Sebanyak 9 item atau buku ditemukan

KOMPUTER GRAFIS

Dasar dan Aplikasi Desain

Perkembangan yang begitu cepat dalam dunia teknologi komunikasi mengakibatkan munculnya software dan hardware baru, sehingga kita dituntut untuk cepat beradaptasi dan mempelajari software dan hardware baru tersebut agar kita tidak dikatakan gagap teknologi. Fenomena tersebut harus kita sikapi dengan cepat memperbarui media dan alat pembelajaran, agar kompetensi kita sebagai guru Komputer Grafis dan siswa dapat beradaptasi dengan kondisi teknologi komunikasi terkini. Perangkat lunak seperti Adobe Photoshop dan CorelDraw , minimal kita perkenalkan kepada siswa dasar-dasar operasional menu dan tool pokok yang efektif dan praktis digunakan untuk menunjang kepetensi mereka di dunia industri dibidang Desain Grafis, software tersebut juga dapat menunjang kebutuhan siswa untuk mata pelajaran selain Komputer Grafis dalam kompetensi keahlian Desain Komunikasi Visual. Buku ini dibuat dengan menyesuaikan kompetensi siswa pada semester gasal dan genap yaitu setelah siswa mampu menguasai teori Desain Komunikasi Visual, maka program aplikasi seperti Adobe Photoshop dan CorelDrawadalah perangkat lunak yang paling tepat untuk mereka sebagai penunjang peserta didik untuk membuat logo, company profile, poster dan tugas lain dalam dunia periklanan.

Fenomena tersebut harus kita sikapi dengan cepat memperbarui media dan alat pembelajaran, agar kompetensi kita sebagai guru Komputer Grafis dan siswa dapat beradaptasi dengan kondisi teknologi komunikasi terkini.

Konsep Pendidikan Berbasis Life Skill (Pentingnya Life Skill & Pendidikan Vokasi)

Indonesia yang sedang terkena imbas krisis multidimensi, menata dirinya dalam kebijakan pendidikan. Kebijakan pendidikan mulai mengarah pada pendidikan yang mengedepankan kompetensi, life skill atau mengedepankan bekal keahlian yang merupakan hal penting dalam meningkatkan daya saingnya. Buku ini ditulis sebagai wacana buat para pembaca, tentang banyaknya persoalan yang dihadapi oleh bangsa ini, dari pengangguran, hingga program-program peningkatan mutu pendidikan yang telah dilakukan untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia agar dihasilkan lulusan siap kerja, siap guna dan mandiri tapi masih mengalami permasalahan. Keluaran yang bermutu, unggul dan siap kerja merupakan harapan semua lembaga pendidikan yang berkembang saat ini, pembekalan diri berbasis life skill menjadi permasalahan yang harus dan cepat diwujudkan. Buku ini juga berusahan memberikan pencerahan bagi siapa saja yang ingin meningkatkan mutu hidup dengan pengetahuan vokasi dan life skill.

... karena hanya meliputi pendidikan kejuruan yang dimulai dari PAUD hingga Perguruan Tinggi, selebihnya dijangkau di ... Pendidikan dasar baik SD dan SMP, perlu diberikan muatan kecakapan hidup ini, pendidikan yang berorientasi pada ...

Konsep Mutu dalam Manajemen Pendidikan Vokasi

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap insan dan setiap bangsa, dalam meningkatkan daya saingnya. Buku ini disusun sebagai panduan guru-guru dan pelaku pendidikan. Buku Konsep Mutu dalam Manajemen Pendidikan Vokasi ini membahas masalah dan persoalan manajemen mutu yang mengitarinya. Implementasi TQM secara dini dalam pendidikan hendaknya mampu memberikan solusi dan warna peningkatan mutu SDM kita.

Buku Konsep Mutu dalam Manajemen Pendidikan Vokasi ini membahas masalah dan persoalan manajemen mutu yang mengitarinya. Implementasi TQM secara dini dalam pendidikan hendaknya mampu memberikan solusi dan warna peningkatan mutu SDM kita.

Pedoman SPMI PTMA

Pedoman Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) 4.0 Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (PTMA) ini disusun dalam kerangka komitmen Muhammadiyah, khususnya Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah untuk menjadikan PTMA sebagai perguruan tinggi yang sadar mutu. Muhammadiyah menyadari pelaksanaan pendidikan di perguruan tinggi selalu berkembang seiring dengan dinamika masyarakat, baik pada tingkat internasional, nasional, maupun lokal. Karenanya, perbaikan mutu pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan mesti dilakukan agar gerak langkah pendidikan di PTMA ini senantiasa adaptif dengan tuntutan zaman. Penyusunan Pedoman SPMI 4.0 PTMA ini telah melalui serangkaian tahapan. Mulai dari rapat-rapat pembahasan, Workshop SPMI dengan berbagai pihak terkait guna mendapatkan masukan terbaru seiring dengan dinamika pengelolaan mutu perguruan tinggi, hingga pembahasan pedoman ini memenuhi tingkat kelengkapan (komprehensif) dari standar yang diharapkan. Kehadiran pedoman ini diharapkan membantu PTMA untuk menyusun, mengimplementasikan, mengevaluasi, serta melakukan tindak lanjut perbaikan secara terus menerus (continuous improvement) SPMI di lingkungan masing-masing. Harapan kami tata kelola PTMA senantiasa berbasis pada mutu terstandar yang pada gilirannya berimplikasi pada kepuasan stakeholder (customer satisfaction) PTMA dan akhirnya PTMA akan selalu menjadi rujukan pada pilihan utama perguruan tinggi yang bermutu dalam skala lokal, nasional, regional, bahkan internasional.

