Sebanyak 2278 item atau buku ditemukan

PENGEMBANGAN KURIKULUM TEMATIK ANAK USIA DINI

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Karakteristik kurikulum 2013 adalah salah satunya tematik. Model pembelajaran tematik sejatinya adalah model pembelajaran terpadu yang menggabungkan berbagai mata pelajaran untuk dijadikan satu keutuhan dalam satu tema. namun, mengingat bahwasanya dalam pendidikan anak usia dini tidak memiliki mata pelajaran, maka tematik disini adalah mengaitkan satu tema dengan seluruh perkembangan anak usia dini yang berdasarkan kurikulum 2013 ada 6 aspek perkembangan yaitu spiritual, sosial emosional, kognitif, bahasa, keterampilan dan terakhir adalah seni. Hal yang harus diperhatikan dalam model pembelajaran tematik adalah tema yang diangkat sesuai dengan berbagai macam pengalaman siswa dan lingkungannya. Dalam buku ini akan membahas sebagai berikut : 1) hakikat Konsep Pembelajaran tematik 2) Pengembangan Media Pembelajaran Tematik 3) Desain pelaksanaan Pembelajaran Tematik Bagi AUD 4) Model Pembelajaran Tematik 5) Penyusunan Satuan Kegiatan Harian Pembelajaran RA Semoga buku kolaborasi antar Perguruan Tinggi ini dapat bermanfaat bagi dunia akademik khususnya dan menambah khazanah keilmuan dibidang Pendidikan

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Pengembangan Kurikulum dan Implementasi Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar

Buku Pengembangan Kurikulum dan Implementasi Pembelajaran Inklusi Sekolah Dasar ini merupakan sumber rujukan bagi para peneliti, mahasiswa calon guru, maupun para guru yang akan mengimplentasikan pembelajaran inklusi di kelas. Kehadiran buku ini memberikan suatu wacana dan arah tentang langkah-langkah dalam pengembangan kurikulum dengan paradigma inklusif. Langkah-langkah dimulai dengan asesmen kondisi peserta didik untuk menemukan kebutuhan belajarnya, serta penentuan kompetensi yang dicapai dan rumusan tujuan melalui indikator capaian belajar, penentuan materi, metode, sumber belajar, media belajar, serta evaluasi belajar dengan mengakomodasi peserta didik yang beragam. Untuk itu, kehadiran buku ini wajib dibaca, dikaji, dan dipergunakan oleh semua pihak yang peduli terhadap pendidikan yang benar dan yang ramah untuk semua anak, serta tidak diskriminatif.

Buku Pengembangan Kurikulum dan Implementasi Pembelajaran Inklusi Sekolah Dasar ini merupakan sumber rujukan bagi para peneliti, mahasiswa calon guru, maupun para guru yang akan mengimplentasikan pembelajaran inklusi di kelas.

HUKUM PERBANKAN

Analisis Mengenai Prinsip, Produk, Risiko Dan Manajemen Risiko Dalam Perbankan

Pentingnya peran perbankan karena berpengaruh pada kegiatan ekonomi guna memajukan perekonomian negara, perbankan dianggap sebagai salah satu fondasi utama sebagai penopang dan penggerak ekonomi nasional karena berfungsi sebagai lembaga perantara atau lembaga intermediasi (intermediary institution) antara pemilik uang dan yang membutuhkan uang, sebagaimana diatur dalam Pasal 3 UU Perbankan1. Jadi dalam konteks bank sebagai lembaga intermediasi juga tidak lepas peran penting bank sebagai sebagai penopang sistem pembayaran nasional yang merupakan penunjang utama dalam pergerakan dan peningkatan perekonomian nasional dalam rangka pelaksanaan dan peningkatan pembangunan nasional, sehingga disebut juga sebagai agen pembangunan (agent of development) yang berfungsi sebagai katalisator positif dalam mengakumulasi modal untuk pembangunan.

