Sebanyak 2253 item atau buku ditemukan

Manajemen Keuangan Syariah : Pengantar, Perkembangan & Tantangan

Buku “Manajemen Keuangan Syariah : Pengantar, Perkembangan & Tantangan” ini membahas konsep dasar manajemen keuangan syariah, yang berlandaskan pada prinsip-prinsip Islam seperti bebas riba, gharar, dan maysir. Di awal, buku ini menjelaskan perbedaan sistem keuangan syariah dan konvensional serta bagaimana keuangan syariah berfokus pada kesejahteraan umat melalui mekanisme bagi hasil, kemitraan, dan instrumen keuangan seperti sukuk dan reksadana syariah. Perkembangan sejarah keuangan syariah, mulai dari zaman Nabi Muhammad SAW hingga era modern, juga diuraikan dengan jelas. Selain itu, buku ini membahas tantangan yang dihadapi oleh industri keuangan syariah, seperti regulasi dan kurangnya edukasi di masyarakat. Namun, potensi masa depannya tetap besar, terutama dengan meningkatnya minat terhadap keuangan etis dan berkelanjutan. Dengan memberikan gambaran komprehensif tentang prinsip, instrumen, dan tantangan keuangan syariah, buku ini menjadi sumber referensi penting bagi akademisi, praktisi, dan masyarakat umum yang tertarik mendalami topik ini.

... Islamic Finance. Kluwer Law International Usmani, Muhammad Taqi. (2002). An Introduction to Islamic Finance. Karachi: Idaratul Ma'arif. Veithzal, Rivai, et al. (2012). Islamic Financial Management: Teori dan Praktik Manajemen Keuangan ...

Seri Pendidikan SMK: Penguatan Kesiapan Bekerja, Kompetensi Kewirausahaan dan Minat Berwirausaha

Buku digital ini berjudul "Seri Pendidikan SMK: Penguatan Kesiapan Bekerja, Kompetensi Kewirausahaan dan Minat Berwirausaha", merupakan buku yang berisi tentang "pendidikan ketrampilan dan kecapakan wirausaha anak SMK" yang dapat memberikan tambahan wawasan pengetahuan dan pencerahan bagi pembaca. Semangat untuk berbagi terutama dalam literasi khazanah pengetahuan pendidikan yang mendasari penerbit menghadirkan konten-konten di buku digital ini. Penerbit berdoa semoga buku digital yang diterbitkan ini bisa bermanfaat dan menjadi bahan pembelajaran serta panduan bagi siapapun juga.

Buku digital ini berjudul "Seri Pendidikan SMK: Penguatan Kesiapan Bekerja, Kompetensi Kewirausahaan dan Minat Berwirausaha", merupakan buku yang berisi tentang "pendidikan ketrampilan dan kecapakan wirausaha anak SMK" yang dapat memberikan ...

Seri Pendidikan SMK: Tentang Efektivitas Pendidikan dan Kewirausahaan di SMK

Buku digital ini berjudul "Seri Pendidikan SMK: Tentang Efektivitas Pendidikan dan Kewirausahaan di SMK", merupakan buku yang berisi tentang "pendidikan ketrampilan dan kecapakan wirausaha anak SMK" yang dapat memberikan tambahan wawasan pengetahuan dan pencerahan bagi pembaca. Semangat untuk berbagi terutama dalam literasi khazanah pengetahuan pendidikan yang mendasari penerbit menghadirkan konten-konten di buku digital ini. Penerbit berdoa semoga buku digital yang diterbitkan ini bisa bermanfaat dan menjadi bahan pembelajaran serta panduan bagi siapapun juga.

Buku digital ini berjudul "Seri Pendidikan SMK: Tentang Efektivitas Pendidikan dan Kewirausahaan di SMK", merupakan buku yang berisi tentang "pendidikan ketrampilan dan kecapakan wirausaha anak SMK" yang dapat memberikan tambahan wawasan ...

