Sebanyak 47 item atau buku ditemukan

ANOVA untuk Penelitian Eksperimen

Teori dan Praktik dengan R

Eksperimen merupakan salah satu metode penelitian yang digunakan secara luas oleh berbagai disiplin ilmu, baik ilmu sains-teknologi maupun sosial-humaniora. Penelitian eksperimen pada dasarnya melibatkan manipulasi sengaja atas aspek tertentu dalam sistem riil (prediktor) dan pengamatan terhadap efek yang ditimbulkannya (respon). Data yang diperoleh dari penelitian eksperimen umumnya dianalisis dengan menggunakan Analysis of Variance (ANOVA). Desain eksperimen atau rancangan percobaan yang digunakan dalam suatu penelitian sangat menentukan model ANOVA yang dianalisis, seperti RAL, RAK, RBSL, Rancangan Faktorial, dan sebagainya. Buku ini berisi konsep dan teori terkait ANOVA yang diperuntukan bagi penelitian eksperimen. Materi yang disajikan dalam buku ini dibuat sederhana agar lebih mudah dipahami bagi pembaca yang tidak memiliki latar belakang pengetahuan Matematika/Statistika. Namun demikian, tetap sesuai dengan kurikulum Outcome Based Education (OBE) mata kuliah Rancangan Percobaan/Desain Eksperimen. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan tutorial praktik ANOVA menggunakan software pengolah data R untuk membantu proses analisis menjadi lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu, buku ini menjadi bisa menjadi buku ajar sekaligus bahan panduan praktikum untuk mendukung pembelajaran mata kuliah Rancangan Percobaan/Desain Eksperimen. Materi dalam buku ini terbagi ke dalam enam bab yang berisi Pendahuluan dan instalasi/pengenalan software R, rancangan lingkungan dasar (RAL, RAK, RBSL) dan ANCOVA, perbandingan berganda dan kontras, asumsi-asumsi yang melandasi ANOVA, rancangan faktorial, serta rancangan faktorial lanjutan (nested, split-plot, repeated measurement). Setiap materi bahasan dilengkapi dengan contoh beserta pembahasan secara manual maupun dengan software R. Syntax R yang digunakan dalam buku ini disajikan secara sistematis disertai dengan deskripsi pada setiap sintaks untuk membantu pembaca memahami penggunaan software R.

Eksperimen merupakan salah satu metode penelitian yang digunakan secara luas oleh berbagai disiplin ilmu, baik ilmu sains-teknologi maupun sosial-humaniora.

Basis Data

Teori Dan Praktik Menggunakan Microsoft Office Access

Menurut James Martin mendefinisikan bahwa basis data adalah suatu kumpulan data terhubung yang disimpan secara bersama-sama pada suatu media, tanpa adanya suatu kerangkapan data, sehingga mudah untuk digunakan kembali, dapat digunakan oleh satu atau lebih program aplikasi secara optimal, data disimpan tanpa mengalami ketergantungan pada program yang akan menggunakannya, data disimpan sedemikian rupa sehingga apabila ada penambahan, pengambilan, dan modifikasi data dapat dilakukan dengan mudah dan terkontrol.

Buku Basis Data: Teori Dan Praktik Menggunakan Microsoft Office Access ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Administrasi, Manajemen, Dan Kepemimpinan Pendidikan

