Sebanyak 10 item atau buku ditemukan

KOMPUTER GRAFIS

Dasar dan Aplikasi Desain

Perkembangan yang begitu cepat dalam dunia teknologi komunikasi mengakibatkan munculnya software dan hardware baru, sehingga kita dituntut untuk cepat beradaptasi dan mempelajari software dan hardware baru tersebut agar kita tidak dikatakan gagap teknologi. Fenomena tersebut harus kita sikapi dengan cepat memperbarui media dan alat pembelajaran, agar kompetensi kita sebagai guru Komputer Grafis dan siswa dapat beradaptasi dengan kondisi teknologi komunikasi terkini. Perangkat lunak seperti Adobe Photoshop dan CorelDraw , minimal kita perkenalkan kepada siswa dasar-dasar operasional menu dan tool pokok yang efektif dan praktis digunakan untuk menunjang kepetensi mereka di dunia industri dibidang Desain Grafis, software tersebut juga dapat menunjang kebutuhan siswa untuk mata pelajaran selain Komputer Grafis dalam kompetensi keahlian Desain Komunikasi Visual. Buku ini dibuat dengan menyesuaikan kompetensi siswa pada semester gasal dan genap yaitu setelah siswa mampu menguasai teori Desain Komunikasi Visual, maka program aplikasi seperti Adobe Photoshop dan CorelDrawadalah perangkat lunak yang paling tepat untuk mereka sebagai penunjang peserta didik untuk membuat logo, company profile, poster dan tugas lain dalam dunia periklanan.

Fenomena tersebut harus kita sikapi dengan cepat memperbarui media dan alat pembelajaran, agar kompetensi kita sebagai guru Komputer Grafis dan siswa dapat beradaptasi dengan kondisi teknologi komunikasi terkini.

REGULASI HARGA PERSPEKTIF KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM EKONOMI SYARIAH

(Telaah Normatif atas Konsep al-Tas’ir al-Jabri dalam Majallat al-Ahkam al-Adliyah)

Buku ini lebih memberikan eksplanasi-elaboratif status regulasi harga (al-tas‘ir al-jabri) dalam perspektif hukum Islam. Regulasi harga sebagai kebijakan penting pemerintah untuk menstabilkan mekanisme pasar ternyata memiliki legalitas yang masih kontroversial. Kontroversi tersebut disebabkan adanya nass hadis yang melarangnya, di samping masuk kategori memakan harta dengan cara ilegal dan menimbulkan kerugian pihak-pihak yang bertransaksi. Dalam perspektif al-qawa‘id al-fiqhiyah, ternyata praktik regulasi harga mendapatkan legalitasnya di bawah naungan kaidah ke-26 dalam Majallat al-Ahkam al-‘Adliyah, yaitu “Bahaya yang bersifat spesifik harus ditanggung untuk menolak bahaya yang bersifat massif.” Kaidah ini masuk kategori kaidah tazahum al-mafasid (kerusakan yang berkontradiktif internal). Pendekatan teoretis-normatif masih menjadi pilihan penulis mengingat urgensinya sebagai landasan legalitas maupun petunjuk teknis-pelaksanaan terhadap hal-hal yang bersifat praktis dan implementatif. Di samping bahwa konon dengan menguasai teori dan asas-asas semua problematika hukum akan bisa terjawab. Tampaknya, buku ini layak dibaca oleh para stakeholder maupun praktisi ekonomi, akademisi, dan terutamanya teman-teman mahasiswa Fakultas Ekonomi sebagai bahan komparasi, Fakultas Ekonomi Syariah dan Bisnis Islam sebagai tambahan wawasan ataupun referensi. Bahkan tidak kalah kontributifnya adalah teman-teman santri yang memiliki kepedulian terhadap kajian terma-terma semacam ini. Tidak dipungkiri, terkadang dari kalangan merekalah justru studi-studi akademik menjadi kaya perspektif dan referensi, serta tampak orisinilitasnya.

Buku ini lebih memberikan eksplanasi-elaboratif status regulasi harga (al-tas‘ir al-jabri) dalam perspektif hukum Islam.

