Buku ini menjelaskan tentang model dan metode pembelajaran Inovatif yang digunakan dalam pembelajaran diharapkan dapat mendorong peran aktif peserta pelatihan. Akhirnya, ucapan terima kasih dan penghargaan kami sampaikan kepada tim penyusun dan tim penyempurna atas tenaga dan pikiran yang dicurahkan untuk mewujudkan modul ini.
Buku ini menjelaskan tentang model dan metode pembelajaran Inovatif yang digunakan dalam pembelajaran diharapkan dapat mendorong peran aktif peserta pelatihan.
Buku MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA KARTU HURUF, BELAJAR ASYIK UNTUK SISWA KELAS 1 SD ini berisi pengetahuan tentang pembelajaran penjumlahan dan pengurangan dengan Model Pembelajaran Make A Match. Panduan dalam buku disusun secara runtut dari hasil riset untuk penerapan metode di setiap siklus pembelajaran. Metode didasarkan dari hasil wawancara siswa sehingga siswa tidak merasa jenuh dan semangat dalam belajar. Keadaan ini membuat prestasi belajar siswa juga meningkat sesuai target yang ditetapkan. Pembaca dapat menemukan contoh riset yang telah dilakukan, yang hasilnya menunjukkan bahwa keaktifan siswa dari prasiklus, siklus 1 dan siklus 2 mengalami peningkatan. Prestasi belajar siswa tuntas dengan KKM telah ditetapkan pada tiap siklus menuju siklus berikutnya sehingga dapat memberi gambaran jelas untuk para pembaca.
Buku MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA KARTU HURUF, BELAJAR ASYIK UNTUK SISWA KELAS 1 SD ini berisi pengetahuan tentang pembelajaran penjumlahan dan pengurangan dengan Model Pembelajaran Make A Match.
Buku ini membahas tentang: 1. Pengertian Merdeka Belajar 2. Jenis Belajar Anak 3. Metode Active Learning Model Think Pair Share 4. Metode Active Learning Model Jigsaw 5. Metode Active Learning Model Problem Based Learning 6. Model Pembelajaran Flipped Classroom 7. Blended Learning 8. Project Based Learning
Pendidikan memiliki peran penting dan strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan minat peserta didik, memperluas dan mengembangkan horizon keilmuwan mereka dan membantu mereka agar mampu menjawab tantangan dan gagasan baru di masa datang. Sehingga pendidikan, khususnya sekolah, harus memiliki sistem pembelajaran yang menekankan pada proses dinamis yang didasarkan pada upaya meningkatkan keingintahuan peserta didik tentang dunia. Salah satu mata pelajaran yang berperan penting dalam pendidikan karena digunakan secara luas dalam segala bidang kehidupan manusia adalah matematika. Mengingat peranan matematika yang begitu penting, maka pelajaran matematika diajarkan disetiap jenjang pendidikan. Namun kenyataan dilapangan, pelajaran matematika masih dianggap sebagai momok yang menakutkan juga membosankan. Kondisi ini mengakibatkan mata pelajaran matematika tidak disenangi dan tidak diperdulikan. Sangatlah penting bagi guru memahami karakteristik peserta didik dan metodologi pembelajaran dalam proses pembelajaran terutama yang berkaitan dengan pemilihan terhadap model pembelajaran. Model pembelajaran yang dipilih harus sejalan dengan topik pelajaran yang akan disajikan. Salah satu model pembelajaran yang tepat untuk membuat peserta didik lebih aktif adalah pembelajaran kooperatif. Salah satu alternatif pendekatan yang dapat digunakan yaitu dengan pendekatan Quantum Teaching. Pendekatan Quantum Teaching adalah pendekatan pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk berperan aktif dalam belajar dengan menggunakan pengetahuan dasar peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan mereka dan memperoleh pengetahuan baru Semoga buku ini bermanfaat bagi mahasiswa dan dosen dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
Bangun datar adalah salah satu materi matematika yang harus dikuasai. Salah satu materinya adalah sifat-sifat bangun datar. Dalam pembelajaran sifat bangun datar siswa belum dapat mengingat semua sifat-sifat bangun karena ada beberapa sifat untuk tiap- tiap bangun datar. Siswa akan lebih mudah mengingat materi dengan baik apabila pada proses pembelajaran menyenangkan. Pembelajaran Cooperative Learning model STAD dirasakan oleh siswa menyenangkan dan membuat siswa aktif dalam berdiskusi dan berpendapat karena memiliki keunggulan merangsang daya pikir, kemampuan berargumen, dan keaktifan siswa.