Pentingnya peran perbankan karena berpengaruh pada kegiatan ekonomi guna memajukan perekonomian negara, perbankan dianggap sebagai salah satu fondasi utama sebagai penopang dan penggerak ekonomi nasional karena berfungsi sebagai lembaga ...

Manajemen Risiko Perbankan

Buku ini terdiri dari beberapa bahasan, mulai dari bahasan tentang pemahaman risiko dan manajemen risiko, dilanjutkan beberapa risiko yang harus dihadapi oleh sektor perbankan, hingga tata kelola bank yang baik. Dengan bahasan yang cukup lengkap tersebut, diharapkan kehadiran buku ini dapat menjadi salah satu referensi bagi semua pihak yang memerlukannya. Secara lengkap buku ini membahas tentang: Bab 1 Pemahaman Risiko dan Manajemen Risiko Bab 2 Risiko Perbankan dan Regulasi Perbankan Bab 3 Permodalan Bank Bab 4 Risiko Kredit Bab 5 Risiko Pasar Bab 6 Risiko Likuiditas Bab 7 Risiko Operasional Bab 8 Risiko Strategi Bab 9 Tata Kelola Bank Yang Baik Semoga dapat memberikan sumbangsih keilmuan dan menambah wawasan bagi semua pihak terutama para akademisi, praktisi dan pihak-pihak yang tertarik dalam pengembangan ilmu manajemen lebih khusus bidang manajemen risiko di sektor perbankan.

Buku ini terdiri dari beberapa bahasan, mulai dari bahasan tentang pemahaman risiko dan manajemen risiko, dilanjutkan beberapa risiko yang harus dihadapi oleh sektor perbankan, hingga tata kelola bank yang baik.

Ekonomi Makro

Pengantar Ilmu Ekonomi Makro

Dalam buku ini dijelaskan secara sederhana tentang konsep dan konteks ekonomi makro dan ilmunya. pada bagian akhir di sampaikan sedikit ide untuk melakukan riset tentang Pertumbuhan ekonomi, Inflasi dan Pengangguran secara NonRecursive. Selamat Membaca

Dalam buku ini dijelaskan secara sederhana tentang konsep dan konteks ekonomi makro dan ilmunya. pada bagian akhir di sampaikan sedikit ide untuk melakukan riset tentang Pertumbuhan ekonomi, Inflasi dan Pengangguran secara NonRecursive.

Ekonomi Islam SMK/MAK Kelas XI

Buku ini disusun dengan memperhatikan Struktur Kurikulum SMK berdasarkan Kurikulum 2013 edisi revisi spektrum PMK 2018 dan jangkauan materi sesuai dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar untuk kelompok C3 Kompetensi Keahlian. Buku ini diharapkan memiliki presisi yang baik dalam pembelajaran dan menekankan pada pembentukan aspek penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Materi pembelajaran disajikan secara praktis, disertai soal-soal berupa tugas mandiri, tugas kelompok, uji kompetensi, dan penilaian akhir semester gasal dan genap. Buku ini disusun berdasarkan Pemendikbud No 34 tahun 2018 Tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK, pada lampiran II tentang standar Isi, lampiran III tentang Standar Proses dan lampiran IV tentang Standar Penilaian. Acuan KI dan KD mengacu pada Peraturan Dirjen Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan No: 464/D.D5/Kr/2018 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar. Berdasarkan hasil telaah ilmiah, buku ini sangat sistematis, bermakna, mudah dipelajari, dan mudah diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas. Ditinjau dari aspek isi, buku ini cukup membantu siswa dalam memperkaya dan mendalami materi. Pemakaian buku ini juga dapat menantang guru untuk berinovasi dalam pembelajaran sesuai konteks di kelas masing-masing.

Buku ini disusun dengan memperhatikan Struktur Kurikulum SMK berdasarkan Kurikulum 2013 edisi revisi spektrum PMK 2018 dan jangkauan materi sesuai dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar untuk kelompok C3 Kompetensi Keahlian.

