Sebanyak 53 item atau buku ditemukan

Isu Terkini Riset Akuntansi dan Peluang Riset Masa Depan

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Isu Terkini Riset Akuntansi dan Peluang Riset Masa Depan. Sistematika buku Isu Terkini Riset Akuntansi dan Peluang Riset Masa Depan ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan penerapan. Buku ini terdiri atas 14 bab yang dibahas secara rinci, yaitu: Riset Akuntansi Manajemen, Riset Akuntansi Keuangan, Riset Akuntansi Biaya, Riset Akuntansi Penganggaran, Riset Akuntansi Keperilakuan, Riset Sistem Informasi Akuntansi, Riset Akuntansi Syariah, Riset Akuntansi Perbankan, Riset Akuntansi Sektor Publik, Riset Akuntansi Sosial, Riset Akuntansi UMKM, Riset Perpajakan, Riset Akuntansi Pemeriksaan, dan Topik Terkini Riset Akuntansi Forensik.

Sistematika buku Isu Terkini Riset Akuntansi dan Peluang Riset Masa Depan ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan penerapan.

Falsafah dan Teori Keperawatan

Buku ini bermanfaat bagi mahasiswa keperawatan yakni Program Studi S1 Keperawatan karena materi yang dibahas sudah sesuai dengan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah Falsafah dan Teori Keperawatan berdasarkan kurikulum AIPNI 2021. Selain itu, buku ini sangat berguna bagi para perawat sebagai bahan referensi untuk meningkatkan pengetahuan akan falsafah dan teori keperawatan. Buku Ini Membahas Tentang: Konsep Falsafah Keperawatan, Konsep Paradigma Keperawatan, Teori dan Model Konsep Keperawatan, Metaparadigma Keperawatan, Konsep Grand Theory, Konsep Middle Range Theory, Konsep Practice Theory, Konsep Holistic Care, Konsep Berubah, Konsep Sistem, Review Theory Florence Nightingale, Review Theory Dorothea E. Orem, Review Theory Jean Watson.

Oleh karena itu, pelayanan keperawatan pada klien dapat menggunakan pendekatan suatu sistem. ... Pendekatan sistem dalam keperawatan merupakan suatu metode analisis, desain, dan manajemen untuk mencapai tujuan, yaitu menyelesaikan ...

Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Siswa SD/MI

Sebagai guru bahasa arab untuk siswa SD/MI, maka kita harus mengetahui bagaimana kesiapan siswa dalam belajar, bagaimana karakteristik siswa, dan kita harus mengetahui bagaimana cara pengajaran bahasa arab yang baik untuk siswa SD/MI. Dalam pengajaran komponen bahasa kosa kata (mufradat) maupun tata bahasa (qawaid) kita harus mengerti terlebih dahulu bagaimana karakteristik siswa yang akan kita ajar, dan materi yang akan diajarkan haruslah menarik. Dalam pembelajaran bahasa arab sebagai bahasa asing pertama yang diperkenalkan kepada siswa, guru adalah model yang ditiru siswa dalam menggunakan bahasa arab. Oleh karena itu, keterampilan bahasa lisan dan keterampilan tulisan dalam pembelajaran bahasa arab harus diajarkan untuk menghindari salah pengertian dan juga untuk memberi kesempatan seluasluasnya kepada siswa untuk mengunakan bahasa arab.

Sebagai guru bahasa arab untuk siswa SD/MI, maka kita harus mengetahui bagaimana kesiapan siswa dalam belajar, bagaimana karakteristik siswa, dan kita harus mengetahui bagaimana cara pengajaran bahasa arab yang baik untuk siswa SD/MI.

Media Pembelajaran Bahasa Arab

Di era globalisasi yang terus berkembang dan maju, masyarakat dituntut untuk lebih kreatif dalam mengimbangi kemajuan zaman. Sama halnya dunia pendidikan, seorang guru harus extra menguras otaknya guna memilah strategi atau metode yang cocok dan menarik minat siswa untuk mengikuti pelajaran. Agar suasana belajar lebih menyenangkan dan tidak membosankan maka dalam hal ini media sangat berperan penting untuk menghidupkan suasana kelas. Pada awalnya media hanya dianggap sebagai alat bantu mengajar guru yang berupa visual saja. Namun, seiring berjalannya waktu media kini semakin berkembang dan canggih mengikuti kemajuan zaman menjadi alat penyalur pesan yang menunjang PBM. Yang dulu hanya berupa visual, sekarang bisa ditemui media audio visual seperti film, televisi dan lain-lain.

