikulum dengan pembelajaran ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Kurikulum merupakan acuan operasional bagi guru untuk melaksanan kegiatan pembelajaran, sedangkan kegiatan pembelajaran merupakan aktualisasi kurikulum. Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran: Dalam Perspektif Pragmatis, adalah sebuah buku yang mengurai kurikulum dan pembelajaran secara pragmatis. Paparan isi buku ini, tidak hanya mengemukakan konsep dan teori-teori bermakna, tetapi juga mengungkap secara gamblang bagaimana menerapkan suatu kurikulum dan bagaimana mengembangkan pembelajaran. Pengembangan pembelajaran dalam buku ini menggunakan pendekatan implementatif dan kontekstual. Pendekatan implementatif penting dikemukakan untuk melihat secara jelas teori konseptual tertuang dalam praktik-praktik operasional di lapangan. Sementara pendekatan kontekstual dibutuhkan mengingat latar belakang dan kondisi pengguna kurikulum adalah berbeda-beda. Buku ini mengurai filosofi kurikulum mengingat masih terdapat pemahaman kurang lengkap terutama di kalangan tenaga pendidik di SD mengenai kurikulum. Akibatnya, pemahaman yang kurang lengkap tersebut, dapat berdampak pada implementasinya dalam bentuk kegiatan pembelajaran ril kepada peserta didik. Buku ini berusaha menjembatani pemahaman tenaga pendidik tersebut dengan memaparkan konsep kurikulum dalam berbagai aspek dan sudut pandang. Buku ini berisi tentang berbagai isu terkait kurikulum dan beragam dimensi terkait pembelajaran. Kedua mainstream isu tersebut ditata ke dalam 9 Bab dan 38 Sub-bab. Kesembilan Bab tersebut tereksplorasi secara berturut-turut meliputi Hakikat Kurikulum, Isi Kurikulum, Kurikulum Berkarakter, Implementasi Kurikulum, Kondusifitas Pembelajaran, Pembelajaran Bermakna, Pembelajaran Tematik-Integratif, Model-model Pembelajaran Kontemporer, Lesson Study dan Kompetensi Guru. Kurikulum dan pembelajaran sangat erat kaitannya dengan lesson study. Lesson study, merupakan salah satu pendekatan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran melalui kajian pembelajaran kolaboratif. Isi Sub-sub bab dipaparkan secara lugas dan sistematis serta diperjelas dengan contoh-contoh konkret untuk memudahkan pembaca menangkap isi dan maknanya. Dengan demikian, buku ini sangat cocok dibaca oleh para praktisi dan pemerhati pendidikan atau siapa saja pembaca yang tertarik untuk mengembangkan wawasan mengenai kurikulum dan pembelajaran di sekolah.

KURIKULUM DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN: Dalam Perspektif Pragmatis.

BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN

Sumarna, dkk (2019 : 120) mengemukakan pendapatnya tentang Perbankan bahwa bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau dalam bentuk layanan lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Lembaga keuangan ini memberikan fasilitas bagi pihak yang memiliki dana lebih dan pihak yang memiliki dana yang kurang, mempermudah transaksi pembayaran, dan mencari keuntungan. Menurut Yulisari, dkk (2021 : 31), bank ialah sebuah lembaga keuangan yang memiliki fungsi sebagai penyimpan dan penyalur dana bagi masyarakat yang membutuhkan. Sementara itu, Sesiady, dkk (2018 : 182), bank merupakan penyedia bermacam layanan financial yang salah satunya adalah layanan penyaluran kredit modal kerja. Dari beberapa definisi mengenai bank di atas, disimpulkan bahwa bank merupakan suatu lembaga keuangan yang bergerak menyediakan fasilitas simpan pinjam yang diperuntukkan mensejahterakan perekonomian rakyat

Menurut Yulisari, dkk (2021 : 31), bank ialah sebuah lembaga keuangan yang memiliki fungsi sebagai penyimpan dan penyalur dana bagi masyarakat yang membutuhkan.

Analisis Produk Pembiayaan Murabahah Pada Bank Syariah

Buku ini terdapat lima bagian, bab pertama mengenai konsep bank syariah, kemudian bab kedua tentang konsep murabahah, bab ketiga berisi pembiayaan murabahah pada bank syariah, selanjutnya bab keempat mengenai implementasi dan mekanisme produk pembiayaan murabahah pada bank syariah, dan bab terakhir berisikan risiko pembiayaan murabahah pada bank syariah.

Buku ini terdapat lima bagian, bab pertama mengenai konsep bank syariah, kemudian bab kedua tentang konsep murabahah, bab ketiga berisi pembiayaan murabahah pada bank syariah, selanjutnya bab keempat mengenai implementasi dan mekanisme ...

