Sebanyak 1577 item atau buku ditemukan

Koperasi dalam Sistem Perekonomian Indonesia

Amandemen keempat UUD NRI Tahun 1945 menjadi langkah awal perubahan sistem perekonomian Indonesia pada era reformasi. Perubahan tersebut ditegaskan dalam pasal perekonomian yang dirumuskan dalam bab tersendiri dan diberi judul “Perekonomian Nasional dan Kesejahteraan Sosial”. Perekonomian Nasional yang dimaksud salah satunya didasarkan atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan dan efisiensi berkeadilan. Sangat jelas terlihat bahwa amandemen konstitusi menghendaki upaya untuk membangkitkan kembali koperasi Indonesia untuk segera dilakukan. Sayangnya, 16 tahun sejak amandemen ditetapkan dan koperasi telah berusia 71 tahun pada 12 Juli 2018 yang lalu, pengembangan wadah bisnis bernama koperasi dipertanyakan. Buku ini mencoba menghadirkan analisis dan diskusi tentang koperasi Indonesia secara utuh. Gagasan, pemikiran, pengalaman empiris serta hasil analisis yang dituangkan dalam buku ini, diharapkan dapat menjadi gambaran dan masukan bukan hanya dalam penyusunan RUU Perkoperasian tetapi juga dalam pengembangan koperasi Indonesia kedepan. Pendekatan analisis dilakukan tidak hanya berdasarkan review berbagai kajian tetapi juga berdasarkan penelitian lapangan yang telah dilakukan, disamping analisis empiris berdasarkan studi-studi sebelumnya yang disusun secara sistematis. Pada bagian awal dijelaskan mengapa tema ini penting diungkapkan. Bagian kedua mendiskusikan tentang koperasi dalam sistem perekonomian Indonesia, mulai dari kajian filosofis koperasi, bagaimana perkembangan kebijakan yang terjadi dan bagaimana peluang dan tantangan yang dihadapi koperasi dalam mencapai tujuan koperasi dan kontribusinya dalam perekonomian nasional. Selanjutnya bagian ketiga menguraikan langkah-langkah strategis dalam penguatan koperasi kini dan ke depan, yang diawali dengan konsepsi koperasi, kondisi terkini dan permasalahan koperasi. Bagian keempat mengungkapkan kebijakan strategis yang diperlukan dalam pengembangan koperasi dengan mengacu pada penelitian lapangan yang telah dilakukan, khususnya di Provinsi Bali pada tahun 2017. Dengan begitu, kebijakan revitalisasi pengelolaan koperasi yang disampaikan dapat diaplikasikan. Bagian kelima membahas tentang urgensi pengawasan dalam perubahan undang-undang perkoperasian termasuk perkembangan bentuk koperasi syariah. Sementara itu, pada bagian keenam disampaikan analisis empiris koperasi Indonesia menggunakan data empiris 33 provinsi di Indonesia tahun 2011 s.d 2015. Terakhir, catatan kesimpulan dan rekomendasi penting dari buku ini dirangkum dalam bagian ketujuh. Melalui kesimpulan dan rekomendasi, diharapkan pihak-pihak berkepentingan dapat memberikan perhatian dan tindakan dalam upayamenguatkankembali koperasi Indonesia kini dan mendatang. Dengan begitu cita-cita koperasi sebagai soko guru perekonomian Indonesia dapat terwujud. Akhir kata, “today’s problems cannot be solved by yesterday’s solutions”. Mencermati segala permasalahan, positif memandang kritikan, berani mengevaluasi dan membuka diri untuk terus belajar adalah tahapan awal untuk berkembang. Semoga ke depan, Perekonomian Nasional yang berdasarkan atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan dan efisiensi berkeadilan, benar-benar terbukti!

Bagian kedua mendiskusikan tentang koperasi dalam sistem perekonomian Indonesia, mulai dari kajian filosofis koperasi, bagaimana perkembangan kebijakan yang terjadi dan bagaimana peluang dan tantangan yang dihadapi koperasi dalam mencapai ...

Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam

Teori dan Praktik

Kurikulum adalah jantungnya pendidikan yang sangat berpengaruh terhadap pengembangan kompetensi murid, baik kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Dengan kurikulum, lembaga pendidikan Islam dapat memberikan pengalaman belajar bagi murid agar siap menghadapi tantangan pada zamannya, sehingga kurikulum perlu susun dan dikembangkan sesuai kebutuhan murid dan seiring dengan perkembangan sains dan teknologi. Selama ini, banyak lembaga pendidikan Islam yang hanya fokus pada kurikulum ilmu-ilmu keislaman (tradisional) dan kurang mengapresiasi ilmu-ilmu sains-humaniora, sehingga berdampak pada berkurangnya minat masyarakat. Oleh karena itu, manajemen pengembangan kurikulum penting dilakukan oleh lembaga-lembaga pendidikan Islam untuk mengintegrasikan ilmu-ilmu agama dan sains-humaniora agar tidak tertinggal oleh perkembangan zaman dan ditinggal (tidak diminati) oleh masyarakat (generasi) Milineal. Dalam buku ini, ada tiga bab yang dibahas, yaitu (1) pendahuluan yang mengkaji tentang kebijakan otonomi daerah, perkembangan kebijakan kurikulum, tipologi pendidikan Islam, perkembangan lembaga pendidikan Islam, dan urgensi manajemen pendidikan Islam, (2) teori pengembangan kurikulum yang mengkaji tentang konsep kurikulum, teori pengembangan kurikulum, prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, pendekatan pengembangan kurikulum, model pengembangan kurikulum, ideologi kurikulum pendidikan Islam, dan (3) praktik pengembangan kurikulum pendidikan Islam di pesantren, madrasah, dan sekolah Islam. Selamat membaca!

Oleh karena itu, manajemen pengembangan kurikulum penting dilakukan oleh lembaga-lembaga pendidikan Islam untuk mengintegrasikan ilmu-ilmu agama dan sains-humaniora agar tidak tertinggal oleh perkembangan zaman dan ditinggal (tidak ...

Pengantar Evaluasi Proyek Ed2

Bagi negara tertentu , proyek perluasan pangan lebih bermanfaat daripada mendirikan proyek baja , atau sebaliknya : Seorang pengusaha akan mengurungkan maksudnya mengadakan investasi dalam suatu proyek tertentu bila sejak semula ia ...

Evaluasi Kinerja Perusahaan

Program pada hakikatnya adalah kumpulan proyek . Jika perusahaan hanya
memiliki satu proyek , dalam hal ini proyek bisa disamakan dengan program .
Sementara itu , proyek dapat terdiri atas kumpulan bagian proyek ( bagpro ) ...

Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Evaluasi Pendidikan perspektif Islam merupakan suatu proses dan tindakan yang terencana berbasis Islam untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan, pertumbuhan dan perkembangan (peserta didik) terhadap tujuan (pendidikan), sehingga dapat disusun penilaiannya yang dapat dijadikan dasar untuk membuat keputusan. Prinsip-prinsip evaluasi pendidikan perspektif Islam meliputi mengacu pada tujuan, dilaksanakan secara obyektif, bersifat komprehensif atau menyeluruh dan dilaksanakan secara terus menerus atau kontinu (istiqomah). Secara umum tujuan dan fungsi evaluasi pendidikan perspektif Islam untuk: menguji, mengetahui, mengklasifikasi, mengukur, perbaikan, memberikan tabsyir (berita gembira) dan ‘iqab/nadir (siksa/kabar buruk). Dalam al-Qur’an istilah evaluasi tidak dijumpai persamaan kata yang pasti, tetapi ada kata-kata tertentu yang mengarah kepada arti evaluasi, seeperti al-balā’, al- ḥisāb, al-ḥukm, dan al-qaḍā. Prinsip-prinsip evaluasi dalam al-Qur’an mengacu pada tujuan, kontinuitas, totalitas, dan objektifi tas. Artinya, evaluasi harus dilakukan secara sistematis, berkesinambungan, dan terencana. Evaluasi merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah sistem pendidikan Islam. Sebab, ia dijadikan sebagai instumen untuk menilai serta mengukur keberhasilan proses pendidikan tersebut. Kesuksesan suatu pendidikan dapat dilihat dari model evaluasi hasil belajar yang telah ditentukan sesuai standar kurikulum yang berlaku. Dengan demikian, ketepatan memilih model evaluasi hasil belajar mempengaruhi peningkatan mutu pendidikan itu sendiri.

