Sebanyak 119 item atau buku ditemukan

Perilaku Manajemen Keuangan Personal Untuk Generasi Milenial Pada Sektor Pariwisata Dalam Rangka Mendukung Pengembangan Ekonomi Halal Di Kabupaten Bangkalan Dan Sampang Di - Madura

Judul : Perilaku Manajemen Keuangan Personal Untuk Generasi Milenial Pada Sektor Pariwisata Dalam Rangka Mendukung Pengembangan Ekonomi Halal Di Kabupaten Bangkalan Dan Sampang Di - Madura Penulis : Evaliati Amaniyah, S.E., M.S.M., dan Purnamawati, S.E.,M.Si Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 160 Halaman No ISBN : 978-623-5314-70-9 Tahun Terbit : Juli 2022 SINOPSIS Di dalam buku ini membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pengelolaan keuangan personal sektor pariwisata dengan memeriksa hubungan antara empat faktor yang meliputi sikap keuangan personal, pengetahuan keuangan, lokus pengendalian dan perilaku pengelolaan keuangan sektor pariwisata dalam bisnis halal. Model penelitian diuji dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data diambil dengan purposive sampling dan dikumpulkan melalui survey lapangan terhadap generasi milienial di kabupaten Sampang dan Bangkalan dengan tahun lahir dari 1993-2001. Data yang dapat diperoleh dari lapangan sebanyak 360 dan secara kebelulan porsi dari laki-laki dan perempuan jumlahnya sama. Dalam penelitian ini, penggunaan pengujian dan analisis dilakukan secara bertahap yang dimulai dari uji validitas dan reliabilitas, dan uji path analysis. Diharapkan riset ini menghasilkan temuan tiga faktor kunci yang memiliki pengaruh langsung terhadap perilaku pengelolaan keuangan. Hasil yang diperoleh bahwa sikap keuangan, pengetahuan keuangan, dan locus of control berpengaruh positif dengan perilaku pengelolaan keuangan. Sebaliknya, pengetahuan keuangam tidak mampu menjadi mediator sikap keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan sektor pariwisata. Begitu pula, locus of kontrol eksternal tidakmampumemediasiperilaku pengelolaan keuangan sektor pariwisata. Temuan ini dapat menjadi referensi yang berguna untuk mengembangkan teori perilaku yang berkaitan dengan manajemen keuangan personal di sektor pariwisata di wilayah Madura.

After the study, it was proven that there was a positive influence between financial attitudes (FA) based on halal principles and had a positive influence on personal financial management behavior in the tourism sector (FB) with halal ...

MANAJEMEN KEUANGAN

Judul : MANAJEMEN KEUANGAN Penulis : Daniati Mayasari, S. IP, Endah Prawesti Ningrum, S.E, M. Ak, Ummi Kalsum, S.E., M.Si, Muhamad Syahwildan, SE., MM, Mahdi, S.E., M.Si, Dr.Teguh Setiawan Wibowo, M.M., M.Si., M.Farm., Apt, Septriau Putra Abadi, S.E, Suhendar, S.E., Ak. M. S. Ak, Mohamad Zulman Hakim, SE., MM., M.Ak., CSRS., CSRA Iwan Adinugroho, ST, SE, MM Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 160 Halaman No ISBN : 978-623-497-167-5 Tahun Terbit : Desember 2022 Sinopsi Buku Buku ini berjudul “Manajemen Keuangan”. Buku ini disusun oleh beberapa dosen dari beberapa univiversitas di Indonesia. Buku yang dikontribusikan untuk bidang ekonomi khususnya dibidang manajemen keuangan keuangan. Buku ini terdiri dari sepuluh bab. Adapun pembahasan masing-masing bab dalam buku ini sebagai berikut : Bab 1 Ruang Lingkup Manajemen Keuangan Bab 2 Analisis Laporan Keuangan Bab 3 Manajemen Kas Bab 4 Manajemen Piutang Bab 5 Manajemen Persediaan Bab 6 Penilaian Surat Berharga Bab 7 Capital Budgeting Bab 8 Sumber Dana Jangka Menengah dan Leasing Bab 9 Sumber Dana Jangka Panjang Bab 10 Bentuk Restrukturisasi Perusahaan . Semoga buku ini bermanfaat bagi pembaca dalam memahami manajemen keuangan, sehingga tidak hanya dipahami secara teori tapi dapat diimplementasikan dalam dunia usaha dengan baik.