Analisis Ekonomi Jawa Barat

Buku ini merupakan wujud akhir dari rangkaian proses yang diawali oleh kegiatan seminar. Seminar dengan tajuk “Pemulihan Ekonomi Jawa Barat” telah dilaksanakan pada tanggal 14 September 2002 yang membahas sebagian makalah-makalah yang kami sajikan ke dalam bagian pertama dan kedua yaitu ekonomi makro dan sektoral Jawa Barat. Sedangkan makalah-makalah yang terhimpun pada bagian ketiga memfokuskan pembahasan tentang kewirausahaan dan KUKM (Koperasi dan Usaha Kecil Menengah). Tulisan-tulisan pada bagian ini telah pula dipresentasikan pada seminar yang kedua dengan tema “Prospek Perekonomian dan Kewirausahaan Jawa Barat” pada tanggal 20 Februari 2003. Buku ini diharapkan dapat memberikan dorongan pemikiran lebih lanjut dan luas bagi mahasiswa, dosen, masyarakat dan penentu kebijakan pembangunan ekonomi Jawa Barat di masa yang akan datang.

Buku ini merupakan wujud akhir dari rangkaian proses yang diawali oleh kegiatan seminar.

Blended learning : suatu panduan

Blended learning adalah sebuah kemudahan pembelajaran yang menggabungkan berbagai cara penyampaian, model pengajaran, dan gaya pembelajaran, memperkenalkan berbagai pilihan media dialog antara fasilitator dengan orang yang mendapat pengajaran. Blended learning juga sebagai sebuah kombinasi pengajaran langsung (face-to-face) dan pengajaran online, tapi lebih daripada itu sebagai elemen dari interaksi sosial.

Blended learning adalah sebuah kemudahan pembelajaran yang menggabungkan berbagai cara penyampaian, model pengajaran, dan gaya pembelajaran, memperkenalkan berbagai pilihan media dialog antara fasilitator dengan orang yang mendapat ...

Blended Learning in Practice

A Guide for Practitioners and Researchers

A guide to both theory and practice of blended learning offering rigorous research, case studies, and methods for the assessment of educational effectiveness. Blended learning combines traditional in-person learning with technology-enabled education. Its pedagogical aim is to merge the scale, asynchrony, and flexibility of online learning with the benefits of the traditional classroom—content-rich instruction and the development of learning relationships. This book offers a guide to both theory and practice of blended learning, offering rigorous research, case studies, and methods for the assessment of educational effectiveness. The contributors to this volume adopt a range of approaches to blended learning and different models of implementation and offer guidelines for both researchers and instructors, considering such issues as research design and data collection. In these courses, instructors addressed problems they had noted in traditional classrooms, attempting to enhance student engagement, include more active learning strategies, approximate real-world problem solving, and reach non-majors. The volume offers a cross-section of approaches from one institution, Georgia Tech, to provide both depth and breadth. It examines the methodologies of implementation in a variety of courses, ranging from a first-year composition class that incorporated the video game Assassin's Creed II to a research methods class for psychology and computer science students. Blended Learning will be an essential resource for educators, researchers, administrators, and policy makers. Contributors Joe Bankoff, Paula Braun, Mark Braunstein, Marion L. Brittain, Timothy G. Buchman, Rebecca E. Burnett, Aldo A. Ferri, Bonnie Ferri, Andy Frazee, Mohammed M. Ghassemi, Ashok K. Goel, Alyson B. Goodman, Joyelle Harris, Cheryl Hiddleson, David Joyner, Robert S. Kadel, Kenneth J. Knoespel, Joe Le Doux, Amanda G. Madden, Lauren Margulieux, Olga Menagarishvili, Shamim Nemati, Vjollca Sadiraj, Donald Webster

This book offers a guide to both theory and practice of blended learning, offering rigorous research, case studies, and methods for the assessment of educational effectiveness.