Evaluasi Pendidikan perspektif Islam merupakan suatu proses dan tindakan yang terencana berbasis Islam untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan, pertumbuhan dan perkembangan (peserta didik) terhadap tujuan (pendidikan), sehingga dapat ...

Menulis Tentang Aku dan Kamu: Konsep Dasar Menulis untuk Remaja

Tentunya semua itu mereka lakukan melalui proses menulis. Banyak di antara kamu yang sering mengalami kesulitan jika diminta untuk menulis. Bahkan untuk menentukan tema apa yang harus ditulis pun terkadang kamu kebingungan. Balai Pustaka

Tentunya semua itu mereka lakukan melalui proses menulis. Banyak di antara kamu yang sering mengalami kesulitan jika diminta untuk menulis. Bahkan untuk menentukan tema apa yang harus ditulis pun terkadang kamu kebingungan. Balai Pustaka

Sistem Informasi Sekolah

Pengalaman Sekolah Sukma Bangsa

Di era digital dengan kecanggihan teknologi informasi seperti sekarang ini, pentingnya pemanfaatan sistem teknologi dan informasi secara terpadu di sekolah tak diragukan lagi. Demi mendukung terlaksananya tata kelola sekolah yang efektif, efisien dan memudahkan bagi para warganya untuk menjalankan tugas masing-masing, penggunaan sistem informasi yang terpadu di sekolah sangat disarankan. Dengan adanya sistem informasi terpadu, yang di Sekolah Sukma Bangsa dikenal dengan SISTO (Sistem Informasi Sekolah Terpadu Online), banyak pihak mendapatkan manfaat dan kemudahan. Di antara manfaat penggunaan SISTO di sekolah adalah: Menyelesaikan tugas-tugas guru lebih efektif danefisienAkurasi,objektifitas, dan transparansi datawarga sekolah terjagaInformasi merata dan bisa-diakses pihak-pihak yang membutuhkanMembangun budaya kerja dan pengambilan keputusan/kebijakanberbasis dataMengembangkanbudaya menulis warga sekolahMenciptakan tradisi administrasi efektif dengan pengarsipan rapi Sejak diaktifkannya, SISTO telah sangat membantu segenap warga Sekolah Sukma Bangsa di tiga lokasi: Pidie, Bireun, dan Lhokseumawe dalam penyelesaian tugas-tugas, penyediaan informasi yang lengkap dan akurat. SISTO juga telah menjadi penunjang proses belajar-mengajar yang efektif dan menyenangkan. Bagaimana memulai dan menjalankannya? Buku ini memberikan paparan lengkap dan gamblang sehingga SISTO bisa diterapkan di sekolah mana saja yang ingin mengefektif-efisienkan tata kelola sekolah dengan memaksimalkan teknologi informasi.

Di era digital dengan kecanggihan teknologi informasi seperti sekarang ini, pentingnya pemanfaatan sistem teknologi dan informasi secara terpadu di sekolah tak diragukan lagi.

Sistem kewirausahaan

industri garmen dan furnitur kayu di Indonesia

Selama tahun 1960 - an , garmen menjadi ekspor utama dari Dunia Ketiga ke ekonomi kapitalis maju ( Steed , 1981 : 265 ) . Aset ( input ) teknologi utama untuk industri garmen ada pada mesin jahit . Mikroprosesor telah memungkinkan mesin ...

SISTEM POLITIK INDONESIA

Sistem Politik Indonesia ini berisi mengenai bagaimana pengertian, ruang lingkup system politik di Indonesia. Bagaimana ciri-ciri dan teori sistem politik di Dunia. Sistem Politik Indonesia juga berisi mengenai sejarah sistem politik di Indonesia pada masa orde lama, order baru, dan pada masa reformasi. Analisis pada pembahasan buku ini berisi mengenai budaya politik, struktur politik dengan menggunakan pendekatan struktural Fungsional dan pendekatan pembangunan politik.

gambarkan kesuksesan peningkatan pertumbuhan ekonomi pada negara ujung dan negara tengah (semi-pinggiran). Terlebih dengan adanya beberapa negara sosialis yang dikemudian hari secara faktual melakukan penerimaan permodalan dari ...