“Model pembelajaran berbasis Permainan Tradisional Bugis Makassar “Ma’boy” adalah salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan siswa dalam mendeskripsikan suatu masalah serta memberikan suatu alasan berdasarkan bukti-bukti yang nyata sesuai dengan pemahaman siswa dengan menggunakan turnamen akademik yang didesain seperti permainan tradisional Ma’boy (Bugis Makassar)”
“Model pembelajaran berbasis Permainan Tradisional Bugis Makassar “Ma’boy” adalah salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan siswa dalam mendeskripsikan suatu masalah serta memberikan suatu alasan ...
Penulis : Sawin, S.Pd.,M.M. Ukuran : 14,5 cm x 21 cm Tebal : 90 Halaman ISBN : 978-623-79439-4-5 blurb : Dalam buku ini diuraikan tentang pengertian aktivitas dan hasil belajar, serta faktor-faktor yang memengaruhi belajar. Diuraikan pula tentang model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran PKn. Dan tentu saja pengertian tentang NHT (Numbered Heads Together) diuraikan dengan jelas pada buku ini, dan dilengkapi dengan langkah-langkah dan prosedur penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran Pkn di SMP. Penulisan buku ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi pembaca, khususnya guru, untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran di kelas.
Penulis : Sawin, S.Pd.,M.M. Ukuran : 14,5 cm x 21 cm Tebal : 90 Halaman ISBN : 978-623-79439-4-5 blurb : Dalam buku ini diuraikan tentang pengertian aktivitas dan hasil belajar, serta faktor-faktor yang memengaruhi belajar.
Buku Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa ini, merupakan penjabaran dari konsep dan model mengajar di kelas yang lebih inovatif dan tidak membosankan, yang secara spesifik berisi tentang pengetahuan bagaimana cara siswa belajar secara tuntas, pemahaman materi pelajaran, konsep mengajar bagi guru dan problematiknya dalam pembelajaran di kelas. Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak*
mendatangkan guru privat atau guru les pelajaran, agar anak tidak mengalami jemu dan memiliki gairah belajar secara ... Perlunya kompetensi guru dalam mengajar ini sangat membantu dan mempengaruhi hasil belajar anak didik karena dengan ...
Pembelajaran merupakan aktivitas belajar yang dilakukan oleh siswa dan aktivitas mengajar yang dilakukan oleh guru sebagai upaya pengembangan pengetahuan, sikap, dan keterampilan sebagai sarana pembelajaran. Selain hal itu, komponen lainnya yang terdapat di dalam pembelajaran terdapat media, kurikulum, dan fasilitas pembelajaran. Penulis menyampaikan secara jelas mulai dari definisi, tujuan, dan manfaat pembelajaran. Penulis menyuguhkan model-model pembelajaran yang mudah dipahami oleh pembaca. Pengembangan Model Pembelajaran PBL Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Dan Literasi Sains ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.
Pengembangan Model Pembelajaran PBL Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Dan Literasi Sains ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.
Isi buku ini menjelaskan serta memaparkan bagaimana proses/gambaran pembelajaran matematika di sekolah dasar dengan menggunakan model pembelajaran SBL. Buku ini dilengkapi dengan contoh RPP dan LKS (bahan ajar) pada kelas 4 dan kelas 5, untuk materi geometri yang di desain berdasarkan karakteristik SBL. Selain itu, dalam buku ini juga dilampirkan lembar observasi untuk kegiatan guru dan siswa terkait pelaksanaan proses pembalajaran SBL. Hal ini bertujuan, supaya guru dan siswa memiliki rambu-rambu kegiatan apa saja yang harus dilakukan ketika diterapkannya pembelajaran SBL.
Isi buku ini menjelaskan serta memaparkan bagaimana proses/gambaran pembelajaran matematika di sekolah dasar dengan menggunakan model pembelajaran SBL.
Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (PERMENDIKBUD RI) No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, menyatakan bahwa standar proses adalah kriteria mengenai pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan. Lebih lanjut diungkapkan pula bahwa Proses Pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Untuk itu setiap satuan pendidikan melakukan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran serta penilaian proses pembelajaran untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas ketercapaian kompetensi lulusan. Buku Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dan Penerapannya dalam Proses Pembelajaran di Kelas ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.
Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (PERMENDIKBUD RI) No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, menyatakan bahwa standar proses adalah kriteria mengenai pelaksanaan ...
Buku Model Brain Based Learning (BBL) bermuatan Multiple Intelligences (MI) ini terdiri dari beberapa materi secara teori dan praktik. Konsep kurikulum, Model Brain Based Learning (BBL) bermuatan Multiple Intelligences (MI) yang dituangkan dalam model pembelajaran dan masih banyak lagi pembahasan materi yang selanjutnya yang diuraikan dalam buku ini.
Brain Based Learning and Its Relation with Multiple Intelligences. International Journal of Psychological Studies Vol. 4, No. ... The Principles of Brain Based Learning and Constructivist Models in Education. ... Super Quantum Teaching.
Alhamdulillahirobbil ‘alamin, segala puji dan syukur saya panjatkan ke hadlirat Allah SWT yang telah melimpahkan taufiq dan hidayah-Nya. Salam dan sholawat tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW yang senantiasa kita nantikan syafaatnya di hari kiamat. Aamiin Pada kesempatan kali ini, saya mencoba membuat sebuah buku yang diangkat dari sebuah karya tulis ilmiah PTK yang berjudul Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) untuk Pelajaran Passing dalam Permainan Bola Voli. Pembelajaran kooperatif merupakan salah satu bentuk model pembelajaran untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam pembelajaran. Peserta didik dalam belajar akan berinteraksi dengan teman yang lain dalam satu tim. Dalam tim tersebut yang mampu harus membantu teman lain yang kurang mampu untuk mengangkat nilai tim. Masing-masing tim akan berkompetisi untuk menjadi yang terbaik dengan cara saling bekerja sama dalam kelompok tersebut. Oleh karena itu, dengan buku ini diharapkan akan membantu menyuguhkan satu bentuk model pembelajaran yang akan digunakan rekan-rekan guru olahraga. Dengan model pembelajaran yang menarik diharapkan peserta didik akan cepat bisa melakukan teknik yang diajarkan oleh guru. Paradigma pembelajaran saat ini adalah guru bukan satusatunya sumber dalam pembelajaran yang dianggap serba tahu. Akan tetapi, cenderung menjadi fasilitator bagi peserta didik untuk bisa menyajikan pola pembelajaran yang menarik sehingga pembelajaran yang PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, dan Menyenangkan) akan bisa diwujudkan. Mudah-mudahan buku ini bisa memberikan sumbangsih dan manfaat bagi teman-teman guru PJOK.
Aamiin Pada kesempatan kali ini, saya mencoba membuat sebuah buku yang diangkat dari sebuah karya tulis ilmiah PTK yang berjudul Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) untuk Pelajaran ...
Problem solving skill adalah keterampilan yang penting bagi manusia. Dalam kehidupannya, manusia pasti selalu berhadapan dengan masalah. Di era abad 21, keterampilan penyelesaian masalah sangat dibutuhkan. Hal ini sejalan dengan outcome pembelajaran abad 21 yang dikenal dengan keterampilan abad 21 dan sering disebut keterampilan 4C. Keterampilan yang dibutuhkan di era abad 21, yaitu: 1) berpikir kritis dan inovasi, 2) komunikasi, 3) kolaborasi, dan 4) kreativitas (Framework for 21st Century Learning, n.d.). Problem solving skill merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki oleh siswa. Berikut ini gambar outcome pembelajaran abad 21.