Islamic Economy And Politics In The View Of Muhammad Baqir Sadr. Journal of Research in Business, Economics and Management, 13(2), 2431-2436. Rivai,Veithzal, Arviyan Arifin, Islamic Banking: Sebuah Teori, Konsep, dan Aplikasi.

KONSEP, TEORI DAN IMPLEMENTASI TECHNOPRENEURSHIP

Judul : KONSEP, TEORI DAN IMPLEMENTASI TECHNOPRENEURSHIP Penulis : Eva Ruliyana Ditha Alvira Megasari Rita Irviani Suyono Maretha Rahmawati Melta Sari Reza Septian Z Alfian Dio Firmansyah Editor : Muhamad Muslihudin Nabila Kharimah Vedy Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 226 Halaman ISBN : 978-623-497-059-3 Sinopsis Perkembangan dunia bisnis juga memicu perkembangan ilmu pengetahuan. Perkembangan ilmu pengetahuan terjadi dalam berbagai disiplin ilmu kewirausahaan, karena dalam membangun bisnis tidak hanya dibutuhkan ilmu pengetahuan mengenai manajemen, akuntansi, strategi dan lainnya. Buku Konsep, Teori Dan Implementasi Technopreneurship disusun dengan tujuan agar dapat dijadikan panduan bagi para mahasiswa, para akademisi, dan semua orang yang ingin belajar mengenai tentang dasar membangun jiwa technopreneurship. Buku ini terdiri dari sepuluh Bab bahasan. bagian Bab I Kewirausahaan, Bab II Manajemen Bisnis, Bab III Kewirausahaan Digital, Bab IV Memahami Technopreneurship, Bab V Membangun Start-Up Bisnis, Bab VI Manajemen Inovasi, Bab VII Manajemen Keuangan Usaha, Bab VIII Prinsip Dasar Bisnis, Bab IX Sistem Informasi Manajemen, Bab X Etika Berwirausaha. Dalam buku ini menjelaskan juga tentang bagaimana membangun bisnis dengan menggunakan media pemsaran digital. Pada tiap bab dalam buku ini di uraikan juga hasil kajian penelitian terkini yang menjadi tambahan sumber rujukan bagi para pembaca. Sehingga, akan memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan untuk memperdalam konsep, teori dan implemantasi technopreneurship.

Judul : KONSEP, TEORI DAN IMPLEMENTASI TECHNOPRENEURSHIP Penulis : Eva Ruliyana Ditha Alvira Megasari Rita Irviani Suyono Maretha Rahmawati Melta Sari Reza Septian Z Alfian Dio Firmansyah Editor : Muhamad Muslihudin Nabila Kharimah Vedy ...

KEWIRAUSAHAAN : Panduan Menjadi Wirausaha di Era Society 5.0

Judul: KEWIRAUSAHAAN : Panduan Menjadi Wirausaha di Era Society 5.0 Penulis: Danang Kusnanto, S.E., M.M. Pilifus Junianto, S.S M.M, Mochamad Sugiarto, SPt.,MM., PhD, Dr. Ir. Hj. Yusro Hakimah, MM, Rusdi Raprayogha, SE., MM, Bida Sari, S.P., M.Si, Estu Mahanani, SP., MM, Muslim Khadri, MSM, Dr. Susi Desmaryani., SE., MM, Adi Sofyana Latif, S.Si., M.M., CMA., C.MP., CPRM, Dr. Dede Jajang Suyaman, SE, MM, CMA. Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 194 Halaman No ISBN : 978-623-5314-80-8 Tahun Terbit : Agustus 2022 Sinopsis Buku ini berjudul “Kewirausahaan : Panduan Menjadi Wirausaha di Era Society 5.0”, ini dapat diselesaikan dengan tepat waktu. Buku ini membahas terkait kewirausahaan, panduan menjadi wirausaha di era society 5.0. Buku ini penulis kontribusikan untuk dunia kewirausahaan dan bagaimana menjadi seorang wirausaha di Indonesia. Bab pertama membahas tentang kewirausahaan dan wirausaha. Bab kedua membahas tentang konsep dasar kewirausahaan. Bab ketiga membahas tentang teori-teori motivasi dalam kewirausahaan. Bab keempat membahas tentang kreativitas dan inovasi kewirausahaan. Bab kelima membahas tentang karakteristik dan etika wirausahawan. Bab keenam membahas tentang Rencana, jenis, dan bidang usaha wirausaha. Bab ketujuh membahas tentang Kiat-kiat keberhasilan wirausaha. Bab kedelapan membahas tentang Studi kelayakan usaha. Bab kesembilan membahas tentang Rancangan usaha (perspektif strategi berbasis teknologi). Bab kesepuluh membahas tentang kisah sukses wirausaha indonesia. Bab kesebelas membahas tentang kisah sukses part 2.