Di era globalisasi yang terus berkembang dan maju, masyarakat dituntut untuk lebih kreatif dalam mengimbangi kemajuan zaman.

Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu

Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu adalah sebuah penelitian yang dilakukan guna mendapatkan informasi seputar pasar. Tujuan dari Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu adalah untuk mengetahui secara gamblang kondisi pasar yang kemudian diejawantahkan dalam bentuk strategi produksi dan pemasaran oleh suatu perusahaan. Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu sendiri merupakan suatu riset yang terintegrasi dengan ilmu komunikasi. Khususnya kajian komunikasi pemasaran. Dalam komunikasi pemasaran yang menjadi fokus kajiannya adalah seputar bagaimana aspek-aspek komunikasi digunakan dan diterapkan dalam prinsip-prinsip pemasaran. Komunikasi pemasaran mencakup advertising, strategi branding, hingga pelayanan konsumen. Penelitian yang dilakukan dalam Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu tersedia dalam beberapa bentuk. Salah satunya adalah riset eksploratori yang berguna untuk menetapkan hipotesis sementara. Berbeda dengan jenis riset lainnya yang fokus pada pengujian hipotesis ataupun mengkaji keterhubungan objek penelitian, riset ini membantu menemukan hipotesis. Hak ini selaras dengan salah satu tujuan Teori dan Praktis: Komunikasi Riset Pemasaran Terpadu yaitu memprediksi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi pada pasar di masa yang akan datang. Kemudian daripada itu, dalam Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu juga diperkenalkan 5 analisis yang kompatibel. Yaitu analisis anova dan manova, analisis Kovarian, chi square, analisis regresi dan korelasi, serta multidimensional Scaling. Di samping itu, buku ini juga merujuk pada beberapa penelitian terdahulu seputar Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu yang memungkinkan pemahaman langsung akan praktik dari Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu itu sendiri.

Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu adalah sebuah penelitian yang dilakukan guna mendapatkan informasi seputar pasar.

Komunikasi Pemasaran Terpadu

Pendekatan Tradisional Hingga Era Media Baru

Buku ini memberikan pemahaman kontekstual dan keterampilan komprehensif terkait komunikasi pemasaran terpadu, yang bisa digunakan sebagai strategi oleh pelaku bisnis dalam menciptakan keunggulan bersaing mempengaruhi khalayak konsumennya.

Buku ini memberikan pemahaman kontekstual dan keterampilan komprehensif terkait komunikasi pemasaran terpadu, yang bisa digunakan sebagai strategi oleh pelaku bisnis dalam menciptakan keunggulan bersaing mempengaruhi khalayak konsumennya.

English : The Legacy of Colonialism and New Form of imperialism

sejarah bahasa Inggris dan pengaruhnya terhadap kebijakan Bahasa di dunia dan Indonesia