MENDIDIK ADALAH CINTA

“Menjelajah Pendidikan Ramah Anak di Rumah dan Sekolah”

Buku ini terdiri dari dua bagian. Bagian pertama: MENYEMAI BENIH KARAKTER DARI BILIK-BILIK RUMAH, memuat berbagai tulisan yang memotret eksistensi orang tua sebagai aktor utama penyelenggaraan pendidikan anak dalam keluarga yang penuh dinamika dengan segala dimensinya. Sebagaimana kita maklumi, keluarga merupakan lingkungan yang pertama dan utama dalam masyarakat, karena dalam keluargalah manusia dilahirkan, berkembang menjadi dewasa. Bentuk dan isi serta cara-cara pendidikan di dalam keluarga akan selalu memengaruhi tumbuh dan berkembangnya watak, budi pekerti, dan kepribadian tiap-tiap manusia. Pendidikan yang diterima dalam keluarga inilah yang akan digunakan oleh si anak sebagai dasar bergaul di dalam masyarakat. Keluarga atau orang tualah yang pertama dan utama memberikan dasar-dasar pendidikan seperti pendidikan agama, budi pekerti, sopan santun, estetika, kasih sayang, rasa aman, mematuhi peraturan serta menanamkan kebiasaan-kebiasaan yang baik dan benar. Hendaknya diberikan oleh keluarga atau orang tua dengan contoh perbuatan, bukan hanya dengan nasihat-nasihat, sebab salah satu sikap kekanak-kanakan adalah suka meniru.

Pendidikan yang diterima dalam keluarga inilah yang akan digunakan oleh si anak sebagai dasar bergaul di dalam masyarakat.

BUKAN KELAS BIASA

Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-Kelas Inspiratif

Guru adalah sutradara di balik kesuksesan pembelajaran di kelas. Pada dasarnya di dunia ini tidak ada model/metode pembelajaran yang terbaik, tetapi model/metode yang akan digunakan guru sebaiknya disesuaikan dengan karakteristik peserta didik, kemampuan guru, serta sarana/prasarana yang mendukung. Dalam rangka menciptakan pembelajaran yang bermakna, guru perlu memiliki banyak referensi mengenai model/metode pembelajaran guna menciptakan kelas-kelas inspiratif. Betapa pun banyak model/metode pembelajaran yang ada, seringkali guru masih kebingungan dalam mempraktikkan serta memodifikasi model/metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi kelasnya. Hal ini terjadi karena kesulitan guru dalam menemukan referensi contoh aplikasi dari masing-masing model/metode pembelajaran. Buku ini menampilkan berbagai model dan metode pembelajaran, di mana setiap model/metode tersebut disertai dengan contoh aplikasi dalam pembelajaran. Sebagian besar contoh yang ditampilkan merupakan pengalaman pribadi dari penulis selama menjadi guru. Buku ini juga diperkaya dengan contoh bagaimana memodifikasi dan mengembangkan sebuah model dan metode pembelajaran sehingga guru memiliki kelas yang inspiratif. Sebagai seorang guru abad 21, kita menyadari bahwa setiap peserta didik memiliki bakat dan potensinya masing-masing. Tugas guru adalah mengembangkan potensi peserta didik dengan memberikan pelajaran yang bermakna. Jika apa yang direncanakan guru belum mencapai kesuksesan di kelas, maka guru perlu introspeksi dan membuka cakrawala. Buku ini bisa dijadikan referensi guru dalam memilih dan memodifikasi berbagai alternatif model dan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. BUKAN KELAS BIASA Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-Kelas Inspiratif Copyright © Nining Mariyaningsih Mistina Hidayati Penulis: Nining Mariyaningsih Mistina Hidayati Editor: Aditya Kusuma Putra Penata Letak: Arif Tunjung P Penata Sampul: Raditya Pramono Sebagian ilustrasi diambil dari internet CV KEKATA GROUP Kekata Publisher [email protected] kekatapublisher.com Fanspage: Kekata Publisher “Cafebaca” Jalan Kartika, Gang Sejahtera 1 No. 3, Jebres, Surakarta, Indonesia Cetakan Pertama, April 2018 Surakarta, Kekata Publisher, 2018 xii + 201 hal; 14,8×21 cm ISBN: Dicetak oleh Percetakan CV Oase Group Isi di luar tanggung jawab percetakan Katalog dalam Terbitan Hak cipta dilindungi Undang-Undang All Right Reserved Dilarang mengutip atau memperbanyak sebagian atau seluruh isi buku ini tanpa izin tertulis dari penerbit

BUKAN KELAS BIASA Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-Kelas Inspiratif Copyright © Nining Mariyaningsih Mistina Hidayati Penulis: Nining Mariyaningsih Mistina Hidayati Editor: ...