Judul: KEWIRAUSAHAAN : Panduan Menjadi Wirausaha di Era Society 5.0 Penulis: Danang Kusnanto, S.E., M.M. Pilifus Junianto, S.S M.M, Mochamad Sugiarto, SPt.

MONOGRAF Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Kearifan Lokal

Judul : MONOGRAF Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Kearifan Lokal Penulis : Dr. Pristian Hadi Putra, M.Pd Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 77 Halaman No ISBN : 978-623-5314-83-9 Tahun Terbit : Juli 2022 Sinopsis Monograf ini merupakan hasil dari penelitian yang membahas tentang Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Kearifan Lokal. Buku ini menarik untuk dibaca karena menyajikan berbagai topik pembahasan berkenaan dengan Langkah-langkah dalam pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Kearifan Lokal. Setiap Pendidik/Dosen harus mampu dalam mengembangkan berbagai bahan ajar yang akan diajarkan kepada mahasiswa, agar proses pembelajaran tidak monoton dan membosankan. pengembangan bahan ajar bisa dilakukan dengan mengaitkan materi yang akan diajarkan dengan kondisi atau keadaan setempat dalam hal ini adalah kearifan lokal. Oleh karena itu Buku ini hadir sebagai bahan atau sumber bagi para pendidik/dosen untuk mengembangkan bahan ajar, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Judul : MONOGRAF Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Kearifan Lokal Penulis : Dr. Pristian Hadi Putra, M.Pd Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 77 Halaman No ISBN : 978-623-5314-83-9 Tahun Terbit : Juli 2022 Sinopsis Monograf ...

Inovasi 4.0 Smart Branding Pemasaran Pariwisata Di Kabupaten Sumenep Dalam Rangka Mendukung Pengembangan Desa Wisata Halal Di Madura

Judul: Inovasi 4.0 Smart Branding Pemasaran Pariwisata Di Kabupaten Sumenep Dalam Rangka Mendukung Pengembangan Desa Wisata Halal Di Madura Penulis : Dr. Ir. Nurita Andriani, MM., Mifthul Jannah, SE., M.Si., dan Very Andrianingsih, SE., M.M. Ukuran : 15,5 X 23cm Tebal : 76 Halaman No ISBN : 978-623-5314-78-5 Tahun Terbit : Juli 2022 SINOPSIS Di dalam buku ini membahas tentang pemasaran digital yang mempromosikan secara online dapat menggunakan situs web dan media seluler. Di industri 4.0 merupakan trend otomatis untuk melakukan aktivitas di bidang bisnis. Penggunaan digital pemasaran di era industri 4.0 di dunia pariwisata sangat didukung oleh 5 aplikasi pemasaran digital yaitu situs web, iklan online, media sosial, forum web dan aplikasi seluler. Demikian juga dengan wisata halal dalam menerapkan pemasaran digitalnyasehingga akan tumbuh pemasaran secara profesional dan bisa menglobal. Program pariwisata berbasis teknologi tersebut bisa dimplementasikan lewat smart branding yang mulai banyak diterapkan di berbagai daerah, dengan harapan dapat mendukung Pengembangan Desa Wisata Halal Di Madura. Hal inilah yang kemudian melatarbelakangi penelitian ini dilakukan terkait bagaimana upaya pemerintah dalam meningkatkan daya tarik wisata di Kabupaten Sumenep melalui program smart branding dalam rangka mendukung pengembangan desa wisata halal di Madura umumnya dan di Kabupaten Sumenenp khususnya. Di dalam penelitian akan menggunakan metodologi penelitian deskritif dan obyek pariwisata yang menjadi unit analisis adalah wisata halal di wilayah Kabupaten Sumenep.