Kebanyakan orang mungkin telah familiar dengan sebutan Bahasa Inggris sebagai Bahasa internasional, Bahasa Inggris sebagai Bahasa global atau bahkan Lingua Franca masyarakat dunia. Kita boleh saja percaya akan pernyataan itu ataupun menyanggahnya. Buku ini berusaha memberikan paparan fakta berupa sejarah dan analisa ilmiah tentang bagaimana sebuah bahasa kuno yang awalnya muncul di daratan Jerman utara, berekspansi ke kepulauan Britania dan kemudian secara cepat menyebar luas di seluruh dunia serta menjadi bahasa yang penggunaannya sangat dominan di berbagai bidang sampai sekarang. Buku ini juga secara khusus memaparkan sebuah kajian literatur tentang dominasi dan pengaruh Bahasa Inggris terhadap kebijakan bahasa, kondisi sosiokultural masyarakat dan ekosistem bahasa di Indonesia. Walaupun status Bahasa Inggris adalah asing di Indonesia, pada kenyataannya Bahasa Inggris justru menjadi bagian atau komponen dari berkembangnya identitas Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional serta bahasa lokal lainnya di Indonesia. Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) telah mengakui 6 (enam) jenis bahasa dunia sebagai bahasa resminya, yaitu Arab, Mandarin, Inggris, Perancis, Rusia dan Spanyol (Sumber: United Nations). Pemilihan bahasa resmi ini sudah sangat jelas didasarkan pada banyaknya jumlah pengguna keenam bahasa tersebut, yang terbukti paling besar di dunia. Menurut para peneliti bahasa, diantara 6 bahasa itu, hanya Bahasa Inggris lah yang penggunaannya paling variatif mencakup berbagai macam sektor kehidupan manusia. Secara angka, jumlah pengguna Bahasa Mandarin memang paling banyak, namun konteks dan ruang lingkup penggunaannya tidak sevariatif Bahasa Inggris. Penggunaan Bahasa Inggris secara masif telah mencakup banyak bidang, dari ilmu pengetahuan, politik, ekonomi, budaya hingga teknologi komunikasi dan informasi. Sebagai dampaknya, persebaran Bahasa Inggris di dunia bisa dikatakan paling cepat dibandingkan dengan kelima bahasa lainnya itu. Persebaran dan penggunaan Bahasa Inggris yang masif dan variatif ini tidak lepas dari sejarah kolonialisasi atau penjajahan bangsa Inggris dan Amerika Serikat di masa lalu. Akibatnya banyak negara bekas jajahan kedua bangsa ini yang dijadikan sebagai negara koloni. Namun, penjajahan bukanlah satu-satunya faktor alasan bagaimana Bahasa Inggris tersebar luas di berbagai bidang. Faktor lain yang secara signifikan mempengaruhi persebaran itu adalah Revolusi industri di negara Inggris dan munculnya kekuatan ekonomi baru bangsa Amerika Serikat sejak akhir abad ke-19 hingga sekarang. Sebagai dampaknya, Bahasa Inggris akhirnya mendapatkan status khusus di banyak negara sebagai bahasa kedua atau bahasa asing yang paling penting untuk dipelajari. Bahasa Inggris bahkan juga telah digunakan sebagai bahasa pengantar berbagai macam pertemuan dan forum internasional di dunia. Atas pertimbangan pentingnya penguasaan Bahasa Inggris, masyarakat di berbagai belahan dunia kemudian berlomba-lomba mempelajarinya. Mereka meyakini bahwa dengan menguasai Bahasa Inggris, mereka akan mendapatkan banyak keuntungan, baik dalam pengembangan karir, ilmu pengetahuan maupun relasi. Mereka bahkan rela mengeluarkan dana yang tidak sedikit agar berhasil mempelajari dan menguasainya. Supaya bisa bekerja di tempat yang baik atau bersekolah di luar negeri, banyak pula anak-anak muda menghabiskan tenaga, pikiran, waktu dan uang untuk berlatih Bahasa Inggris dan mendapatkan skor TOEFL atau IELTS yang tinggi sebagai salah satu syarat wajibnya. Banyak juga orang tua yang memasukkan anaknya di tempat kursus Bahasa Inggris atau sekolah internasional karena menyadari akan pentingnya bahasa ini bagi anak-anak mereka di masa depan. Fenomena mempelajari dan menggunakan Bahasa Inggris yang masif ini ternyata juga terjadi di Indonesia. Menjamurnya pendidikan formal dan non-formal berlabel internasional serta kursus Bahasa Inggris di kota-kota besar menjadi bukti akan kuatnya ketertarikan masyarakat untuk menguasai bahasa asing ini dan mendapatkan keuntungan besar darinya. Selain keuntungan karir dan pendidikan, masyarakat bisa memperoleh manfaat lainnya. Ketika menjalankan bisnis misalnya, mereka cenderung lebih sering menggunakan istilah Bahasa Inggris untuk menarik perhatian para pelanggan dan relasi mereka. Masyarakat sepertinya telah memiliki pola pikir akan keyakinan bahwa penggunaan istilah dalam Bahasa Inggris dalam segala kegiatan usahanya itu lebih menjual dan terlihat lebih intelektual dan keren dibandingkan dengan menggunakan istilah dalam Bahasa Indonesia. Sebagai bukti, banyak sekali ditemukan kata, frase atau bahkan kalimat yang dijadikan sebagai slogan atau penguatan merk (Branding) pada berbagai macam produk yang dijual. Fenomena ini biasa dikenal dengan sebutan “English fever” atau secara harfiah bermakna “Demam Bahasa Inggris” oleh para peneliti bahasa. Demam Bahasa Inggris faktanya tidak hanya menjangkiti orang-orang yang tinggal di perkotaan, tapi juga masyarakat yang hidup di berbagai pelosok tanah air. Banyak kalangan masyarakat cenderung menggunakan istilah-istilah Bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari mereka dan banyak pula anak muda yang mencampuradukkan Bahasa Indonesia dengan Bahasa Inggris ketika berkomunikasi dengan teman-temannya. Para peneliti bahasa menyebut kebiasaan ini dengan istilah “Word borrowing” atau “Loanwords,” yang berarti peminjaman kata dari Bahasa Inggris kedalam Bahasa Indonesia dan “Code-switching,” yang maknanya alih kode bahasa serta “Code-mixing” atau campur kode bahasa. Kebiasaan ini ternyata sudah berlangsung lama di Indonesia, sehingga banyak sekali istilah-istilah Bahasa Inggris yang akhirnya secara resmi diserap kedalam Bahasa Indonesia atau bahasa lokal lainnya. Kondisi ini menjadi dilematis karena di satu sisi, status Bahasa Inggris adalah bahasa asing di Indonesia, tapi disisi lain, Bahasa Inggris juga berperan menjadi bagian dari perkembangan identitas Bahasa Indonesia dan bahasa lokal lainnya di Indonesia. Berdasarkan kajian tersebut, yang didukung oleh berbagai referensi ilmiah, julukan Bahasa Inggris sebagai warisan kolonialisme dan bentuk imperialisme baru memang sudah tepat, yang akhirnya dijadikan sebagai judul buku ini.