Karenanya, perbaikan mutu pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan mesti dilakukan agar gerak langkah pendidikan di PTMA ini senantiasa adaptif dengan tuntutan zaman. Penyusunan Pedoman SPMI 4.0 PTMA ini telah melalui serangkaian tahapan.

PENGEMBANGAN KURIKULUM TEMATIK ANAK USIA DINI

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Karakteristik kurikulum 2013 adalah salah satunya tematik. Model pembelajaran tematik sejatinya adalah model pembelajaran terpadu yang menggabungkan berbagai mata pelajaran untuk dijadikan satu keutuhan dalam satu tema. namun, mengingat bahwasanya dalam pendidikan anak usia dini tidak memiliki mata pelajaran, maka tematik disini adalah mengaitkan satu tema dengan seluruh perkembangan anak usia dini yang berdasarkan kurikulum 2013 ada 6 aspek perkembangan yaitu spiritual, sosial emosional, kognitif, bahasa, keterampilan dan terakhir adalah seni. Hal yang harus diperhatikan dalam model pembelajaran tematik adalah tema yang diangkat sesuai dengan berbagai macam pengalaman siswa dan lingkungannya. Dalam buku ini akan membahas sebagai berikut : 1) hakikat Konsep Pembelajaran tematik 2) Pengembangan Media Pembelajaran Tematik 3) Desain pelaksanaan Pembelajaran Tematik Bagi AUD 4) Model Pembelajaran Tematik 5) Penyusunan Satuan Kegiatan Harian Pembelajaran RA Semoga buku kolaborasi antar Perguruan Tinggi ini dapat bermanfaat bagi dunia akademik khususnya dan menambah khazanah keilmuan dibidang Pendidikan

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Dari lokal mengepung nasional

dinamika proses legislasi kebebasan memperoleh informasi publik

Legislative process of local laws on freedom of access to information in Indonesia.

Legislative process of local laws on freedom of access to information in Indonesia.

Konsep Pengembangan Kurikulum Membangun Sekolah Global

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap insan. Maka dari itu setiap bangsa akan meningkatkan mutu pendidikan agar dapat memiliki daya saingnya. Banyak persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia. Dengan terbitnya buku ini semoga dapat menjadi masukkan bagi kita semua untuk dapat menciptakan program dan strategi pembelajaran yang lebih baik. Selamat membaca!

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap insan.

INOVASI MANAJEMEN PENDIDIKAN DI SEKOLAH KIAT JITU MEWUJUDKAN SEKOLAH NYAMAN BELAJAR

Buku ini merupakan buku referensi untuk guru dan kepala sekolah. Ditulis dengan maksud: (1 ) Untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi guru dan kepala sekolah untuk mewujudkan sekolah nyaman belajar; (2 ) Untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi kepala sekolah, tentang bagaimana mengelola sekolah dengan inovasi manajemen pendidikan; (3 ) Untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi kepala sekolah dalam rangka mewujudkan sekolah nyaman belajar; (4 ) Sebagai referensi bagi kepala sekolah untuk melakukan penelitian tindakan sekolah atau best practice. Buku ini terdiri dari enam bab: (1 ) BAB I Pendahuluan; (2 ) BAB II Sekolah Nyaman Belajar; (3 ) BAB III Manajemen, Manajer, dan Kepala Sekolah; (4 ) BAB IV Inovasi Manajemen Pendidikan di Sekolah; (5 ) BAB V Mewujudkan Sekolah Nyaman Belajar; dan (6 ) BAB VI Penutup. Ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada: (1 )Istriku Indri Cahyaningtyas, Anak-anakku Ratnani Lintang Juliardini dan Ardian Langit Krisetia yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk menyelesaikan buku ini; dan (2 ) Pihak-pihak yang ikut membantu dalam penyelesaian buku ini. Penulis menyadari masih banyak kekurangan pada dalam buku ini untuk itu, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran terhadap pembaca untuk penyempurnaan buku ini. Semoga buku ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca pada umumnya, guru dan kepala sekolah pada khususnya untuk mewujudkan tujuan sekolah yang akan dicapai dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Temanggung, 15 April 2019 Suranto, M.Pd

Semoga buku ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca pada umumnya, guru dan kepala sekolah pada khususnya untuk mewujudkan tujuan sekolah yang akan dicapai dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Temanggung, 15 April 2019 Suranto, M.Pd