Judul: Inovasi 4.0 Smart Branding Pemasaran Pariwisata Di Kabupaten Sumenep Dalam Rangka Mendukung Pengembangan Desa Wisata Halal Di Madura Penulis : Dr. Ir. Nurita Andriani, MM., Mifthul Jannah, SE., M.Si., dan Very Andrianingsih, SE., M.M ...

SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM (1) Kebijakan dan Praktek Ekonomi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam

Judul : SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM (1) Kebijakan dan Praktek Ekonomi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam Penulis : Robi, S.Pd Kata Pengantar Prof. Dr. H. Kartawan, SE., MP (Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah Kota Tasikmalaya) Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 124 Halaman ISBN : 978-623-497-562-8 Sinopsis Pemikiran Ekonomi Islam yang berkembang pada masa kejayaan Peradaban Islam, dikemudian hari terpinggirkan dari Sejarah Pemikiran Ekonomi Dunia. Hal itu karena para penulis Barat Modern tidak memberikan apresiasi seperti yang dilakukan Joseph Schumpeter dalam bukunya History of Economic Analysis yang memulai sejarah pemikiran ekonomi bermula dari Yunani, namun tiba-tiba loncat ke masa St Aquinas (abad ke-12), dan mengandaikan kekosongan pemikiran ekonomi (great gap) sejak abad ke-7 hingga abad ke-12. Padahal, pada periode ini Umat Islam berada di puncak kejayaannya yang melahirkan pemikir-pemikir ekonomi Islam yang kemudian mempengaruhi pemikiran ekonomi Barat. Sebagai contoh, Adam Smith yang dihormati sebagai Bapak Ekonomi Barat, terpengaruh oleh Abu Ubaid. Bukunya The Wealth of Nations merupakan terjemahan dari kitab Al-Amwal-nya Abu Ubaid. Dari Kitab Al-Amwal, Adam Smith mengambil teori Invisible Hand-nya. Selain Adam Smith, masih banyak ekonom Barat lain yang teorinya secara jelas dipengaruhi pemikiran ekonomi Islam. Maka dari itu, penulis berupaya menyajikan pemikiran ekonomi Islam sejak Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam hingga pemikir ekonomi Islam kontemporer. Buku ini adalah jilid pertama yang menjelaskan kebijakan dan praktek ekonomi pada masa Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam. Buku ini juga menyajikan informasi unik : benarkah Nabi Adam as adalah manusia pertama? Benarkah para Nabi adalah pelopor aktivitas ekonomi? Benarkah Piagam Madinah adalah Konstitusi Tertulis Pertama di Dunia? Dan masih banyak lagi.

... Islam (Islamic worldview),10 demikian pula peradaban Barat membangun konsep keilmuannya berda- sarkan pandangan hidup Barat (Western worldview).11 Jadi, apa yang dikembangkan oleh ekonom-ekonom Barat sebenarnya merupakan hasil perkembangan ...

Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Budaya Mutu

Judul : Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Budaya Mutu Penulis : JURI WAHANANTO, S.Ag, M.Pd.I Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 412 Halaman No ISBN : 978-623-497-091-3 Sinopsi Buku Era revolusi informasi dan komunikasi telah mengakibatkan dunia menjadi semakin terbuka, menghilangkan batas geografis, politis dan sosial budaya. Milinium ke tiga telah terbentuk masyarakat global, masyarakat IT yang bersifat terbuka, berubah dengan cepat dalam memberikan tuntutan, tantangan, bahkan ancaman baru, karena itu pada era globalisasi diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas. SDM yang berkualitas dihasilkan oleh lembaga pendidikan yang berkualitas dan dipimpin oleh kepala madrasah yang konsisten terhadap peningkatan mutu madrasah. oleh karena itu dalam peningkatan mutu madrasah merupakan keniscayaan untuk membangun budaya mutu madrasah. Hal ini peran pemimpinan kepala madrasah memberi peran yang penting dalam terbentuknya budaya mutu madrasah yang kuat.

Ketiga, memperkuat standar perilaku organisasi dalam membangun pelayanan superior pada pelanggan. Keempat, budaya menciptakan pola adaptasi. Kelima, membangun sistem control organisasi secara menyeluruh168. Fungsi-fungsi budaya madrasah ...