MODEL PEMBELAJARAN SEA MEA

Problem solving skill adalah keterampilan yang penting bagi manusia. Dalam kehidupannya, manusia pasti selalu berhadapan dengan masalah. Di era abad 21, keterampilan penyelesaian masalah sangat dibutuhkan. Hal ini sejalan dengan outcome pembelajaran abad 21 yang dikenal dengan keterampilan abad 21 dan sering disebut keterampilan 4C. Keterampilan yang dibutuhkan di era abad 21, yaitu: 1) berpikir kritis dan inovasi, 2) komunikasi, 3) kolaborasi, dan 4) kreativitas (Framework for 21st Century Learning, n.d.). Problem solving skill merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki oleh siswa. Berikut ini gambar outcome pembelajaran abad 21.

Problem solving skill adalah keterampilan yang penting bagi manusia.

INOVASI PEMBELAJARAN Model dan Metode Pembelajaran Bagi Guru

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi KPK dan FPB. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai ulangan harian terakhir siswa yang hanya 26,67% jumlah siswa mendapatkan nilai melebihi KKM mata pelajaran, dan 73,33% siswa yang belum tuntas untuk materi tersebut. Penelitian ini bertujuan sebagai upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi KPK dan FPB melalui penerapan model pembelajaran KOPIBER dengan pemanfaatan media animasi powerpoint. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Kedungurang yang berjumlah 30 Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester 1 tahun pelajaran 2013/2014 yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Untuk memeroleh data motivasi belajar siswa, dilakukan melalui penggunaan lembar observasi motivasi belajar siswa yang diamati pada setiap pertemuan oleh observer 2. Berdasarkan hasil penelitian, motivasi belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 2,88 dengan kriteria sedang, sedangkan hasil belajarnya diperoleh hasil ketuntasan belajar sebesar 63%. Kemudian hasil penelitian pada siklus II, diperoleh rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 3,56 dengan kriteria tinggi, sedangkan untuk hasil belajarnya diperoleh hasil ketuntasan belajar sebesar 83%

Permasalahan yang timbul di kelas sudah pasti ada, permasalahan tersebut harus dicarikan solusinya pemecahannya. Tidak mungkin akan terselesaikan dengan hanya berdiam diri. Rendahnya sikap disiplin siswa mata pelajaran matematika pada ...

AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH 1 (SOAL LATIHAN DAN KERTAS KERJA)

BUKU ini secara spesifik berisi soal-soal latihan yang disertai dengan kertas kerjanya. Keanekaragaman dari kumpulan latihan soal-soal yang disajikan dalam buku ini merupakan bentuk aplikasi langsung dari teori akuntansi keuangan, khususnya teori akuntansi keuangan yang ada pada mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah 1. Teori akuntansi keuangan tidak akan dapat dipahami secara sempurna tanpa mengetahui secara pasti bagaimana penerapan teori akuntansi keuangan yang sesungguhnya dalam keseharian praktik akuntansi yang lazim. Dengan latihan soal-soal ini diharapkan pembaca akan dapat menguasai secara lebih mendalam mengenai sebuah teori akuntansi keuangan. Penulis tidak merasa berpretensi bahwa latihan soal yang ditulis ini murni merupakan karangan yang orisinil. Apabila tidak didukung oleh buku yang ditulis para ahli seperti yang tercantum dalam daftar pustaka ini tidak akan terbit. Dengan demikian, penulis ingin menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para ahli tersebut. Harapan penulis dengan latihan soal yang ada dapat membantu para mahasiswa untuk memahami dan dapat membuat laporan keuangan suatu perusahaan. Semoga dengan terbitnya buku ini dapat bermanfaat bagi mereka yang berkepentingan atau mereka yang ingin memperluas pengetahuan tentang akuntansi keuangan. Buku ini tentu saja tidak luput dari kekurangan dan kelemahan, baik dari sisi penulisan tata bahasa ataupun kekayaan dari macam-macam tipe soal latihan akuntansi keuangan.

