Sebanyak 341 item atau buku ditemukan

Budaya Mutu Wujudkan Sekolah Unggul

Kumpulan Praktik Baik Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Di Satuan Pendidikan

Buku ini memuat 31 artikel praktik baik sekolah model penjaminan mutu pendidikan di satuan pendidikan sebagai gambaran implementasi SPMI menjadikan sekolah unggul. Setiap sekolah model mengangkat artikel satu topik keunggulan implementasi SPMI, walaupun dalam satu sekolah memiliki berbagai macam keunggulan. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka pelaksanaan program penjaminan mutu sekolah yang dilaksanakan oleh LPMP D.I. Yogyakarta.

Buku ini memuat 31 artikel praktik baik sekolah model penjaminan mutu pendidikan di satuan pendidikan sebagai gambaran implementasi SPMI menjadikan sekolah unggul.

SUPERVISI PENDIDIKAN

(Pengembangan Supervisi Manajerial Pengawas Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan)

Dalam rangka membantu tenaga pendidik dan kependidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan sekolah dasar, diperlukan kegiatan pengawasan pendidikan yang disebut dengan supervisi pendidikan. Maka keberadaan literatur yang mengkaji hal tersebut, sangat penting untuk terus dikembangkan. Hasil riset yang disajikan dalam buku ini, memaparkan pembahasan secara komprehensif dan aktual tentang bagaimana pelaksanaan pengawas sekolah dalam melaksanakan supervisi manajerial demi meningkatkan mutu pendidikan.

Dalam rangka membantu tenaga pendidik dan kependidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan sekolah dasar, diperlukan kegiatan pengawasan pendidikan yang disebut dengan supervisi pendidikan.

KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN

Konsep Dan Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan

Keberhasilam kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya banyak ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolah. Kepemimpinan merupakan faktor penting dalam menunjang tercapainya tujuan organisasi sekolah. Keberhasilan kepala sekolah dalam melakukan tata kelola sekolah, sarana prasarana, membina tenaga pendidik, mengelola kegiatan sekolah lainnya banyak ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolah. Apabila kepala sekolah mampu menggerakan membimbing dan mengarahkan orang yang dipimpinnya secara tepat, maka segala kegiatan yang ada dalam organisasi sekolah terlaksana secara efektif. Sebaliknya, jika tidak mampu mengerakan anggota secara efektif, tidak akan bisa tercapai tujuan secara optimal, Seorang kepala sekolah yang mengelola sekolah tanpa pengetahuan manajemen pendidikan tidak akan bekerja secara efektif dan efisiens, jauh dari mutu, dan keberhasilannya. Pengetahuan dan atau teori manajemen pendidikan sangat dibutuhkan dan harus dipahami oleh seorang kepala sekolah karena tanpa teori manajemen seorang kepala sekolah akan melakukan pekerjaaanya dengan dugaan dan pendapatnya saja. Buku Pengantar Ilmu Pendidikan: KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN: Konsep dan Strategi Mutu Pendidikan, menguraikan berbagai materi secara Komprehensip yang merupakan bagian utama Pengantar ilmu pendidikan. Pada prinsipnya, buku ini terdiri dari 13 Bab memuat pelbagai bahasan antara lain; Pengertian dan Konsep Dasar Kepemimpinan, Tipe dan Gaya Kepemimpinan, Kepemimpinan dan Manajemen. Kepemimipnan Pendidikan, Kepemimpinan dalam dalam Manajemen Berbasis Mutu, Kualifikasi dan Kompetensi Kepala Sekolah, Kepemimpinan Kepala Sekolah MAsa Depan, Kepemimpinan Kepala Sekolahdi Era Revolusi Industri 4.0, Kepala Sekolahsebagai Instructional Leader, dll Buku ini sangat layak dijadikan panduan atau referensi bagi Mahasiswa yang menempuh Pendidikan Strata Satu (S1) atau Strata Dua (S2) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) atau Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) di UIN, STAIN, IAIN, tapi hal ini juga harus dipahami oleh para guru atau tenaga pendidik, tenaga kependidikan, kepala sekolah, Pengawas, penyuluh, instruktur, widyaswara dan para pelaku pendidikan lainnya, serta masyarakat sehingga memperoleh wawasan tentang pendidikan secara komprehenship

Buku Pengantar Ilmu Pendidikan: KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN: Konsep dan Strategi Mutu Pendidikan, menguraikan berbagai materi secara Komprehensip yang merupakan bagian utama Pengantar ilmu pendidikan.