Konstruksi Hukum Jaminan Syariah dalam Akad Pembiayaan Mudharabah di Era Revolusi Industri 4.0 (Teori dan Studi Komparatif)

Judul : Konstruksi Hukum Jaminan Syariah dalam Akad Pembiayaan Mudharabah di Era Revolusi Industri 4.0 (Teori dan Studi Komparatif) Penulis : Dr. H. Zaenal Arifin, SH, MKn Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 222 Halaman No ISBN : 978-623-5314-84-6 Tahun Terbit : Juli 2022 Sinopsis Buku Buku ini membahas tentang Konstruksi Hukum Jaminan Syariah dalam Akad Pembiayaan Mudharabah di Era Revolusi Industri 4.0 (Teori dan Studi Komparatif). Buku ini penulis kontribusikan bidang Hukum Syariah di Indonesia khusunya dalam Akad Pembiayaan Mudharabah. Buku ini terdiri dari delapan bab. Bab pertama membahas tentang Pendahuluan. Bab kedua membahas tentang Perbankan dan Akad Pembiayaan Mudharabah. Bab ketiga membahas tentang Jaminan atau Anggunan. Bab keempat membahas tentang Surat Kuasa Membebankan Hak Tanggungan dan Akta Pemberian Hak Tanggungan. Bab kelima membahas tentang Pemasangan Hak Tanggungan Terhadap Akad Pembiayaan Mudharabah. Bab keenam membahas tentang Konstruksi Hukum yang Mengatur Mengenai Mekanisme Pelaksanaan Pembuatan Akta Peningkatan Jaminan Syariah (Tanah dan atau Bangunan) pada Akad Pembiayaan Mudharabah di Indonesia. Bab ketujuh membahas tentang Membangun Konstruksi Hukum Jaminan Syariah dalam Akad Pembiayaan Mudharabah. Bab Delapan Penutup.

Kerelaan tersebut menjadi tanggung jawab bagi muḍārib untuk memelihara dan menjaga amanah sehingga realisasi investasi mudharabah akan berjalan dengan baik. Dengan dasar itu pula wewenang yang akan diberikan kepada mudharib sangat luas ...

PENGARUH CITRA DAERAH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ASLI MADURA DI ONLINE SHOP UNTUK MENDUKUNG PERTUMBUHAN EKONOMI KREATIF DI MADURA

Judul : PENGARUH CITRA DAERAH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ASLI MADURA DI ONLINE SHOP UNTUK MENDUKUNG PERTUMBUHAN EKONOMI KREATIF DI MADURA Penulis : Bambang Setiyo Pambudi, S.E., M.M., Suyono, S.E., M.S.M., dan Mochamad Reza Adiyanto, S.P., M.M Ukuran : 15,5 x 23 cm Halaman : 116 No ISBN : 978-623-5314-77-8 Tahun Terbit : Juli 2022 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra daerah terhadap keputusan pembelian produk Madura di online shop. Pada masa sekarang, kemudahan bertransaksi melalui internet mendorong lahirnya toko-toko online tempat jual beli tidak diperlukan tatap muka langsung dan konsumen dapat membeli barang dari tempat yang jauh. Hal ini tentu berpotensi bagi produk di tempat tertentu untuk dikenalkan dan dijualkan ke tempat lain, dan citra dari daerah asal ini kemudian akan berdampak terhadap keputusan pembelian, apabila konsumen merasa cocok dengan citra yang digambarkan daerah tersebut, yang sama pentingnya dengan produk yang dijualkan (Pipoli de Azambuja et.al., 2019). Madura merupakan tempat yang terkenal akan batik Sumenep, lorjuk, otok, dan lain-lain dan hal inilah yang akan dibahas dalam penelitian. Bagaimana citra “produk asli Madura” ini akan mempengaruhi keputusan pembelian calon pembeli yang tinggal di tempat yang jauh dari daerah asal produk. Penelitian dilakukan menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan sampel pengguna online shop di luar Madura, dibagi menurut jenis kelamin, usia, dan tingkat pendapatan. Hasil penelitian ini akan membantu untuk mengetahui bagaimana citra suatu daerah, dalam hal ini Madura, mempengaruhi penjualan produk khasnya di online shop.

Judul : PENGARUH CITRA DAERAH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ASLI MADURA DI ONLINE SHOP UNTUK MENDUKUNG PERTUMBUHAN EKONOMI KREATIF DI MADURA Penulis : Bambang Setiyo Pambudi, S.E., M.M., Suyono, S.E., M.S.M., dan Mochamad Reza ...