Manajemen Dana Bank Syariah

Sinopsis Perkembangan lembaga keuangan syariah umumnya dan perbankan syariah pada khususnya belakangan tidak bisa dipandang sebelah mata. Khusus perbankan syariah kemajuan dan perkembangannya secara kuantitatif sangat menggembirakan, dan akan terus berkembang dimasa-masa mendatang baik ditingkat nasional maupun internasional. Perkembangan yang bersifat kuantitatif ini harus diimbangi dengan perkembangan kualitas. Kualitas perbankan syariah sangat ditentukan oleh kemampuan, kinerja bank syariah dan kelangsungan usahanya. Kinerja dan kelangsungan usaha bank yang melakukan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah sangat dipengaruhi oleh kualitas penanaman dana bank. Oleh karena itu, dalam rangka menjaga kinerja yang baik dan pengembangan usaha yang senantiasa sesuai dengan prinsip kehati-hatian dan prinsip syariah, maka pengelola bank syariah harus selalu menjaga kualitas aktiva produktif bank. Produk penanaman dana dalam bentuk aktiva produktif yang dilakukan oleh bank syariah memiliki karakteristik yang unik dan sangat beragam. Meskipun demikian, masalah kualitas aktiva produktif harus diwujudkan. Sebab, terjaganya kualitas aktiva produktif bank maka bank tersebut akan menjadi bank yang sehat. Upaya untuk menciptakan bank syariah yang sehat, merupakan impian setiap pengelola bank syariah. Hal ini akan dapat diwujudkan jika pengelola bank mampu melakukan manajemen dana bank syariah secara baik. Sehubungan dengan hal tersebut, realitas menunjukkan bahwa masih sangat terbatasnya buku-buku yang membahas khusus tentang bagaimana manajemen dana bank syariah dilakukan. Ditambah lagi, belakangan ini mulai bermunculannya program studi keuangan, perbankan syariah telah banyak diselenggarakan di perguruan tinggi Islam maupun umum, dari strata satu (S-1) sampai strata tiga (S-3). Namun, keberadaan program studi tersebut belum didukung oleh referensi yang memadai. Atas dasar itulah, penulis menyusun buku ini dengan harapan dapat mengisi kekosongan referensi yang sangat diperlukan oleh para mahasiswa, akademisi maupun praktisi. Buku ini sangat cocok bagi: Mahasiswa dan Dosen Program Studi Ekonomi-Keuangan-Perbankan Islam, Praktisi Perbankan Islam, dan Pihak lain yang berminat terhadap masalah ekonomi-keuangan-perbankan syariah. Detail Format : Soft cover Jumlah halaman : 390 halaman Tanggal terbit : 18 Maret 2017 Penerbit : Raja Grafindo Persada Panjang : 20.5 cm Lebar : 13.5 Berat : 0.317 kg ISBN : 9789797697501 Bahasa : Indonesia

Upaya untuk menciptakan bank syariah yang sehat, merupakan impian setiap pengelola bank syariah. Hal ini akan dapat diwujudkan jika pengelola bank mampu melakukan manajemen dana bank syariah secara baik.

Manajemen Risiko Bank Syariah

Pengelolaan keuangan/penyaluran dana yang baik akan menentukan jalannya suatu perbankan tersebut. Pada buku ajar ini akan dibahas secara teoritis dan lengkap bagaimana dalam pengelolaan risiko dari segala aktifitas perbankan, dengan tujuan untuk meminimalisir risiko yang terjadi baik dalam melakukan pembiayaan atau aktifitas lainnya. Seperti proses identifikasi risiko, keputusan dalam memberikan pembiayaan, target pembiayaan, Jenis-Jenis Risiko Pada Perbankan Syariah, Proses manajemen risiko. Risiko Operasional, risiko pembiayaan Bank, Risiko Pasar dan bentuknya, Risiko Strategis Bank Syariah, risiko Reputasi, Manajemen aset liabilitas dan likuiditas.

Risiko Operasional, risiko pembiayaan Bank, Risiko Pasar dan bentuknya, Risiko Strategis Bank Syariah, risiko Reputasi, Manajemen aset liabilitas dan likuiditas.

Persepsi Masyarakat terhadap Bank Syariah

Industri perbankan syariah di Indonesia tumbuh dengan pesat, ini terbukti banyak munculnya bank yang beroperasi dengan prinsip syariah atau dikenal dengan bank syariah. Sebagai lembaga keuangan yang memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembangunan bangsa, peran lembaga ini juga melakukan kegiatannya yaitu penghimpunan dana dari masyarakat atau dana dari pihak ketiga dalam bentuk simpanan. Dalam kegiatannya bank syariah juga melakukan jasa-jasa lainnya yang sifatnya mendorong kelancaran kegiatan perdagangan dalam hal pembayaran suatu transaksi dengan adanya sistem berupa jaminan. Bagaimana persepsi masyarakat terhadap industri perbankan syariah di Provinsi Sumatera Utara? Dan bagaimana dalam hal ini industri perbankan syariah menemukan strategi-strategi yang dipergunakan untuk menghadapi stabilitas ekonomi dan moneter untuk mendapatkan persepsi positif bagi masyarakat di Provinsi Sumatera Utara? Buku ini secara ringkas mengupas dan membahas mengenai persepsi masyarakat Provinsi Sumatera Utara dalam hal seluruh kegiatan industri perbankan untuk tetap dapat dipergunakan pada pendanaan dengan menggunakanberbagai strategi - strategi bisnis. Buku ini merupakan kompilasi tulisan dari berbagai penulis yang pada saat ini juga merupakan seorang peneliti dibidang industri perbankan.

Industri perbankan syariah di Indonesia tumbuh dengan pesat, ini terbukti banyak munculnya bank yang beroperasi dengan prinsip syariah atau dikenal dengan bank syariah.