Entrepreneurship Education : Teori dan Penerapan Pendidikan Kewirausahaan

Buku "Entrepreneurship Education : Teori dan Penerapan Pendidikan Kewirausahaan" menyajikan pemahaman menyeluruh mengenai pentingnya pendidikan kewirausahaan dalam membentuk individu yang kreatif, inovatif, dan berani mengambil risiko terukur. Buku ini dimulai dengan pengertian serta sejarah kewirausahaan, mencakup bagaimana kewirausahaan berkembang dari masa ke masa. Penulis menjelaskan secara rinci peran pendidikan dalam membangun mindset kewirausahaan yang kuat, serta pentingnya memasukkan kewirausahaan ke dalam kurikulum pendidikan modern. Model-model pendidikan kewirausahaan, seperti pendekatan berbasis proyek, pembelajaran praktis, dan mentoring dijelaskan untuk membantu siswa mengaplikasikan teori dalam praktik nyata. Selanjutnya, buku ini juga membahas kompetensi utama yang dikembangkan melalui pendidikan kewirausahaan, termasuk kemampuan berpikir kritis, problem-solving, manajemen waktu, komunikasi efektif, dan kepemimpinan. Pada bagian akhir, tantangan global yang dihadapi dalam pendidikan kewirausahaan, seperti globalisasi, perubahan teknologi, dan disrupsi digital, dianalisis secara mendalam. Buku ini memberikan panduan lengkap untuk mempersiapkan individu menghadapi tantangan global serta menciptakan peluang dalam dunia yang terus berubah.

Buku "Entrepreneurship Education : Teori dan Penerapan Pendidikan Kewirausahaan" menyajikan pemahaman menyeluruh mengenai pentingnya pendidikan kewirausahaan dalam membentuk individu yang kreatif, inovatif, dan berani mengambil risiko ...

MASJID AGUNG TASIKMALAYA: Sejarah, Arsitektur, Tokoh dan Gerakan Islam di Kota Santri

Buku hasil penelitian ini mengungkap tiga hal tentang Masjid Agung. Pertama adalah tentang sejarah Masjid Agung yang tidak terlepas dari sejarah Sukapura, Sumedang, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya. Sejarah ini dibagi menjadi dua bab yakni sejarah Tasikmalaya dari masa ke masa dan Sejarah Masjid Agung Tasikmalaya dari mulai zaman Galunggung Purba, Sukapura, Sumedang, Kolonial hingga masa kemerdekaan yang dibagi menjadi dua periode yaitu masa Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Tasikmalaya. Kedua berbicara tentang Tokoh Ulama yang berkiprah di Masjid Agung serta Pergerakan Islam yang terjadi di dalamnya. Bab ini dibagi menjadi beberapa episode yaitu masa awal pembangunan awal dimana tokoh sentralnya adalah Pangeran Aria Adipati H. Soeriaatmadja didampingi oleh H. Soelaeman. Eposide selanjutnya adalah tokoh Mama Kudang dan didampingi oleh Penghulu H. Abu Bakar, kemudian tokoh selanjutnya adalah KH Khoer Affandi bersama Ulama Pesantren se-kabupaten Tasikmalaya yang tergabung dalam MUI, diantaranya KH Ilyas Ruhiat Cipasung, KH Ishak Farid Cintawana dan KH Wahab Muhsin Sukahideung. Ketiga berbicara tentang Masjid Agung Sendiri baik secara arsitektur dan makna maupun tentang keorganisasian. Pembangunan dari awal kemudian melakukan renovasi dan makna yang terkandung dalam simbol bangunan terakhir dikaji dalam bab ini. Berbagai pola manajemen yang digunakan seperti Idharoh, Riayah dan Imaroh pun dijelaskan secara rinci disertai dengan foto-foto dokumen sejarahnya.