Kebanyakan orang mungkin telah familiar dengan sebutan Bahasa Inggris sebagai Bahasa internasional, Bahasa Inggris sebagai Bahasa global atau bahkan Lingua Franca masyarakat dunia.

Studi Kelayakan Bisnis

Konsep Dasar Bisnis, Arti Penting Studi Kelayakan Bisnis Serta Ruang Lingkupnya, Aspek Hukum, Aspek Organisasi, Aspek Sumber Daya Manusia, Aspek Pasar, Aspek Pemasaran, Aspek Perilaku Konsumen, Aspek Teknis/Operasi, Aspek Keuangan, Aspek Penilaian Investasi, Aspek Politik, Ekonomi Dan Amdal Dan Ccontoh Bentuk Desain Pelaporan Studi Kelayakan Bisnis

Konsep Dasar Bisnis, Arti Penting Studi Kelayakan Bisnis Serta Ruang Lingkupnya, Aspek Hukum, Aspek Organisasi, Aspek Sumber Daya Manusia, Aspek Pasar, Aspek Pemasaran, Aspek Perilaku Konsumen, Aspek Teknis/Operasi, Aspek Keuangan, Aspek ...

PEMBELAJARAN DIGITAL

Meningkatnya kecenderungan manusia terhadap teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di era informasi ini sesungguhnya memiliki kaitan secara langsung dengan peningkatan tahap literasi komputer, literasi informasi, dan juga tingkat kesejahteraan masyarakat. Semua faktor tersebut satu dengan lainnya saling melengkapi dan tidak bisa dipisahkan. Selain itu, minat membaca masyarakat juga semakin meningkat sehingga berdampak pada pemenuhan berbagai sumber yang mudah dan cepat diakses. Pembelajaran digital sebagai salah satu alternatif dalam dunia pendidikan yang dapat memberikan layanan dan sumber pembelajaran yang mudah dan cepat diakses. Pembelajaran digital dikembangkan menuju pada terwujudnya sistem pendidikan terpadu yang dapat membangun konektivitas antar komponen yang ada dalam pendidikan sehingga pendidikan menjadi lebih dinamis dan fleksibel bergerak dalam mengadakan komunikasi guna memperoleh dan meraih peluang-peluang yang ada untuk pengembangan pendidikan. Sudah barang tentu semua ini harus diikuti oleh kesiapan seluruh komponen sumber daya manusia baik dalam cara berpikir, orientasi, perilaku, sikap dan sistem nilai yang mendukung pemanfaatan pembelajaran digital untuk kemaslahatan manusia.

Beberapa Negara di Eropa memiliki kurikulum mulai untuk anak usia dini hingga perguruan tinggi. Sebagian mengemasnya menjadi bagian dari pembelajaran tematik (tidak menggunakan mata pelajaran literasi media).

PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI

Komunikasi merupakan cara manusia untuk menyampaikan sebuah gagasan atau kemauan dan lain sebagainya. Dengan upaya tersebut, manusia dapat saling berhubungan satu sama lainnya.

Sosiologi Komunikasi Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta. Prenada Media Group Cangara, H. (2007). Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Cangara, Hafied. (2009).