Sebanyak 441 item atau buku ditemukan

MODEL-MODEL PEMBELAJARAN PPKn DI SD/MI TEORI DAN IMPLEMENTASINYA UNTUK MEWUJUDKAN PELAJAR PANCASILA

Buku Model-Model Pembelajaran PPKn di SD/MI ini ditulis untuk mempertajam pengetahuan melalui teori-teori dalam mengajarkan PPKn kepada peserta didik di SD/MI serta mengimplementasikannya sehingga peserta didik tersebut menjadi pelajar yang Pancasilais. Kehadiran buku ini sangat berperan penting dalam menambah pengetahuan bagi mahasiswa, guru, maupun dosen khususnya di bidang Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)/Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan juga dapat dijadikan sebagai sumber referensi khususnya pada pembelajaran PPKn. Buku ini berisi tentang pengajaran dan pembelajaran, model pembelajaran berdasarkan teori, hakikat model pembelajaran PPKn, dan bineka model pembelajaran PPKn.

Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Tematik terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 298–306. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1249 Muliawan, J. U. (2016).

Being Fluent with Information Technology

Computers, communications, digital information, software—the constituents of the information age—are everywhere. Being computer literate, that is technically competent in two or three of today’s software applications, is not enough anymore. Individuals who want to realize the potential value of information technology (IT) in their everyday lives need to be computer fluent—able to use IT effectively today and to adapt to changes tomorrow. Being Fluent with Information Technology sets the standard for what everyone should know about IT in order to use it effectively now and in the future. It explores three kinds of knowledge—intellectual capabilities, foundational concepts, and skills—that are essential for fluency with IT. The book presents detailed descriptions and examples of current skills and timeless concepts and capabilities, which will be useful to individuals who use IT and to the instructors who teach them.

It explores three kinds of knowledge_intellectual capabilities, foundational concepts, and skills_that are essential for fluency with IT. The book presents detailed descriptions and examples of current skills and timeless concepts and ...

Manajemen Madrasah: Teori, Riset dan Praktik

Madrasah merupakan lembaga pendidikan yang memiliki sejarah panjang dan berdiri pada teritorial yang sangat panjang dari Afrika, sampai Asia. Penamaannya juga bervariasi jenjang. Ada yang menyebut madrasah sebagai bentuk pendidikan dasar dan menengah dan adapula yang menyebut bentuk pendidikan tinggi. Disamping itu madrasah memiliki keunikan di masing-masing negara, tetapi yang hampir mirip di semua negara tersebut, madrasah menerima siswa dari orang tua dengan golongan ekonomi yang rendah dan perhatian pemerintah sangat kecil. Buku ini disusun berdasar teori, riset dan praktek pengelolaan madrasah yang berupaya memberi wawasan dan wacana baru dalam mewujudkan madrasah yang sesuai perkembangan jaman sekaligus tidak meninggalkan misi sucinya dalam mendidik generasi muda yang tafaqquh fiddin. Cakupan buku ini dari yang besifat kajian historis, sosiologis, dan manajemen tentang madrasah baik internasional, regional, nasional maupun local sehingga bisa menambah penguatan bagi optimisme pengembangan madrasah. Buku ini berisi tentang Madrasah Around The World, Pendidikan Dan Madrasah Di Indonesia, Madrasah Dalam Perspektif Kelembagaan, Manajemen Kesiswaan Madrasah, Pengembangan Kurikulum Madrasah, Pengembangan Sumber Daya Manusia Madrasah, Manajemen Sarana Prasarana Madrasah, Manajemen Pembiayaan Pendidikan, serta Manajemen Website dan Media Sosial.

Kriteria Ruang Laboratorium Sesuai Jenjang Pendidikan MI/SD MTs/SMP - Rasio laboratorium minimum komputer luas ruang 2 m2/peserta didik. Luas minimum ruang laboratorium komputer 30 m2. Lebar laboratorium minimum IPA ruang 5 m.

Sejarah Dakwah

Islam yang berkembang ke seluruh dunia berasal dari Jazirah Arab yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. Berkembangnya Islam adalah karena dakwah. Selanjutnya, perjalanan dakwah ini dapat diketahui melalui disiplin ilmu yang bernama sejarah dakwah. Oleh karena itu, mempelajari sejarah dakwah sangat penting bagi umat Islam. Buku ini membahas dakwah pada masa Rasulullah, Khulafaur Rasyidin, Bani Umaiyah, Bani Abbasiyah, dan Turki Utsmani. Dakwah di Afrika, Spanyol, Asia Selatan, Asia Tengah, dan Asia Tenggara; juga dibahas di sini. Selain itu, dakwah pada masa kontemporer turut dijelaskan, seperti dakwah di Indonesia, Eropa, Amerika, dan Australia. Buku ini merupakan buku teks mata kuliah sejarah dakwah yang komprehensif. Oleh karena itu, buku ini merupakan referensi wajib bagi mahasiswa Fakultas Dakwah di UIN, IAIN, STAIN, dan PTAIS. Buku ini juga perlu dibaca oleh para aktivis dakwah yang ingin membumikan Islam di Indonesia.

... Civilization. New York. Lapidus, Ira M. 1988. A History of Islamic Societies. New York: Cambridge University Press ... Islam. London: Oxford University Press. Mahmudunnasir, Syed. 1994. Islam Konsepsi dan Sejarahnya. Bandung ...

Strategi Pembelajaran Fiqih Kontemporer

Proses pembelajaran dalam mencapai tujuan kegiatan pembelajaran yang telah ditentukan. Dalam mengajar Pembelajaran Fiqih, seorang pendidik perlu menggunakan strategi pembelajaran untuk memudahkan dalam menyampaikan suatu materi Pembelajaran Fiqih pada peserta didik, sehingga peserta didik dapat dengan mudah mencerna dan memahami suatu materi pembelajaran dengan baik.

Proses pembelajaran dalam mencapai tujuan kegiatan pembelajaran yang telah ditentukan.

KONVERSI ENERGI: MANAJEMEN, PRINSIP, DAN APLIKASI

Buku ini disusun sebagai buku teks untuk perkuliahan dasar konversi energi. Buku ini juga disesuaikan sebagai referensi bagi para profesional yang bekerja pada bidang manajemen dan konversi energi. Pembaca diasumsikan memiliki pengetahuan dasar tentang termodinamika, perpindahan panas dan massa, sistem listrik dan elektronika daya, serta dasar pemrogaman komputer. Sistematika penulisan buku ini terdiri dari 20 bab yang dapat dikelompokkan sebagai berikut: Bab 1-4: Membahas prisip umum transformasi energi, manajemen energi, dan sumber energi terbarukan. Bagian ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum pada pembaca tentang konversi dan manajemen energi, dari sumber energi hingga pengguna energi. Bab 5 dan 6: Membahas tentang gardu listrik dan pembangkit listrik tenaga uap. Keduanya diinvestigasi dan disediakan saran peningkatan efisiensinya. Bab 7 dan 8: Membahas jaringan listrik internal dan sistem distribusi fluida dari fasilitas ke pengguna akhir. Bab 9: Membahas pembangkit kogenerasi dan trigenerasi. Bab 10 dan 11: Membahas fasilitas pabrik untuk memindahkan cairan seperti pompa, kipas, dan kompresor. Bab 12-14: Membahas fasilitas pabrik seperti pendingin, sistem HVAC, dan sistem pencahayaan. Bab 15: Membahas pemulihan panas dari proses dan fasilitas penukar panas. Bab 16: Membahas pengelolaan limbah dari proses dan fasilitas penukar panas. Bab 17: Membahas audit energi, penghitungan energi untuk kontrol dan perencanaan, dan kontrol terpusat. Bab 18: Membahas peran pendidikan dalam konversi dan manajemen energi. Bab 19: Membahas analisis ekonomi untuk investasi hemat energi. Bab 20: Memberikan kesimpulan, rumus dasar, data, dan indeks kinerja utama/key performance index (KPI). Contoh praktis diberikan untuk kasus dasar. terutama untuk bagian fasilitas. Kasus dasar yang disajikan dapat dengan mudah dikembangkan untuk aplikasi yang lebih rumit, termasuk pada sistem proses. Evaluasi teknis dikembangkan untuk aplikasi yang lebih rumit, termasuk pada sistem proses. Evaluasi teknis ditunjukkan pada akhir setiap bab. Tabel yang disajikan pada buku ini diirancang untuk memfasilitasi elaborasi data dengan lembar kerja standar.

Buku ini disusun sebagai buku teks untuk perkuliahan dasar konversi energi.

Jejak Esai Ekonomi Politik

Ekonomi politik adalah suatu interdisiplin Ilmu antara ilmu ekonomi dan politik. Ilmu ekonomi secara fungsional, tak bisa sebagai ilmu ekonomi murni an sich. Oleh sebab itu, butuh pelaku dan kebijakan. Dalam kaitan demikianlah, ekonomi dan politik mengalami elaborasi, sebagai suatu ekonomi politik dalam mencapai tujuan-tujuan tertentu. Tujuan dari ekonomi politik, adalah untuk merespons berbagai fenomena ekonomi yang terjadi. Fenomena yang meniscayakan ekonomi dan politik yang saling berinteraksi. Saling membutuhkan. Ekonomi membutuhkan politik dan aktor sebagai suatu policy dan policy maker. Di antaranya (ekonomi dan politik) berlandaskan pada sikap metodologis individu, bahwa apakah suatu peristiwa itu sebagai suatu ekonomi murni atau suatu ekonomi politik. Sudah satu dekade lebih penulis melewati proses konkret ekonomi politik di pusaran pengambil kebijakan. Proses tersebut memberikan perspektif dan dinamika bagi penulis yang terdeskripsi dalam buku ini sebagai jejak narasi ekonomi politik.Kendatipun buku ini merupakan antologi dari berbagai refleksi penulis di media mainstream dan lini masa, namun kondisi objektif yang direfleksikan secara keseluruhan, menggambarkan corak ekonomi politik dengan ulasan yang beragam. Dengan harapan, pembaca bisa menangkap maksud buku ini dari berbagai sisi peristiwa. Jejak Esai Ekonomi Politik ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Dengan harapan, pembaca bisa menangkap maksud buku ini dari berbagai sisi peristiwa. Jejak Esai Ekonomi Politik ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah

penuntun bagi guru dan orang tua