Fenomena teknologi yang digunakan dalam proses saat ini mencapai akselerasi yang luar biasa. Teknologi dalam pembelajaran yang dipelajari beberapa tahun yang lalu mulai tergantikan dengan teknologi yang baru termasuk berbagai cara pembelajaran secara konvensional sudah mulai ditinggalkan. Bentuk pengembangan teknologi informasi di era digital dalam dunia pendidikan yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran adalah menggunakan model blended learning. Blended learning dapat menjadi salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran yang inovatif tersebut. Blended learning merupakan suatu model pembelajaran dengan menggabungkan model pembelajaran secara tatap muka di kelas sekaligus pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi khususnya pembelajaran secara online. Model cased based learning ini cocok digunakan pada pembelajaan berbasis blended learning di kurikulum merdeka. Pembahasan buku ini dibagi dalam empat bab: Bab 1 Model Cased based Learning Bab 2 Blended Learning Bab 3 Kurikulum Merdeka Bab 4 Model case based learning pada pembelajaran blended learning
Buku ini merupakan bentuk karya inovasi dan kreativitas penulis yang dimaksudkan sebagai pengembangan model pembelajaran bagi siswa SMP. Buku ini, menjadi sederet pengalaman yang dituangkan sebagai hasil penelitian. Buku ini sekaligus menjadi hasil nyata yang dilakuka oleh peneliti dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh siswa-siswa SMP Muhammadiyah 2 Baturetno, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Isi buku ini merangkum sederetan lengkap strategi pengemasan dan penerapan model make a match sebagai solusi untu mengatasi permasalahan pembelajaran, terutama terkait pembelajaran sistem reproduksi manusia. Model pembelajaran tersebut sekaligus diharap mampu mendorong motivasi para pelajar dalam mempelajari sistem reproduksi manusia.
Buku ini merupakan sebuah hasil penelitian dosen pemula pada tahun 2022, yang membahas proses pembelajaran matematika yang tidak membosankan. Belajar matematika dengan menggunakan model blended learning. Model pembelajaran ini berbasis teknologi, yaitu yang menggabungkan antara pembelajaran daring dan luring. Buku ini membahas tentang model pembelajaran blended learning pada materi kubus dan balok. Materi kubus dan balok merupakan pelajaran matematika yang dimulai dari sekolah dasar sampai sekolah tingkat tinggi. Oleh karena itu penulis menulis buku dengan judul model pembelajaran blended learning pada materi kubus dan balok. Penulis berharap dengan adanya buku ini dapat memotivasi siswa belajar matematika.
Model pembelajaran ini berbasis teknologi, yaitu yang menggabungkan antara pembelajaran daring dan luring. Buku ini membahas tentang model pembelajaran blended learning pada materi kubus dan balok.
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TSTS MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII.1 SMPN 2 X KOTO Penulis : ASRUL,S.Pd Ukuran : 14 x 21 cm No. QRCBN :62-39-4548-941 Terbit : Oktober 2022 www.guepedia.com Sinopsis : Matematika merupakan ilmu yang menjadi dasar perkembangan teknologi modern, mempunyai peranan penting dalam berbagai disiplin ilmu dan memajukan daya pikiran serta meningkatkan daya penalaran manusia. Konsep pelajaran matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik dimulai dari sekolah Dasar sampai sekolah menengah untuk membekali peserta didik dengan kemampuan dasar berpikir logis,analitis,sistematis, kritis, kreatif serta kemampuan bekerjasama. Pekembangan ilmu pengetahuan ,telah melahirkan banyak peningkatan dibidang ilmu pengetahuan, banyak model-model pembelajaran yang membawa kemajuan zaman sekarang ini. Salah satu di antaranya banyak model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan mutu pendidikan di kalangan peserta didik, sebagaimana yang penulis kembangkan dalam penelitian tindakan kelas ini. Melalui model pembelajaran TSTS ini , yang di kembangkan di sekolah telah dapat membuktikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi persamaan garis lurus serta meningkatkan aktivitas peserta didik. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TSTS MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII.1 SMPN 2 X KOTO Penulis : ASRUL,S.Pd Ukuran : 14 x 21 cm No. QRCBN :62-39-4548-941 ...
Cara-cara baru yang dikembangkan untuk mengintegrasikan pengajaran konvensional dan pendekatan berbasis teknologi telah muncul dalam upaya untuk mengatasi beragam pelajar. Salah satunya adalah dengan menggunakan pembelajaran blended learning.
Cara-cara baru yang dikembangkan untuk mengintegrasikan pengajaran konvensional dan pendekatan berbasis teknologi telah muncul dalam upaya untuk mengatasi beragam pelajar.