Teori Dan Praktik

Buku ini berisikan teori administrasi, manajemen, dan kepemimpinan yang bersifat umum sehingga bermanfaat bagi masyarakat yang ingin menambah wawasannya di ketiga bidang tersebut. Selanjutnya, administrasi, manajemen, dan kepemimpinan diterapkan ke bidang pendidikan menjadi administrasi, manajemen, dan kepemimpinan pendidikan sehingga bermanfaat bagi masyarakat yang bergerak dan peduli dengan pendidikan. Buku ini diawali dengan sekolah sebagai sistem sosial terbuka sehingga penyelesaian permasalahan sekolah tidak tambal sulam, tetapi menyeluruh, mendalam, dan terpadu dengan unsur rasional dan natural sehingga tujuan administrasi sekolah yang Biaya hemat (efisien), Mutu hebat (efektif), Waktu tepat (efektif dan efisien) atau disingkat menjadi BMW dapat dicapai. Dengan memandang sekolah sebagai sistem sosial terbuka dapat disusun sistematika buku ini berdasarkan input, proses, dan output. Buku ini juga membahas filsafat Administrasi Pendidikan (AP) yang meliputi ontologi, aksiologi, dan epistemologi AP.

Selanjutnya, administrasi, manajemen, dan kepemimpinan diterapkan ke bidang pendidikan menjadi administrasi, manajemen, dan kepemimpinan pendidikan sehingga bermanfaat bagi masyarakat yang bergerak dan peduli dengan pendidikan.

BAHASA JEPANG

Evaluasi Hasil Belajar (Teori dan Praktik)

Buku ini menyajikan pembahasan yang sangat menarik tentang bagaimana seorang pendidik menemukan metode evaluasi pembelajaran, khususnya bahasa Jepang, dalam mendapatkan hasil pembelajaran yang didapat oleh seorang peserta didik, dengan mengacu pada kategorisasi taksonomi pembelajaran. Melalui buku ini, seorang pendidik dan pengajar bahasa Jepang akan memahami makna evaluasi dalam pendidikan; pengertian penilaian, pengukuran, dan evaluasi; objek-objek evaluasi; jenis-jenis, tujuan dan manfaat, dan alat evaluasi. Tidak hanya itu, setelah mempelajari buku ini, seorang tenaga pendidik dan pengajar bahasa Jepang juga dijamin akan memahami tiga hal yang berhubungan erat dengan kegiatan evaluasi; istilah penilaian, pengukuran dan evaluasi sendiri.

Buku ini menyajikan pembahasan yang sangat menarik tentang bagaimana seorang pendidik menemukan metode evaluasi pembelajaran, khususnya bahasa Jepang, dalam mendapatkan hasil pembelajaran yang didapat oleh seorang peserta didik, dengan ...

Filantropi Islam

Teori dan Praktik

Buku yang di tangan pembaca ini adalah revisi dan perombakan cukup signifikan dari buku Filantropi Islam: Fikih untuk Keadilan Sosial yang diterbitkan tahun 2017. Perombakan perlu dilakukan karena dua hal: edisi pertama terdapat beberapa typo yang cukup mengganggu dan buku itu memerlukan muatan baru yang belum dibahas di edisi pertama. Selain revisi materi edisi 2017, perombakan di edisi ini dilakukan dengan membuang lampiran undang-undang zakat. Lampiran tersebut dirasa terlalu tebal dan membuat buku ini tidak berimbang antara isi dan lampirannya. Padahal teks-teks undang-undang itu dapat diakses dengan mudah di Internet. Oleh sebab itu, meski dihilangkan dari lampiran buku, saya menyarankan Anda untuk tetap mempelajari undang-undang zakat. Secara penyajian, buku ini dirombak menjadi dua bagian: teori dan praktik. Bagian teori berisi materi teoretis yang ada pada edisi pertama buku Filantropi Islam: Fikih untuk Keadilan. Bagian kedua adalah materi baru, yang berisi kisah-kisah praktik berkegiatan filantropi yang dilakukan oleh para mahasiswa Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial UIN Sunan Kalijaga pada tahun 2019.

Buku yang di tangan pembaca ini adalah revisi dan perombakan cukup signifikan dari buku Filantropi Islam: Fikih untuk Keadilan Sosial yang diterbitkan tahun 2017.

Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar

Teori dan Praktik

Pendekatan scientific diperkenalkan sebagai penekanan pada metode laboratorium formalistik yang mengarah pada fakta-fakta ilmiah (Hudosn, 1996; Rudolph, 2005). Pendekatan ini memiliki karakteristik yaitu doing science. Pendekatan ini memudahkan guru dan pihak-pihak pengembangan kurikulum untu menyusun proses pembelajaran. Caranya yaitu dengan memecah proses pembelajaran menjadi langkah-langkah yang lebih terperinci dan lebih instruktif untuk peserta didik (Varelas dan Ford, 2008). Proses pembelajaran dengan pendekatan scientific menyentuh tiga ranah yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Ranah sikap fokus pada para peserta didik agar paham 'mengapa'. Ranah pengetahuan fokus pada para peserta didik agar paham mengenai 'apa'.Terakhir, ranah keterampilan fokus pada para peserta didik agar paham 'bagaimana'. Hasil akhir pembelajaran pendekatan scientific adalah peningkatan dan keseimbangan antara softskills dan hardskills dari peserta didik.Buku ini tidak hanya memberikan penjelasan dasar mengenai pembelajaran pendekatan scientific. Namun, buku ini juga memberikan contoh-contoh implememntasi pembelajaran dengan menggunakan berbagai macam mocel pembelajaran. [Ika Maryani, M.Pd., Laila Fatmawati, M.Pd., Ahmad Dahlan, Penerbit Deepublish, pendekatan scientific, model pembelajaran, sekolah dasar]

Namun, buku ini juga memberikan contoh-contoh implememntasi pembelajaran dengan menggunakan berbagai macam mocel pembelajaran. [Ika Maryani, M.Pd., Laila Fatmawati, M.Pd., Ahmad Dahlan, Penerbit Deepublish, pendekatan scientific, model ...

Community Empowerment

Teori dan Praktik Pemberdayaan Komunitas

Pemberdayaan merupakan entry point bagi munculnya kemandirian suatu komunitas. Sementara salah satu paradigma pembangunan bertautan dengan orientasi menuju pemberdayaan komunitas. Jadi, sudah menjadi suatu keniscayaan jika pembangunan hendaknya mampu mewujudkan masyarakat yang sejahtera berkeadilan sekaligus berdaya. Untuk itu, seringkali dibutuhkan peran fasilitator dan/atau pendamping, baik dari kalangan akademisi, pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), maupun dari lembaga-organisasi lokal yang ada, dalam berbagai program pemberdayaan. Studi kasus yang ditinjau dalam buku ini adalah pemberdayaan komunitas pesisir. Dengan keunikan kawasan pesisir dan struktur sosiokultur masyarakatnya, maka keberhasilan pemberdayaan ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu kepemimpinan, sinkronisasi kebijakan antarsektor dan wilayah, ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas, eksistensi institusi lokal dan kader-kader pemberdayaan untuk kontinuitas program, serta koordinasi dan komitmen dari stakeholders yang terlibat, termasuk partisipasi dari masyarakat sebagai penerima manfaat. Selain itu, pendekatan nilai-nilai kearifan lokal dalam suatu komunitas akan mempermudah perubahan mindset dan pola perilaku yang diharapkan dalam suatu (program) pemberdayaan. Memang, terkesan klise jika melihat sekilas tentang diskursus pemberdayaan. Apalagi pemberdayaan pada komunitas pesisir salah satunya, karena cukup banyak buku yang membahas dan menyoalnya. Tapi, klise tidaknya sebuah penilaian atau persepsi sangat tergantung dari bagaimana sebuah diskursus dikupas, dianalisis, dan diolah dari fakta-fakta terbaru di lapangan. Adanya fakta-fakta baru di lapangan inilah saya kira yang menjadi salah satu kekuatan dari buku ini.

Pemberdayaan merupakan entry point bagi munculnya kemandirian suatu komunitas.

Profesi manajemen

kristalisasi teori dan praktik pembelajaran managemen korporasi, lembaga nirlaba, dan pemerintahan