BUKU ini secara spesifik berisi soal-soal latihan yang disertai dengan kertas kerjanya.

WACANA PEDAGOGI ISLAM NUSANTARA

Kehadiran media baru membawa perubahan besar bagi perkembangan pemikiran dan wacana Islam di Nusantara. Bagaimana metode penyebaran pemikiran, yang awalnya hanya lewat ruang kelas, disampaikan oleh guru kepada peserta didik melalui ruang-ruang kelas dan bersifat tatap muka, kini telah mengalami perkembangan terbaru, yang tidak hanya tetap mempertahankan cara-cara pengajaran tradisonal seperti di atas, namun dikombinasikan dengan cara modern, yaitu sistem pengajaran melalui media baru. Sistem pengajaran melalui media baru, membutuhkan pola pengajaran yang dinamis, karena terus mengalami perubahan, seiring mengikuti pertumbuhan media baru yang terus meningkat, namun tidak diiringi dengan kepahaman pendidik untuk memahami kearah mana media baru terus bertumbuh. Oleh karena itu, terjadi pro kontra dalam mengiring wacana pemikiran Islam yang tumbuh pesat, dengan berbagai varian pemikirannya, di bumi Indonesia ini. Sebagaimana kita ketahui, penduduk Indonesia mayoritas beragama Islam, dan tumbuh pula bermacam organisasi Islam dengan berbagai ciri khasnya masing-masing. Ciri khas yang dimiliki organisasi Islam tersebut, juga ditopang dengan sistem pengajaran yang bertujuan untuk mentansfer pengetahuan ke-Islaman berdasarkan ciri khas tersebut. Dengan kehadiran media baru, sistem pengajaran tersebut juga ikut masuk, dengan memanfaatkan media baru sebagai sarana pengajaran, sekaligus memperluas penyebaran wacana pemikiran. Namun karena adanya perbedaan yang menjadi ciri khas dari masingmasing, banyak pro dan kontra yang terjadi dari wacana pemikiran tersebut. Permasalahan muncul, karena sifat media baru yang terbuka dan dapat diakses siapa pun, menjadikan pro dan kontra tersebut, seperti arena perang, di mana ada pihak yang melawan, dan menyerang pemikiran yang berseberangan, sekaligus mempertahakan pemikiran sendiri. Buku ini menulis mengenai perang pemikiran mengenai ide Islam Nusantara. Ide Islam Nusantara merupakan ide yang dilahirkan dari prodi Islam Nusantara di STAINU Jakarta, kemudian menjadi wacana kepada publik, karena diangkat menjadi tema besar Muktamar NU ke-33. Sebelum menjadi tema muktamar, dalam kongres alim ulama NU, ide Islam Nusantara ini sudah muncul, dan mendapat dukungan dari Presiden Jokowi. Selain itu dalam teksteks di web resmi NU, juga memproduksi banyak teks yang menjelaskan Islam Nusantara. Dalam media baru, teks tersebut dibaca banyak masyarakat dan tokoh organisasi Islam lain. Dalam pemikiran mereka, ada penjelasan mengenai Islam Nusantara dalam teks tersebut, bertentangan dengan pemikiran yang menjadi ciri khas mereka. Timbulah reaksi untuk membalas teks tersebut dengan teks lain, yang merupakan ciri khas organisasi Islam masing-masing. Diantara sekian banyak, organisasi Islam di Indonesia, HTI adalah organisasi yang bereaksi kontra terhadap Islam Nusantara dalam web resmi mereka, dan melawannya dalam bentuk teks pula. Atas dasar tersebut, penulis mencoba untuk memberikan gambaran dalam buku ini, bahwa ciri khas dari masing-masing organisasi Islam, memberikan perbedaan terhadap cara pandang dan tindak tutur di media baru. Untuk mendapatkan gambaran tersebut, penulis mengumpulkan data dari web resmi NU dan HTI dalam rentang waktu yang dalam tataran wacana melahirkan perang retorika. Di mana perang retorika itu sebagai dinamika proses perjalanan organisasi Islam di Indonesia, yang ikut mengambarkan cermin dari kebudayaan Indonesia, yang menjunjung kalimat bhineka tunggal ika (berbeda-beda tapi tetap satu jua). Insyaallah. Dini Safitri