Arsitektur Mutu Pendidikan Indonesia

Peta Jalan Restorasi Menuju Keunggulan Mutu Pendidikan Kelas Dunia

Mutu terus bergerak dan berubah. Spesifikasi dan kualifikasi juga terus meningkat. Oleh karena itu, prinsip kompetisi berbasis mutu dan kompetensi perlu terus dibuka untuk semua. Spesifikasi mutu dan kualifikasi kompetensi dalam kompetisi, adalah suatu yang tidak bisa dikompromikan. Apa yang dulu bermutu sekarang sudah tertinggal, bahkan dianggap usang dan tidak bermutu. Berkompromi dengan mutu adalah suatu tindakan tidak bermutu. Sedikit bermutu adalah tidak cukup bermutu. Cukup bermutu adalah tidak cukup bermutu. Mendidik dan memberi pembelajaran tanpa mutu berarti ssama dengan membagi-bagi ketertinggalan mutu dan perbaikan mutu maka sama artinya, dengan membagi-bagi ketertinggalan mutu dan kebodohan. Sebab, pendidikan yang tidak bermutu dapat menjadi instrumen untuk membagi kebodohan kepada anak bangsa (education as an instrument to share of stupidity among nations). Gagasan dan pemikiran dalam buku ini, mencoba mengeksplorasi apa yang menjadi kebutuhan mutu terbaik bagi pendidikan Indonesia di masa. Apa sistem yang perlu dibangun untuk memperoleh pendidikan bermutu? Ternyata ada banyak kebutuhan mutu yang harus dirajut dan dilakukan secara terpadu, seperti menyiapkan segala kebutuhan yang dipersyaratkan oleh mutu, membangun asritektur dan rumah mutu, memperkuat infrastruktur mutu, manajemen dan tata kelola mutu, perbaikan mutu berkelanjutan, dan sebagainya. Ternyata ada sederet panjang masalah mutu dalam manajeme dan tata kelola pendidikan Indonesia. Penulis menemukan inspirasi cukup dengan satu kata "arsitektur", yang bisa merajut dan bisa menggambarkan semua kebutuhan mutu pendidikan Indonesia ke depan.

Penulis menemukan inspirasi cukup dengan satu kata "arsitektur", yang bisa merajut dan bisa menggambarkan semua kebutuhan mutu pendidikan Indonesia ke depan.

MANAJEMEN PENDIDIKAN

“Tinjauan Teori & Praktis di Lembaga Pendidikan Formal”

Pendidikan mempunyai tugas menyiapkan sumber daya manusia untuk mampu menghadapi segala tantangan yang mungkin akan dihadapi di depan. Suatu pendidikan dipandang bermutu-diukur dari kedudukannya untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kebudayaan nasional adalah pendidikan yang berhasil membentuk generasi muda yang cerdas, berkarakter, bermoral dan berkepribadian. Untuk itu perlu dirancang suatu sistem pendidikan yang mampu menciptakan suasana dan proses pembelajaran yang menyenangkan, merangsang dan menantang peserta didik untuk mengembangkan diri secara optimal sesuai dengan bakat dan kemampuannya. Manajemen pendidikan adalah proses yang perlu diterapkan dalam dunia pendidikan agar tujuan dari pendidikan bisa tercapai yang secara umum merupakan suatu proses perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, dan pengawasan, dalam mengelola segala sumber daya yang berupa manusia, uang, material, metode, mesin, market, waktu, dan informasi, untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien dalam bidang pendidikan. Manajemen bidang pendidikan dalam suatu bisnis atau perusahaan dilaksanakan secara langsung oleh manajer pendidikan untuk mewujudkan pelaksanaan aktivitas pendidikan yang sesuai target. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan keteraturan pelaksanaan sumber daya perusahaan. Lebih jauh tentang manajemen pendidikan dan fungsinya dalam sebuah bisnis atau perusahaan akan dibahas dalam artikel ini. Berdasarkan hal tersebut maka, buku ini menyajikan segala yang dibutuhkan oleh para pengelola pendidikan dalam mengelola pendidikan agar dapat menciptakan kualitas dan kuantitas pendidikan yang baik. Oleh sebab itu buku ini hadir kehadapan sidang pembaca sebagai bagian dari upaya diskusi sekaligus dalam rangka melengkapi khazanah keilmuan dibidang Manajemen pendidikan, sehingga buku ini sangat cocok untuk dijadikan bahan acuan bagi kalangan intelektual dilingkungan perguru tinggi ataupun praktisi yang berkecimpung langsung dibidang Manajemen pendidikan.

Manajemen pendidikan adalah proses yang perlu diterapkan dalam dunia pendidikan agar tujuan dari pendidikan bisa tercapai yang secara umum merupakan suatu proses perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, dan pengawasan, dalam mengelola segala ...

Transformasi Sistem Nilai

dalam Kepemimpinan Pendidikan Efektif

Tulisan penulis berorientasi pada konsep “balanced scorecard pendidikan” dalam upaya mewujudkan kembalian pendidikan pada masyarakat. Konten dalam buku ini akan mengungkapkan proses seharusnya pendidikan berkontribusi dalam mewujudkan kembalian sosial pendidikan dan sejauh mana pendidikan memberikan peranannya dalam mengatasi persoalan-persoalan, di antaranya spillover (externality impacts), criminal participation, improve voters’ political behaviour yang pada akhirnya juga berimbas pada private returns. Sebuah pertanyaan besar dalam benak kita adalah bagaimana “kembalian pendidikan” berkontribusi pada kehidupan masyarakat maupun pada kehidupan pribadi setiap insan pemelajar, bagaimana peran lulusan pendidikan, terutama lulusan-lulusan pendidikan tinggi dari berbagai bidang yang terjun dalam kehidupan masyarakat setelah mereka berkiprah dalam dunia pekerjaan selama beberapa tahun, serta bagaimana peran lulusan pendidikan tinggi terhadap spillover (externality impacts), criminal participation, improve voters' political behaviour dan private returns”. Buku ini menyajikan data-data realitas dan faktual sesuai dengan kondisi dalam kehidupan bermasyarakat, selain memberikan rekomendasi sebagai jawaban atas problematika tersebut dari kacamata perspektif penulis. Melalui transformasi nilai pada kepemimpinan pendidikan efektif dan pembudayaan maupun pembisaaan pola perilaku insan pendidikan, diharapkan kembalian pendidikan dapat memberikan pengaruh dalam mengurai dinamika persoalan-persoalan yang ada dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Tulisan penulis berorientasi pada konsep “balanced scorecard pendidikan” dalam upaya mewujudkan kembalian pendidikan pada masyarakat.

Manajemen mutu berbasis sekolah/madrasah (MMBS/M)

mengelola pendidikan dalam era masyarakat berubah

Quality management for Islamic schools in Indonesia.

Quality management for Islamic schools in Indonesia.

Manajemen mutu sekolah di era otonomi pendidikan

"menjual" mutu pendidikan dengan pendekatan quality control bagi pelaku lembaga pendidikan

On the need to improve education quality through implementation of total quality management in Indonesian schools.

On the need to improve education quality through implementation of total quality management in Indonesian schools.

Prosiding Seminar Pendidikan

Pendidikan Guru Sekolah Dasar "Pendidik HITS (Humanis, Informatif, Transformatif dan Sinergis) Penggerak Merdeka Belajar"

Program Studi PGSD USD tengah mempersiapkan calon pendidik yang HITS. Pendidik yang HITS berarti mampu memiliki semangat berinovasi, bertransformasi untuk semakin berkualitas. Selain itu harapannya mereka juga mampu bersinergi dengan berbagai pihak dan tetap mengunggulkan sikap humanis di tengah tantangan. Tidak hanya itu, mahasiswa juga disiapkan untuk menjadi pendidik yang membawa semangat merdeka belajar. Pendidikan yang sesuai dengan konteks kehidupan masyarakat yang ada di dalamnya adalah pendidikan yang memerdekakan. Transformasi pendidikan yang merdeka saat ini tidak cukup bila dilakukan dengan merubah model pembelajaran, metode mengajar guru, ataupun digitalisasi sarana-prasarana. Perubahan mendasar perlu diawali dengan mengenal permasalahan yang dialami masyarakat sehingga sekolah dapat menjadi tempat mencari solusi yang relevan. [PENGANTAR]

Program Studi PGSD USD tengah mempersiapkan calon pendidik yang HITS.

Total Quality Management

untuk Organisasi Pendidikan

Kualitas merupakan keseluruhan karakteristik yang melekat pada sebuah produk (barang atau jasa) yang mampu memuaskan pelanggan. Dalam konteks pendidikan kualitas dikaitkan dengan upaya mentransformasikan seorang manusia yang paripurna. Manusia yang berpengetahuan (to know), manusia yang mampu melakukan tugas dan tanggung jawabnya (to do), manusia yang menjadi dirinya sendiri seutuhnya (to be), dan manusia yang mampu hidup dalam keragaman dalam masyarakat (to live together). Dalam konsep manajemen kualitas dikenal konsep Total Quality Management (TQM), yaitu pengelolaan kualitas yang melibatkan seluruh pihak dalam organisasi. Buku ini diberi judul Total Quality Management untuk Organisasi Pendidikan, dengan maksud memberikan pencerahan bagi pembaca yang tertarik dengan konsep TQM dalam dunia pendidikan, khususnya bagi mereka yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan sistem penjaminan mutu internal pada institusi pendidikan formal, seperti sekolah dan perguruan tinggi. Buku ini ditulis berdasarkan pemahaman teoritis dan empiris terkait implementasi TQM bagi organisasi pendidikan berdasarkan kerangka dasar model TQM, yaitu aspek nilai dan budaya, aspek sistem dan standar, serta alat dan metode peningkatan kualitas.

Buku ini diberi judul Total Quality Management untuk Organisasi Pendidikan, dengan maksud memberikan pencerahan bagi pembaca yang tertarik dengan konsep TQM dalam dunia pendidikan, khususnya bagi mereka yang bertanggung jawab terhadap ...