Sebanyak 2 item atau buku ditemukan

Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar

Teori dan Praktik

Pendekatan scientific diperkenalkan sebagai penekanan pada metode laboratorium formalistik yang mengarah pada fakta-fakta ilmiah (Hudosn, 1996; Rudolph, 2005). Pendekatan ini memiliki karakteristik yaitu doing science. Pendekatan ini memudahkan guru dan pihak-pihak pengembangan kurikulum untu menyusun proses pembelajaran. Caranya yaitu dengan memecah proses pembelajaran menjadi langkah-langkah yang lebih terperinci dan lebih instruktif untuk peserta didik (Varelas dan Ford, 2008). Proses pembelajaran dengan pendekatan scientific menyentuh tiga ranah yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Ranah sikap fokus pada para peserta didik agar paham 'mengapa'. Ranah pengetahuan fokus pada para peserta didik agar paham mengenai 'apa'.Terakhir, ranah keterampilan fokus pada para peserta didik agar paham 'bagaimana'. Hasil akhir pembelajaran pendekatan scientific adalah peningkatan dan keseimbangan antara softskills dan hardskills dari peserta didik.Buku ini tidak hanya memberikan penjelasan dasar mengenai pembelajaran pendekatan scientific. Namun, buku ini juga memberikan contoh-contoh implememntasi pembelajaran dengan menggunakan berbagai macam mocel pembelajaran. [Ika Maryani, M.Pd., Laila Fatmawati, M.Pd., Ahmad Dahlan, Penerbit Deepublish, pendekatan scientific, model pembelajaran, sekolah dasar]

Namun, buku ini juga memberikan contoh-contoh implememntasi pembelajaran dengan menggunakan berbagai macam mocel pembelajaran. [Ika Maryani, M.Pd., Laila Fatmawati, M.Pd., Ahmad Dahlan, Penerbit Deepublish, pendekatan scientific, model ...

Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar: Teori dan Praktik

Model pembelajaran scientific merupakan satu model pembelajaran yang menitik-beratkan pada proses. Dalam pembelajaran tersebut siswa dibimbing setapak demi setapak untuk memperoleh hasil, mengikuti model perolehan pengetahuan dan keterampilan serta sikap ilmiah secara sistematis. Meskipun tidak secara langsung dan eksplisit disebutkan bahwa peserta didik juga diharapkan untuk mampu menerapkan pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sehari-hari, namun secara implisit kemampuan ini dapat diterapkan oleh peserta didik. Di Australia, tujuan pembelajaran bukan hanya kognitif, afektif dan psikomotor saja, tetapi action, penerapan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh oleh peserta didik dapat diterapkan di masyarakat, oleh diri peserta didik atau diinformasikan di masyarakat di sekeliling kehidupannya. Buku Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar ini merupakan suatu lompatan dari strategi pembelajaran yang ada dengan langsung menamakan model yang ditulisnya sebagai pembelajaran scientific. Penyajiannya cukup komprehensif, runtut, dan mudah difahami. Model penyajian seperti inilah yang sangat dinantikan oleh para guru, mungkin juga para dosen yang mengajarkan model pembelajaran mutakhir untuk diterapkan dalam kelas. Oleh karena itu saya sebagai salah seorang pendidik yang dikatakan sudah banyak makan garam karena mulai mengajar sejak 1960, mengalami bagaimana perkembangan titik fokus pembelajaran mulai dari berpusat pada materi (subject matter oriented), kemudian berpusat pada guru (teacher centered), kemudian beralih berpusat pada peserta didik (student centered).

KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yng estetis, dalam gerakan yang ... guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu ...