Sebanyak 14 item atau buku ditemukan

Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi

Pendidikan Kewarganegaraan berasal dari Pendidikan Kewiraan, yang dikembangkan berdasarkan perkembangan dan kebutuhan. Istilah "kewiraan" sendiri berarti pendidikan kepatriotan atau kepahlawanan. Pengertian dari Pendidikan Kewarganegaraan adalah usaha sadar untuk menyiapkan mahasiswa dalam mengembangkan kecintaan, kesetiaan, keberanian untuk berkorban membela bangsa dan tanah airnya. Pendidikan Kewarganegaraan merupakan bagian dari kelompok Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), sebagai mata kuliah wajib pada perguruan tinggi yang bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam pembentukan sikap mental dan jatidiri sebagai bangsa Indonesia. Oleh karena itu, Pendidikan Kewarganegaraan tidak hanya mengandung ranah kognitif tetapi sekaligus mencakup ranah afektif dan psikomotorik. Setelah memperoleh Pendidikan Kewarganegaraan, para mahasiswa diharapkan menguasai dan memahami berbagai masalah dasar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta dapat mengatasinya dengan pemikiran kritis dan bertanggungjawab. Pendidikan Kewarganegaraan bermaksud memperluas cakrawala berpikir para mahasiswa sebagai warganegara Indonesia sekaligus sebagai pejuang bangsa dalam usaha menciptakan serta meningkatkan kesejahteraan dan keamanan nasional untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara demi terwujudnya aspirasi perjuangan nasional dengan tujuan untuk memupuk kesadaran bela negara dan berpikir komprehensif integral di kalangan mahasiswa dalam rangka ketahanan nasional.

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan bagian dari kelompok Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), sebagai mata kuliah wajib pada perguruan tinggi yang bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam pembentukan sikap mental dan jatidiri sebagai ...

Kapita Selekta Metodologi & Penulisan Ilmiah dalam Psikologi

“Kapita Selekta Metodologi & Penulisan Ilmiah dalam Psikologi” merupakan buku referensi bagi mahasiswa, dosen maupun profesional lain yang berkecimpung dalam kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah di bidang Psikologi yang butuh melengkapi pengetahuan dan ketrampilan dalam melakukan penelitian serta melaporkan hasil penelitiannya baik dalam rangka penulisan tugas akhir maupun penulisan karya ilmiah lainnya. Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman mengajar mata kuliah metodologi penelitian, membimbing penulisan tugas akhir khususnya berupa skripsi, serta memberikan seminar dan/atau lokakarya baik kepada mahasiswa maupun dosen. Ada 16 topik masing-masing disajikan sebagai bab dalam buku ini, meliputi tinjauan ringkas tentang perkembangan metodologi dalam Psikologi; kiat menuliskan pendahuluan, metode, penyajian hasil-pembahasan-kesimpulan dalam penulisan skripsi; gaya penulisan sumber acuan, pengorganisasian tulisan ilmiah melalui judul/subjudul, dan pelaporan hasil uji statistik mengikuti sistem APA (2020) yang terbaru; desain eksperimental kasus tunggal; koefisien Delta Ferguson; penelitian survei; wawancara dyadik; analisis tematik; debriefing; penulisan buku ajar; penulisan artikel ilmiah; serta mereview dan mengedit artikel ilmiah. Karena ditulis berdasarkan kebutuhan nyata, topik-topik yang disajikan di buku ini diharapkan benar-benar memberikan manfaat bagi mahasiswa dan dosen dalam bidang Psikologi maupun disiplin ilmu serumpun. Ω [Cetakan II Tahun 2024]

... research and current standards. Psycholocial Methods, 17(4), 1-28. doi: 10.1037/a0029312 Sternberg, R.J. (2005). The psychology's companion. A guide to scientific writing for students and researchers (4th ed.). Cambridge University ...

Manajemen Mutu dan Kepemimpinan Lembaga Pendidikan

Menyiapkan Faktor Sukses Kunci Implementasi Manajemen Mutu di Era Disrupsi Digital, VUCA-VUCA, dan AI

Di era disrupsi digital, VUCA, ChatGPT ini hampir tidak ada lagi sesuatu yang dapat diharapkan tetap. Buku ini mendukung Lembaga Pendidikan siap menghadapi aneka perubahan dahsyat tak terduga, dengan dikelola secara benar berbasis riset yang kredibel, sehingga terus melakukan transformasi dengan praksis manajemen yang berorientasi mutu menyeluruh: TQM dan ISO, yang intinya perbaikan berkelanjutan. Print on Demand

Di era disrupsi digital, VUCA, ChatGPT ini hampir tidak ada lagi sesuatu yang dapat diharapkan tetap.

Prosiding Seminar Pendidikan

Pendidikan Guru Sekolah Dasar "Pendidik HITS (Humanis, Informatif, Transformatif dan Sinergis) Penggerak Merdeka Belajar"

Program Studi PGSD USD tengah mempersiapkan calon pendidik yang HITS. Pendidik yang HITS berarti mampu memiliki semangat berinovasi, bertransformasi untuk semakin berkualitas. Selain itu harapannya mereka juga mampu bersinergi dengan berbagai pihak dan tetap mengunggulkan sikap humanis di tengah tantangan. Tidak hanya itu, mahasiswa juga disiapkan untuk menjadi pendidik yang membawa semangat merdeka belajar. Pendidikan yang sesuai dengan konteks kehidupan masyarakat yang ada di dalamnya adalah pendidikan yang memerdekakan. Transformasi pendidikan yang merdeka saat ini tidak cukup bila dilakukan dengan merubah model pembelajaran, metode mengajar guru, ataupun digitalisasi sarana-prasarana. Perubahan mendasar perlu diawali dengan mengenal permasalahan yang dialami masyarakat sehingga sekolah dapat menjadi tempat mencari solusi yang relevan. [PENGANTAR]

Program Studi PGSD USD tengah mempersiapkan calon pendidik yang HITS.

Teori Linguistik Sesudah Strukturalisme

Memasuki abad ke-21, berkembanglah teori-teori baru dalam linguistik. Karena muncul sesudah linguistik struktural berkembang cukup lama, teori-teori baru itu dapat disebut sebagai teori linguistik sesudah strukturalisme. Teori-teori linguistik sesudah strukturalisme termasuk ke dalam paradigma fungsional. Paradigma fungsional yang melatarbelakangi lahirnya teori-teori linguistik strukturalisme itu memiliki ciri tersendiri yang berbeda dengan ciri paradigma linguistik yang berkembang sebelumnya yang disebut paradigma formal. Buku ini disusun dengan tujuan untuk mengungkap berbagai teori linguistik sesudah strukturalisme dan sekaligus memaparkan ciriciri paradigma fungsional yang melatarbelakangi lahirnya teoriteori linguistik sesudah strukturalisme.

Maksim pengucapan tuturan menganjurkan partisipan komunikasi mengucapkan tuturan dengan jelas pada waktu berbicara. Maksim norma tindak tutur menganjurkan partisipan komunikasi memperhatikan norma tindak tutur yang lain, seperti urutan ...

Prosiding Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi "Pengembangan, Penerapan Dan Pendidikan 'Sains Dan Teknologi' Pasca Pandemi"

Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi dengan tema ““Pengembangan, Penerapan, dan Pendidikan 'Sains dan Teknologi' Pasca Pandemi” menghadirkan empat pembicara utama yakni Dr. Rosa Delima, S.Kom., M.Kom. (topik: MODEL OTOMATIS UNTUK ANALISIS, SPESIFIKASI, DAN VALIDASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK), Dr. L. N. Harnaningrum, S.Si., M.T. (topik: MODEL PENYIMPANAN DATA KREDENSIAL DI SMARTPHONE UNTUK MENDUKUNG TRANSAKSI MOBILE YANG AMAN), Dr. Iwan Binanto, S.Si., MCs. (topik: MODEL PENGENALAN SENYAWA KIMIA PADA LUARAN LIQUID CHROMATOGRAPY MASS SPECTROMETRY (LCMS) TANAMAN KELADI TIKUS), dan Dr. Ridowati Gunawan, S.Kom., M.T. (topik: PENINGKATAN KUALITAS HIGH-UTILITY ITEMSET MENGGUNAKAN PENDEKATAN SWARM INTELLIGENCE PADA KASUS ANALISIS KERANJANG BELANJA).

Keywords: honesty, environment care, distance learning Pendahuluan Lembaga pendidikan memiliki peran penting dalam mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan nasional bertujuan ...

Manajemen Keuangan Keputusan Pembelanjaan dan Kebijakan Dividen

Ilmu manajemen keuangan berkembang semakin pesat sampai sekarang dengan munculnya inovasi baru dalam pembelanjaan misalnya leasing, dan pertumbuhan perusahaan secara eksternal melalui konglomerasi, merger, akuisisi, dan manajemen keuangan internasional. Kebutuhan pengelolaan keuangan kemudian berkembang menjadi lebih khusus sehingga muncul bidang keuangan spesifik misalnya personal finance, corporate finance, dan public finance. Corporate finance (keuangan perusahaan) yang menjadi fokus bahasan dalam buku ini, muncul karena kebutuhan akan pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan suatu perusahaan. Apalagi sebagai organisasi yang berorientasi laba (profit oriented), perusahaan selalu dihadapkan pada permasalahan keuangan yang memerlukan pengambilan keputusan-keputusan penting agar perusahaan dapat berjalan lancar, bahkan semakin berkembang. Dalam ilmu manajemen keuangan, terdapat 2 (dua) kegiatan keuangan yaitu : pertama, bagaimana perusahaan memperoleh dana; dan kedua, bagaimana perusahaan menggunakan dana yang sudah diperolehnya tadi. Proses perusahaan memperoleh dana memunculkan keputusan pembelanjaan (financing decision) dan kebijakan dividen (dividend policy). Sedangkan proses perusahaan menggunakan dana yang sudah diperoleh menimbulkan keputusan investasi (investment decision). Buku ini secara khusus membahas upaya perusahaan mencari dana sehingga Bab-bab dalam buku ini terkait kegiatan perusahaan dalam pencarian dana yaitu financing decision dan dividend policy. Keputusan pembelanjaan (financing decision) sebenarnya dilakukan setiap orang dalam kehidupan sehari-hari, tetapi kadang menjadi agak sulit dipahami jika dihubungkan dengan konsep keputusan pencarian dana oleh perusahaan. Kebijakan dividen (dividend policy) sebenarnya juga mudah dipahami tetapi kadang menjadi terkesan agak sulit dipahami karena istilah-istilah teknis di dalamnya, misalnya stock split, repurchare of stock, dividend payout ratio, dan lain-lain. Maka disusunlah buku ini dengan tujuan memberikan pemahaman mengenai keputusan pembelanjaan dan kebijakan dividen sebuah perusahaan melalui penjelasan dan ilustrasi perhitungan sederhana yang mudah dipahami, sehingga diharapkan pembaca akan mendapatkan referensi Manajemen Keuangan yang sederhana dan mudah dipahami. Agar menjadi lebih menarik, pada setiap Bab diawali dengan isu atau informasi terkini terkait dengan bahasan pada Bab tersebut. Selain itu diberikan juga tujuan pembelajaran pada setiap Bab sebagai panduan untuk mempelajari dan memahami bahasan dalam Bab-bab di buku ini. Beberapa contoh pengerjaan soal dengan program microsoft excel juga dilampirkan sehingga memudahkan proses perhitungan soal-soal Manajemen Keuangan.

Maka disusunlah buku ini dengan tujuan memberikan pemahaman mengenai keputusan pembelanjaan dan kebijakan dividen sebuah perusahaan melalui penjelasan dan ilustrasi perhitungan sederhana yang mudah dipahami, sehingga diharapkan pembaca akan ...

Statistika Deskriptif Untuk Pendidikan Ekonomi

Bagi pembelajar bidang ilmu non esakta, statistika adalah alat bantu yang bermanfaat untuk melakukan analisis dan pengambilan keputusan terhadap suatu persoalan yang dihadapi. Artinya, paling hal utama yang perlu dilakukan pembelajar adalah memahami secara benar tentang konsep-konsep dan hubungan antar konsep yang menjadi fokus perhatiannya dan memiliki kemampuan dalam menentukan secara tepat alat statistika mana yang akan digunakannya. Buku ini memaparkan secara ringkas gambaran tentang statistika deskriptif untuk pendidikan ekonomi. Cakupan materi meliputi gambaran umum statistika, data statistika, penyusunan distribusi frekuensi dan penyajian data, penentuan nilai pemusatan data, penentuan nilai letak data, penentuan nilai penyebaran, penentuan ukuran keruncingan dan kecondongan kurva, penyusunan angka indeks, analisa data yang menunjukkan suatu pola tertentu (time series), dan korelasi dan regresi linear sederhana. Pada setiap bab disertai soal-soal latihan agar pengguna buku ini dapat semakin memperkaya pengetahuan dan mengasah keterampilan baik secara mandiri maupun kelompok terkait dengan materi yang telah dipelajarinya. Pada beberapa bab disertai penggunaan aplikasi SPSS untuk mempermudah proses pengolahan data dan menemukan nilai tertentu yang dicari secara lebih cepat dan akurat. Setiap akhir bab disertai refleksi yang dimaksudkan agar pembelajar dapat lebih memaknai proses belajar yang telah dilakukannya. Oleh sebab itu, pengguna buku ini disarankan untuk membaca secara utuh setiap bab, berlatih, dan melakukan refleksi. Buku ini dapat menjadi acuan belajar bagi mahasiswa pendidikan ekonomi, guru-guru ekonomi, dan masyarakat umum lainnya yang ingin belajar tentang statistika deskriptif.

Buku ini memaparkan secara ringkas gambaran tentang statistika deskriptif untuk pendidikan ekonomi.

Metodologi Penelitian Bisnis

Dalam tiga dekade terakhir buku ini ditulis, lingkungan bisnis mengalami banyak perubahan secara dramatis. Supaya seorang manajer makin lama pandai, ia makin memerlukan lebih banyak informasi. Misalnya, ada pertumbuhan teknologi yang dahsyat dan inovasi yang masih berlangsung terus di bidang komunikasi global. Perubahan-perubahan ini telah menciptakan kebutuhan akan pengetahuan baru bagi manajer. Kecenderungan ke arah kompleksitas proses pengambilan keputusan meningkatkan risiko yang berkaitan dengan keputusan tersebut. Para manajer harus memiliki informasi yang lebih banyak dan lebih baik sebagai dasar untuk pengambilan keputusan. Manajer harus mempunyai dasar informasi atau datebase yang dapat dipercaya. Juga dia harus sungguh-sungguh mengerti metode-metode ilmiah dan menggunakannya dalam proses mengambil keputusan. Manajer harus tahu perbedaan antara penelitian yang baik dan penelitian yang kurang baik. Teks buku ini juga akan menghadapi lingkungan bisnis yang makin lama makin rumit atau kompleks sehingga manajer harus pandai menggunakan alat-alat yang dapat digunakan untuk melaksanakan penelitian.

Dalam tiga dekade terakhir buku ini ditulis, lingkungan bisnis mengalami banyak perubahan secara dramatis.

Refleksi, Diskresi, dan Narasi

Sejarah Perjumpaan dengan Psikologi

Dalam usia 25 tahun dan situasi dunia yang demikian ambang, barangkali menjadi kesempatan komunitas Psikologi Universitas Sanata Dharma — atau katakanlah paguyuban widyani yang (asumsinya) berisi cendekiawan — untuk mempraktikkan diskresi dan merefleksikan dirinya dengan jeli melalui pertanyaan: (a) Bagaimana awal mula mempelajari Psikologi?, (b) Bagaimana seseorang berubah, diubah, serta berupaya mengubah apa yang selama ini dipelajarinya, yakni Psikologi?, (c) Perkara dan kompleksitas macam apa yang selama ini dihadapi saat berjumpa dengan Psikologi?, (d) Siasat macam apa yang digunakan dalam menghadapi kompleksitas termaksud?, dan (e) Keilmuan dan pendekatan macam apa yang perlu digagas demi sebuah dunia yang dibayangkan dan terarah pada kesejahteraan bersama (common-good)? Toh, kondisi reflektif dan diskretif hanya mungkin dilakukan kalau seseorang berada dalam suatu ambang. Perkara lebih mendasar dari pembuatan refleksi, diskresi, dan narasi dalam buku ini adalah: Bagaimana segala kisah naratif pengalaman masing-masing ditempatkan dalam sebuah konteks historis yang lebih besar? Horizon sejarah dalam narasi termaksud otomatis menjadikan isi tulisan ini sebagai sebuah data historiografis — dengan demikian, mestinya juga bicara soal sejarah suatu keilmuan. Perlu dipahami sejak awal bahwa rentang dan dedikasi waktu yang dicurahkan dalam keilmuan Psikologi akan berbeda antar-generasi. Justru, perbedaan dan pertemuan antargenerasi inilah yang hendak ditekankan. Singkat kata, setiap generasi memiliki narasinya sendiri.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. https://bnpb.go.id/berita/presiden-tetapkancovid19-sebagai-bencana-nasional Yamaguchi, K., Takebayashi, Y., Miyamae, M., Komazawa, A., Yokoyama, C., & Ito, M. (2020).