... muslim Civilization " . Terjemahan Efendy Yahya dalam Islam Kesatuan dan Keragaman . Jakarta : Penerbit Obor , 1975 . Eagleton , Terry . Literary Theory : An Introduction . London : Basil Blackwell , 1983 . Faruk . Pengantar Sosiologi ...

Pendekatan Sosiologi dan Antropologi dalam Pendidikan

Secara sosiologi pendidikan adalah sebuah warisan budaya dari generasi kegenerasi, agar kehidupan masyarakat berkelanjutan, dan identitas masyarakat itu tetap terpelihara. Sosial budaya merupakan bagian hidup manusia yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari, dan hampir setiap kegiatan manusia tidak terlepas dari unsur sosial budaya. Dengan mempelajari metode pendidikan kebudayaan maka antropologi bermanfaat bagi pendidikan. Dimana para pendidik harus melakukan secara hati-hati. Hal ini disebabkan karena kebudayaan yang ada dan berkembang dalam masyarakat bersifat unik, sukar untuk dibandingkan sehingga harus ada perbandingan baru yang besifat tentative.

... belajar sehingga siswa dapat menggunakan kebudayaan pribadinya untuk memahami dan mengembangkan berbagai wawasan, konsep, keterampilan, nilai, sikap, dan moral yang diharapkan. multikultural (multicultural education) merupakan respn ...