Teks dua puluh delapan, membahas retorika Islam Nusantara yang berkaitan
dengan NU. Gagasan Islam Nusantara lahir dari pengumulan akademik elit
intelektual NU, tertutama Prof. Dr. K.H. Said Agil Siraj dan para akademisi
STAINU ...

PEDOMAN PENULISAN SKRIPSI

Penulisan skripsi merupakan bagian penting dalam studi sarjana. Di samping itu skripsi juga menggambarkan kelayakan penelitian yang dilakukan. Sesuai dengan peraturan Ketua STIK Stella Maris Makassar, skripsi merupakan sebagian dari persyaratan bagi mahasiswa untuk memperoleh gelar sarjana. Oleh karena itu penting bagi setiap peneliti untuk menuliskan skripsi dengan tepat dan efektif. Sebagai bentuk dokumen tertulis, skripsi tidak hanya harus tepat dalam konsep dan isi tetapi juga dari cara penulisan, struktur, dan pembahasan. Bahasa yang tidak tepat dan struktur yang tidak baik dapat meyebabkan salah interpretasi. Pedoman ini lebih berfokus pada panduan teknis dan konsep isi skripsi. Cara menuliskan secara konsep teori disajikan dalam pedoman ini. Masukan dari pembaca dan semua pengguna akan sangat berguna untuk meningkatkan akurasi dan efektivitas pedoman ini. Makassar, Juli 2019 Tim Penyusun

Penulisan skripsi merupakan bagian penting dalam studi sarjana.

INOVASI MANAJEMEN PENDIDIKAN DI SEKOLAH KIAT JITU MEWUJUDKAN SEKOLAH NYAMAN BELAJAR

Buku ini merupakan buku referensi untuk guru dan kepala sekolah. Ditulis dengan maksud: (1 ) Untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi guru dan kepala sekolah untuk mewujudkan sekolah nyaman belajar; (2 ) Untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi kepala sekolah, tentang bagaimana mengelola sekolah dengan inovasi manajemen pendidikan; (3 ) Untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi kepala sekolah dalam rangka mewujudkan sekolah nyaman belajar; (4 ) Sebagai referensi bagi kepala sekolah untuk melakukan penelitian tindakan sekolah atau best practice. Buku ini terdiri dari enam bab: (1 ) BAB I Pendahuluan; (2 ) BAB II Sekolah Nyaman Belajar; (3 ) BAB III Manajemen, Manajer, dan Kepala Sekolah; (4 ) BAB IV Inovasi Manajemen Pendidikan di Sekolah; (5 ) BAB V Mewujudkan Sekolah Nyaman Belajar; dan (6 ) BAB VI Penutup. Ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada: (1 )Istriku Indri Cahyaningtyas, Anak-anakku Ratnani Lintang Juliardini dan Ardian Langit Krisetia yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk menyelesaikan buku ini; dan (2 ) Pihak-pihak yang ikut membantu dalam penyelesaian buku ini. Penulis menyadari masih banyak kekurangan pada dalam buku ini untuk itu, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran terhadap pembaca untuk penyempurnaan buku ini. Semoga buku ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca pada umumnya, guru dan kepala sekolah pada khususnya untuk mewujudkan tujuan sekolah yang akan dicapai dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Temanggung, 15 April 2019 Suranto, M.Pd

Semoga buku ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca pada umumnya, guru dan kepala sekolah pada khususnya untuk mewujudkan tujuan sekolah yang akan dicapai dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Temanggung, 15 April 2019 Suranto, M.Pd