ULUMUL HADIS

Allah mengutus Nabi Muhammad SAW dengan membawa agama yang benar dan petunjuk yang lurus. Dia menurunkan kepada beliau Al-Kitab dan Hikmah. Al-Kitab adalah Al-Qur'an dan Al-Hikmah adalah Sunnah. Agar beliau menjelaskan kepada manusia apa yang diturunkan Allah kepada mereka, sehingga mereka memikirkan, mendapat hidayah, dan beruntung. Al-Kitab dan As-Sunnah adalah dua dasar yang dengan keduanya hujjah Allah menjadi tegak atas hamba. Dengan keduanya pula hukum-hukum Islam baik I'tiqadi maupun amali menjadi terbangun. Sehingga tiada suatu amal ibadah pun, tiada suatu keyakinan pun, kecuali harus ada dalilnya baik dari Al-Qur'an maupun Sunnah Rasulullah SAW. Jadi pada setiap gerak-gerik kita, kita mesti mencari dalilnya dari dua sumber hukum ini. Jika ada maka kita amalkan. Jika tidak ada maka jangan membuat-buat dalil. Karena sesuatu yang tidak ada dalilnya, ketika kita mengamalkannya maka hanya kerugian yang kita dapatkan. Maka siapa pun dari kita yang mengambil dalil dari Al-Qur'an, dia hanya perlu melihat satu aspek saja. Yaitu aspek dalalah nash atau kandungan hukum yang ditunjukkan dalil tersebut. Kita tidak perlu melihat kepada sandaran dalil itu. Karena Al-Qur'an sudah benar secara qath'i tanpa perlu diragukan keabsahannya. Sebab Allah berfirman: "Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al-Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya." (QS. Al-Hijir: 9) Sedangkan jika mengambil dalil dari Hadis, kita masih membutuhkan dua aspek. Aspek pertama: Adalah sisi kebenaran dalil itu sendiri, apakah benar dari Nabi SAW. Kemudian aspek kedua: Adalah sisi kandungan hukum yang ditunjukkan oleh dalil. Karena kita diperintah melihat keabsahan Hadis yang datang dari Nabi SAW, maka para ulama' menetapkan kaidah-kaidah. Dengan kaidah-kaidah itu kita bisa mengetahui apakah yang disandarkan kepada Nabi SAW ini, diterima atau ditolak. Karena itulah kita mempelajari ilmu musthalah Hadis atau ilmu Hadis. Tujuannya agar bisa menyaring mana Hadis yang sahih dari yang dhaif. Sehingga jika sahih maka kita amalkan. Dan jika dhaif maka kita tinggalkan. Ketika kami diamanahi mengampu mata kuliah ini di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo sejak tahun 2005, rasanya tiada hasil kalau tidak ada buku pegangan yang bisa dijadikan acuan oleh mahasiswa. Karena itu pada tahun ini, tahun 2012, kami berusaha –dengan segala keterbatasan kami- untuk menyusun buku ilmu Hadis I ini. Mudah-mudahan bisa menjadi pegangan yang berguna bagi para mahasiswa. Pada buku ilmu Hadis ini, kami menggabungkan antara teori dengan Hadisnya. Jadi setelah satu bab membahas tentang musthalah, pada bab selanjutnya kami mengupas tentang Hadis Nabi SAW berikut hukum dan penjelasannya. Kami memilih ini, karena ilmu Hadis adalah ilmu yang tergolong sulit dipahami oleh para mahasiswa. Apalagi mahasiswa yang ikut kelas kami adalah gabungan. Sebagian mengambil mata kuliah ilmu Hadis, sementara yang lain mata kuliah yang diambilnya adalah Al-Hadis, tapi dijadikan satu dalam satu kelas bersama kami. Inilah yang mendorong kami menggabung dalam buku ini antara ilmu Hadis dengan Hadis-Hadis Nabi SAW. Menurut kami, lebih baik mengedepankan sesuatu yang bermanfaat bagi mahasiswa daripada teori yang hanya hilang dan tidak diaplikasikan. Karena itu dalam buku ini kami berusaha memberikan materi-materi yang tidak terlalu sulit dan mudah dipahami. Mudah-mudahan dengan usaha ini menjadikan materi lebih bermanfaat bagi mahasiswa dan lebih mudah dipahami. Karena itu kami tidak terlalu fokus pada buku ini untuk menyebut Takhrij Hadis, macam-macam Hadis dhaif dan lain sebagainya. Insya Allah materi-materi ini kami jelaskan pada buku kedua, yaitu Ilmu Hadis II, yang mudah-mudahan Allah memudahkan untuk kami penyusunannya. Akhirnya, ini adalah jeripayah makhluk lemah yang tidak mempunyai ilmu. maka sudah barang tentu banyak terdapat ketidaksempurnaan di dalamnya seperti ketidaksempurnaan manusia. Hanya Allah-lah yang Maha sempurna dan tersucikan dari segala kekurangan: إِنْ تَجِدْ عَبْيًا فَسُدَّ الْخَلَلَا *** جَلَّ مَنْ لَا عَيْبَ فِيْهِ وَعَلاَ "Jika anda menemukan suatu kekurangan maka tutupilah kekurangan itu…. Hanya Allah Maha tinggi dan Maha luhur yang tidak mempunyai kekurangan." Karena itu kepada para pembaca secara umum, dan para mahasiswa secara khusus untuk tidak sungkan memberikan masukan dan kritik yang membangun bagi kebaikan buku ini. Jika ada benarnya maka itu dari Allah semata, dan jika ada kekurangan maka itu dari kami secara pribadi. Semoga Allah segera menyempurnakan yang kurang dan membenarkan yang salah-salah. Inilah buku Ilmu Hadis I, mudah-mudahan Allah menjadikannya bermanfaat bagi kami baik dalam kehidupan dunia maupun Akhirat. Juga bagi para pembaca dan siapa pun yang turut membantu dalam kemunculan buku ini. Semoga kami diberi keikhlasan dalam penyusunannya, sehingga menjadi tabungan yang memberatkan timbangan amal kami pada Hari berbangkit kelak. Amin.

... Hadis Qudsi ! ( 2 ) Sebutkan perbedaan mendasar antara Hadis Qudsi dengan Hadis Nabawi . ( 3 ) Sebutkan dua dari perbedaan mendasar antara Al - Qur'an dengan Hadis Nabawi . ( 4 ) Apa makna Hadis menurut istilah ? ( 5 ) Apa makna Qudsi ...